Taman batu – Siapa sangka, Purwakarta ternyata memiliki potensi wisata alam yang sangat indah. Selain Giri Tirta Kahuripan, yang dikenal oleh para wisatawan, kini ada Taman Batu Cijanun. Atraksi seperti mini seperti mata air alami tempat pengunjung dapat berenang dengan bebas. Daerah ini dikelilingi oleh banyak batu besar dan sawah.

Taman Batu Cijanun terletak di desa Lembang Sari, desa Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Tur ini jauh dari hiruk pikuk kota. Bahkan di musim kemarau, aliran airnya masih melimpah dengan kejernihan air gunung yang tidak terkontaminasi.

Taman Batu Cijanun Bojong dari atas melalui proyek gali

Taman Batu Cijanun Bojong dari atas melalui proyek gali

Luas tanah 5.000 meter persegi Taman Batu akan dikonversi menjadi 5 hektar. Pelebaran menggunakan tanah yang dimiliki oleh penduduk setempat. 5.000 meter persegi dimiliki oleh pemerintah daerah.

Taman Cijanun Tiba-tiba viral !!!

Tidak ada yang menebak, mengunggah berbagai komunitas di media sosial pada tahun 2016 membuat tur ini terkenal. Setelah virus, banyak pengunjung dari luar desa tiba di Taman Batu Cijanun. Pengunjung berkembang bahkan selama liburan akhir pekan.

Awalnya, tiket masuk hanya dalam bentuk dana ketulusan pengunjung. Sejak saat itu banyak layanan parkir sepeda motor dan kios kecil yang tahan terhadap apa yang ada sekarang.

Taman Batu Cijanun Via Headline Jabar

Taman Batu Cijanun Via Headline Jabar

Lokasi Taman Batu Cijanun

Karena letaknya di pinggiran, tur ini tentu saja sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dan mengurangi stres. Selain itu, kawasan wisata yang tinggi juga membuat lanskap di sekitarnya terlihat jelas. Khususnya di kolam renang terdapat banyak pohon kelapa, sehingga suasananya seperti berada di pantai.

Untuk menuju taman ini, Anda harus menempuh jarak 30 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Akses ke jalan juga cukup bagus, karena masih bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Atau Anda juga dapat menyewa Angkot karena tidak ada banyak transportasi untuk pergi ke tur ini. alasannya adalah bahwa rute perjalanan masih baru setelah pembukaan objek pada bulan Maret 2017.

Hati-hati karena ada beberapa indikasi lokasi wisata. Selain itu, lokasinya ada di tengah-tengah desa, jadi bagi mereka yang tidak tahu arahnya, mereka bisa tersesat. Lebih mudah, gunakan GPS atau tanya penduduk setempat.

Alamat: Dusun Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kabupaten Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lihat juga: 87 Objek Wisata di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi

Rute ke lokasi

Arah yang dapat Anda ambil jika Anda menuju dari Kota Purwakarta ke Wanayasa ke jalur Subang. Perjalanan memakan waktu sekitar 21 km. Setibanya di Wanayasa, Anda akan bertemu pertigaan. Kemudian langsung menuju Bojong Sawit dan Anda akan tiba di Kecamatan Bojong atau kantor polisi.

Sekitar 1 km perjalanan. lalu ada monumen di pertigaan, lokasinya berbatasan langsung dengan Indomaret. Belok kanan menuju Desa Cipeundeuy. 500 m setelahnya akan ada tempat berkemah. Anda bisa belok kanan dan belok kiri, lalu Anda bisa lurus sampai Kp. Lembang Sari. Kemudian Anda tiba di lokasi. Mudah bukan?

Anda tidak perlu membayar mahal untuk menikmati Taman Batu Cijanun

Biaya masuknya sangat masuk akal, yaitu hanya sekitar Rp. Adalah 15.000. Tiket ini juga berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa. Tarif tambahan hanya biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor.

Berenang air dingin di Cijanun

Turis menggusur Taman Batu melalui Tempo

Turis menggusur Taman Batu melalui Tempo

Anda dapat menikmati kolam renang sebanyak yang Anda inginkan. Airnya sangat dingin dan menyegarkan karena datang langsung dari sumber Cijanun. Kedalaman kolam di sana juga terbatas bervariasi tergantung usia. Selain berenang, wisatawan dapat mengambil foto dengan latar belakang alam yang indah.

Mulai dari sawah, hutan hingga bukit-bukit di sana. Belum lagi, di sekitar kolam terdapat sejumlah kios dengan kopi dan berbagai jenis masakan Sunda seperti Karedok dan nasi Liwet. Anda pasti tidak akan kelaparan!

Wisata lainnya di daerah Purwakarta sebelah Taman Batu

Selain taman ini Anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitar taman batu di Cijanun ini. Inilah beberapa di antaranya:

Air terjun Cipurut

Air terjun Cipurut berjarak sekitar 30 km dari kota Purwakarta. Tepatnya di kaki Gunung Burangrang. Anda dapat menggunakan transportasi pedesaan atau berjalan kaki dari Terminal Wanayasa jika Anda ingin pergi ke air terjun ini.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa terletak di dekat Air Terjun Cipurut. Danau kecil di sana hanya seluas 7 hektar tetapi memiliki pemandangan yang indah. Banyak permainan di sini, misalnya Anda bisa berkeliling danau dengan perahu bebek dayung. Anda juga bisa naik perahu pedal atau bersantai sambil memancing.

Uniknya, seperti Danau Toba, Situ Wanayasa juga memiliki pulau di tengah danau. Ada kuburan pendiri Purwakarta, yaitu RA. Suriawinata.

Reservoir jatiluhur

Purwakarta terkenal dengan tur Waduk Jatiluhur. Waduk ini adalah muara Sungai Citarum dan memiliki luas sekitar 8,3 ribu hektar. Banyak kendaraan rekreasi di sana. Ada berbagai jenis olahraga air, mulai dari selancar angin, kapal layar, dayung hingga ski air.

Terletak tidak jauh, hanya 9 km dari pusat kota. Uniknya, Anda bisa berkemah di sana atau menyewa bungalo. Bendungan Jatiluhur adalah bendungan tua karena dibangun pada tahun 1957. Air bendungan digunakan untuk irigasi, pembangkit listrik, peternakan ikan dan bahkan air minum mentah.

Air mancur Sribaduga

Objek wisata ini terletak di Situ Buleud. Memiliki luas sekitar 4 ha dan air mancur di danau menjadikan objek wisata Situ Buleud persis seperti patung Merlion Singapura. Objek ini dikenal sebagai Taman Sri Baduga.

Taman ini dilengkapi dengan luar biasa efek cahaya dan api di atas air sehingga terlihat sangat indah dan eksotis. Selain itu, variasi ditambahkan ke gerakan air mancur yang tampaknya menari dengan musik. Saksi efek cahaya, Anda bisa datang pada hari Sabtu jam 8 malam – 10 malam WIB.

Reservoir Cirata

Selain waduk Jatiluhur, Purwakarta juga memiliki waduk Cirata di dekat desa Margalaksana, Cipeundeuy. Hebatnya, waduk ini telah kebanjiran di tiga kecamatan, yaitu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Purwakarta. dan waduk banjir Cirata terbesar dapat ditemukan di Kabupaten Cianjur. Sungai yang digunakan oleh waduk ini adalah sungai Citarum.

Sumber Air Panas Ciracas

Jika Taman Batu adalah sumber wisata air dingin, objek wisata ini adalah sumber panas. Sumber Ciracas terletak di tanjung, hanya sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Ketika Anda berada di tempat wisata, Anda akan melihat sepotong pohon, sawah dan pemandangan perkebunan teh yang membentang dari Simpang Empat Legokhuni ke Desa Ciracas.

Ada 12 mata air panas di sumur ini, beberapa di antaranya terletak di sawah penduduk setempat. Keuntungan dari kunjungan ke Sumber Air Panas Ciracas adalah untuk mengobati penyakit kulit, rematik, sakit, dll.

***

Demikian sekilas tentang wisata Taman Batu Purwakarta dan wisata lainnya di daerah tersebut. Siapa sangka, Purwakarta sekarang menjadi salah satu tujuan wisata yang patut diperhitungkan.

Semoga pemerintah selalu menjaga eksistensi wisata ini dan tidak lupa untuk dikembangkan. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Purwakarta, mari kita tunggu hal lain … segera kunjungi tempat wisata di atas. Bersenang-senanglah dengan itu!

Mari kita juga melihat: 16 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Purwakarta

Leave a Reply