Makanan khas dari Blitar tidak kalah menarik dari hidangan Jawa Timur lainnya. Kota ini terletak di bagian selatan Jawa Timur, di mana hidangan kuliner lezat dan lezat disajikan.

Kota, yang juga merupakan tempat pemakaman Presiden Soekarno, memiliki keanekaragaman kuliner yang mengibas-ngibaskan lidahnya.

Nah, Blitar biasanya dijadikan tempat wisata ziarah ke makam Sukarno. Namun, tidak ada salahnya mencicipi makanan spesial di sini. Banyak sekali camilan dan berat serta pedas atau tidak. Karena itu wajib untuk mencoba semua hidangan kuliner.

Ingin tahu makanan seperti apa yang ada di kota proklamasi ini? Lihat tulisan di bawah untuk menyelesaikan. Di sini kita akan membahas berbagai jenis hidangan dan minuman asli Blitar. Berikut daftar kulinernya:

1. Tetesan es

Makanan khas Blitar Jawa Timur
foto: https://www.instagram.com/viva_hotel_kediri/

Jika Anda bepergian ke Jawa Timur, targetnya biasanya Surabaya, Malang atau Banyuwangi. Ya, Blitar jarang menjadi tujuan wisata penting. Namun, bukan berarti tidak ada yang menarik.

Di kota yang cuacanya sering hangat, Anda harus minum es. Nah, di Blitar ada es legendaris bernama Ice Drop. Sekilas nama ini sangat aneh untuk didengar. Ice Drop bukanlah es krim yang dijual di pasar mini. Namun bentuknya hampir sama dengan es.

Ice Drop adalah es krim tradisional dari Blitar. Tongkat juga menggunakan tongkat bambu. Kemasannya juga tidak menggunakan plastik, tetapi menggunakan penutup kertas. Bentuknya sangat sederhana.

Es ini memang legendaris, pabriknya sudah berdiri sejak 1937. Namanya dikenal dengan Betet Bird Ice Drop. Es krim ini dapat ditemukan di sisi jalan, atau alun-alun Blitar. Orang-orang berjalan di sekitar kota. Harganya murah, hanya 3.000 rupiah.

Nah, Anda juga dapat dengan mudah mengidentifikasi penjual karena sebagian besar pemasok membawa termos. Masalahnya juga bervariasi rasa coklat, vanila, stroberi, puding, durian dan kacang hijau. Bagaimana Anda tertarik dengan Ice Drop di hari yang panas?

2. Peyek Uceng

spesialisasi blita murah

foto: https://www.instagram.com/angga_k.wardhana/

Peyek adalah makanan terkenal di Jawa Timur. Namun di berbagai daerah, proyek ini juga menghadirkan beragam selera. Seperti proyek perikanan asin, kacang tanah, belut dan lainnya. Ya, di Blitar tidak mau kalah.

Ada sebuah proyek bernama Peyek Uceng. Cemilan khas Blitar ini terbuat dari ikan Uceng. Ikan ini hanya ada di Blitar dan hidup di air tawar. Nah, bentuk tubuh ikan juga unik. Itu bulat dan memanjang, ukurannya hanya sebesar jari kelingking.

Bahan-bahan harus disiapkan untuk membuat Peyek Uceng. Seperti tepung sagu, tepung beras, perasan jeruk nipis dan santan. Itulah bahan yang digunakan untuk membuat uceng peyek. Lalu dipanggang sampai matang.

Peyek Uceng dapat dibeli sebagai oleh-oleh untuk pelacong. Karena Ucey Peyek dapat menampung maksimum 1 bulan jika tetap ditutup. Harganya murah, satu plastik hanya dihargai 15 ribu rupiah.

3. Rujak Cingur

camilan khas blitar
foto: https://www.instagram.com/houseofblessing/

Rujak Cingur memang identik dengan Surabaya. Tapi di Blitar juga ada panganan ini. Jika harga Rujak Cingur relatif mahal di Surabaya, bukan di Blitar. Untuk menikmati sebagian Rujak Cingur di Blitar, hanya diperlukan 9 ribu rupee. Sangat murah bukan?

Isi sebagian Rujak Cingur ini adalah potongan lontong, bayam rebus, tauge, mentimun, tahu, tempe, cingur. Ada bahan tambahan lain yang membuat Rujak Cingur Blitar semakin canggih. Artinya, ada tambahan panekuk jagung atau jagung bakwan.

Kemudian Anda bisa mengatur sendiri tingkat kepedasannya. Sebutkan berapa banyak potongan cabai yang Anda gunakan. Jika tidak pedas, Anda tidak perlu menggunakan cabai.

Untuk mendapatkan kuliner murah di Rujak Cingur di Blitar, Anda bisa datang ke outlet Mak Kati Cingur. Terletak di Jalan Dr. Moh. Hatta. Tepatnya di sebelah barat kota PIPP Blitar. Nah, waktu pembukaannya dari jam 8 pagi sampai 2 siang. Jadi game datang sebelum habis.

4. Ramuan lawu tahu

Herbal Lawu Tahu
https://www.qupas.id/

& # 39; Masih lapar di malam hari? Tenang, di Blitar ada malam kuliner yang bisa memuaskan perut Anda. Yaitu Bumbu Lawu Tahu. Makanan ini sudah sangat terkenal di Blitar. Begitu terkenal, Anda dapat menemukan makanan ini di setiap sudut kota Blitar.

Bumbu Tahu Lawu sebenarnya adalah makanan yang sangat sederhana. Artinya, hanya potongan kue beras dan kue beras yang mendapatkan kecap dan pasta. Kemudian tambahkan tauge, kol dan daun bawang, dan taburi bawang bombay. Jika Anda ingin pedas, Anda bisa menambahkan irisan cabai ke kecap.

Jika Anda pikir lauk hilang, Anda juga bisa menambahkan lauk. Seperti sate telur puyuh, jeroan dan berbagai makanan gorengan tersedia.

Sekilas, makanan ini seperti Tofu Tech di Surabaya, hanya yang membedakan bumbu dan isinya.

Makanan sederhana ini dihargai hanya 7 ribu rupiah. Sangat murah dan bisa memuaskan Anda yang lapar di malam hari.

5. Beras Ampok

beras ampok
foto: https://www.instagram.com/yokeark/

Makanan khas lain dari Blitar di Jawa Timur adalah Nasi Ampok. Mungkin nasi ini belum pernah didengar sebelumnya oleh para pelancong. Nai Ampok sangat unik, meskipun menyebut dirinya nasi, tetapi bahan dasar beras ini adalah jagung.

Yak, Beras Ampok dibuat dari jagung yang ditumbuk lalu dikukus. Dampaknya halus, sehingga tidak membuat Anda sulit untuk menelan. Lauk juga memiliki ikan asin, sayuran yang dimasak dan berbagai lauk lainnya. Ada juga lodeh pedas favorit yang dipadukan dengan nasi ini.

Mengapa Beras Ampok dibuat dari jagung? Jadi awalnya karena dulu harga beras itu mahal, maka ada warga yang mengantisipasinya dengan menggantinya dengan jagung. Banyak warga menirunya setelah kejadian.

Karena makanan ini sangat sederhana, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang. Beras Ampok ini hanya dihargai 4 ribu.

Ini benar-benar penuh, bergizi dan sehat. Anda juga dapat menemukannya di alun-alun Blitar. Banyak toko menjual Beras Ampok ini.

Coba juga -> Makanan Pemalang lokal yang paling direkomendasikan

6. Soto Daging Blitar Khas

Soto Daging Blitar Khas
foto: https://www.instagram.com/vpluzy/

Siapa yang tidak kenal Soto? Makanan untuk sejuta orang telah menyebar ke berbagai daerah, termasuk Blitar. Nah, inilah soto yang digandrungi oleh masyarakat Blitar. Yaitu Daging Soto.

Daging Sapi Soto di Blitar mengandung daging sapi dan jeroan. Sausnya berwarna kuning dan rasanya dagingnya kental. Aroma supnya sudah sedap. Sekali lagi, Daging Soto ini disajikan dalam mangkuk kecil.

Bagi mereka yang suka makan porsi besar, Anda mungkin perlu memesan lebih dari satu mangkuk sup. Harga satu porsi itu murah, hanya 7 ribu rupiah. Untuk mendapatkan bagian lucu dari Soto ini, Anda dapat mencari di sekitar Jalan Blitar. Ada banyak penjual yang menjual sup daging ini.

7. Nasi pintar

Nasi pintar
foto: https://www.instagram.com/emu.isme/

Di antara spesialisasi lain dari Blitar, Jawa Timur, nama ini sangat unik kali ini. Yaitu nasi pintar. Nah, dapatkah makanan pokok ini benar-benar membuat Anda pintar? Lihat ulasan berikut:

Nah, nasi pintar sebenarnya adalah makanan yang mirip dengan nasi. Beras ini juga dikembangkan oleh tim peneliti Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember. Bahan Smart Rice adalah Tepung Mocaf, yang dikembangkan oleh Prof. dr. Ir. Achmad Subagio, Ph.D.

Nama Beras Pintar itu sendiri berarti pintar dalam hal bahan baku. Artinya, bahan baku dikembangkan dan disesuaikan dengan pembeli yang dituju. Cerdas dalam prosesnya, menggunakan teknologi sederhana dan mudah.

Pintar dalam memasak dan makanan cerdas, meskipun nasi buatan, makanannya tidak kalah bagus. Beras ini aman untuk anak-anak, wanita hamil dan cocok untuk penderita diabetes. Selain bertanggung jawab secara ekonomi, ini berarti beras murah dan layak dikonsumsi.

Beras cerdas ini hanya bernilai 7 ribu rupee per kilo. Harga rendah dan makanan enak. Nah, ketika Anda berada di Blitar, tidak ada salahnya untuk membeli Smart Rice sebagai oleh-oleh. Atau Anda ingin mencoba memasaknya di rumah, tidak ada yang melarangnya.

8. Ice spleret

Ice Pleret
foto: https://www.instagram.com/ndundupan/

& # 39; Di sore hari Anda ingin minum es. Cuaca panas dan cuaca hangat selalu mendorong Anda untuk membeli sesuatu yang baru tidak? Ice Pleret adalah jawabannya.

Es krim ini sangat populer di Blitar, karena ada banyak yang menjualnya dan banyak orang menyukainya. Dari orang tua hingga anak kecil pun bisa jatuh cinta saat meminum es krim ini. Ice Pleret hampir seperti Ice Dawet. Perbedaannya adalah es ini dengan bantuan pleret.

Pleret adalah bola-bola kecil yang manis yang terlihat seperti bakso. Warnanya juga bervariasi, ada yang hijau, pink dan putih. Pleret sendiri terbuat dari tepung beras bulat dengan alat bambu. Pleret juga mengandung gula merah cair.

Air dari Es Pleret kemudian santan yang diberikan gula merah dan pandan. Aroma aroma kue tercium dan rasa manisnya khas. Maka presentasinya memang hampir sama dengan Dawet. Yaitu diberi cendol. Kadang disajikan dengan pancake.

Harga Es Pleret sangat murah, yaitu hanya 3 hingga 5 ribu rupiah. Untuk mendapatkan es krim ini, yang harus Anda lakukan adalah berjalan di sekitar Blitar Square, di sekitar makam Sukarno atau daerah Kebonrojo. Banyak pedagang di pabrik es di sana.

9. Geti Blitar yang Khas

Getitar Blitar yang Khas
foto: https://www.instagram.com/dkripz/

Ada juga jajanan khas Blitar yang bisa Anda bawa pulang dan gunakan sebagai oleh-oleh. Dia adalah Geti. Makanan ini sedikit tidak dikenal di bawah pelacong. Camilan ini terbuat dari gula merah, kacang dan wijen jangan sampai terlewatkan saat Anda pergi ke Blitar.

Di Blitar sendiri, banyak orang sering menyajikan makanan ini selama liburan, seperti saat lebaran. Namun, jika Anda ingin membelinya, Anda bisa datang ke pusat suvenir Blitar.

Meskipun camilan ini tampaknya sederhana, tetapi menyimpan nilai gizi. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika makanan ini tidak baik untuk tubuh.

Geti ini padat, saat dimakan, ada rasa lengket dari gula merah karamel. Namun, itu tidak berarti bahwa makanan ini tidak dapat dikonsumsi oleh orang tua. Bahan-bahan kacang Geti ini lunak, sehingga bisa dimakan oleh siapa saja.

10. Pecel

Pecel
foto: https://www.instagram.com/williamwongso/

Makanan yang terkenal di pelacong adalah Pecel. Nah, jika Anda pergi ke Jawa Timur, Anda pasti akan menemukan kuliner ini. Direkam di Blitar. Bedanya, bumbu Pecel Blitar tidak terlalu manis dan kacangnya kasar.

Makan sehat yang terbuat dari sayuran dengan saus kacang adalah idola banyak orang. Karena harganya yang murah dan bergizi. Nasi pecel di Blitar hanya dihargai 5.000. Sangat murah bagi Anda yang tidak ingin disia-siakan saat bepergian.

Nasi pecel di Blitar juga identik dengan menu sarapan. Nah, jika Anda bingung mencari sarapan murah, Pecel mungkin bisa menjadi alternatif. Pecel juga sangat mudah didapat, banyak depo jalan yang menendanginya. Atau biasanya ada penjual sel bepergian.

Lihat juga -> Makanan Khusus Pekalongan Terbaru

11. berlian magnetik

Berlian magnetik
foto: https://www.instagram.com/evy_ibrahim/

Masih mencari oleh-oleh keluarga? Nah, ada makanan ringan khas Blitar yang bisa dibawa pulang. Ini disebut Keterampilan Berlian. Camilan ini rasanya manis. Apalagi itu bisa bertahan selama beberapa hari.

Uniknya, intan ini dikemas dalam limbah alami yang aman, yaitu jagung kering di tongkolnya. Celah jagung ini juga menambah rasa pada berlian, sehingga rasanya unik.

Dari kemasannya saja, mana yang lebih unik. Berlian Kletik ini terbuat dari beras ketan dan gula merah, sehingga warnanya cokelat. Maka nama Kletik sendiri melekat karena berlian ini padat dan bentuknya keras. Sehingga saat dimakan terdengar bunyi.

Makanan unik ini hanya bernilai 3000 rupee per unit. Anda bisa membelinya di toko suvenir.

12. Uceng Goreng

Uceng Goreng
foto: https://www.instagram.com/adityaniandinna/

Seperti Peyek Uceng telah dibahas di atas. Di Blitar ada juga makanan yang terbuat dari ikan Uceng lain yang diolah menjadi lauk. Yaitu Goreng Uceng.

Goreng Uceng adalah ikan Uceng yang dipanggang dalam tepung atau tanpa tepung. Penampilannya menyerupai ikan wader, tetapi Uceng lebih rata dan rasanya asin. Di Blitar, Uceng Goreng sering dijual sebagai lauk

Hidangannya adalah Uceng Goreng, nasi hangat dan sampal pedas dan sayuran segar. Ini adalah idola masyarakat karena rasanya pedas.

Untuk membeli makanan, Anda harus datang & malam, karena banyak pedagang & # 39; elang di malam hari. Anda bisa menemuinya di tenda pinggir jalan. Harganya murah, hanya 10 ribu rupee per saham.

Jangan lupa untuk mengundang keluarga dan sahanat Anda saat membeli makanan khusus murah Blitar ini. Dijamin enak.

13. Susu jahe khas Blitar

Susu jahe khas blitar
foto: https://www.instagram.com/kopiangon/

Masih kuliner di malam hari. Pada malam yang dingin ini cocok untuk minuman panas. Nah, di Blitar ada susu jahe khas Blitar. Minuman ini sangat populer di sana.

Susu menggunakan susu sapi murni dan jahe digosok dan dimasukkan ke dalam susu. Anda juga bisa membakar jahe atau tidak. Tergantung selera. Nah, minuman ini akan menghangatkan tubuh Anda, karena Blitar adalah provinsi cuaca dingin di malam hari.

Ulasan sebelumnya -> Makanan Magelang terbaru

Banyak makanan khusus Blitar tidak mahal. Harganya biasanya di bawah sepuluh ribu rupiah. Meski sangat murah, ini tidak berarti bahwa sisi kulinernya tidak enak di sini. Beberapa bahkan sangat legendaris.

Nah, setelah membaca rekomendasi kuliner di Blitar, tidak ada salahnya jika Anda mencoba. Karena selain murah, rasanya juga enak, jadi tidak perlu biaya banyak. Apalagi jika Anda berlibur bersama banyak orang. Jadi jangan ragu untuk mencoba masakan di Blitar.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply