Spesialisasi Pekalongan sangat beragam dan banyak. Mengingat Kota Pekalongan adalah salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi yang baik. Tentu kota ini sering dikunjungi oleh banyak orang dari luar.

Nah, kota yang juga berbatasan dengan Laut Jawa Utara ini bukan sekadar kuliner makanan lautitu yang terkenal. Tetapi ada makanan lain yang harus Anda coba.

Karena tidak kalah menarik dan pastinya enak. Selain itu, ada juga banyak restoran yang menawarkan makanan lezat dan tempat untuk bersenang-senang selfie.

Penawaran kuliner berikut ini yang harus Anda coba:

1. Ekor penumpang

Makanan khas Pekalongan, Jawa Tengah
foto: https://www.cintapekalongan.com/

Kue tradisional Pekalongan ini memiliki nama dan bentuk yang unik. Sekilas, kue ini terlihat seperti lilin coklat, tetapi jika Anda perhatikan lebih dekat, itu adalah hidangan yang terbuat dari gula aren.

Cara memasaknya relatif mudah, Anda hanya perlu memiliki waktu yang cukup lama. Bahan dasar seperti santan dan gula aren direbus hingga kental dan kemudian disimpan dalam bentuk.

Baru-baru ini telah ada variasi baru kue mortar, yaitu dengan menambahkan pandan sehingga warnanya hijau dan menciptakan rasa yang berbeda.

Kue mortar biasanya ditemukan di pusat-pusat penjaja tradisional. Kue ini kemudian disajikan dengan kelapa parut sehingga rasa manisnya dipadukan dengan kelapa gurih.

2. Nasi lesbian megono

Makanan khas Pekalongan yang paling lezat

foto: https://www.instagram.com/gnfi/

Makanan khas lain dari Pekalongan di Jawa Tengah adalah nasi megono.

Makanan ini sangat sehat karena bahan bakunya terbuat dari sayuran kukus yang terdiri dari kecombrang, jahe jahe, petai, cabai merah dan irisan nangka muda.

Semua sayuran kemudian dicampur dengan kelapa parut dan rempah-rempah pilihan sampai empuk.

Rasa nasi megono sangat baik, terutama karena aroma bunga Kecombrang menciptakan rasa yang khas untuk semua makanan. Nasi meogono sangat enak bila dimakan dengan tempe goreng atau telur rebus sebagai pelengkap.

3. Apem Kesesi

makanan ringan khas Pekalongan
foto: https://www.instagram.com/tias_ern/

Kue apem sesi terlihat berbeda dibandingkan dengan jenis apem yang dibuat di Jawa Timur. Seperti kue apem lainnya di Pulau Jawa, makanan ini sangat sakral, sehingga menjadi hidangan di pesta-pesta tertentu.

Apem Kesesi berasal dari nama sebuah kabupaten di Pekalongan, kabupaten Kesesi tempat camilan ini pertama kali dibuat.

Dikatakan bahwa hanya air di dusun Bantul di kabupaten Kesesi yang benar-benar mampu menghasilkan apem. Jadi jika Anda ingin merasakan rasa terbaik Pekalongan, Anda harus datang ke Pedukuhan Bantul.

Proses pembuatan APEM membutuhkan proses yang cukup rumit, kita jarang menemukan peralatan memasak di pasaran.

Penduduk setempat mempertahankan alat tradisional untuk mempertahankan selera dan bentuknya, sehingga keasliannya tetap terjaga.

Bahan baku sederhana hanya membutuhkan 2 malam tepung beras buatan sendiri, gula aren dan santan. Kue apem sesi dijual sangat murah, satu buah hanya dijual seharga 2000 rupiah.

4. Srinthil

oleh Pekalongan Makanan Khusus
foto: http://www.diahdidi.com/

Nama camilan khas Pekalongan ini sangat unik, karena dibuat dari tepung srintil dengan tambahan gula aren.

Rasanya sebanding dengan 'non-non-lemak' dan teksturnya kenyal dan manis seperti gula aren, hanya makan sedikit dan terasa kenyang.

Kue Srinthil sebenarnya dibuat saat pesta untuk balita yang baru belajar berjalan.

Biasanya sebagai perayaan bayi satu tahun. Karena kue ini selalu diminati di kalangan masyarakat luas, Srinthil dapat ditemukan di berbagai toko kue di Pekalongan.

5. Glundung Pekalongan

makanan khas Pekalongan yang lezat
foto: https://www.inibaru.id/

Cemilan khas Pekalongan ini disebut glundung karena bentuknya seperti bola dan mudah digulung. Glundung Pekalongan lahir di sebuah desa bernama Kajen.

Rasa makanan ini manis, sah dan gurih, karena dipengaruhi oleh bahan bakunya. Kue gulundung yang terbuat dari tepung singkong di tengahnya menerima gula aren.

Menemukan glundung khas Pekalongan tidak sulit, Anda bisa mendapatkannya di toko goreng atau toko kue.

Coba juga -> 21 Makanan Spesial Magelang yang Enak

6. Soto Tauto

Soto Tauto
foto: https://www.instagram.com/dapurfoody/

Kuliner ini merupakan perpaduan dua budaya, yaitu makanan Cina dan India. Awal mula makanan ini telah diadaptasi dari makanan khas Cina, Caudo.

Banyak keturunan Cina di Pekalongan menjual Cauco di zaman kuno, banyak dengan penduduk setempat untuk menjadi pelayan dapur.

Para pelayan akhirnya mengganti masakan Caudo dengan rempah-rempah dan bahan-bahan lainnya, termasuk Tauco dari India. Sampai diketahui adalah Soto Tauto, Pekalongan terbuat dari kacang kedelai dan daging kerbau.

Soto Tauto sangat populer di kalangan warganya karena kejayaannya. Nah, makanan khas Pekalongan yang lezat ini bisa dibeli dengan harga 20.000 rupiah secara proporsional. Anda secara otomatis menjadi kenyang saat makan ini.

7. Tetel Kacang

Tetel kacang
foto: https://www.instagram.com/desytariyem/

Kuliner yang menggoda di Pekalongan adalah tetel rebus. Makanan khas Pekalongan yang lezat ini berasal dari daerah Ambokembang, Kabupaten Kedungwuni.

Meski makanan ini disebut tetind dimasak, tetapi tidak ada campuran ikan di atas piring sama sekali.

Tetel yang dimasak terbuat dari iga sapi dan teksturnya mirip dengan rawon. Jamu tetel Pindang juga sama dengan Rawon, dengan cokelat Kluwek.

Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, tempe dan juga kerupuk panggang (kerupuk yang dimasak dengan pasir).

8. Ongol-Ongol

Ongol-Ongol
foto: https://www.instagram.com/fridajoincoffee/

Penjual sarapan di Pekalongan umumnya menjual non-non-penduduk. Makanan ini berwarna merah, kuning dan hijau dan ditambahkan kelapa parut.

Bahan dasarnya terbuat dari tepung sagu atau pati lalu dicampur dengan gula aren. Mereka diwarnai merah, kuning, dan hijau untuk menarik minat saat bepergian. Campuran dicampur merata lalu dimasak sampai lunak.

Menemukan keluar-dari-lubang di Pekalongan tidak sulit, pedagang keliling atau pedagang kaki lima sering mengeksplorasi makanan ini. Ongol-Ongol telah menjadi bagian dari tawaran penduduk lokal, sehingga wajar jika Ongol-On-Go sering habis dalam waktu singkat.

9. Kerupuk gendar

Kerupuk Gendar
foto: https://www.instagram.com/merakicatering.id/

Anda dapat menjadikan gendarcrackers sebagai oleh-oleh yang khas Pekalongan, karena rasa gendarcraers pada dasarnya berbeda dengan di daerah lain.

Gendarcrackers Pekalongan asli rasanya lebih enak, terutama karena aroma rempah-rempah tidak tampak pelit. Saat digigit, para pendatang juga biasanya merasa renyah.

Kerupuk Gendar dijual di toko suvenir khas Pekalongan dengan dua varietas, ada yang mentah dan ada yang sudah matang. Variasi penawaran bervariasi tergantung pada berat dan jumlah yang ingin Anda beli.

10. Keripik Tahu Pekalongan

Keripik Tahu Pekalongan
foto: https://www.instagram.com/camilannusantara/

Tidak ada yang mengira keripik tahu berasal dari Pekalongan. Makanan ini merupakan alternatif bagi wisatawan yang ingin makan sehat.

Tahu yang dibuat dari kacang kedelai secara alami mengandung banyak protein. Dan sekarang Anda bisa menikmati inovasi kuliner ini kapan saja tanpa khawatir rasanya sudah tua.

Rasa keripik tahu yang renyah dan renyah, seperti Tahu Pong pada umumnya, terasa kering dan kaku. Juga tidak sulit untuk menemukan keripik tahu di Pekalongan, makanan ini sangat mudah ditemukan di jendela toko Camiilan dan dijual sesuai dengan bagian berat yang diinginkan.

Lihat juga -> Makanan khas Jepara yang paling enak

11. Nasgor Mrs. Custiani

Nasgor, Ny. Kustiani
foto: https://www.instagram.com/idemakansiang/

Dari sekian banyak bawang goreng di kota ini, Nasgor bu Kustiani adalah hidangan khas di Pekalongan, Jawa Tengah. Penduduk setempat menyebut warung nasi nasgor ini nasi goreng terlezat di Pekalongan.

Sejak gigitan pertama, rasa udang ebi dan pecan gurih telah melekat di langit-langit mulut. Kecap seperti menggunakan merek tertentu yang mungkin tidak dijual di supermarket, ini membuat rasanya kuat dan khas.

Gerai Ms. Ngo Kustiani juga menjual capcay, mie sup dan mie goreng. Terletak di Jalan Pekalongan Angkatan 45 atau tidak jauh dari Bank BTN.

12. Limun timur

Limun oriental
foto: https://www.instagram.com/temank kolaborasi /

Produk minuman ini bisa menjadi kebanggaan warga Pekalongan, karena Limun Timur telah dikelola selama lima generasi.

Limun Timur adalah minuman instan yang telah mendominasi lemari es Ramadhan atau Idul Fitri dari penduduk setempat, serta hari-hari khusus lainnya.

Limun oriental terbuat dari campuran asam sitrat, karbon dioksida, dan jus buah. Varian juga beragam seperti moka, raspberry, jeruk, lemon, air soda, dan sirsak. Harganya juga cukup murah, dengan hanya 7 ribu rupee, Anda bisa membawa pulang limun Timur sebagai oleh-oleh.

13. Calon untuk Pekalongan

Kandidat Pekalongan
foto: https://www.instagram.com/lestarinurhadi17/

Makanan renyah ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Pekalongan. Bentuknya yang kecil membuatnya mudah bagi kita untuk menyimpannya dalam berbagai jenis barel, membuatnya mudah untuk disesuaikan saat pengepakan.

Makanan pokok Pekalongan juga mengandung makanan yang berkelanjutan dan berlangsung berminggu-minggu sejak camilan dimasak.

Capret dibuat dari tepung singkong (pati) yang kemudian ditaburi dengan rempah-rempah yang dipilih. Semua bahan kemudian dipanggang dalam bentuk lingkaran datar seperti mint.

Tembakan yang dimasak kemudian dibumbui sebagai penambah rasa. Biasanya capret dibumbui, lada hitam atau garam.

Harga makanan ini cukup murah, dengan berat 250 gram dijual dengan harga 15 ribu hingga 17 ribu rupiah. Biasanya dijual di warung camilan atau toko oleh-oleh.

14. Gethuk

Gethuk
foto: https://www.instagram.com/jogjabikinlaper/

Anda bisa menjadikan gethuk sebagai suvenir dari makanan Pekalongan, asalkan memisahkan kelapa parut dengan campuran gethuk.

Parutan kelapa, yang biasanya merupakan penambah rasa pada gethuk, menjadi lebih cepat tua, jadi kami tidak menganjurkan campuran parutan kelapa dengan gethuk jika Anda ingin dibawa pergi. Makanan basah ini bisa memakan waktu beberapa jam di ruang makan berlubang.

Pekalongan Gethuk biasanya disajikan dengan gula aren yang cair dan kelapa parut. Rasa singkong yang dimasak sangat terasa dan dingin di perut.

Camilan ini biasanya dijual di pasar tradisional atau penjual keliling. Rasanya manis dan gurih, cukup untuk mengisi perut lapar di pagi hari.

15. Lopis

Lopis
foto: https://www.instagram.com/kapurnya_zee/

Lopis adalah hidangan yang sering digunakan sebagai menu Syawalan di Pekalongan. Tradisi Syawalan yang telah ada sejak 1885 adalah festival rakyat setelah Idul Fitri pertama pada 2 hingga 7 Syawal.

Lopis dilambangkan sebagai makanan yang mampu merekatkan persatuan warga karena sifatnya yang lengket dan keras.

Jadi setiap shayal di Pekalongan, Lopis selalu dirancang sebagai penekanan pada anggota masyarakat untuk selalu bersatu dan membangkitkan rasa persaudaraan.

Di luar acara, wisatawan dan penduduk setempat dapat menikmati makanan ini di pasar tradisional. Biasanya lopis dijual bersama camilan lain di pasaran. Lopis disajikan dengan kelapa parut dan gula aren sebagai suplemen.

Rasa lopis terasa manis bila dicampur dengan gula aren, tetapi bila tidak disentuh, gula akan terasa hambar. Teksturnya keras karena terbuat dari beras ketan. Parutan kelapa, yang bertindak sebagai taburan, memberikan rasa gurih.

Lihat juga -> Spesialisasi Lezat Cilacap terbaru

16. Angkringan Sang Dalang

Angkringan Sang Dalang
foto: https://www.instagram.com/deeyulia/

Angkringan si Dalang adalah tempat makan yang paling direkomendasikan untuk turis.

Restoran ini menjual makanan enak dengan harga murah. Kamarnya modern dengan konsep cafe restaurant, sehingga sangat cocok sebagai tempat retret bagi kaum muda.

Aksesnya juga mudah, cukup kunjungi Jl Binagariya, atau Sekolah MAN II Kota Pekalongan. Hanya 100 meter dari sekolah, Anda akan menemukan Angkringan Sang Dalang yang menyajikan makanan dan minuman yang siap untuk membangkitkan nafsu makan Anda.

17. Growol

Growol
foto: https://www.piknikdong.com/

Makanan khas Pekalongan terbaik adalah growol. Sepintas, makanan ini terlihat seperti khas Gunungkidul thiwul, tetapi campuran gula arennya tidak terlalu tinggi, sehingga rasanya biasanya enak.

Growol adalah pengganti makanan untuk beras ketika padi tidak dipanen. Kandungan karbohidratnya tinggi, terutama karena terbuat dari singkong.

Growol biasanya disajikan dengan porsi besar dan parutan kelapa di atasnya. Meskipun porsinya besar, makan growol tidak menghasilkan rasa yang sangat baik dan membuat pikiran aktif.

18. Gemblong

Gemblong
foto: https://www.instagram.com/angelinaenasoesanti/

Gamblong adalah makanan Pekalongan yang paling lezat, terutama untuk generasi 80-90. Makanan ini sangat populer sebagai camilan sekolah atau sebagai sarapan yang lezat.

Bagaimana tidak? Venton bulat hijau disajikan dengan kelapa parut, beras ketan dan saus kinca. Rasanya manis dan gurih, membuat orang ketagihan. Tidak cukup hanya membeli satu paket.

Makanan ringan ini dijual di area Jalan Banyurip, 100 meter setelah jembatan pasar di seberang pasar. Kios ini sering disebut sebagai gembong yang mendengarkan dan sudah ada sejak tahun 80-an.

19. Iwel-Iwel

Iwel-Iwel
foto: https://www.instagram.com/endahsari_83/

Iwel-iwel adalah camilan khas Pekalongan dalam bentuk piramida dengan daun pisang sebagai pembungkus. Kue tradisional ini terbuat dari beras ketan putih diisi dengan gula merah dan parutan kelapa di tengahnya.

Biasanya iwel-iwel disajikan pada acara-acara penting seperti pernikahan, sunat, ucapan syukur untuk bayi, dll. Kehadiran iwel-iwel dalam acara tersebut diharapkan mampu membangun kekerabatan antara keluarga dan kerabat dekat. menempelkan.

Meski identik dengan camilan syukur khas, iwel-iwel juga dijual di pasar tradisional atau beberapa restoran. Biasanya dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu masing-masing 2.000 rupiah. murah

20. Masakan Arab Pekalongan

Masakan Arab Pekalongan
foto: https://cateringmasakanarabpekalongan.wordpress.com/

Nasi kebuli, bak mandi, dan biryani dapat menjadi spesialisasi Pekalongan terbaik. Meskipun hidangan ini berasal dari Timur Tengah, namun masakan Arab di Pekalongan disesuaikan dengan bahasa Jawa.

Masakan Arab identik dengan daging domba muda yang dipanggang dalam oven, bersama dengan bumbu khas. Memasak juga harus teliti sehingga daging terasa empuk. Tidak hanya rasanya, bumbu juga membuat daging kambing tidak berbau prengus.

Ketika daging kambing siap, berikan bumbu tambahan dan gabungkan dengan nasi untuk digunakan sebagai nasi kebuli, nasi buruk atau nasi biryani.

Ketiga hidangan ini adalah ikon masakan Timur Tengah yang khas Yaman, Muslim India, dan Muslim Indonesia. Segera diperkenalkan oleh keluarga pedagang Arab yang bermukim di Pekalongan dan kemudian mendirikan restoran.

Salah satu tempat makan di Pekalongan yang menyajikan masakan Timur Tengah adalah Satisfied Restaurant, yang telah berdiri sejak 1975.

Arsitektur bangunan identik dengan rumah masa lalu, dan interiornya sederhana dengan perabotan dan fasilitas lengkap seperti masjid, toilet, dan ruang makan yang bersih. Restoran yang puas di Jalan Surabaya No. 32 Pekalongan dan selalu buka setiap hari.

Ulasan sebelumnya -> 20 hidangan khas Jogja terbaru

Setelah membaca rekomendasi kuliner di Pekalongan, saya tidak sabar untuk pergi ke sana, kan? Nah, cobalah kuliner satu per satu agar kamu tidak menyesalinya.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply