DifaWisata.com – Kawah Putih Bandung adalah kawah yang dihasilkan oleh letusan Gunung Patuha. Nama Kawah Putih mengacu pada negara yang sebenarnya putih. Warna putih tanah disebabkan oleh berbagai elemen dicampur dengan belerang. Yang unik dari kawah ini adalah air yang dimilikinya, di mana air di kawahnya tidak jernih tetapi putih kehijauan. Salah satu objek wisata di Bandung yang dapat mengubah air berdasarkan kadar belerang, suhu dan kondisi cuaca yang terjadi saat itu.

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah putih

Kawah Putih Bandung terletak di dataran tinggi di daerah pegunungan sekitar 2.400 dpml. Karena berada di dataran tinggi, suhu di kawah putih Bandung sangat dingin. Suhu rata-rata di wilayah ini adalah 8 hingga 22 derajat Celcius.

* Tips: Gunakan mantel tebal jika ingin mengunjungi tempat ini karena udaranya sangat dingin.

Pesona Kawah Putih Ciwidey Bandung

Karena keindahan dan romansa yang sangat menawan, kawah ini sering digunakan sebagai latar belakang fotografi, film, lukisan dan juga untuk pernikahan. Contoh film yang menjadikan kawah putih sebagai latar belakang adalah film "Hati" yang diperankan oleh Irwansyah, Acha Septriasa dan Nirina Zubir.

Kawah Putih Bandung Romance

Kawah Putih Romantis

Tidak hanya sebagai lokasi untuk romansa, tetapi kawah putih Bandung juga digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan menantang lainnya seperti berjalan dan menunggang kuda.

Fasilitas di Kawah Putih Bandung

Fasilitas ini disediakan agar setiap pengunjung yang merasa nyaman dan dapat menikmati panorama kawah yang indah. Fasilitas yang ada sangat memadai, termasuk;

  • Pusat informasi
  • musholla
  • Warung makanan dan restoran
  • toilet
  • Transportasi dari gerbang ke lokasi
  • Cukup parkir

Jika Anda berencana untuk pergi berlibur ke Kawah Putih Bandung, lebih baik untuk mengetahui kebutuhan akomodasi terlebih dahulu dan juga transportasi yang digunakan, seperti akomodasi, tiket masuk, jenis transportasi umum, lokasi dan lain-lain. Dan di bawah ini ada informasi lengkap tentang kebutuhan yang harus dipertimbangkan sebelum Anda pergi, sehingga Anda tahu berapa banyak kompensasi yang harus disiapkan.

Kawah Putih Bandung Inn

Bagi Anda yang berencana untuk menghabiskan waktu lebih lama, jangan khawatir, karena ada banyak akomodasi di sekitar lokasi yang juga menawarkan fasilitas akomodasi yang dapat Anda sewa. Beberapa akomodasi yang dapat Anda gunakan adalah:

~ Cimanggu Cottage Ciwidey: Jalan Raya Ciwidey Km.13, Ciwidey

~ Saung Gawir: Ciwidey Rancabali Highway Km.05

~ Villa Patengan: Jalan Raya Ciwidey, Rancanbali, Patengan

Dan banyak akomodasi lainnya. Baca di sini untuk informasi lebih lanjut tentang akomodasi dan perincian tentang fasilitas yang ditawarkan.

Tiket masuk untuk Kawah Putih Bandung

* Harga tiket untuk Kawah Putih Bandung: Rp. 17.000 (domestik) dan Rp.50.000 (turis asing)

Harga ini belum termasuk biaya parkir. Dan tarif parkir untuk setiap kendaraan berbeda. Biaya berikut adalah biaya parkir di Kawah Putih:

subjek harga
Parkir atas (mobil) Rp. 150.000
Parkir Atas (sepeda motor) Rp. 35.000
Parkir lebih rendah (mobil) Rp. 6000
Parkir lebih rendah (sepeda motor) Rp. 5000
Parkir di bawah bus Rp. 25.000
Naik anting-anting ontang Rp. 13.000

Komentar: Ada dua jenis tempat parkir, yaitu tempat parkir bawah dan atas. Parkir yang lebih rendah lebih murah karena Anda parkir di gerbang masuk dan tidak mengambilnya (ke lokasi kawah), maka Anda bisa mengemudi di anting-anting untuk mencapai puncak. Sementara itu, jika Anda ingin memarkir kendaraan di atas (di lokasi kawah), tarifnya lebih mahal, seperti yang ditunjukkan pada tabel di atas.

Catatan: Semua harga di atas dapat berubah kapan saja.

Jam buka Kawah Putih Bandung

Banyak teman-teman gosip perjalanan yang bertanya: "Jam berapa Kawah Putih Bandung buka?" Oke, kawah putih terbuka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Lokasi / alamat Kawah Putih Bandung

Kawah Putih terletak di Cidiwey, Jawa Barat, tepat di jalan Soreang Ciwidey, sekitar 50 km selatan Bandung. Lokasi Kawah Putih juga tidak jauh dari Situ Patenggang. Rute ke lokasi juga cukup sederhana, karena banyak angkutan umum siap dikirim di depan pelabuhan Kawah Putih.

Rute ke Kawah Putih Bandung

Sebenarnya, ada banyak rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Kawah Putih Bandung, tetapi di sini hanya dijelaskan rute keberangkatannya dari Jakarta.

Rute dengan kendaraan pribadi:

Jakarta => Jalan Tol Cipularang => Gerbang Tol Kopo => Soreang => Ciwidey => Kawah Putih

Rute dengan transportasi umum:

Terminal Leuwi Panjang => Terminal Ciwidey => Situ Patenggang => Kawah Putih Bandung

Lihat Lokasi Kawah Putih Bandung di Google Map

Leave a Reply