Tahun ini, hari libur Nyepi di Bali akan diadakan pada 7 Maret 2020. Nyepi akan diadakan selama satu hari penuh, mulai dari pukul 6 pagi (7 Maret) hingga 6 pagi pada hari berikutnya (8 Maret). Ketika Nyepi Hindu menghentikan semua kegiatan dan kegiatan termasuk akses ke tempat wisata dan jalan.

Meskipun demikian, liburan di Bali ketika Nyepi tidak pernah sepi dari pengunjung, kamu tahu, Perayaan ini masih menarik wisatawan karena ada banyak acara sebelum dan sesudah Nyepi yang bisa dinikmati. Ketika Nyepi wisatawan masih diperbolehkan melakukan aktivitas seperti biasa, selama mereka tidak meninggalkan hostel atau hotel. Yang terpenting jangan sampai mengganggu jalannya perayaan Nyepi.

Untuk membuat liburan Anda menyenangkan di Bali, lakukan tujuh aktivitas menarik ini selama pesta Nyepi!

1. Nikmati Prosesi Upacara Melis Ceris

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram theydoet, thebaliphotography, dan athallathalla

Ini dia rangkaian pesta Nyepi di Bali yang bisa kamu nikmati. Upacara Melasti biasanya berlangsung tiga atau dua hari sebelum liburan Nyepi di Bali. Melasti sendiri adalah upacara penyucian diri dengan membersihkan kotoran alami dengan air hidup untuk menyambut hari Nyepi.

Upacara ini diadakan di pantai dengan tujuan membersihkan diri dari semua perbuatan buruk masa lalu dan melemparkannya ke laut. Menurut pandangan Hindu, sumber air seperti laut dan danau dianggap sebagai air hidup (tirta amerta).

Selain doa, umat Hindu Bali juga akan membersihkan dan memurnikan benda-benda suci candi sihir. Benda-benda ini akan diarak keliling desa. Semua peserta memakai pakaian tradisional yang umumnya berwarna putih saat mengenakan pengorbanan.

Pantai di Bali yang sering digunakan sebagai pusat upacara adalah Pantai Candidasa, Pantai Paseban, Pantai Sanur di Bali Selatan dan Pantai Klotok di Bali Utara. Meski suci, wisatawan masih bisa menyaksikan prosesi upacara Melasti ini, asal tidak mengganggu jalannya acara. Sangat mengasyikkan, bisa menambah pengalaman dan pengetahuan baru tentang Bali!

2. Melihat parade Ogoh-Ogoh untuk mengusir kejahatan

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram ogohogohbali dan karmayogi._

Sehari sebelum liburan Nyepi di Bali, umat Hindu mengadakan upacara ngrupuk atau pengrupukan. Ngrupuk dilakukan dengan menyebarkan beras tawur, merobek rumah dan seluruh kebun, menyemprot rumah dan kebun dengan mesiu dan memukul segala sesuatu (biasanya satu blok) hingga sibuk.

Tujuannya adalah untuk mengusir Kala yang buta dari rumah, taman dan daerah sekitarnya. Kala buta adalah simbol kejahatan. Khusus di Bali, pengrupukan dimeriahkan oleh Parade Ogoh-Ogoh, perwujudan Kala Buta yang akan diarak di desa. Setelah kejadian, Blind Kala dibakar untuk menangkal kejahatan.

Tempat-tempat untuk melihat Parade Ogoh-Ogoh Bali adalah daerah Kuta dan Ubud. Anda dapat melihat kelompok ogoh-ogoh yang sangat menarik di sini.

3. Peluang langka: lihat ribuan bintang di Bali

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram andrefreire87, thetravellingbeautyqueen dan bobbeh13

Setelah upacara untuk menyambut Tahun Baru Hindu selesai, saatnya untuk merayakan Hari Raya Nyepi di Bali. Pada hari itu Bali tampak mati dan berhenti. Tidak ada keasyikan yang biasa karena orang-orang Hindu berlatih “Catur Brata”.

Pengasingan terdiri dari amati geni (jangan gunakan atau memecat api), amati pekerjaannya (tidak bekerja) amati pelelangan (tidak bepergian), dan amati pelelangan (jangan dengarkan hiburan). Ada juga orang yang mempraktikkan asketisme, brata, yoga, dan meditasi.

Pada perayaan Nyepi jalan itu kosong dan sunyi karena tidak semua kendaraan melaju. Begitu pula dengan kegiatan industri. Alam seolah menyambut pesta ini karena udara di Bali terasa sangat sejuk dan bersih tanpa polusi udara. Dijamin bikin di rumah!

Keuntungan liburan di Bali saat Nyepi adalah melihat langit malam Bali yang sangat bersih. Anda dapat menikmati bintang tanpa bantuan alat. Cantik dan santai secara alami.

4. Gunakan akomodasi atau fasilitas hotel sebanyak yang Anda inginkan

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram take__me__anywhere_, samaberesort, dan ritzcarltonbali

Meskipun orang Bali Hindu merayakan Nyepi, wisatawan masih bisa bergerak di sekitar penginapan. Yang penting jangan terlalu berisik atau menimbulkan keributan. Kita harus menjaga sikap kita agar tidak mengganggu kedamaian ibadah Nyepi.

Liburan di Bali ketika Nyepi dapat diisi dengan fasilitas hotel seperti kolam renang, jacuzzi, gymdan lainnya. Anda juga dapat mencicipi kuliner Bali legendaris yang lezat di dalam hotel.

Keuntungan dari liburan di Bali ketika Nyepi adalah fasilitas hotel akan lebih sepi sehingga Anda dapat menikmatinya secara bebas. Selain lebih nyaman, tinggal juga menjadi pribadi karena tidak ada aktivitas masuk dan keluar. Terasa seperti hotel pribadi!

5. Spa dengan orang yang dicintai

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram s_alinenok, igawinda dan prekasntk18__

Fasilitas di akomodasi atau hotel umumnya tetap terbuka, meskipun Bali di Bali merayakan Nyepi. Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda akan bosan, meskipun Anda hanya dapat melakukan aktivitas di hotel. Anda dapat melakukan banyak hal seperti spa atau pijat dengan orang yang Anda sayangi.

6. Film maraton yang nyaman

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram auraisblog, martynaszalacka dan infinitycity hotel

Tenang saja, listrik dan koneksi internet masih ada, meskipun orang Bali Hindu merayakan Nyepi. Anda dapat menikmati TV kabel dan fasilitas internet di hotel setelah Anda puas dengan berenang dan spa. Liburan di Bali ketika Nyepi dijamin tetap keren!

7. Tak Terlupakan: Omed-omedan Tradisi unik setelah Nyepi

Liburan nyepi di Bali

Sumber: Instagram meikatisna, mencapai mana dan festival denpasar

Setelah Hari Raya Nyepi berakhir, ada pesta-pesta unik yang bisa Anda saksikan di Bali. Pengalaman melihat tradisi ini selalu dijamin dalam pikiran Anda.

Omed-omedan adalah upacara tahunan yang diadakan oleh pemuda Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar. Omed-omedan diadakan setelah Nyepi, yang pada hari penembakan geni untuk menyambut tahun saka baru. Tradisi ini berasal dari bahasa Bali, yang berarti daya tarik.

Asal usul upacara ini tentu tidak diketahui, tetapi telah dilaksanakan secara turun-temurun. Para pesertanya adalah wanita muda berusia antara 17-30 dan belum menikah. Prosesi dimulai dengan doa bersama untuk meminta keselamatan. Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan jenis kelamin.

Peserta akan diarak dan saling berhadapan di jalan utama desa. Setelah isyarat, para pria dan wanita muda di barisan depan akan memeluk, menarik, atau bahkan saling mencium sambil menyiram. Tradisi, yang berlangsung hingga pukul 5 sore waktu setempat, bertujuan untuk memperkuat perasaan menghargai, kasih sayang, dan menghargai di antara penghuni.

Ini adalah tujuh kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan selama liburan Anda di Bali selama Nyepi. Ayo bagikan, berlangganandan tinggalkan komentar di artikel ini. Jangan lupa untuk memesan penerbangan ke Bali di Difa Wisata, ya. Beli tiket pesawat online dijamin aman dan banyak promosi. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply