Banyak hidangan khas Magelang yang belum dikenal karena jarang ada turis yang menyadarinya.

Magelang sebenarnya adalah kota dengan berbagai jenis makanan. Di sini Anda akan menemukan hidangan manis yang lezat dan bervariasi.

Lihat ulasan tentang Magelang culinair yang belum banyak dikenal:

1. Permen band

Makanan khas dari Magelang, Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/djoeoleholehjogja/

Makanan khusus pertama Magelang di Jawa Tengah adalah permen. Camilan ini pada awalnya hanya berupa hidangan saat berbuka puasa, tetapi karena banyak yang menyukai camilan tape, maka sekarang para produsen memproduksinya secara massal.

Bahan dasarnya adalah singkong yang difermentasi lalu gula yang dimasak sampai lengket. Jika Anda melihat bahwa proses produksinya mirip dengan dodol, karena bentuknya yang ulet dan rasanya yang manis.

Anda dapat membeli kaset tape khas Magelang dari toko suvenir atau pasar tradisional.

Permen ini masih sering ditemukan di sekitar Magelang, Yogyakarta dan Sragen dan sangat cocok sebagai oleh-oleh karena dapat memakan waktu> 3 minggu.

2. Bakso kerikil

Makanan terbaik dari Magelang

foto: https://www.instagram.com/surabayafoodies/

Nama bakso kerikil muncul karena bakso ini berukuran kecil dan terakumulasi dalam mangkuk. Ketika Anda memperhatikan bentuk bakso kecil yang terlihat seperti kerikil di sungai, orang menyebutnya bakso kerikil.

Tekstur bakso cincang sangat lembut, karena yang digunakan adalah daging sapi cincang, bukan urat atau kaki sapi.

Tepung terigu yang digunakan untuk membuat bakso kemudian dicampur dengan kanji. Jadi jangan heran jika tekstur bola kerikilnya tidak keras.

Bakso terlaris di Magelang adalah warung Pak Bendot. Lokasi toko roti adalah di Taman Bangka Magelang dan merupakan orang pertama yang berinovasi membuat bakso kerikil.

Sekarang banyak yang meniru bagaimana mereka membuat bakso di warung, tetapi bakso asli berasal dari Pak Bendot.

3. Nasi yang kurang

Mungkin makanan ringan khusus
foto: https://www.instagram.com/gundulpacul999/

Makanan khusus dari Magelang, Jawa Tengah, hampir punah. Banyak orang di Magelang tidak tahu apa-apa tentang beras ini.

Nasi disajikan di piring dengan saus kuning, bihun, ayam suwir, kecambah brussel, seledri, irisan kol, tahu asap, bawang goreng dan telur.

Saus dibuat dari rempah-rempah pilihan yang telah ditambahkan santan. Sedangkan telur bisa memilih seperti telur rebus atau telur sun-side. Aromanya sangat enak dan menyegarkan, karena dosis santan tidak mendominasi itu.

Jika Anda mengunjungi Magelang dan ingin tahu tentang rasanya, Anda mungkin datang ke Pak Badut Warung Nasi Lesah. Dia telah menjual Nasi Lesah selama 14 tahun.

Jika Anda penggemar kaki ayam, Anda dapat memilih kaki ayam di warung Pak Clown sebagai pengganti ayam suwir.

4. Gethuk Cotot

hidangan Magelang yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/venika_rhazes/

Sama seperti gethuk di tempat lain, makanan ini terbuat dari singkong rebus goreng. Makanan ini sangat sehat untuk penderita maag, pencernaan terasa sejuk di perut.

Gethuk Cotot berbeda dari gethuk goreng di Purwokerto. Gethuk cotot terbuat dari singkong dan gula pasir, sementara gethuk goreng dicampur dengan gula aren dan sedikit parutan kelapa.

Nikmati stik ethot di malam hari dengan kopi panas, dan buat suasana liburan Anda tak terlupakan. Gethuk cot sangat mudah ditemukan di pagi hari di Angkringan atau pasar tradisional.

5. Sego Godhong

Sego Godhong
foto: https://www.instagram.com/sisca.nug77/

Makanan terlezat di Magelang adalah sego godhog, terutama jika dimakan pada malam hari di cuaca dingin Magelang.

Sesuai namanya, sego godhog adalah nasi yang dimasak dan dimasak. Sebelumnya ada herbal seperti bawang putih, lada, mie dan sayuran sebagai suplemen.

Sego godhog paling terkenal di Magelang adalah toko Pak Broto. Lokasinya sekitar Noyoditan, Banjarnegoro, Magelang. Tepatnya di sebelah selatan SMA Taruna Nusantara.

Baca juga -> Makanan khas Jepara Terbaru

6. Daun Tala

Taro Leaf Blend
foto: https://www.instagram.com/bundanisadotcom/

Hidangan ini terbuat dari daun talas yang kemudian dibumbui dengan santan. Proses produksinya sulit, tetapi ketika sudah siap, rasanya sangat enak.

Ada rasa pedas dan gurih di mulut. Karena proses produksinya membutuhkan paprika merah dan lebih dari 5 potong cabai rawit. Rasa gurihnya berasal dari ikan teri yang menggumpal di daun. Makanan ini sangat dianjurkan bagi wisatawan.

Daun talas dapat ditemukan di warung prasmanan. Dapur ini sangat sederhana di komunitas Magelang, jadi tidak sulit menemukannya.

7. Mangut Lele

Mangut lele
foto: https://www.instagram.com/kulinerjogja/

Makanan Jawa Tengah yang terkenal adalah lele mangga. Makanan ini telah menjadi legendaris karena sudah ada sejak jaman dahulu, sebelum kemerdekaan Indonesia.

Lumut lele terbuat dari lele dan selanjutnya diberi rasa kuning dan santan. Rasa pedas, pedas dan gurih sangat terasa saat Anda mencicipi makanan lezat ini.

Tidak ada bau amis yang bisa dirasakan pada lele atau saus mangga, ini karena sebelum itu dibumbui lele yang masih mentah, garam, jus lemon, serai, gula merah, daun jeruk diberikan ke cabai rawit dalam jumlah besar.

Proses memasak memakan waktu sekitar 1 jam, semua bumbu harus dihancurkan sepenuhnya dan tidak dipotong menjadi irisan.

Proses panjang inilah yang kemudian menghasilkan mangut lele yang sangat baik. Anda dapat merasakan citarasa lele yang baik di stand bulan purnama, yang terletak di Magelang-Jogja KM 13, Pabelan, jalan Mugnkid.

8. Kluban

Klub
foto: https://www.instagram.com/pasarkebonwatugede/

Kluban atau urap adalah hidangan khas Magelang yang sudah terkenal di berbagai daerah. Makanan ini mengandung banyak serat karena daun kangkung adalah bahan yang paling penting.

Sayuran lain seperti tauge, kacang panjang yang dimasak, wortel yang dimasak adalah bahan pelengkap yang tidak boleh dilupakan. Untuk membuatnya lebih baik, anggota klub kemudian mendapatkan kelapa parut berpengalaman.

Jika Anda ingin tahu tentang rasa keluar atau salep, Anda dapat mengunjungi pasar tradisional atau restoran pinggir jalan. Seringkali warung urap di sepanjang jalan memiliki cita rasa bintang lima.

Di setiap gerai, bais juga menawarkan makanan tambahan seperti tempe goreng, tahu goreng, paru-paru goreng, telur rebus, atau telur dadar.

9. Diamond Diamond atau Diamond Diamond

Diamond Week
foto: https://www.instagram.com/jogjaculinary/

Wajik Salaman adalah makanan ringan yang terbuat dari beras ketan. Awalnya berlian ini dibuat oleh keluarga asal Cina bernama Ong Gweek Nio, dan dikenal sebagai minggu berlian.

Makanan yang lahir pada tahun 1939 kemudian dijual di daerah Salaman dan kemudian beberapa orang mengambil bagian dalam membuka bisnis berlian manis di daerah tersebut.

Kenali dia sebagai salam berlian yang datang dari Jalan Kauman, Salaman, Magelang.

Tekstur Wajik Week mirip dengan jadah, tetapi rasanya lebih keras dan teksturnya lebih lembut. Makanan ini cocok sebagai pengganti kue bolu, terutama bagi mereka yang bosan dengan makanan olahan. Diamond Wajik Week diproduksi dengan varietas gula kelapa dan rasa pandan.

Meski hanya bisa memakan waktu lima hari, Pekan Wajik tetap menjadi makanan favorit wisatawan yang datang ke Magelang. Rasanya tidak berubah sama sekali dalam beberapa dekade, jadi makanan ini memiliki karakteristik khusus di antara pelanggan.

10. Lembutkan itu

Gunakan
foto: https://www.instagram.com/nypang71/

Makanan ini berasal dari Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Hidangan kelapa parut ini sangat mudah ditemukan selama bulan Ramadhan, terutama di pasar spontan yang menjual menu buka puasa.

Tetapi Jemunak juga dapat ditemukan secara bebas, terutama di daerah Muntilan. Biasanya ada pedagang asongan yang Jemunak & # 39; di pagi hari dan & # 39; jual di malam hari.

Makanan ini rasanya manis dan agak kenyal hampir seperti bubur. Bahan bakunya terbuat dari ubi, tepung dan beras ketan. Campuran jemunak yang dimasak kemudian dimasukkan ke dalam saus gula aren dan ditaburi kelapa parut.

Lihat juga -> Makanan Spesial Cilacap Terbaru

11. Dikelantang

Dikelantang
foto: https://www.instagram.com/kulonprogo_img/

Makanan ringan khusus Magelang ini juga dikenal di daerah Kulonprogo dan Purworejo. Buat dengan tepung khusus agar campuran tidak pecah.

Makanan ini seperti cireng, tetapi rasanya lebih gurih dan tidak ringan. Tekstur pemutihan yang baik akan sangat tahan lama, meskipun kondisinya sudah dingin.

Bahan utama untuk membuat pemutih adalah pati singkong, kelapa parut, gula dan garam. Semakin lama menguleni, semakin baik kualitas pemutih, sehingga tidak sulit.

Anda dapat membeli blanko di Angkringan atau warung di pasar tradisional. Pemutihan biasanya dijual saat panas, dan makanan ini tidak dapat digunakan sebagai suvenir.

12. Pita perekat muntilan

Pita perekat muntilan
foto: https://www.instagram.com/_dewiarief/

Nasi ketan matang kemudian difermentasi selama beberapa hari, viola! Jadilah pita perekat. Tampaknya membuat pita itu mudah, tetapi menyiapkan makanan khusus ini Muntilan membutuhkan keterampilan khusus agar pita itu tidak berjamur.

Pita perekat muntilan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dengan 20 ribu rupiah per 250 gram (seperempat kilo).

Pita ketan dijual dengan daun pisang atau nampan plastik, jadi akan lebih praktis jika Anda ingin membuat suvenir. Namun sebenarnya pita Muntilan jauh lebih enak saat disajikan di atas daun pisang.

13. Pothil

Pothil
foto: https://www.instagram.com/armithaap/

Nama pothil bisa jadi sangat aneh bagi wisatawan, karena makanan ini tidak sepopuler camilan lainnya.

Pothil adalah camilan seperti kerupuk yang terbuat dari singkong. Bentuk cumi yang diiris dan rasanya enak. dan renyah.

Kemudian pedon ponthil bertindak dengan rasa yang berbeda. Ada pedas, barbekyu, atau pizza. Semuanya bisa Anda dapatkan di toko cinderamata atau toko makanan ringan yang tersebar di Magelang.

14. Sego Megono

Sego Megono
foto: https://www.instagram.com/duniakuliner11/

Makanan terbaik dari Magelang adalah nasi megono yang dimakan dengan salep atau pentung. Nasi megono pada dasarnya adalah nasi yang dibumbui dengan cabai, kencur dan jeruk purut. Kemudian ditaburi dengan teri goreng.

Megono sego kemudian dimakan dengan hidangan sayuran seperti cluben atau daun pepaya tumis. Anda bebas memilih lauk, karena setiap nasi kotak megono memberikan pilihan setiap hidangan.

Beras Megono paling populer di Magelang adalah toko Bu Phian, biasanya tutup sebelum tengah hari. Restoran ini selalu sibuk sejak pukul 8 pagi, jadi saran kami terbuka untuk warung Mrs. Phian.

15. Kupat Tahu

Kupat tahu
foto: https://www.instagram.com/ricky_a_soemantri/

Makanan Jawa Tengah yang terkenal adalah Kupat Tahu. Berbeda dengan kupat tahu Cirebon, kupat yang dijual di Magelang menggunakan kaldu bening dan kacang panjang. Tauge, salah satu bahan utama, juga disajikan mentah.

Kupat tahu mageen terasa segar dan mengisi. Sayuran segar menjadi gurih ketika gigi menggigit kacang goreng di mulut.

Versi yang direkomendasikan dari restoran Kupat Tahu kami terletak di daerah rejowingangun utara, restoran Kupat Tahu Bu Sri.

Makanan ini sudah disajikan sejak jam 8:00 pagi & orang-orang berduyun-duyun ke Kupat, Bu Sri hanya untuk menikmati sayuran segar untuk sarapan.

Lihat juga -> 20 spesialisasi Jogja paling lezat

16. Blendrang

Blendrang
foto: https://www.instagram.com/azanahotels/

Bubur campur kelas adalah makanan yang lahir di Muntilan, tepatnya di daerah Gunung Piring. Bahan dasarnya terbuat dari ayam atau sapi. Bubur grade campuran lembut dan tebal seperti sup krim.

Apa yang orang lebih suka makan ketika makan bubur ini adalah mencicipi tulang ayam atau mengisap tulang rusuk. Perasaan merasakan daging dirasakan langsung dari sumbernya.

Makanan ini awalnya dibuat untuk berbuka puasa, tetapi permintaan yang meningkat untuk kelas campuran membuat pedagang menjualnya di luar bulan Ramadhan.

Salah satu warung bubur Bledrang terletak di daerah Gunungpiring Muntilan. Anda bisa merasakannya setelah kembali dari wisata Borobudur, karena tidak terlalu jauh.

17. Gudeg Poncol

Gudeg Poncol
foto: https://www.instagram.com/aroem_aroem/

Gudeg sebenarnya adalah hidangan khas dari Yoygakrta, tetapi di Magelang ada warung yang disebut Gudeg Poncol yang selalu diminati.

Restoran ini terletak di area Poncol dan menyajikan gudeg seperti warung lainnya. Hal yang membuat makanan ini banyak diminati adalah cara memasaknya menggunakan anglo, dan dimasak selama 12 jam sehingga bumbu dalam daging dan nangka cincang rendam gudeg.

18. Nasi goreng Magelang

Nasi Goreng Magelang
foto: https://www.instagram.com/doyanbekal/

Nasi goreng ini disebut Magelang karena penggunaan orang Magelang yang mencampur mie dengan nasi goreng.

Sekilas rasa nasi goreng Magelang tidak berbeda jauh dengan kebanyakan nasi goreng Jawa.

Namun ternyata ada campuran kemiri di balik bumbu, ini membuat nasi goreng gurih.

Anda bisa mencicipi nasi goreng Magelang di restoran atau di sepanjang jalan. Nasi goreng Magelang biasanya disajikan dengan bawang goreng, acar dan cabai ekstra.

19. Beans Wedang

Kacang wedang
foto: https://www.instagram.com/detikfood/

Makanan khusus Magelang, Jawa Tengah, adalah wedang kacang sesudahnya. Minuman ini sangat ideal untuk menghangatkan tubuh, terutama karena suhu di Magelang jauh lebih dingin daripada Yogyakarta.

Anda bisa mendapatkan biji kacang tanah di Jalan Pajang, Desa Semplon, Kelurahan Kemirirejo. Benchmark adalah toko kecil di dekat saluran air.

Anehnya, walaupun tempatnya biasa, toko ini selalu penuh dengan pelanggan, jadi ketika Anda datang ke sini, Anda diharapkan bersabar, ya.

Rahasia menikmati kacang ini adalah karena waktu memasak yang lama. Saus merah kecoklatan dan rasa yang sangat manis berasal dari gula alami.

Kacang wedang disajikan dalam mangkuk bersama nasi ketan. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, tidak ada salahnya untuk melihat penduduk setempat di & # 39; Warung Kacang Kebon & # 39; untuk bertanya, karena daerah ini dulunya jalan Kebon.

21. Grubi

Grubi
foto: https://www.instagram.com/bakpia_kurniasari/

Pada 1980-an, makanan ringan bernama Grubi sangat sering ditemukan di supermarket atau toko besar. Namun dengan munculnya camilan di pasaran, Grubi tampaknya semakin dilupakan.

Grubi adalah camilan seperti keripik kentang manis yang dipanggang dan kemudian dimaniskan seperti gula aren. Meskipun jarang ditemukan di pasaran, nampaknya kita masih bisa menemukan Grubi di kampung halamannya, Magelang.

Rasa grubi sangat renyah, gurih dan manis. Kelezatannya sangat dirindukan oleh generasi 70-80 karena camilan ini tidak mengandung bahan pengawet dan rasanya tidak berubah.

Ulasan sebelumnya -> 11 Makanan Wonosobo Khas di Jawa Tengah

Itulah variasi makanan dari Magelang. Kuliner yang selalu dilewatkan oleh para pelacong karena aneka rasa. Apalagi kuliner juga tidak mudah ditemukan di kota-kota lain. Jadi, Anda harus mencoba langsung ke kota ini.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply