Kota Lama Semarang – Apakah ada yang pernah ke Semarang? Ibukota Jawa Tengah seperti Jakarta, yang tanahnya lebih rendah dari air laut.

Itu sebabnya. Peka terhadap perampokan dan juga kebanjiran di musim hujan. Meskipun ada banyak bencana yang melanda, Anda harus memasukkan kota Semarang dalam daftar liburan Anda.

Karena Anda disajikan di sini dengan pesona yang memiliki masa lalu yang kuat. Bangunan tua dan keadaan serta suasana yang mencerminkan periode hitam dan putih. Daerah tersebut adalah kota kuno Semarang. Sampai sekarang, area ini masih kuat dan menghadirkan pesona indah untuk semua orang yang menikmatinya.

Banyak turis yang menyebut kota kuno ini Semarang sebagai Little Holland. Atau seorang Belanda kecil karena bangunannya terinspirasi oleh arsitektur Belanda.

Maklum, kota ini menyaksikan bagaimana Jenderal Belanda mendirikan pusat pemerintahannya dan membuat pintu masuk untuk barang-barang yang dijual ke Eropa.

Ketika Anda datang ke wisata kota tua Semarang, ada banyak bangunan yang dapat Anda gunakan sebagai foto latar belakang. Mulai dari gereja, bank, restoran hingga kantor pos masih bergaya klasik Belanda. Tidak heran bila Sabtu malam tiba, banyak wisatawan akan datang dan menikmati masa lalu Semarang.

Harga tiket

biaya masuk ke kota kuno Semarang
foto: https://www.instagram.com/malioboro_insta/

Untuk menikmati berbagai pemandangan menawan di sini. Anda tidak perlu membayar biaya masuk ke kota tua Semarang. Kawasan ini juga buka 24 jam sehari.

Jadi, cocok bagi Anda yang mungkin hanya bepergian untuk menikmati usia kota.

Juga datang ke -> Kuil Sam Poo Kong Semarang.

Alamat dan lokasi rute

Alamat kota tua Semarang

foto: https://www.instagram.com/krt_aja/

Alamat Kota Lama Semarang terletak di Jalan Gelatik No. 35, Purwodinatan, Kabupaten Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. 50137.

Dalam perjalanan ke kota ini Anda dapat memilih 3 transportasi alternatif, yaitu kereta api, pesawat dan juga bus. Di mana jarak ketiganya tidak begitu jauh dari titik lokasi.

Jika Anda menggunakan kereta. Naik kereta yang berhenti di Semarang Tawang. Karena jarak dari stasiun ke lokasi hanya 1,7 km atau 9 menit berkendara.

Jalan menuju kota kuno Semarang bisa melalui Pengapon. Atau Anda bisa naik bus Trans Semarang atau Trans Jawa Tengah dengan harga sekitar 4 ribu rupiah.

Saat meninggalkan stasiun bus Terboyo. Jarak yang harus ditempuh sekitar 4,7 km dengan perkiraan waktu sekitar 20 menit.

Rute ke kota kuno Semarang bisa melalui Jalan Kaligawe Raya dan Jalan Raden Patah. Jika dari Bandara Ahmad Yani dibutuhkan 25 menit dengan jarak 14,5 km.

Juga kunjungi -> Air Terjun Kali Pancur Semarang.

Melalui setiap sudut kota tua

Wisata kota kuno Semarang
foto: https: //www.instagram.com/myteryo89/

Jika ya, tidak akan baik jika Anda tidak turun ke setiap sudut di Kota Semarang. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi lama.

Kemudian kunjungi pusat informasi wisata di Jalan Branjangan atau di seberang Zone museum Mimpi. Ada layanan penyewaan sepeda yang akan membantu Anda mengelilingi setiap sudut,

Rute telah ditentukan, Anda juga bisa berhenti sejenak untuk memasuki semua bagian bangunan yang sedang dilintasi. Di sini ada juga panduan yang memberikan penjelasan lengkap tentang sejarah bangunan. Sangat menarik bukan?

Lihat juga -> Water Blaster Graha Candi Semarang.

Sejarah kota kuno

rute ke kota tua Semarang
foto: https://www.instagram.com/aris_nugroho14/

Ya, pertama-tama kita kembali beberapa tahun dan melihat sejarah tempat-tempat wisata di kota tua Semarang.

Nah, daerah ini dibangun pada 15 Januari 1678. Saat itu ada pemberontakan Trunojoyo. Orang yang membuat frustrasi adalah Belanda. Oleh karena itu Mataram memiliki hutang ke Belanda.

Sebagai imbalannya, mataram memberikan pantai utara Jawa ke VOC. Kemudian mereka membangun benteng yang disebut Vijfhoek.

Awalnya benteng ini digunakan sebagai pemukiman. Lambat laun, semakin banyak orang Belanda membangun gedung dan kantor di seberang benteng.

Fungsi benteng ini adalah untuk kegiatan militer dengan 5 menara pengawas yang disebut Amsterdam, Ramsdonk, Utrecht, Bunschoten, Zeeland.

Selain itu, populasi Cina yang semakin padat memastikan bahwa pemerintah kolonial menempatkannya di sebelah kompleks perumahan Belanda untuk memudahkan pengawasan.

Hingga akhirnya keributan di Chinatown pecah. Dari kejadian ini VOC berhasil mengendalikan segalanya.

Benteng kemudian dibangun sehingga perlawanan tidak bisa diulang. Namun, benteng ini dihancurkan pada tahun 1824 karena tidak sesuai dengan perkembangan kota Semarang.

Untuk memperingati pembangunan benteng ini, nama-nama jalan telah diubah. Sejarah penyebutan litte Belanda dimulai dari sini.

Ulasan sebelumnya -> Candi Gedong Songo, Semarang.

Area menarik di kota tua

jalan menuju kota tua Semarang
foto: https://www.instagram.com/aris_nugroho14/

Berikut adalah beberapa area menarik yang sangat sayang jika Anda abaikan saja. Ada gereja blenduk yang masih berdiri kokoh, gereja tertua di Jawa Tengah. Lalu ada Taman Srigunting yang mengisi ruang terbuka hijau.

Arsitekturnya juga cukup unik, ada jembatan yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu spot foto menarik. Ada juga seni museum 3D yang berfungsi untuk melengkapi kebutuhan selfie Anda dengan berbagai gambar 3D sehingga hasilnya terlihat sangat nyata.

Lalu ada Galeri Seni Tempo Semarang. Benar, Anda akan disuguhkan pesona seni lukis yang begitu memesona .. Ada puluhan karya seni mulai dari lukisan, foto dan patung hingga tempat ini.

Hal terakhir yang bisa dikunjungi adalah pasar klitikan Semarang. Di sini semua kebutuhan barang antik tersedia dengan harga terjangkau.

Koleksinya memang superior untuk dibeli dan dimiliki oleh wisatawan. Tapi jangan lupa menawarkan harganya.

Lihat juga -> Brown Canyon Seamarang.

Tinggallah di dekat kota tua

Tempat wisata kota kuno Semarang
foto: https://www.instagram.com/candiviewhotel/

Jalan-jalan di setiap sudut kota tua melelahkan. Untuk itu Anda harus mengunjungi salah satu penginapan yang tidak jauh dari objek wisata ini.

Penginapan ini adalah RedDoorz dekat kota kuno Semarang. Jarak ke objek wisata hanya 13 menit berjalan kaki dan 23 menit saat menggunakan kendaraan pribadi. Atau bis.

Alamat penginapan ini ada di Jalan MT. Haryono, No.84, Purwodinatan, Kabupaten Semarng Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Fasilitas yang ditawarkan cukup untuk membuat Anda merasakan kenyamanan luar biasa.

Kamar-kamarnya juga sangat bersih, kasurnya lembut dan layanannya sangat ramah. Anda mungkin lupa bahwa ini bukan rumah Anda, tetapi sebuah penginapan di dekat kota tua. Harga per malam per kamar mulai dari 250 ribu rupiah.

Bagi Anda yang ingin menikmati akomodasi tipe kondominium murah dan nyaman dengan harga per malam mulai 70 ribu rupiah.

Maka pilihannya adalah DS Residence. Jarak ke objek wisata hanya 10 menit berjalan kaki. Dan 24 menit dengan mobil. Terletak di jalan No. 7 115, Dadapsari, subarang semarang utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Juga datang ke -> daftar 21 tempat wisata paling direkomendasikan di Semarang.

Kota tua adalah kawasan wisata bersejarah yang masih dirawat dengan sangat baik. Menjadi ikon kota Semarang yang tidak akan pernah pudar, bahkan jika dikonsumsi oleh berapa ratus tahun. Pesonanya berarti bahwa setiap orang harus datang dan mengambil kamera yang mampu. Sehingga keindahan objek wisata ini bisa diabadikan melalui foto dan gambar.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply