Makanan khas Klaten ternyata beragam. Ada hidangan yang terbuat dari ayam, bebek, ikan, bahkan katak. Kuliner yang sangat jarang ditemukan di kota-kota lain, adalah suatu keharusan bagi Anda untuk mencoba. Sangat memalukan jika Anda pernah ke Klaten tetapi melewatkan satu makanan.

Meskipun makanan di Klaten cukup beragam, Anda tidak perlu bingung memilih yang mana. Di sini kami akan menjelaskan detail kulinernya. Tentu saja, dengan beberapa penjelasan tentang rasanya.

Nah, tidak perlu lagi berlama-lama, mari kita baca dengan baik tentang penjelasan masing-masing kuliner:

1. Sup Ayam Pecok

Makanan khas Klaten dari Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/ika.rizal/

Tidak hanya sup ayam Pak Min Klaten, yang terkenal dan sudah ada di berbagai daerah. Jika ada Sup Ayam Pecok di Klaten, coba saja.

Menu sedikit berbeda dari kebanyakan sup lainnya. Isinya ayam, wortel, kentang, bawang goreng, dan kaldu ayam. Perbedaannya adalah Anda bisa memilih dagingnya.

Penjual Chicken Soup ini akan memotongnya untuk Anda segera.

Sekarang, bagian mana dari daging ayam pilihan Anda yang dipotong segera atau orang Klaten menyebutnya dicelupkan.

Orang Jawa khususnya menyukai kepala, brutu, paha, sayap dan isi perut. Anda bebas memilih. Tentu saja ayamnya sudah matang di dalam rebusan. Karena Anda dapat memilih sendiri, secara alami Anda merasa lebih puas.

2. Miroso mie

Makanan paling enak Klaten

foto: https://www.instagram.com/bramadiyaksa/

Siapa penggemar mie? Ada kabar baik untuk Anda yang suka mie di Klaten. Karena kota ini memiliki Bakmi Miroso.

Makanan paling enak Klaten ada di restoran Makanan cina, terkenal karena kemuliaannya. Terletak tidak jauh dari Klaten Square.

Mienya keras dan rasanya enak Mandarin sangat gemuk. Anda juga bisa memesan makanan lain di sini. Ada Ayam Koloke, Mie Ayam, Nasi Goreng dan Cap Cay. Nah, untuk mendapatkan ini, Anda bisa datang sekitar jam 8:00 sampai 9 malam. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan.

3. Disisipkan

Makanan Khas Klaten Murah
foto: https://www.instagram.com/arrania_handmade/

Lalu ada Klaten, makanan Jawa Tengah, Geplak. Makanan ini berwarna-warni dan rasanya manis. Pasta ini adalah makanan ringan yang terbuat dari kelapa parut. Kelapa parut kemudian dimasak dengan gula.

Setelah matang lalu dibentuk sekitar. Uniknya, Geplak mendapat warna-warna artifisial, seperti merah, putih, coklat dan hijau. Jadi jika Anda melihat bola warna-warni dari kejauhan, sudah pasti Geplak.

Makanan ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Anak-anak menyukainya tentu saja, karena rasanya manis seperti makan manisan. Untuk mendapatkan Geplak, Anda hanya perlu datang ke pusat oleh-oleh.

4. Bacem bebek

bebek berasap
foto: https://www.instagram.com/azzahra_frozenfoodjogja/

Jika Anda makan bebek goreng, apakah bebek panggang terasa normal, bukan? Di kota-kota lain begitu banyak orang menjual bebek seperti itu. Nah, Anda beruntung jika menemukan hidangan bebek dengan cara berbeda di Klaten. Yakni dibuat bacam.

Bebek bacem ini dimasak dengan merebusnya dengan gula aren sampai airnya hilang. Rasanya juga menjadi sangat manis dan daging bebek menjadi semakin coklat. Yah, tidak berhenti di situ, Bacem Duck kemudian dipanggang sampai kering.

Jangan bertanya tentang rasanya, itu benar-benar nikmat. Makanan spesial terlezat dari Magelang dihargai 30 ribu rupiah. Agak mahal tapi sepadan rasanya.

5. Ayam bakar khas Klaten

Ayam Panggang Klaten Khas
foto: https://www.instagram.com/novitadewi_wulandari/

Ayam selalu menjadi makanan yang tak terhindarkan. Hampir setiap kali banyak orang makan ayam. Jika Anda berada di Klaten, Anda bisa mencoba ayam bakar khas Klaten.

Ayam Panggang Klaten itu unik karena menggunakan ramuan yang berbeda dari yang lain. Jika sebagian besar ayam bakar hanya dibumbui dengan kecap, tidak dengan ayam panggang khas Klaten ini. Menu makanan ini dibuat dengan santan dan gula merah.

Jadi, sebelum dibakar, ayam itu sebelumnya dimasak dengan santan dan bumbu. Yang istimewa adalah kuliner ini menggunakan ayam muda asli.

Tentu saja rasanya agak manis dan lembut. Kemudian dibenamkan dalam saus trasi yang membuatnya lebih enak.

Ayam Panggang Klaten juga bisa dijadikan oleh-oleh, karena daya tahan ayam ini bisa 3 hari jika diletakkan di lemari es. Anda juga bisa memesan ayam utuh sehingga Anda bisa menikmatinya bersama keluarga besar.

Baca juga -> Makanan Spesial Semarang Terbaru

6. Mengalahkan berlian

Berlian Klaten
foto: https://www.instagram.com/yuniarsih546/

Masih dengan makanan yang memiliki rasa manis. Tapi kali ini tidak terlalu mengisi. Dia adalah berlian Klaten. Makanan ringan ini adalah makanan ringan yang dapat menemani Anda di pagi hari. Karena berlian Klaten biasanya dijual di pasar tradisional yang buka di pagi hari.

Wajik dibuat dari beras ketan yang diberikan gula aren atau tebu. Kemudian berbentuk seperti kerucut. Cara membuatnya, masak nasi ketan dengan santan lalu gula. Kemudian dibentuk sesuai keinginan. Bentuknya biasanya berbentuk kerucut atau hanya persegi.

Orang Klaten biasanya menggunakan ketan. Itulah asal mula nama berlian ini. Yah harganya murah hanya dua ribu. Makanan khas Klaten murah ini tidak tahan lama, jika berlian disimpan untuk waktu yang lama, berlian menjadi sulit dan sulit untuk dimakan.

7. Wiwit Sego

Wiwit Sego
foto: https://www.instagram.com/primahapsari83/

Kali ini ada makanan di Klaten dengan filosofi yang cukup unik. Yaitu Sego Wiwit. Sego ini muncul karena tradisi sedekah di bumi hasil panen berlimpah. Petani biasanya merayakan ini dengan selamat sambil makan Sego Wiwit.

Tetapi sekarang Anda tidak perlu menunggu panen, karena Anda dapat menemukan Sego Wiwit di gudang makanan di Klaten. Kandungan camilan ini berlimpah, ada sayur, lauk pauk dan sayur. Sebagian dari Sego Wiwit akan memenuhi Anda karena cukup besar.

Nah, selain makan di depo, Anda juga bisa mencari Sego Wiwit di pasaran. Ada banyak penjual yang menjual makanan ringan unik ini. Harganya murah, itu hanya 10.000 rupiah. Benar-benar penuh dan bahagia.

8. Sego Gudangan

Sego Gudangan
foto: https://www.instagram.com/avoid_/

Lalu masih dengan makanan mengisi. Tapi makanan ini sangat sehat, karena semua isinya adalah sayuran. Yak, nama Sego Gudangan. Hidangan khas Klaten di Jawa Tengah seperti sejenis salad Jawa.

Isi gudang ini adalah bayam, kacang panjang, wortel, tauge, bunga kalkun matang. Kemudian diberi abon kelapa yang sebelumnya dimasak. Kemudian ditaburi dengan saus kacang pedas. Untuk lauk pauk Anda bisa memilih tahu atau rebusan tempe.

Sangat sehat bukan? Tanpa minyak dan penuh serat. Harga Sego Gudangan ini juga sangat murah hanya dengan 5.000 rupiah. Bagi Anda yang bervegetarian, tentu sangat cocok dengan menu ini.

9. Slondok

dermaga giring
foto: https://www.instagram.com/canolasnack/

Ada juga jajanan yang selalu diburu oleh pelacong. Namanya adalah Slondok. Camilan ini adalah nama yang unik.

Slondok adalah sejenis kerupuk Klaten asli. Slondok dibuat dari tanah singkong dan ditambah dengan bumbu. Camilan ini rasanya gurih dan renyah. Tak heran jika banyak orang berburu makanan.

Di balik kelezatan itu, tampak proses pembuatan Slondok cukup panjang. Yaitu melalui singkong yang telah dihancurkan lalu dijemur hingga kering. Kemudian dipanggang sampai kering. Tidak diragukan lagi makanan ini akan sangat renyah.

10. Keripik cakar

Keripik cakar
foto: https://www.instagram.com/yuknyamilsby/

Masih dengan renyah. Selanjutnya adalah Claw Chips. Makanan ringan ini tidak kalah populer dari keripik lainnya. Karena kerupuk ini terbuat dari kaki ayam. Perasaan itu juga terasa gersang saat dimakan.

Nah, prosesnya sama dengan ekstensi. Pertama-tama pisahkan kulit cakar dengan tulang. Cakar kemudian dipegang di atas wadah dan kemudian dijemur. Proses ini tentu saja tergantung pada cuaca. Saat hujan, biasanya dipanggang.

Cakar tersebut kemudian dipanggang lebih lanjut digoreng. Nah, inilah yang menentukan rasanya, karena ketika terbakar sedikit, keripik Ceker menjadi pahit.

Lihat juga -> Makanan khas Tegal terbaru

11. Soto Bebek

Soto bebek
foto: https://www.instagram.com/agape.food/

Anda pasti sering makan sup daging sapi atau ayam bukan? Menu ini sangat populer di setiap area. Nah, buat kamu yang suka makanan, terutama sup. Ada sup unik di Klaten. Yaitu Soto Bebek.

Tentu saja kaldu sup ini terbuat dari sup bebek. Seperti herbal lain untuk mendukung rasa Soto. Isi sup bebek ini adalah kol, tauge, dan irisan tomat.

Makanan Klaten spesial di Jawa Tengah ini cocok untuk menu makan siang Anda. Kaldu bebek segar dan lezat ini membuat makan siang Anda lebih segar.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga menu unik ini. Karena di Klaten Anda bisa membeli bebek Soto mulai 10 ribu rupiah

12. Lethok Tumpang tindih Sego

Sego Tumpang Lethok
foto: https://www.instagram.com/siwiajeng/

Ada lebih banyak pilihan makanan yang mengenyangkan. Kali ini tidak berkuah, yaitu Sego Tumpang Lenthok. Beras ini terdiri dari sayuran rebus, telur rebus, yang dicampur dengan tumpangsari atau lentok.

Camilan ini hampir menyerupai pecel. Namun bedanya hanya pada bumbu yang berasal dari lentok. Dimana Lenthok adalah campuran tempe, santan yang mendapat cabai dan kemudian dihaluskan. Ini tentu terasa unik.

Harga beras overlay Lenthok ini juga murah, yaitu sekitar 7 ribu rupiah. Makanan khas Klaten murah ini dapat ditemukan di depot makanan di sepanjang jalan.

13. Membedakan Kepelan Klaten

Klaten Khas Kepelan
foto: https://www.instagram.com/my friend /

Apakah Anda ingin makan sesuatu yang enak, tetapi tidak ingin kenyang? Nah, di Klaten ada camilan bernama Kepelan. Makanan ini sebenarnya sangat sederhana karena hanya terbuat dari tepung terigu sebagai bahan utamanya.

Nah, bunga kemudian mendapat bumbu seperti bawang, bawang putih, lada dan garam. Kemudian tinju kecil sebesar yang mereka inginkan.

Ini kemudian dipanggang dalam minyak panas. Setelah matang, makanan ini bisa direndam dalam saus cabai atau tomat dan saus kacang.

Meski kedengarannya sangat sederhana, namun camilan ini digemari oleh semua lapisan masyarakat. Tua dan muda suka itu. Harganya juga sangat murah, hanya seribu hingga lima ribu rupee.

14. Swike

Swike
foto: https://www.instagram.com/lily.lobilobi/

Makan ayam, sapi, dan bebek sepertinya sudah biasa. Pernah mengira kamu tidak makan katak? Amfibi yang keluar selama musim hujan diproses menjadi hidangan lezat di Klaten. Orang menyebutnya Swike.

Orang-orang Klaten biasanya memasak Swike ini dengan cara yang berbeda. Ada yang kecap goreng, tongseng berbumbu, sup asam manis, hingga gorengan renyah. Jadi Anda cukup memilih menu mana yang ingin Anda makan.

Tenang, Anda tidak perlu khawatir tentang bentuknya, karena kepala katak telah dilepas. Seiring dengan kulitnya, jadi semuanya aman dikonsumsi. Tidak diragukan lagi rasanya karena daging kodoknya lembut dan tidak amis. Terlepas dari itu, rasanya hampir seperti ayam.

Jadi apa Penasaran dengan daging katak kuliner di Klaten, bukan? Jika Anda ingin mencoba sensasi makan katak segera, Anda bisa datang ke Klaten, karena banyak pedagang kaki lima menendang makanan ini.

15. Keripik belut

keripik belut
foto: https://www.instagram.com/kripik_bu_hardi/

Hampir sama dengan Frogs, kali ini ada makanan yang terbuat dari hewan yang hidup di lumpur. Ya, itu belut. Reptil yang dikenal karena tubuh mulusnya diolah menjadi keripik renyah di Klaten.

Sesuai namanya, keripik belut dibuat dari belut yang sebelumnya telah dibersihkan. Terutama dari isi perutnya sehingga tidak pahit. Selain itu, belut mendapat jamu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar dan lainnya. Biasanya, penjual juga menambahkan jus jahe atau jeruk nipis untuk menghilangkan ikan dari belut.

Selain itu, belut ditutupi dengan tanah liat yang berlimpah dan kemudian dibakar dalam api yang panas. Kemudian lakukan dengan plastik. Camilan ini juga memiliki bentuk yang panjang seperti tongkat.

Baca juga -> Makanan khas Blitar terbaru

16. Beras Trancam

beras trancam
foto: https://www.instagram.com/terascathering_blora/

Klaten menyajikan makanan sehat secara konsisten. Lalu ada makanan sehat yang tinggi serat. Ini disebut Trancam Rice.

Hidangan spesial dari Tegal, Jawa Tengah ini terbuat dari garter, mentimun, kol, petai Cina, dan basil. Lalu parut kelapa pedas.

Nah, nasi ini biasanya cocok dengan ayam goreng atau jeroan. Jika Anda ingin menikmatinya tanpa lauk, tidak apa-apa.

Nasi Trancam bahkan disebut-sebut sebagai salad gaya Indonesia. Karena ramuannya sehat dan membuat tubuh segar saat makan.

Untuk mencoba makanan ini, Anda bisa datang ke RM Bu Mayar Cawas, yang terkenal dengan masakan trancam yang legendaris.

17. Keripik panjang

Keripik panjang
foto: https://www.instagram.com/farmerstore_mtf/

Ada lebih banyak chip unik di Klaten. Keripik ini terbuat dari isi perut. Alias ​​bukan daging atau kulit. Keripik ini terbuat dari paru-paru sapi. Ya, saya belum memikirkan apakah paru-paru sapi benar-benar bisa direbus?

Nah, di Klaten banyak paru-paru sapi diproses menjadi keripik renyah dan lezat. Kunci untuk kesenangan keripik panjang adalah potongan. Karena semakin tipis semakin enak dan renyah. Karena itu rasanya tidak amis dan pahit.

Keripik panjang ini mudah diproses dengan tepung. Tepung ini telah diberi bumbu seperti lada, ketumbar dan bawang. Lalu dipanggang sampai berubah warna menjadi coklat.

Untuk mendapatkan keripik ini, Anda bisa datang ke toko suvenir. Keripik ini cocok sebagai camilan atau lauk. Seperti pecel, soto dan makanan lainnya.

18. Angkringan HIK

Angkringan HIK
foto: https://www.instagram.com/angkringanhik_/

Tampaknya Jogja tidak hanya memiliki angkringan. Di Klaten juga ada Angkringan. HIK sendiri merupakan perpanjangan dari sajian khusus dalam gaya desa. Nah, angkringan HIK ini persis di daerah Cawas di Klaten.

Angkringan menyajikan hidangan desa seperti tela rebus, kacang rebus, sate dan nasi. Jangan lewatkan berbagai jenis wedhang, seperti wedhang jahe, susu hangat, dan lainnya. Nah, ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati malam di Klaten.

Saat Anda bercanda dengan teman dan menikmati malam yang indah di Klaten.

Ulasan sebelumnya -> Makanan Spesial Pemalang Terbaru

Makanan khas Klaten unik dan langka di kota-kota lain, kan? Sebagai kota perbatasan, Klaten tentu menyajikan banyak makanan yang kadang-kadang sebanding, tetapi tampaknya berbeda. Alih-alih penasaran dengan apa yang ada di sana, langsung ke Klaten.

Video Perjalanan Mendaki Gunung Sindoro terbaru 2020



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply