Makanan Jepara didominasi oleh makanan laut. Karena daerah ini berbatasan dengan laut. Dan cuaca yang lebih hangat membuat orang sulit berkembang biak.

Nah, karena ada pecinta makanan laut, kota ini adalah surga. Mulai dari makanan non pedas hingga super pedas di sini, ada. Tentu saja semuanya halal dan cocok untuk dikonsumsi.

Alih-alih memperpanjang, pertimbangkan makanan berikut di Jepara:

1. Sambal Samtis

Makanan khas Jepara adalah yang terbaik
foto: https://budaya-indonesia.org/

Sambal ini adalah hidangan khas Jepara yang terbuat dari cabai dan makanan laut sebagai bahan utamanya. Biasanya sambal samtis sangat lezat bila dicampur dengan udang atau cumi dan kemudian bumbu seperti gula merah, bawang garam dan bumbu lainnya ditambahkan.

Makan sambal samtis sangat istimewa karena proses produksinya cukup lama. Biasanya dibutuhkan hanya 10 menit untuk sambal uleg, tetapi dibutuhkan 2-3 jam untuk proses memasak.

Semua bahan seperti cabai, bawang, cumi-cumi dan udang yang telah dipotong-potong bersih dan kemudian dimasak dalam oven selama 2-3 jam.

Tunggu sampai warnanya coklat tua dan pertahankan suhu saat memasak agar tidak terlalu panas. Setelah mengental, saus siap disajikan.

Rasa sambal samtis seperti pasta udang encer yang dicampur dengan petis dengan rasa yang sangat pedas. Saran kami, jika Anda ingin mencoba membuat sambal samtis sendiri, perhatikan kandungan garamnya. Karena pada prinsipnya cumi dan udang memiliki rasa asin alami dari daging.

2. Bontosan

Makanan khas dari Jepara Jawa Tengah

foto: https://www.instagram.com/marcellaoink/

Spesialisasi Jepara murah ini adalah hidangan khas lokal. Bantosan adalah bahan baku pembuatan kerupuk ikan kerapu, yang sering dimakan sebelum dijemur.

Bantosan terbuat dari tepung beras, tepung dan mackerel olahan. Semua bahan dicampur merata, berbentuk oval dan kemudian dikukus. Karena Bantosan matang dan cocok untuk dimakan, banyak orang memakannya setelah dikukus dan tidak memotongnya menjadi kerupuk mentah.

Bantosan sangat renyah dan khas, seperti bakso atau ikan tempura. Biasanya, orang Jepara mengkonsumsinya dengan mengumpulkannya dalam saus mentah atau kecap.

3. Memerangi kopi

Kopi tempur
foto: https://www.instagram.com/kafekebon_tempur/

Kopi ini berasal dari desa tempur, yang terletak di Kabupaten Keling, Jepara, Jawa Tengah. Desa Tempur adalah desa wisata yang menjadikan kopi sebagai produk ekspor yang membantu perekonomian warga.

Biji kopi yang dipanen di desa tempur memiliki warna hitam pekat yang sempurna. Tidak mengandung bahan kimia atau pewarna berbahaya. Kopi tempurung adalah sejenis bubuk kopi Robusta dengan aroma yang sangat khas.

4. Ice Gempol

Makanan khas Jepara murah
foto: https://www.instagram.com/makandipati/

Minuman menggoda ini adalah menu buka puasa yang sangat populer di kalangan penduduk Jepara. Es Gempol atau es gempol pleret berasal dari Kabupaten Jepara dan dikenal luas oleh para wisatawan.

Gempol dibuat dari tepung beras dan dibentuk menjadi bulat, sedangkan pleret adalah lembaran tipis yang menyerupai kulit pangsit yang dikukus hingga matang.

Gampol dan pleret kemudian disajikan bersama dengan santan rebus, dan jangan lupa tambahkan sirup merah manis agar rasanya enak.

Es Gempol sangat mudah ditemukan di berbagai sudut distrik Jepara dan sekitarnya. Es krim ini juga enak bila ditambahkan dengan tape singkong atau nangka.

5. Pembuka Goreng

Makanan Jepara terbaru
foto: https://www.instagram.com/immawasis/

Makanan terbaik dari Jepara adalah opor bakar. Meskipun telah memanggang judul opo, hidangan ini masih memiliki saus santan kental. Sepintas, opor bakar tidak jauh berbeda dengan kipopor lainnya, yang biasanya disajikan saat lebaran tiba.

Membuat pelanggan Jepara goreng harus menggunakan ayam asli sebagai bahan utama, karena rasanya sangat sesuai dengan bumbu.

Ayam kampung kemudian dimasak bersama saus Opor dan kemudian dipanggang dalam paso pan.

Jika Anda menderita asma, Anda tidak perlu khawatir karena ayamnya dipanggang dan tidak terbakar.

Proses pemanggangan dengan Paso memberikan rasa yang berbeda dan rasanya akan berbeda jika dipanggang menggunakan mesin oven.

Opor panggang adalah hidangan makanan selama Khataman Al-Quran, tetapi seiring waktu makanan ini tampaknya telah mencuri perhatian banyak orang.

Semua warga setempat sepertinya ingin merasakan hidangan bakar tanpa memiliki momen penting. Panggang opor sekarang juga menjadi daya tarik wisata untuk mencicipi spesialisasi Jepara.

Baca juga -> Makanan khas Cilacap terakhir

6. Adon Adon Coro

Adon Adon Coro
foto: https://www.instagram.com/masha_endeber/

Adon-adon coro adalah minuman yang bisa disajikan untuk menghangatkan tubuh. Karena teksturnya yang kental, terkadang disajikan dalam mangkuk.

Coro adon terbuat dari pandan, bubuk maria, kayu manis, cengkeh, laos dan santan.

Minuman ini biasanya dijual di berbagai tempat di Jepara, terutama di alun-alun. Biasanya & # 39; pada malam hari atau & # 39; dijual di malam hari.

7. Bongko Mento

Bongko Mento
foto: https://www.instagram.com/dapurchacha_/

Hidangan spesial dari Jepara Jawa Tengah ini berasal dari Kerajaan Kalinyamat, Istana Jepara.

Bongko mento adalah telur dadar tepung beras diisi dengan ayam suwir, mie gelas, jamur kuping dan atasnya dengan santan. Biasanya dikemas dalam daun pisang dan berukuran kecil.

Banyak sekali bumbu, mulai dari bumbu ayam hingga bumbu yang digunakan untuk tepung panekuk.

Keragaman bumbu menjadikan makanan ini camilan favorit yang juga relatif mahal dibandingkan camilan lainnya di pasaran.

9. Horok horok

Kengerian
foto: https://www.instagram.com/zerlypasanea/

Horok-horok adalah makanan yang terbuat dari pohon palem dan sering menjadi pendamping makanan seperti kari, opor, sate, bakso, dll.

Makanan ini hanya ditemukan di Jepara dan tempat lain, meskipun pohon-pohon palem tumbuh subur di seluruh pulau Jawa.

Membuat horok-horok membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahan yang paling penting terbuat dari tepung dari pohon palem. Gula aren yang bersih lalu dikukus hingga empuk dan kenyal.

Konon ketulusan, kebersihan tangan para juru masak horok-horok akan memengaruhi hasil. Orang dengan tangan kotor yang membuat horok-horok menghasilkan rasa yang berbeda.

Orang yang kesal dan keadaan pikirannya tidak baik, hasil akhir dari kengerian akan gagal. Kemuliaan juga tergantung pada hati seseorang yang memasaknya.

Filosofi ini kemudian dikonfirmasi oleh orang-orang Jepara, sehingga mereka tetap pribadi dengan baik dalam tindakan dan upaya mereka, sehingga mereka selalu menawarkan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar mereka.

10. Rondho Royal

Rondho Royal
foto: https://www.instagram.com/naninyusuf/

Makanan khas Jepara di Jawa Tengah ini juga bisa disebut sebagai Monyos. Rondho Royal adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras dan tape singkong. Proses memasak hanya dipanggang dan bersama-sama menghasilkan rasa asam, manis dan gurih.

Anda dapat menemukan rondho kerajaan di pagi hari di pasar tradisional atau di tempat-tempat kuliner di Jepara Square. Bahkan beberapa kafe dan restoran kini menjual makanan ini sebagai menu spesial.

Dikatakan bahwa Royal Rondho adalah makanan kelas bawah yang menjadi favorit masyarakat setempat karena tidak mampu membeli daging. Jadi mereka mengolah makanan yang akan disajikan.

Coba juga -> 20 spesialisasi Jogja paling lezat

11. Sayut Betik

Sayut Betik
foto: https://www.masakapaya.com/

Makanan ini terbuat dari pepaya muda dan daging tetelan sebagai bahan utamanya. Sayuran betik banyak dijual di warung prasmanan di Jepara dan merupakan keharusan.

Pepaya yang telah dipotong-potong kecil seperti korek api kemudian dimasak dengan bumbu, daging dan santan.

Hotel bintang dan restoran besar di Jepara biasanya memiliki batik sayur pada menu makanan. Betik sayur telah menjadi ikon kuliner lokal dan identitas makanan Jepara.

12. Sup udang

Sup udang
foto: https://www.instagram.com/dapur_nn/

Keistimewaan terbaru Jepara adalah sup udang. Sekilas, sup ini seperti tompam, makanan Thailand yang ditemukan di seluruh dunia karena teksturnya yang kaya dan kemerahan.

Tetapi ketika lidah mencicipi sup udang ini, rasanya sangat berbeda. Ada rasa bawang, lada dan pala yang dikombinasikan dengan kaldu udang. Saat Anda mengaduk, Anda akan menemukan kentang dan wortel sebagai sayuran tambahan.

Dikatakan bahwa sup udang lahir di Jepara karena kekhawatiran penduduk setempat bahwa sulit menemukan daging sapi atau ayam, sedangkan makanan laut seperti udang yang melimpah.

13. Pindang Serani

Pindang Serani
foto: https://www.instagram.com/susie.agung/

Pindang Serani adalah kaldu, seperti kari ikan yang bening. Makanan yang dimasak Serani terasa segar di lidah, campuran rasa pedas, asam dan manis dalam satu.

Rasanya kuat karena perasa yang berbeda seperti belimbing, daun kemangi, tomat, serai dan bawang.

Dapur ini tersedia di restoran Cipto Roso di Jalan Doctor Sutomo, Desa Jobokuto, Distrik Jepara. Restoran Cipto Roso selalu buka pada jam 8:00 pagi dan tutup pada jam 4:00 sore WIB.

14. Moto milik

Moto milik
foto: https://www.inibaru.id/

Makanan ini adalah makanan ringan khas Jepara yang terlihat seperti pisang jenang hijau. Tapi moto bukan milik kaldu santan, tetapi dimakan bersama dengan kelapa parut.

Moto benar-benar ada dalam pikiran. Bentuk bola mata yang bundar membuat penduduk setempat mendengar moto & # 39; sebut itu.

Pisang yang sudah dikupas kulitnya kemudian ditutup dengan singkong halus yang berwarna dan manis. Pisang yang ditutupi singkong kemudian dikukus sampai empuk.

Makanan ini sudah menjadi camilan biasa di pasaran. Beberapa peristiwa penting juga kerap menghadirkan motto pendengaran sebagai andalan. Anda biasanya dapat menemukan mesin di sejumlah pusat pejalan kaki di Jepara, seperti di alun-alun tradisional atau di pasar.

15. Bola ikan dengan ekor kuning

Bakso Ikan Ekor Kuning
foto: https://www.instagram.com/baksoetc/

Bola ikan ekor kuning adalah makanan khas dari Jepara, Kepulauan Karimun di Jawa. Wisatawan menyukai bola ikan ini karena berasal dari ikan yang indah dan sering ditemukan di perairan Karimunjawa.

Cara penyajiannya tidak berbeda jauh dari bakso pada umumnya. Ada mie tambahan, sawi hijau, cabai atau kecap asin dan kaldu gurih.

Bedanya adalah bakso ikan yang terasa kenyal dan empuk. Teksturnya lembut dan tidak berbau amis sama sekali. Turis menyebut Bakso Ikan Ekor Kuning ini sebagai makanan Jepara terlezat.

Lihat juga -> 11 Makanan Wonosobo Legendaris

16. Kuluban Jepara yang Khas

Kuluban Jepara yang khas
foto: https://www.instagram.com/andrianaskitchen/

Kuluban adalah makanan khas masyarakat Jepara di masa lalu dan masih diturunkan dari generasi ke generasi oleh masyarakat setempat.

Kuluban disajikan dengan sayuran rebus seperti nangka muda rebus, tauge mentah, petai mentah dan daun kacang panjang.

Semua sayuran kemudian mendapatkan rasa kelapa parut. Sekilas, makanan ini seperti salep, tapi bedanya adalah petai, nangka dan tauge.

Hidangan khas Jepara mudah ditemukan di restoran atau pasar tradisional. Kuluban telah menjadi objek wisata, sehingga mudah ditemukan di restoran atau bahkan hotel bintang lima.

17. Blenyik

Blenyik
foto: https://www.instagram.com/lydia.pangarsa/

Camilan ini juga memiliki nama yang berbeda, yaitu tempong. Blenyik adalah kumpulan ikan teri kecil yang berbentuk bak bakwan.

Cara memasaknya bisa dipanggang atau dikukus dan menjadi lauk. Rasanya lebih enak jika Anda menambahkan bumbu cabai hijau,

Hidangan ini identik dengan makanan dari musim hujan. Nelayan sering mendapatkan ikan teri selama musim hujan.

Komunitas kelas bawah di Jepara kolonial sering membuatnya kering dan menyimpannya dalam pot sebagai lauk yang bisa dikonsumsi selama berminggu-minggu.

Belnyik sekarang mudah ditemukan di toko suvenir atau di warung ikan di pantai.

18. Krubyuk Lontong Jepara yang Khas

Lontong Krubyuk
foto: https://www.instagram.com/wndyhtbri/

Lontong Krubyuk diklasifikasikan sebagai makanan tradisional bagi masyarakat Jepara, wilayah Karimunjawa. Krubyuk berarti air atau genangan air, orang Jepara menyebut kue beras krubyuk karena makanan ini berasal dari laut (Kepulauan Karimun).

Sama seperti menu Lontong, kue beras Krubyuk umumnya dicampur dengan tauge, daun sledri, ayam rebus dan atasnya dengan sup bakso.

Rasa krubyuk lonton sangat segar, terutama karena aroma seledri yang dicampur dengan kaldu. Ayam parut yang dibumbui kecap memiliki rasa yang khas karena aroma sausnya terintegrasi ke dalam serat daging. Nasi biskuit biasanya ditemukan semalam di warung pinggir jalan atau di alun-alun.

19. Singit khas Jepara

Singit yang khas dari Jepara
foto: https://travel.tribunnews.com/

Singit ini terbuat dari daging sapi. Penampilannya sangat mirip dengan rendang, tetapi jika ada saus singite dan rasa kecap lebih kuat.

Rasa singit mirip dengan sup kecap, tetapi ada rasa pedas yang berasal dari cabai merah. Daging sapi yang dicampur dengan aroma lada putih menjadikan makanan ini begitu istimewa.

Singit biasanya disajikan dengan sup kental yang telah dicampur dengan bumbu selama lebih dari dua jam.

Proses menekan dan melunakkan daging memastikan bahwa saus singit rasanya sangat enak, karena semua bumbu dipanaskan dan dicampur dengan rasa daging sapi.

Harganya hanya 15 ribu rupiah. Spesialisasi Jepara murah ini selalu habis terjual oleh pembeli.

20. Bakso bambu runcing

Bakso Bambu Runcing
foto: https://www.instagram.com/bakso_bambu_jegluk/

Makanan khas Jepara terbaru ini dipopulerkan oleh Subakir, pemilik toko bakso dan Soto Jegluk. Bentuk bambu runcing dan porsinya cukup besar untuk dimakan sendiri.

Orang-orang Jepara sangat menyukai makanan ini karena bakso bambu runcing relatif murah, karena hanya 25.000 rupee Anda dapat menikmati bakso bambu runcing.

Sausnya enak dan sangat berharga, membuat orang lokal senang makan di toko Mr. Subakir.

21. Sego Dodok

Sego Dodok
foto: https://www.instagram.com/entong_angkring/

Segod dodok adalah bagian kecil Angkringan di sisi jalan. Isi nasi yang dikemas adalah bihun kecap atau tumis pepaya muda. Nasi dikemas dalam daun pisang dan hanya rasa makanan yang belum dimasak dalam waktu lama atau segar.

Setiap Angkringan di Jepara menawarkan sekitar 15 jenis lauk tambahan seperti gorengan atau sate usus. Orang-orang Jepara memanggil sego dodok karena nasi ini dimakan di warung-warung sehingga Anda makan jongkok.

Meskipun kecil, nasi ini enak. Apalagi makanan ini cocok untuk Anda yang cukup dengan porsi kecil saja. Itung-itung dimungkinkan selama diet.

Ulasan sebelumnya -> Beragam oleh spesialis solo terkenal

Bagaimana tidak membingungkan Al dengan makanan Jepara benar kan Berikut ini banyak pilihan makanan yang bisa mengguncang lidah dan memuaskan perut. Jangan lupa membeli suvenir untuk dibagikan dengan tetangga atau teman.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply