Makanan khas pemalang dikenal sebagai makanan yang bisa merangsang rasa. Karena kuliner di kota ini terkenal karena membuatnya tidak mungkin melanjutkan. Selain itu, ramah juga di tas.

Nama kota Pemalang jarang terdengar, oleh karena itu banyak kuliner yang tidak dikenal.

Karenanya lihat beberapa makanan di Pemalang. Kemudian, ketika Anda berkunjung ke sini, Anda dapat menemukan kelezatan kuliner apa yang bisa Anda dapatkan sampai Anda mengoleksinya.

Oke, tanpa deretan kuliner berikut di Pemalang:

1. Gunakan Kerupuk

Makanan khusus Pemalang, Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/idamayaaa/

Kerupuk usek adalah makanan Pemalang yang legendaris. Rasanya gurih, asin, dan renyah. Banyak pelancong suka membawa Kerupuk Usek ini sebagai oleh-oleh.

Makanan ringan khas Pemalang dapat digunakan sebagai suplemen makanan. Atau dinikmati sebagai camilan, rasanya sama lezatnya.

Di Desa Kendal Rejo, kerupuk ini bahkan digunakan sebagai bahan makanan. Itu disebut Usek Sambel. Kulinernya terbuat dari kerupuk usek yang direndam dengan saus dan tempe.

Untuk mendapatkan rasa kerupuk renyah, Usek tidak perlu membayar mahal.

Kerupuk ini dihargai hanya 3.000 rupee per bungkus. Tentang isi paket 20 biji. murah bukan? Nah, setelah membeli itu harus diletakkan di tempat yang tertutup agar tidak melakukannya ml temp.

2. Keluarga Bandeng Montok

Makanan ringan khas pemalang

foto: https://www.instagram.com/satkerbangrum/

Nah, jika Anda pergi ke Pemalang dan bingung tentang apa yang ingin Anda beli oleh-oleh untuk keluarga atau tetangga Anda. Ini keluarga Montok Montok. Makanan ini adalah ikan bandeng olahan.

Makanan khusus dari Pemalang di Jawa Tengah memiliki metode pengolahan yang berbeda dari yang lain.

Biasanya, ikan bandeng hanya dijual tanpa bumbu. Nah, keluarga Bandeng Chubby ini pertama kali diproses dengan membersihkan isi perut dan duri terlebih dahulu.

Kemudian yang paling unik dari ikan susu ini dibumbui dan mendapat daging sapi atau ayam di dalamnya.

Langkah selanjutnya adalah mengukus dan kemudian dikemas agar siap dijual. Jadi Anda mendapatkan 3 jenis daging di salah satu ikan bandeng ini. Harganya cukup mahal untuk mendapatkan bandeng olahan ini. Yaitu 75.000 rupee & satu potong.

Beli bandeng ini di toko Urip Sumoharjo 127, Pelutan, Pemalang. Jika Anda ingin mengetahui proses produksinya, Anda juga dapat mengunjungi Desa Kaliprau Pemalang. Ada banyak ikan olahan lainnya di sana.

3. Kraberts

makanan penghalang terlezat
foto: https://www.instagram.com/sriadiani/

Apakah Anda ingin makan kepiting tetapi selalu terganggu oleh kesenangan karena hidangannya tebal.

Yah, jangan khawatir, Kepiting Lemburi adalah cangkang lunak. makanan laut dimasak sedemikian rupa sehingga hidangan menjadi lunak.

Biasanya kepiting Lemburi dipanggang renyah atau hanya dipanggang. Pancake nya bisa digigit dengan mulut tanpa menggunakan alat. Tidak hanya itu, Kepiting Lemburi juga dimasak dengan saus tiram dan manis dan asam.

Harga satu porsi kepiting Lemburi bervariasi, ada yang menjualnya seharga 50 ribu rupiah. Nah, untuk menikmati makanan ini, Anda bisa menemukannya di Pantura Track, Pemalang. Makan dengan anggota keluarga tentu saja lebih menyenangkan.

4. Bakso balungan

Bakso Balungan
foto: https://www.instagram.com/salmaaddina_/

Siapa yang tidak kenal bakso? Makanan ini hampir ada di setiap wilayah, terutama di Jawa. Nah, kali ini ketika Anda berada di Pemalang, Anda juga dapat menemukan bakso yang lezat dan unik. Bakso biasanya hanya mendapatkan kaldu dan mie dan pangsit.

Yah, berbeda dengan di Pemalang. Baksi punya balungan di sini. Nama balungan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti tumpul. Bakso Balungan khusus Pemalang berarti bakso yang disajikan dengan tulang sapi.

Mangkuk Anda penuh dengan bakso dan tulang sapi besar. Rasanya enak karena ada tambahan daging sapi. Kaldu bahkan lebih terasa. Anda juga bisa menghisap tulang.

Bakso ini sangat populer di Pemalang, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Di setiap sudut jalan ada depot yang menjual Bakso Balungan ini.

5. Lontong Dekem

Lontong Dekem
foto: https://www.instagram.com/duhlaperbanget/

Tidak ingin ketinggalan popularitas Bakso Balungan di Pemalang. Ada juga kuliner terkenal. Itu disebut Lontong Dekem. Makanan ini juga menjadi legendaris di kota ini.

Dakem Lontong sangat unik. Menu ini terdiri dari potongan kue beras dan ayam dan bawang merah goreng. Kemudian tambahkan klethuk, sejenis bubuk yang terbuat dari tulang ayam goreng.

Banyak pelaku yang tidak terbiasa dengan makanan ini. Tetapi begitu Anda mencobanya, akan sulit untuk melupakannya. Makanan terbaik dari Pemalang disajikan dengan sate dakem.

Yaitu sate yang memiliki dua jenis daging, sate ayam dan sate goreng yang mengandung jeroan. Seperti hati, ampela dan usus.

Satate juga mendapat bumbu. Nah, setelah itu disajikan dengan lontong dan kemudian diberi sedikit bedak. Harganya murah, sebagian hanya dihargai 20 ribu rupiah.

Coba juga -> Makanan Pekalongan yang direkomendasikan

6. Apal Comal

apem comal
foto: https://www.instagram.com/kulinerpemalang/

Setelah makan berat, ada juga makanan ringan yang rasanya manis di Pemalang. Makanan ini telah menjadi legenda bagi penduduk setempat. Warga Pemalang tentu tahu tentang makanan ini. Namanya adalah Apem Comal.

Saya sangat terkenal sehingga orang menyebut Pemalang apem sebagai sebuah komal. Meski sama-sama berbeda. Ini terjadi karena Komem Apem hanya ada di Pemalang.

Cemilan khas Pemalang ini terbuat dari tepung beras dan gula aren. Cara membuatnya masih tradisional, sehingga rasanya tetap terjaga.

Yaitu dengan menggunakan pot api. Demikian pula, paketnya masih menggunakan daun pisang.

Dikatakan bahwa Koma Apem tidak dibuat di area Komal. Apem ini dibuat oleh wanita di Kesesi, salah satu daerah perbatasan. Namun Apem ini masih disebut Apem Comal.

Untuk mendapatkan masakan tradisional ini, Anda hanya perlu menghabiskan seribu rupiah hingga dua ribu rupiah. Harganya sangat murah, yang membuat kuliner ini sangat digemari warga. Apem biasanya dijual di pasar atau toko kue di sekitar Pemalang.

7. Kraca

kraca
foto: https://www.instagram.com/nganjuk_foodies/

Dari sekian banyak makanan di Pemalang itu mungkin jarang terdengar. Banyak pelancong bahkan melewatkan makanan ini karena tidak begitu terkenal. Nama makanannya adalah Kraca.

Kraca adalah kulit beras. Bentuk mangkuknya cukup besar. Dagingnya lembut dan enak. Kraca adalah makanan asli Pemalang yang sulit ditemukan. Karena ketersediaan Kraca yang tidak pasti.

Meski makanan ini sangat sederhana, hanya dari siput. Namun, Kraca mengandung banyak protein. Jika Anda bisa memasak dengan baik, Kraca juga bisa diubah menjadi makanan yang lezat.

Warga Pemalang biasa memproses Kraca ini dengan bumbu kuning. Yaitu diolah dengan ramuan seperti jahe, kunyit, serai dan laos dan ketumbar.

Mereka juga tidak memisahkan hidangan dan daging. Jadi, ketika Anda makan, Anda harus menghisap atau menyemburkan daging Kraca.

Nah, untuk menikmati makanan ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari. Biasanya makanan ini ada di depot restoran. Kemudian dimakan dengan nasi hangat. Harganya hanya 15 ribu rupiah.

8. Sate Loso

Sato Loso
foto: https://www.instagram.com/pemalangkeren/

Jangan bosan dengan saté. Karena makanan ini ada di mana-mana. Dan setiap daerah membuat sate dengan cara yang kreatif. Termasuk di Pemalang. Di sini ada saté yang unik dan luar biasa. Itu disebut Sate Loso.

Sate Loso adalah saté dengan bahan dasar daging sapi atau kerbau. Sekarang dagingnya dimasak sebelum direbus dalam sate. Yaitu dimasak dengan gula merah, kecap asin dan garam hingga terserap.

Cara memasaknya sudah rumit, tentu saja rasanya lebih enak. Ya, karena proses memasaknya panjang, sehingga dagingnya terasa enak, rasanya direndam. Makanan khas Pemalang paling lezat harganya 20 ribu rupee.

Setelah Sate Loso dijual oleh Bp. Loso, sekarang ada regenerasi oleh Pak Mul. Namun namanya tetap Sate Loso.

Sate Loso disajikan bersama dengan lontong dan saus kacang. Apalagi cara penyajiannya juga ditutupi dengan daun jati. Kesan tradisionalitas makanan ini.

9. Bongko Mento

Bongko Mento
foto: https://www.instagram.com/anitameliawati/

Lalu ada makanan asin lain dari Pemalang yang tidak boleh dilewatkan. Bongko disebut Mento. Namanya agak aneh, tapi banyak orang suka makan makanan ini.

Banyak orang tahu bahwa Bongko terbuat dari pisang. Dan memiliki rasa yang manis. Namun berbeda dengan Pemalang.

Bongko Mento terbuat dari tepung dan kemudian telur dadar. Kemudian diisi dengan pepaya muda goreng yang dibumbui. Lalu termasuk ayam parut.

Setelah semua bahan diisi, santan diberikan dan dibungkus dengan daun pisang lalu diikat. Akhirnya dikukus sampai selesai. Terkadang Bongko Mento ditambahkan dengan irisan cabai jika Anda menginginkannya pedas.

Bongko Mento dewasa ini dapat dihancurkan atau diolah menjadi lauk. Makanan ini biasanya dijual di pasar Pemalang atau di gudang makanan. Harganya hanya sekitar 5.000 rupiah.

10. Pergelangan tangan

Ogel-Ogel
foto: https://www.instagram.com/kemriukchips/

Apakah Anda ingin makan sesuatu yang lezat sebagai penutup makanan atau tertembak, tetapi masih bingung. Anda tidak perlu khawatir, karena di Pemalang ada makanan tradisional dengan rasa gurih. Ini disebut ogel-ogel. Lagi-lagi, nama makanan ini terdengar aneh. Tapi jangan bertanya tentang rasanya.

Ogel-ogel adalah camilan asli dari Pemalang. Camilan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan perasa lain seperti gula, garam dan keju. Renyah dan renyah adalah perasaan yang dirasakan saat menghamili elang.

Karena renyah dan renyah, itu membuat dimakan yang disukai banyak orang. Termasuk anak-anak. Untuk mendapatkan ular ogel, Anda hanya perlu membeli oleh-oleh. Ada banyak raksasa yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

Anda tidak perlu khawatir jika makanan ini dikonsumsi oleh anak-anak, karena makanan ini tidak mengandung bahan pengawet. Namun jangan ragu keberlanjutannya, makanan ini bisa bertahan hingga 3 bulan di tempat tertutup.

Lihat juga -> Makanan Spesial Magelang Terbaru

11. Lotek

Lotek
foto: https://www.instagram.com/javafoodie/

Makan daging di Pemalang, saatnya mencari sayuran untuk dikonsumsi. Di Pemalang ada makanan sehat dengan banyak serat dan terbuat dari sayuran. Sepintas makanan ini terlihat seperti pecel, tetapi berbeda. Nama lotek

Makanan ini mungkin terdengar asing di Jawa Tengah. Makanan asli dari Pemalang dibumbui dengan kacang seperti pecel. Perbedaannya adalah bahwa rempah pecel tersedia ketika penjual menjual dagangannya. Tetapi Lotek tidak melakukan itu.

Penjual lotek menjual jamu mereka langsung sesuai dengan porsinya. Jadi, ketika Anda membeli harus siap menunggu. Makanan sehat dan lezat dapat ditemukan di pinggiran Jalan Pemalang.

Makanan khas pemalang adalah yang paling lezat, ini tidak mahal. Cukup 10 ribu rupee, Anda bisa mendapatkan Lotek. Dengan bayam air rebus isi atau bayam rebus ada tauge rebus, kubis dan garter dan mentimun.

12. Tahu Pletok

Tahu Pletok
foto: https://www.instagram.com/sriloe/

Masih menginginkan jajanan tradisional di pasaran yang bisa cukup penuh. Nah, di Pemalang ada Tahu Pletok. Tahu ini dibuat dan disajikan dengan mematahkan tahu dengan kedua tangan. Sebelum disajikan, tahu dipanggang sampai kering.

Keringkan sampai warnanya cokelat. Maka aroma tahu akan tercium, sehingga akan merangsang selera Anda. Tahu ini juga biasanya disajikan dengan kecap pedas. Yakni kecap asin yang mendapat sepotong cabai. Atau hanya cabai saja.

Untuk menikmatinya, Anda hanya perlu merogoh kocek 10 ribu. Anda sudah bisa menikmati 5 biji Pletok Tahu

13. Pecel Eel

sih belut
foto: https://www.instagram.com/yetty_patnaputri/

Belut adalah makanan yang jarang disentuh. Karena ketersediaan belut yang terbatas. Nah, jika Anda bepergian ke Pemalang Anda bisa menemukan hidangan kuliner yang terbuat dari belut. Namanya Pecak Belut.

Pecak Belut adalah belut goreng dengan saus sambal. Menu memiliki belut santan dan belut cabai kering. Selain itu, presentasi juga menerima bawang goreng utuh. Dan dibekali nasi hangat.

Idola makanan ini tentu saja merupakan sensasi pedas dari saus. Banyak yang datang lagi karena kepedasan mengumpulkan. Jika Anda mencari makanan, Anda bisa pergi ke Warung Bu Niti di Pemalang Pantura Line. Harga satu porsi adalah 35 ribu rupee.

14. Grombyang

Grombyang
foto: https://www.instagram.com/dapurfoody/

Grombyang adalah makanan paling terkenal di Pemalang. Banyak turis yang akrab dengan makanan ini. Grombyang adalah nasi campur asli dari Pemalang.

Bedanya dengan nasi campur lainnya, porsi nasi Grombyang lebih besar. Apalagi ada sup di nasi.

Isi nasi ini terdiri dari potongan daging sapi, kuah sate dan kerbau. Keduanya disajikan secara terpisah. Makanan ini terkadang dibandingkan dengan rawon, tetapi jelas berbeda.

Untuk mendapatkan porsi beras Grombyang, Anda harus membayar sekitar 25.000 rupee. Anda juga bisa melihat-lihat alun-alun Pemalang.

Ada banyak penjual beras Grombyang. Jangan lupa untuk menikmati makanan ini bersama keluarga Anda!

15. Kamir

kita
foto: https://www.instagram.com/primagung/

Setelah menyantap makanan isi, masih ada makanan ringan di Pemalang yang harus dicoba. Yaitu Kamir. Sepintas, nama makanan ini menyerupai nama seseorang. Makanan ini sebenarnya adalah makanan asal Arab di Pemalang.

Kamir atau yang biasanya ditulis oleh Gist adalah makanan ringan khas Pemalang yang melegenda. Itu manis dan dicintai oleh banyak orang.

Kue yang terbuat dari tepung, mentega dan telur selalu menjadi target penghuni. Selain itu, banyak yang menambahkan campuran dengan pisang dan tape ambon.

Kue ini juga terdiri dari dua jenis, yaitu nasi Kamir dan tepung beras. Namun, di Pemalang, banyak yang menjual tepung Kamir. Harga kue ini adalah 3000 rupiah. Dapat ditemukan di pasar atau di sekitar desa Mulyoharjo.

Ulasan sebelumnya -> Makanan Paling Lezat di Jepara

Ya, Pemalang biasanya memakan begitu banyak varietas benar kan Anda pasti harus mencoba kuliner ini. Apalagi banyak makanan belum diketahui. Jangan ragu untuk mencobanya saat Anda berada di Pemalang.

Meskipun kota Pemalang jarang terdengar, ini tidak berarti bahwa kota ini tidak patut dikunjungi. Ternyata banyak kuliner yang menarik dan patut dicoba.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply