Saat bepergian ke Cilacap, jangan lupa untuk mencoba makanan khusus dari Cilacap. Banyak makanan enak dan murah dan halal di sini. Apalagi banyak turis yang kecanduan ingin mencoba lagi, karena sangat enak.

Makanannya juga bervariasi, ada juga yang berkuah untuk makanan kering. Ada juga yang cocok dimakan saat sarapan atau di malam hari. Jadi Anda tidak perlu bingung tentang apa yang ingin Anda makan di Cilacap.

Nah, simak ulasan di bawah ini yang membahas makanan Cilacap:

1. Memasak Tahu

Makanan khas Cilacap adalah yang terbaik
foto: https://www.instagram.com/rachellee82/

Sepintas, bentuk Tofu Cook menyerupai Kupat Tahu dalam gaya Cirebon, tetapi jika Anda perhatikan, isi hidangannya berbeda.

Tahu yang dimasak ternyata adalah tahu goreng yang diberi sayuran, yang diiris kol dan seledri. Rasa masakannya gurih, pedas, manis, dan asam.

Harga bagian dari Tofu Cook ini sekitar 10.000 rupiah. Dapat ditemukan di sepanjang Jalan Cilacap.

Karena beberapa pedagang tersebar di kota ini. Makanan lezat ini dijamin.

2. Sate Martawi Cilacap

Makanan khas Cilacap dari Jawa Tengah

foto: https://www.instagram.com/dhanisatyadharma/

Karena Anda tidak ingin kurang enak daripada Tofu Cook, ada makanan Cilacap terlezat bernama Sate Martawi. Sate ini terbuat dari daging ayam yang dipotong dadu.

Ukuran dagingnya relatif besar dibandingkan dengan sate pada umumnya. Karena ukuran satu seri, sate membutuhkan dua batang.

Ukurannya yang besar dan rasanya yang lezat berarti bahwa para wisatawan selalu merindukan Sate Martawi. Sebelum Sate Martawi dibakar, pertama kali dibumbui.

Rasa jamu yang gurih sangat terasa pada daging ayam, bahkan satenya begitu enak untuk dikonsumsi, bahkan tanpa saus kacang.

Sate Martawi disajikan dengan kue beras dan saus kacang seperti sate pada umumnya, tetapi rempah-rempah Sate Martawi agak cair.

Makanan spesial dari Cilacap juga tidak dilengkapi dengan acar. Tekstur dagingnya lunak, disebabkan oleh ayam yang dilapisi lemak.

Komposisi daging lebih dominan dan lemak hanya sebagai pelengkap, sehingga rasanya menyerap dengan sempurna. Sate Martawi paling terkenal di Cilacap terletak di Jl Brigjend Katamso No. 56.

Tetapi jika akomodasi Anda terlalu jauh, Anda dapat meminta pemandu atau staf yang bertugas.

4. Memeriksa

Hidangan khas dari selatan Cilacap
foto: https://www.instagram.com/cilacap_event/

Makanan khusus dari Cilacap Jawa Tengah berasal dari kata & # 39; Brek & # 39; artinya jatuh, sedangkan kata kecek adalah nama bumbu makanan itu sendiri.

Brekcek adalah hidangan ikan dengan bumbu sehingga rasanya seperti rica-rica.

Brekcek telah menjadi makanan khas Cilacap dan telah menjadi ikon kuliner di sana.

Dikatakan bahwa makanan ini adalah makanan tradisional dari penduduk setempat dan telah menjadi hal yang biasa ketika setiap rumah di Cilacap mengkonsumsi ikan Brekcek.

Ramuan kecap menyerap dengan sempurna dalam daging ikan, karena proses mengukusnya cukup lama. Rasanya gurih, manis, asam dan pedas, sehingga terasa di kaldu.

Rasa kunyit yang dipadukan dengan aroma serai membuat makanan ini benar-benar enak dan disukai wisatawan.

5. Campuran Tema

oleh Cilacap Makanan Khas
foto: https://www.instagram.com/komukinofest/

Thempleng adalah camilan khas Cilacap yang terkenal di daerah lain di Indonesia. Orang menyebutnya kacang rapuh, tetapi warga Cilacap sudah tahu itu dengan nama themengeng.

Thempleng di Cilacap memiliki variasi yang berbeda seperti rebon, kacang hijau, ikan teri dan kedelai.

Semua jenis campuran tema dijual secara bebas di pasar dan berkelanjutan jika dimasukkan. Anda bisa mengambil camilan ini sebagai oleh-oleh.

Lihat juga -> 20 spesialisasi Delicious Jogja terbaru

6. nasi ketan

Makanan cilacap Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/zulfiqo_ilham1994/

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa parut, yang kemudian dikemas dengan daun kelapa.

Nasi ketepet ketan terkenal sebagai makanan tujuh bulan untuk ibu yang sedang mengandung anak pertama mereka, atau acara perayaan lainnya.

Dikatakan bahwa rasa lepetus juga dapat memengaruhi alat kelamin bayi.

Jika garam terasa, itu berarti bahwa anak dalam kandungan adalah laki-laki. Lain halnya bila rasanya manis atau hambar biasanya anak-anak dalam jenis kelamin perempuan kandungan.

Nasi ketan yang lengket juga bisa Anda dapatkan, meski tidak hadir selama tujuh bulan syukur. Anda dapat menemukannya di pagi hari & # 39;

Ukuran beras ketan di Cilacap cukup besar, hampir sebanding dengan kue beras. Lepet adalah perbedaan antara Lepet di Cilacap dan tempat lainnya.

7. Mendoan

Mendoan
foto: https://www.instagram.com/1k4jaeger/

Makanan paling lezat dan terkenal di Cilacap adalah Mendoan. Tidak jarang ukuran Tempe Mendoan khas Cilacap jauh lebih besar dan pembeli tentu saja akan lebih puas.

Singkatnya, tempo mendoan adalah makanan tempe yang dimasak sedang-rendah. Format tempe dipotong dengan ukuran lebih besar, sehingga terasa sangat mengenyangkan.

Anda akan merasakan rasa yang berbeda ketika Anda merasakan tempe mendoan dari tempat lahir.

Bawang yang masih segar dan daun bawang dengan ketumbar harum di antara benjolan tepung, ditambah renyahnya tempe yang kaya protein kedelai membuat camilan ini begitu istimewa.

Anda dapat menemukan tempo mendoan Cilacap khusus di warung pinggir jalan atau makanan ringan di sekitar alun-alun. Mereka biasanya menyajikan tempo mendoan dengan kecap ekstra, membuat camilan ini lebih stabil.

8. Tempe Dages

Tempe Dages
foto: https://www.instagram.com/dhanie_cute19/

Tempe deges adalah tempe yang terbuat dari kedelai. Makanan ini berasal dari kabupaten Cilacap dan sering dipanggang dengan tepung seperti tempe mendoan.

Warnanya hitam dan putih, ini karena tempe deges dibuat dari ampas tahu. Rasanya hampir sama dengan bus permata, tetapi terlihat kehitaman.

Deretan tempe yang diproses dapat ditemukan di toko-toko suvenir atau di sepanjang jalan Kiso di setiap sudut kota Cilacap. Tempe deges biasanya dijual dengan cara digoreng dan disajikan kepada pembeli saat masih panas.

9. Keripik sukun

Keripik sukun
foto: https://www.instagram.com/jajanan_djawa/

Hidangan terlezat di Cilacap adalah keripik roti. Makanan ini tergolong praktis, sehingga cocok untuk oleh-oleh.

Rasanya renyah dan renyah untuk memastikan bahwa para turis atau penduduk Cilacap tidak pernah menyerah.

Keripik sukun biasanya dijual di depot makanan ringan atau toko oleh-oleh.

Jika Anda beruntung, Anda dapat memesannya untuk individu yang menjual keripik buah roti secara mandiri. Harganya jauh lebih murah daripada di toko.

Keripik sukun rasanya sangat enak, lebih empuk daripada singkong, terutama jika potongannya dekat dengan tengah. Rasa renyah dan gurih alami tanpa menambahkan garam.

10. Kacang yutuk rapuh

Kacang yempuk rapuh
foto: https://www.instagram.com/cilacapkeren/

Orang yang tinggal di luar Cilacap mungkin berpikir tentang namanya bahwa nama "yutuk" adalah seorang wanita.

Tapi yutuk sebenarnya adalah makhluk laut yang mirip dengan kepiting. Orang asing menyebutnya kepiting mol, tetapi orang cilacap menyebutnya yutuk.

Rempeyek yutuk adalah makanan khas Cilacap dari daerah Widarapayung. Proses produksinya umumnya sama dengan getas kacang tanah, yaitu tepung beras, tepung dan tapioka dicampur dengan bumbu dan yutuk. Jika didistribusikan secara merata, adonan dipanggang sampai matang.

Tidak semua daerah menjual kacang yutuk yang rapuh, karena yutuk biasanya cukup sulit ditemukan. Saran kami, datanglah ke pantai Cilacap untuk menikmati camilan super lezat ini.

Anda tidak perlu khawatir tentang kulit kepiting yang terkenal keras karena tekstur kulitnya tidak terlalu keras. Bahkan kulitnya aman untuk dikonsumsi dan terasa sangat renyah.

Baca juga -> 11 Makanan Wonosobo yang paling direkomendasikan. Paling direkomendasikan

11. Ken Brontak

Cabang sumber tahu
foto: https://www.instagram.com/arinda_ph/

Makanan khas Cilacap di Jawa Tengah sangat mirip dengan kandungan tahu, hanya tekstur cabang sumber tahu yang lebih kering dari luar. Sebelum digoreng, sumber tahu cabang direndam dalam santan yang dicampur dengan bumbu halus.

Menemukan depot tahu bronk tidak sulit, biasanya warung tempo Mendoan juga menawarkan tahu sumber cabang dan menyajikannya saat masih panas.

Rasa gurih dari kubis Brussel dan kubis dalam kombinasi dengan pong tahu asin membuat tahu manis menjadi lezat. Ramuan kelapa yang selanjutnya menjadi pelapis juga sangat menendang mulut, aroma ketumbar dan lada dapat memanaskan sistem pencernaan dan seluruh perut.

12. Tuna parut

Ikan Parut
foto: https://www.instagram.com/fuumoongy/

Biasanya daging abon dibuat dari daging sapi, kali ini Cilacap abon terbuat dari tuna. Teksturnya berwarna cokelat halus, lebih pendek dari daging abon.

Tuna parut terbuat dari tuna dengan bumbu tambahan seperti bawang merah dan bumbu yang dapat menyimpan daging tuna.

Tuna parut sangat cocok sebagai oleh-oleh. Sebagian besar toko suvenir menjualnya dalam berbagai ukuran dan paket. Semuanya praktis dan anti rumit.

13. Seafood Turtle Bay Beach

Penyu pantai seafood
foto: https://www.instagram.com/mykonos.secrets/

Makanan laut pantai di Teluk Penyu sebenarnya adalah sebuah restoran di pantai Teluk Penyu. Serangkaian kios dan restoran terletak di tepi teluk.

Barisan restoran telah menjadi terkenal karena lokasinya di tempat-tempat wisata, dan menyajikan hidangan khas makanan laut.

Wisatawan dan penduduk desa yang bermain rekreasi tentu puas dengan keberadaan deretan restoran ini, karena sebagian besar produk olahan sangat lezat.

Anda bisa mencicipi ikan bakar, tumis cumi, udang renyah, untuk hidangan khusus seperti lobster. Semuanya diproses dengan ramuan khas Indonesia.

Harganya relatif murah, Anda hanya perlu menghabiskan 30 ribu rupee per orang dengan 70 ribu rupee per orang.

14. Meniup

Guling
foto: https://www.instagram.com/dhanisatyadharma/

Hidangan spesial dari Cilacap Jawa Tengah ini adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong. Gleigh adalah camilan raykat Cilacap sejak jaman dahulu dan masih menjadi favorit masyarakat setempat.

Ubi kayu mentah yang sudah dikupas kemudian dicacah dan jus dipisahkan. Kemudian singkong parut dicampur dengan pati dan bumbu seperti ketumbar, bawang putih dan garam.

Setelah semuanya tercampur, baru dikukus. Setelah dikukus, kemudian dicampur dengan tepung, lalu dibentuk menjadi lingkaran kecil dan kemudian dipanggang.

Proses memasak yang agak rumit membuat orang malas membuatnya sendiri. Orang lebih suka membeli makanan ringan Gambus di pasar atau di toko suvenir.

15. Lotek Cilacap

Lotek Cilacap
foto: https://www.instagram.com/jonfoodhunter/

Makanan spesial dari Cilacap Selatan ini hanya membutuhkan kangkung, bayam dan tauge sebagai sayuran utama. Kemudian dituangkan dengan saus kacang Oedas dan disajikan dengan tempe Mendoan, ikan asin dan kerupuk merah.

Rasanya seperti Yogyakarta yang jauh lebih khas, tetapi Lotac Cilacap tidak disertai dengan telur rebus.

Rasa bumbunya juga khas karena aroma kencurnya sudah terasa seperti itu sejak gigitan pertama. Asam asem, gurih, harum kencur dan pedas dikombinasikan dalam satu gigitan untuk menciptakan aroma khas.

Warung lotek adalah yang terlaris dan yang dikenal oleh wisatawan adalah lotekbox Bu Ririn.

Lokasi ada di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, tepatnya di depan kantor BPRS Gunung Slamet. Saus cabai biasanya dibuat langsung dari ulegsteen, menciptakan rasa segar.

Coba juga -> Melalui Spesial Solo yang terkenal

16. Kerupuk Tengiri

Kerupuk tengiri
foto: https://www.instagram.com/ kerupukikanpakmargo /

Kerupuk ikan Tengiri terkenal di mana-mana, kemuliaan mereka membuat hidangan biasa istimewa.

Ikan tenggiri yang tinggi protein dan zat besi juga menjadi sumber makanan yang seimbang untuk memenuhi diet harian.

Anda akan menemukan ribuan paket kerupuk ikan tenggiri di toko suvenir. Setiap tempat memiliki selera tersendiri. Anda bebas memilih dari satu penguji ke penguji lainnya untuk memilih kerupuk terbaik.

17. Aduk singkong

Tumis singkong
foto: https://www.bukalapak.com/

Hidangan spesial dari Cilacap di Jawa Tengah ini sangat mirip dengan keripik singkong Balado Palembang.

Tidak semua keripik singkong dibuat pedas, umumnya pedas karena rasanya kaya gula aren.

Singkong manggleng dijual dengan rasa manis pedas, asin dan pedas. Yang paling terkenal adalah label singkong Thoha Snack, yang dimiliki oleh seorang pengusaha lokal yang telah menjual makanan ringan Cilacap sejak 1997.

18. Lanthing

Lanthing
foto: https://www.instagram.com/leelhaaprillia/

Lanthing adalah sejenis camilan kerupuk, yang juga sering disebut sebagai pelanggan.

Camilan ini terbuat dari singkong yang bentuknya seperti angka delapan, atau lingkaran kecil seperti cincin. Lanthing dikenal di seluruh Indonesia dan banyak dijual di pasar tradisional.

Cilacap adalah salah satu pusat produksi paling lentur di Jawa. Camilan spesial dari Cilacap ini benar-benar mengembangkan cita rasa Lanthing asli dari Kebumen.

19. Sup ayam cilacap

Sup ayam cilacap
foto: https://www.instagram.com/irmadesmayanti/

Soto Cilacap berbeda dari daerah lain. Keistimewaannya terletak pada kacang tanah, tauge, tomat dan cakar sebagai bahan wajib.

Sup khas Cilacap mengandung herbal yang sama yang harus disertai dengan kunyit, ketumbar, bawang putih, jahe, pala, lada, laos dan asam.

Kandungan campuran sotonya juga ditemani mie gelas, nasi, ayam, dan perasan jeruk nipis. Sup hangat yang segar dipadukan dengan kacang yang lezat membuat sarapan jadi hidup. Anda juga dapat mencampur telur rebus jika Anda membutuhkan aditif protein.

Jika Anda mengunjungi Cilacap, jangan ragu untuk mengunjungi toko Soto Sinar, yang sudah ada sejak 1980. Toko ini menyajikan soto ayam kampung sehingga supnya terasa segar dan harum.

Sausnya juga tidak terlalu kental dan pembeli bebas menentukan isi sup. Mereka biasanya menawarkan zat tambahan seperti ati gizzard, kepala ayam atau sayap ayam. Harga yang ditawarkan relatif murah, sebagian soto hanya dihargai 10.000 rupee dan tidak termasuk minuman.

20. Walangan

Makanan Khas Cilacapfoto: https://www.instagram.com/oleh_oleh_tiyang_jawi/

Tidak ada serangga atau hewan, tetapi pisang nangka diproses dengan tepung, sehingga menjadi camilan yang enak. Makanan ini berasal dari Cilacap-Kroya, yang selalu menjadi makanan sehari-hari bagi penduduk setempat.

Walangan biasanya dijual bersama dengan makanan goreng dan Anda dapat menemukannya di berbagai warung di sepanjang jalan. Sepintas memang mirip bakwan, tetapi ketika digigit rasanya gurih dan cukup manis karena dibuat dari pisang. Rasanya agak mirip dengan pisang goreng pada umumnya, tetapi keberadaan tepung beras dan tepung dalam proses produksinya.

21. Sup guru

Sup Gurame
foto: https://www.instagram.com/ra_soewojo/

Sup biasanya dibuat dari ayam atau sapi, tetapi di Cilacap, makan sup terbuat dari ikan adalah hal biasa. Bahkan sup ikan mas adalah makanan khusus untuk penduduk setempat.

Sup gurame adalah ikan mas yang kemudian dimasak bersama dengan ramuan halus. Rasanya segar dan enak. Meski kaya rasa, sup ikan mas masih terlihat cerah. Sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai penghangat tubuh selama musim hujan.

Hanya tangan yang berpengalaman yang dapat memproses gouramisoup dengan benar. Ikan biasanya berbau amis, jarang makan ikan yang diolah dengan saus. Maka hanya restoran tertentu yang menjual gurami lezat dan lezat. Salah satunya di Jl. Thamrin.

Toko ini tidak pernah sepi dari pembeli, terutama selama hari libur nasional. Nah, jika Anda ingin mencicipinya sendiri, Anda mungkin harus bersabar karena antrean menyambut Anda ketika Anda tiba di toko sup Gurame.

Ulasan sebelumnya -> 10 Suvenir Khusus Banjarmasin

Sudah berakhir, beri peringkat 21 makanan khas Cilacap yang membuat lidah Anda berayun. Jangan lupa datang dan makan kuliner ya! Kecanduan dijamin.

Autokerkhof Autopark Magelang Travel Video blog yang hits



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply