Taman Laut Bunaken adalah salah satu sumber daya alam Indonesia yang kecantikannya patut dipuji. Bagaimana tidak? Bunaken menjadi Taman Laut pertama di dunia dan masih merupakan wisata bawah laut yang paling indah.

Kehidupan laut dan ombak yang mengalir dengan tenang berarti bahwa wisatawan dari dalam dan luar negeri tidak ingin memisahkan diri dari pariwisata di daerah Sulawesi Utara ini.

Bunaken terletak di teluk Manado dan memiliki luas sekitar 8,08 km2, The Marine Park terletak di sekitar pulau Manado Tua. Pandangan ini jelas sayang untuk dilewatkan.

Artikel terkait: Danau Poso, danau pasir putih yang indah di Sulawesi tengah

Ada banyak jenis terumbu karang yang unik dan mencolok. Jangan lewatkan terowongan bawah laut kecil yang menjadikan lokasi ini surga di bumi.

Keindahan Dunia Bawah Laut Bunaken

Keindahan Dunia Bawah Laut Bunaken

Sejarah dasar Bunaken

Taman Laut Bunaken sudah ada sejak 1400. Awalnya, lokasi ini bukan merupakan kawasan lindung, tetapi hanya sebagai kawasan pemukiman. Baru pada tahun 1975 keindahan bawah laut ditemukan oleh sekelompok penyelam dari Manado dan akhirnya Taman Nasional Bunaken didirikan pada tahun 1991.

Ada kisah unik selama penemuan daerah ini. Nelayan secara agresif memperingatkan penyelam untuk tidak menyelam di daerah itu karena dihuni oleh roh jahat.

Namun peringatan itu diabaikan dan mereka akhirnya menemukan dinding karang yang masih ditumbuhi tanaman laut dan banyak spesies ikan langka.

Kemudian pada tahun 2005, 16 tahun setelah pendirian Bunaken, Taman Nasional dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNIESCO.

Bunaken berarti tempat tinggal. Penduduk asli berasal dari imigran dari kerajaan Bowontehu, salah satu kerajaan di Manado Tua. Selain Pulau Bunaken, mereka juga tinggal di Mantehage, Naen, Siladen, Naen, Pulau Bangka, Talise, Gangga dan pantai utara semenanjung Minahasa.

Jangan lewatkan: Liburan yang menyenangkan ke objek wisata Taman Nasional Baluran Situbondo di Jawa Timur

Bagaimana mencapai Taman Laut Bunaken

Peta Lokasi Taman Laut Bunaken

Peta Lokasi Taman Laut Bunaken

Perjalanan ke Taman Nasional sangat mudah. Saat ini ada 3 maskapai dalam perjalanan ke Manado, yaitu Garuda Indonesia, Lion Air dan Batavia Air. Dibutuhkan sekitar 3 jam. Dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Anda dapat pergi ke pelabuhan Manado hanya dalam 35 menit.

Untuk datang ke Bunaken, Anda dapat menggunakan taksi, mobil sewaan & lainnya. Tepat di daerah Molas Marina Blue Banter atau Pusat Menyelam Marina Nusantara (NDC) dengan waktu tempuh hanya 30 menit.

Marina Blue Banter sedangkan waktu tempuh lebih cepat untuk menyelam Pusat Menyelam Marina Nusantara memakan waktu sekitar 20 menit.

Dimungkinkan juga untuk menyewa perahu motor dengan jumlah Rp 1.000.000 – 2.000.000 per kelompok dengan waktu perjalanan 45 menit dari pelabuhan Manado. Tentu saja harga speedboat di pelabuhan Manado lebih murah daripada MBB atau NDC.

Ada tip khusus untuk membuat persimpangan murah, yaitu Anda bisa naik ojek di dekatnya. Harganya hanya 100.000 rupiah per orang dan juga berangkat dari pelabuhan Manado. Tetapi kapal ini ada di sana pada waktu-waktu tertentu, jadi tidak setiap jam ada di sana.

Mari kita juga melihat: Liburan yang menyenangkan ke Taman Nasional Way Kambas Lampung

Waktu yang tepat untuk suar

Anda benar-benar dapat pergi ke Bunaken kapan saja. Tetapi waktu menyelam terbaik adalah Mei hingga Agustus. Alasannya adalah air lautnya hangat dan jernih dalam waktu 4 bulan. Gelombang yang tenang dan suhu antara 26-31 derajat Celcius cukup nyaman untuk aktivitas di bidang eksplorasi bawah laut. Anda juga dapat meninggalkan di pagi hari karena visibilitasnya bagus pada jam 7 pagi.

Biaya Masuk Bunaken

Anda dapat bersorak gembira, karena sejak 2016 biaya masuk ke Bunaken telah dihapuskan, juga dikenal sebagai gratis.

Pesona bawah laut yang menakjubkan

Kawasan Taman Laut Bunaken mencakup area seluas sekitar 75.265 ha dengan 5 pulau inti, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Naen, Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, dan Pulau Mantehage. Ada juga anak-anak pulau yang tersebar di sekitarnya. Secara kasar, total populasi kelima pulau itu sekitar 21.000.

Dari perspektif geografis, Bunaken memang bagian dari perairan di "Segitiga Emas". Karena "Segitiga Emas" adalah rute air laut yang menghubungkan Laut Papua, Laut Filipina dan Laut Indonesia.

Karena alasan ini ada lebih dari 3000 spesies ikan, seperti ikan napoleon dan ikan raja laut yang hanya hidup di laut dalam dan merupakan hewan tua.

Bunaken juga dikenal untuk konservasi hutan bakau dan terumbu karang. Potensinya di bagian biologis negara ini sangat kaya dan dihuni oleh berbagai spesies flora dan fauna.

Banyak hal yang dilakukan pengunjung di sana, mulai dari penelitian, konservatori hingga hanya menikmati keindahan taman laut, seperti naik perahu kaca, snorkeling, menyelam, foto bawah air tot berjemur,

Anda dapat melihat dan melakukan semua kegiatan ini dari titik yang berbeda termasuk Fukui, Lekuan 1, 2 dan 3, Ron's Point, Mandolin, Tanjung Parigi, Pangalisang, Sachiko Point, Bunaken Timur dan akhirnya Kampung Advance.

Foto keindahan taman bawah laut Taman Nasional Bunaken

Berikut adalah beberapa foto keindahan lau bawah Taman Nasional Bunaken yang selalu ingin Anda lewatkan ketika Anda datang ke sini:

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Keindahan bawah laut Taman Nasional Bunaken

Pintu – Bunaken Khas

Bepergian ke suatu tempat secara alami juga ingin membeli oleh-oleh yang khas dari tempat itu. Itulah mengapa di sini ada daftar suvenir khas dari wilayah Bunaken yang bisa Anda beli di sana, yaitu Kacang Goyang, Kue Balapis Manado dan Dodol Manado. Ada juga Cake Lights, Klapertaak, Cakalang Fufu dan Halua Walnuts. Anda hanya harus memilih dan dijamin akan sangat lezat.

Akomodasi di Bunaken

Bunaken Beach Resort

Bunaken Beach Resort

Jangan khawatir, tidak ada tempat tinggal sementara, karena di Bunaken ada sejumlah hotel, resor hingga pondok dengan semua fasilitas, lengkap dengan instruktur selam tambahan yang diakui dan bahasa asing mulai dari Inggris, Jerman, Prancis hingga Belanda.

Mari kita lihat: 42 tempat wisata paling populer di Makassar, Sulawesi Selatan

Tips untuk bepergian di Bunaken

Ada begitu banyak tips untuk dilihat selama liburan Anda di Bunaken. Kiat-kiat ini termasuk:

  1. Bawa uang tunai dengan Anda sehingga menyewa peralatan selam dan biaya lainnya tidak rumit. Tidak seperti Bali, Bunaken memilih untuk melestarikan keperawanan alami tanpa disentuh oleh teknologi modern yang dapat merusak karakteristik desa wisata di sana.
  2. Berhati-hatilah saat memilih titik penyelaman, karena ada beberapa yang saat ini mengalami kerusakan terumbu karang. Anda dapat memilih dari tempat Pangalisang, Siladen, Bunaken Timur, Likuan dan Fukui dengan kedalaman rata-rata 20 meter.
  3. Jangan pernah merusak terumbu karang, membuang sampah atau bahkan menyentuhnya, apalagi memindahkan hewan dari habitatnya di sana.
  4. Temukan biaya untuk tur untuk meminimalkan tindakan penipuan yang tidak bertanggung jawab.
  5. Jangan takut untuk bertanya, karena orang-orang dari Manado sangat ramah dan santai.
  6. Hindari kunjungan pada bulan Desember hingga Januari karena banjir.
  7. Pilih Oktober untuk menonton festival Bunaken.
  8. Rencanakan liburan Anda sepenuhnya dengan persiapan penuh akomodasi.

Demikian ulasan perjalanan Taman Laut Bunaken, salah satu taman nasional paling indah dan juga taman laut pertama di dunia. Semoga bermanfaat.

Mari kita juga melihat: 31 tempat wisata di Manado Sulawesi Utara dan sekitarnya yang harus dikunjungi

Leave a Reply