Mencari objek wisata Jogja paling keren untuk dikunjungi? Mengapa tidak mengunjungi daerah Gunungkidul? Daerah ini adalah sebuah kabupaten di wilayah khusus Yogyakarta, sekarang lebih dikenal sebagai memiliki banyak Wisata Primadona baru di Jogja. Berbeda dengan empat kabupaten subur dan hijau lainnya, Gunungkidul adalah daerah kapur gersang yang selalu terkena dampak kekeringan.

Lokasinya di pantai selatan Jawa membuat Gunungkidul unik dan menarik di sejumlah tempat wisata dan tujuan yang menawan. Siapa sangka, Gunungkidul, yang mandul dan kerap merenung dengan pesona wisata yang luar biasa. Ya, hampir sebagian besar objek wisata Jogja paling keren ada di sini.

Khusus untuk wisata pantai di Jogja, kawasan Gunungkidul adalah surga. Sebagai contoh, beberapa pantai paling keren di Gunungkidul adalah video di bawah ini! Itu hanya sebagian saja, karena ada begitu banyak pariwisata Jogja dalam bentuk pantai di daerah Gunungkidul. Tetapi beberapa di bawah ini cukup untuk membuat Anda ingin berkunjung ke sana.

Namun tidak hanya pantainya yang sangat indah, ada sejumlah destinasi lain yang tak kalah menawan di sepanjang perbukitan karst Pegunungan Sewu ini. Ini dia, tempat wisata paling keren di Jogja, yang terletak di Gunung Kidul, juga beberapa tempat lain yang bisa kamu berikan referensi jika kamu berlibur di Yogyakarta.

Ini adalah tur Jogja paling keren yang bisa Anda kunjungi!

Yang mana dari tur Jogja favorit Anda saat ini?

1. Gunung berapi tua Nglanggeran

Gunung Nglanggeran di Yogyakarta, adalah salah satu wisata Jogja paling keren! ig @ditoudp
Gunung Nglanggeran di Yogyakarta, adalah salah satu wisata Jogja paling keren! ig @ditoudp

Tahukah Anda bahwa kegiatan trekking bisa menyenangkan dan mengasyikkan di pegunungan ?! Terletak di desa Nglanggeran di kabupaten Patuk, gunung Nglanggeran terletak di ketinggian hanya 700 meter di atas permukaan laut, jadi Anda tidak perlu lama karena bisa naik dalam satu jam. Dikatakan bahwa Gunung Nglanggeran adalah bekas gunung berapi yang aktif 60 juta tahun yang lalu, namun puncaknya sekarang bersahabat untuk didaki.

Gunung Ngalanggeran memiliki dua puncak; yaitu puncak timur yang sempurna untuk menikmati matahari terbit, sedangkan puncak barat cocok untuk menikmati fenomena matahari terbenam. Tidak hanya itu, tidak jauh dari atas, pengunjung juga dapat menikmati panorama Ngungbangg Embung (kolam kecil), yang dikenal sebagai sangat menawan.

Alamat Gunung Nglanggeran: Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, wilayah khusus Yogyakarta 55862, lokasi di Google Maps di sini.

2. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci adalah salah satu wisata jogja keren yang bisa Anda kunjungi!
Gua Kalisuci adalah salah satu wisata jogja keren yang bisa Anda kunjungi!

Salah satu situs paling terkenal dan aktivitas tabung gua di Gunungkidul adalah Gua Pindul. Namun, karena pengunjung sudah begitu luas saat ini, pariwisata Gunungkidul sekarang menawarkan alternatif, lokasi yang tidak kalah indah dan menawarkan pengalaman yang luar biasa, Kalisuci. Cave tubing adalah kegiatan di sepanjang sungai di gua bawah tanah dengan menaiki ban dalam yang besar.

Gua Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kabupaten Semanu. Memiliki aliran air yang begitu jernih sehingga hati setiap pengunjung dapat tersapu, terutama ketika memasuki kegelapan yang indah dari Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati, karena Kalisuci memiliki jeram yang cukup menantang pada titik-titik tertentu.

(Baca Juga: Kalisuci dengan Atraksi Tubing Gua yang Menyenangkan!)

3. Goa Jomblang

Inilah tur Jogja paling keren yang bisa Anda kunjungi!
Speleology di Goa Jomblang (sumber foto)

Gua Jomblang, yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu adalah salah satu dari banyak gua (disebut kompleks gua) yang keunikannya layak ditangkap. Gua Jomblang untuk dimasukkan secara vertikal bukan tujuan biasa, tetapi membutuhkan keberanian dan pelatihan fisik. Tidak ada yang bisa masuk tanpa beban karena pengunjung memerlukan peralatan khusus dan panduan yang menyertainya untuk menjelajahinya.

Jika Anda ingin melihat fenomena cahaya di Luweng Grubug, datanglah antara jam 10-12 siang karena ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi gua ini. Setelah memasuki Goa Jomblang secara vertikal, langkahkan kaki Anda di area hutan kuno dengan vegetasi unik. Kemudian pemandu membawa pengunjung menyusuri gua gelap ke Luweng Grubug di mana "Cahaya surga " itu terletak.

4. Air terjun Sri Gethuk

Pemandangan alam di air terjun Srigethuk, salah satu tempat wisata paling keren di Jogja!
Pemandangan alam di air terjun Srigethuk, salah satu tempat wisata paling keren di Jogja!

Siapa sangka di daerah pegunungan kapur seperti Gunungkidul ternyata memiliki air terjun rahasia yang begitu mempesona. Untuk membuktikan keindahannya, datanglah ke Ngarai Sungai Oya yang membelah Desa Wisata Bleberan, Distrik Playen. Di sini Anda akan menemukan air terjun Sri Gethuk yang mengalir tanpa henti di antara tebing karst. ditambah bebatuan bertingkat di bawah ini menambah kesan unik dari air terjun ini.

(Baca juga: Byurr! Umbul Manten segar, sumber air tawar sejernih kaca di Klaten!)

5. Pantai Timang

Inilah tur Jogja paling keren yang bisa Anda kunjungi!
Gondola kayu ini menghubungkan Pantai Timang ke Pulau Karang di dekatnya.

Menggantung gondola kayu sederhana dan beberapa dawai adalah alat yang sangat berharga bagi nelayan lobster di Pantai Timang. Dengan menjalankan hidup mereka, orang yang menggantungkan harapannya tampaknya melintasi gondola tanpa mengabaikan ombak yang mengamuk di pantai selatan, siap melahap siapa pun yang jatuh ke dalamnya.

Memang, gondola kayu ini menghubungkan pantai Timang di Desa Purwodadi, Kabupaten Tepus, dengan Pulau Watu Panjang, pulau karang yang berseberangan. Di sana, para nelayan biasanya memanen lobster tangkapan mereka. Bagi Anda yang tertarik mencoba melintasinya, Anda harus sangat berani karena panjang tali ini mencapai 100 meter.

6. Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah tempat wisata paling keren di Jogja dalam bentuk pantai lengkap dengan air terjun.
Pantai Jogan adalah tempat wisata paling keren di Jogja dalam bentuk pantai lengkap dengan air terjun.

Tidak jauh dari Pantai Timang ada pantai yang tidak terlalu lebar atau bahkan sempit. Disebut Pantai Jogan, di mana keberadaannya tidak begitu terlihat karena dikelilingi oleh dinding batu setinggi 15m dengan ombak besar.

Tapi itu unik, tebing di sekitarnya memiliki air terjun yang mengalir langsung ke pantai, memberi Pantai Jogan panorama yang tidak biasa. Yang lebih menarik, pengunjung dapat melakukan aktivitas ngarai yang cukup menantang.

7. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah pantai sejuk di Gunungkidul yang bisa Anda kunjungi.
Pantai Krakal adalah pantai sejuk di Gunungkidul yang bisa Anda kunjungi.

Pantai Krakal adalah pantai dengan garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Menjadikannya salah satu objek wisata Gunungkidul dengan pesona keindahan yang begitu menawan. Seperti pantai lainnya, Pantai Krakal juga memiliki hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Dan pada periode awal bulan, pengunjung dapat melihat berbagai ikan hias yang muncul di sekitar pantai ini.

8. Pantai Nglambor

Snorkeling di Pantai Nglambor, salah satu tempat wisata paling keren di Jogja!
Snorkeling di Pantai Nglambor, salah satu tempat wisata paling keren di Jogja!

Meskipun pantai-pantai di pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang besar, pantai ini berbeda. Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Pantai Nglambor, yang terletak di antara Pantai Jogan dan Pantai Siung, ia memiliki ombak yang tenang sehingga selain menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat mengambil bagian dalam kegiatan seperti berenang atau bahkan snorkeling. Pantai Nglambor dikenal karena pemandangan bawah lautnya yang sangat mengesankan, terumbu karang yang indah dapat ditemukan di permukaan yang dangkal.

(Baca juga: umbul Klaten Ponggok, rasakan sensasi berenang yang berbeda dari kita!

9. Gua Wren

Bagi mereka yang suka menjelajahi gua, Gua Gelatik adalah tempat wisata yang harus dikunjungi untuk jogja.
Bagi mereka yang suka menjelajahi gua, Gua Gelatik adalah tempat wisata yang harus dikunjungi untuk jogja.

Bagi Anda yang suka menjelajahi gua, Gua Gelatik harus dicoba karena memiliki koleksi stalaktit dan stalagmit yang tersusun sangat alami. Diketahui bahwa gua ini telah mempertahankan keasliannya, selain itu gua ini juga memiliki jalur yang cukup panjang sekitar 400 meter.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi gua yang satu ini, diinginkan untuk membawa peralatan keamanan yang diperlukan. Karena di sebelah langit-langit gua sedikit lebih rendah sehingga pengunjung harus menundukkan kepala saat masuk, gua ini juga memiliki banyak kelelawar yang hidup di dalamnya.

10. Pantai Jungwok

Pemandangan indah dari Pantai Jungwok, wisata Jogja dalam bentuk pantai yang sangat keren!
Pemandangan indah dari Pantai Jungwok, wisata Jogja dalam bentuk pantai yang sangat keren!

Pantai ini belum banyak dikenal sebagai destinasi pantai yang mempesona di Gunungkidul, Jogja. Bahkan orang-orang yang tinggal di Yogyakarta masih belum tahu banyak tentang itu. Padahal, pantai di dekat bebatuan ini sangat indah.

Pantai Jungwok dianggap sebagai pantai yang sangat asli di Jogja karena tujuan ini belum dibuka secara komersial. Mungkin karena akses ke pantai ini yang cukup sulit sehingga sebagian besar wisatawan memilih untuk mengunjungi pantai lain.

Jika Anda ingin menikmati Pantai Jungwok, pengunjung harus berjalan kaki sekitar satu jam dari Pantai Wediombo, yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Namun semuanya dihargai dengan keindahan yang akan disajikan nanti. Di pantai ini ada juga sumber air yang mengalir langsung ke laut. Tertarik datang ?!

(Baca Juga: Pantai Kukup di Yogyakarta, Terkenal karena Keindahan Ombak)

11. Pantai Baron

Pantai Baron, yang dipenuhi dengan perahu nelayan, terlihat lebih menarik.
Pantai Baron, yang dipenuhi dengan perahu nelayan, terlihat lebih menarik.

Siapa sangka, ada pantai yang begitu menawan di Gunungkidul, seperti pantai yang satu ini, Pantai Baron adalah wisata jogja yang menawarkan panorama indah laut dan karenanya disukai wisatawan sebagai salah satu tujuan wisata favorit.

Pantai ini juga memiliki kelebihan lain, bagi penggemar kuliner sangat disarankan untuk mencoba berbagai hidangan seafood yang terkenal di sini. Pengunjung dapat mencicipi lobster, kakap, bawal putih, dan tongkol. Pantai Baron juga merupakan dermaga bagi para nelayan, jadi jangan heran jika Anda menemukan banyak perahu di pantai. Tapi itu justru membuat pemandangan pantai ini semakin eksotis.

Apakah Anda tertarik mengunjungi salah satu dari banyak donat baru di Jogja di Gunungkidul?! Atau mungkin Anda bahkan tertarik untuk menjelajahi semua tujuan wisata baru di Gunungkidul ini ?! Selamat bersenang-senang !!

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply