Makanan spesial dari Tegal ternyata banyak. Ada beragam makanan ringan dan berat yang harus dicoba. Selama liburan banyak wisatawan datang ke kota ini untuk mengunjungi keluarga dan pencicip kuliner.

Kota yang dijuluki City of Maritime ini juga memiliki banyak tawaran menu lainnya makanan laut kamu tahu! Jadi jangan khawatir kehabisan menu. Selain ragamnya, kulinernya tentu enak di sini.

Tidak hanya enak, tapi makanan di Tegal juga unik. Mari kita simak ulasan kuliner di Tegal di bawah ini

1. Kenal Pletok

Makanan khas Tegal yang enak
foto: https://www.instagram.com/yackikuka/

Tahu Pletok telah digunakan baru-baru ini sentuh. Di Tegal, makanan ini sudah lama menjadi legenda. Banyak penjual yang menjual tahu Pletok di pinggir jalan.

Tofu Pletok adalah camilan asli dari Tegal yang terbuat dari kulit segitiga. Kemudian diisi dengan kanji dan daun bawang dan beberapa bumbu lainnya. Biasanya orang Tegal memanggang sebelum mereka mendapatkan pati.

Camilan ini sangat cocok untuk camilan, terutama dengan kecap agar lebih kencang. Rasanya enak dan kenyal. Semua orang akan menyukainya.

2. Beras Ponggol

Makanan khas Tegal murah

foto: https://www.instagram.com/guniezzt/

Bingung sarapan di Tegal? Bersantai di sini, Anda dapat menikmati hidangan nasi Ponggol di pagi hari. Nasi ponggol adalah makanan ringan sederhana yang dikemas dalam daun pisang dengan tempe dan telur goreng. Beras ini identik dengan sarapan karena penjual hanya buka pagi hari.

Namun, banyak orang baru-baru ini membuka warung Ponggol sampai malam. Makanan khas lezat dari Tegal ini murah. Hanya 3000 rupee. Selain itu, Anda dapat menambahkan lauk lain jika lauk dalam Ponggol Rice tidak terisi.

3. Blendung

Blendung
foto: https://www.instagram.com/ramadani.ratih/

Makanan ini mengingatkan Anda akan masa kecil. Karena Blendung adalah bahan makanan yang sudah ada sejak zaman kuno. Makanan ini dijual di pasar, para ibu yang kembali dari pasar biasanya membawa makanan ini kepada anak-anak mereka.

Blendung adalah makanan ringan tradisional dengan jagung rebus, beras ketan, sagu dan kelapa sebagai bahan utamanya. Rasanya enak, manis, dan asin. Makanan ini dijual di pasar tradisional, tetapi Anda juga dapat menemukan makanan ini di Tegal Square.

Harganya sangat terjangkau. Satu porsi dihargai hanya 3000 rupee. Makanan ini cocok untuk anak kecil hingga orang dewasa. Jadi apa Apakah Anda ingin merasakan sensasi Blendung?

4. Kacang dari Bogares

Makanan khas Tegal yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/argiabae/

Masih dengan camilan. Di Tegal ada makanan ringan murah, yang disebut kacang Bogares. Lucu, namanya, kacang ini adalah kacang yang ditanam di daerah Bogares. Disebut demikian. Harga per paket hanya 10.000 rupee.

Makanan spesial murah untuk Tegal sangat istimewa, karena pengolahannya membutuhkan proses yang panjang. Pertama kacang dipilih dan kemudian dijemur. Kacang tersebut kemudian dipanggang dengan pasir.

Yang istimewa adalah kacang ini dipanggang dalam panci tanah liat. Kacang kemudian disaring dan dipisahkan dari pasir. Karena Anda tidak menggunakan minyak, Anda tidak perlu khawatir makan camilan ini terlalu banyak.

5. Soto Tauco

Makanan khas dari Tegal Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/dapurfoody/

Anda tidak perlu bingung mencari makan siang di Tegal, karena ada makanan di sini yang mengenyangkan sekaligus lezat. Soto Tauco adalah namanya. Seperti namanya, sup ini memiliki taucau. Sehingga rasanya menjadi lebih unik.

Soto kaldu dicampur dengan tauco yang bersifat asam, membuatnya terasa lebih segar. Sekali lagi, sup ini disajikan dengan mangkuk kecil sebagai minuman. Kaldu ini juga terbuat dari santan. Bisakah Anda bayangkan atau tidak?

Buat makanan ini semakin penasaran. Untuk mendapatkan makanan ini, Anda bisa pergi ke alun-alun kota Tegal. Atau di sekitar pasar Senggol ada pedagang yang menginjak Soto Tauco ini.

Coba juga -> Makan khas Blitar terbaru

6. Sopir Gemblong Ocar

Gemblong Ocar-Acir
foto: https://twitter.com/infotegal

Nama makanan ini lucu. Nama Gemblong Ocar-Acir. Camilan ini terbuat dari singkong matang. Metode ini pertama kali direbus dan kemudian dihaluskan dengan lembut. Hasil tabrakan disimpan di piring atau terlihat dan diratakan.

Kemudian Gemblong siap dijual setelah dipotong kecil-kecil. Kemudian dibungkus daun pisang dan ditaburi kelapa parut dan gula merah. Gula merah dituangkan dengan alias tersebar.

Mendapatkan makanan ini cukup sulit karena permintaan semakin kecil. Namun tetap saja, masih ada penjual yang menendang barang dagangan ini di pasar tradisional.

7. Beras Bogana

Beras Bogana
foto: https://www.instagram.com/dapuripeh_82/

Selain terkenal dengan Warteg, Tegal juga memiliki hidangan lezat dan populer. Namanya Bogana Rice. Isi nasi ini adalah nasi kuning yang diberikan berbagai lauk. Seperti telur rebus, ayam parut, opor kuning, daging sapi giling, orek tempe dan garter goreng.

Makanan khas lezat dari Tegal ini hanya tersedia selama perayaan Capgome atau perayaan lentera. Tapi sekarang ada beras Bogana setiap hari. Untuk mencicipi kelezatan Beras Bogana, Anda harus membayar 10 – 13 ribu rupee. Cukup murah karena ada banyak lauk.

8. Nasi Lengko

Nasi Lengko
foto: https://www.instagram.com/kulinerjabodetabek/

Masih mendiskusikan beras. Di Tegal adalah beras yang tidak kalah terkenal dengan Beras Bogana. Ini disebut Beras Lengko. Kuliner ini adalah makanan terkenal yang dibasahi saus kacang.

Nasi lengko terdiri dari tauge yang diseduh dengan air panas, mentimun Irlandia, tahu goreng, tempe, saus kacang, kecap, mie dan kerupuk. Makanan ini jelas berbeda dari pecel, karena tidak ada sayuran hijau.

Keunikan Beras Lengko adalah waktunya dipanggang setengah kering dan tidak terlalu matang. Nah, untuk menyantap Nasi Lengko, Anda bisa datang ke Tegal Square atau Jalan Kolonel Sudiarta.

9. Kemronyos

Kemronyos
foto: https://www.instagram.com/windurom001/

Bosan dengan nasi? Sekarang ada saté terkenal yang disebut Kemronyos di Tegal. Namanya memang unik, tetapi ini adalah saté asli Tegal. Satron Kemronyos sendiri adalah satévlees saté.

Bedanya, kebanyakan sate kambing dibakar dengan bumbu. Tetapi tidak dengan Satron Kemronyos. Anak domba dipanggang tanpa bumbu. Sehingga rasa asli kambing lebih terasa.

Setelah dibakar, sate kemudian disajikan dengan kecap, sambal dan lalapan. Kadang-kadang irisan bawang juga diberikan. Untuk menikmati makanan ini, Anda hanya perlu membayar 20.000 rupee. Anda dapat langsung menikmati rasa daging kambing asli.

10. Glotak

Glotak
foto: https://www.instagram.com/kresresepmasak/

Lagi-lagi, ada makanan yang disebut aneh di Tegal, yaitu Glotak. Bagi wisatawan di luar kawasan tentu kaget mendengar nama ini. Glotak adalah makanan yang terbuat dari gembus.

Guling sendiri adalah semacam oncom. Glotak dimasak dengan bumbu dan rempah-rempah. Bentuknya seperti bubur dengan warna coklat kehitaman. Meski warnanya tidak menarik, namun dapur ini sangat bagus di Tegal.

Nah, tujuan balapan Glotak sendiri sangat sulit. Karena makanan ini juga banyak menggunakan cabai. Apa yang membuat makanan ini begitu istimewa adalah kaldu yang digunakan dengan kaldu ayam dan kemudian dicampur dengan bumbu.

Nama Glotak berasal dari metode memasak. Saat itulah dimasak membuat suara berotak glotak dari tulang ayam di dinding pot. Beginilah nama makanan ini muncul.

Lihat juga -> spesialisasi Pemalang terbaru

11. Nasi Langgi

Makanan khas Tegal yang enak
foto: https://www.instagram.com/jogjacarimakan/

Nah, ada makanan khas Tegal yang terkenal bernama Nangg Langgi. Beras ini bahkan telah dijual di wilayah Jawa Tengah seperti Jogja, Solo, Magelang, Semarang dan Klaten. Makanan ini adalah camilan sederhana. Ini berisi lauk kering dan nasi.

Nasi langgi terdiri dari nasi putih, ayam parut, sayuran labu, tempe renyah, taburan kacang dan kadang-kadang ikan asin. Ada juga telur dadar iris tipis dan mentimun serta daun kemangi. Nasi ini hampir sama dengan nasi goreng atau nasi campur.

12. Olos

Makanan khas Tegal murah
foto: https://www.instagram.com/tegal.fnb/

Siapa yang tidak suka makanan ringan? Camilan ini, yang sering dimakan selama waktu senggang, selalu menjadi incaran banyak orang. Nah, ada camilan sehat di Tegal, Olos.

Olos adalah camilan bundar dengan sayuran dan cabai. Makanan ringan ini dijual dalam gerobak kecil di dekat sekolah. Anak kecil biasanya membelinya setelah sekolah.

Adonan Olos terbuat dari tepung dan tepung. Selain isi kubis di dalamnya, ada juga penjual yang mengisinya dengan sosis, ayam atau keju. Enak dan enak. Jika Anda menginginkannya pedas, Anda dapat meminta penjual untuk bubuk cabai.

13. Bakso Putra Mahkota Mahkota

Makanan khas Tegal yang terkenal
foto: https://m.kaskus.co.id/

Bosan dengan dapur pinggir jalan? Sekarang saatnya mencoba kuliner di Rumah Makan Yaitu Bakso Putra Mahkota. Makanan ini cocok untuk menu makan siang Anda. Bakso ini sangat terkenal di Tegal.

Tekstur dagingnya lembut dan ada bakso jumbo. Uniknya, bakso biasanya disertai pangsit atau bakso goreng. Putra mahkota Bakso, bagaimanapun, disertai oleh pilus. Yakni sejenis kerupuk bulat kecil. Perasaan saat makan menjadi renyah.

Bakso Mahkota Putera juga menyajikan bakso berisi telur. Jadi lebih kencang, bukankah itu makan siang Anda? Nah, untuk mendapatkan bakso ini, Anda harus datang ke Jalan Sudibyo. 174. Ada putra mahkota Bakso.

14. Ken Aci

ken aci
foto: https://www.instagram.com/leinana__/

Aci Tahu sering disamakan dengan Tahu Pletok. Bedanya, Tofu Aci menggunakan tahu kuning, sehingga dagingnya lebih tebal. Tahu kuning segitiga terbagi dua dan kemudian diisi dengan adonan aci.

Makanan khas dari Tegal, Jawa Tengah, yang sering diburu wisatawan, rasanya enak. Tentu saja tingkat gurih berdasarkan pada acinya. Camilan ini, yang bisa didapatkan di pinggir jalan, memang enak. Apalagi harganya murah. Masing-masing hanya seribu rupee.

Tahu Aci lebih enak jika dicelupkan ke dalam kecap, saus atau dimakan dengan cabe rawit. Dimakan saat masih panas, rasanya bahkan lebih baik.

15. Es Lontrong

Makanan khas dari Tegal Jawa Tengah
foto: https://www.instagram.com/yulichia88/

Haus di sore hari dan apakah Anda ingin minum minuman dingin? Bersantai di Tegal ada Ice Lontrong. Es inovatif dan inovatif ini dapat membuat tubuh Anda segar kembali.

Es krim Lontrong adalah es krim legendaris dengan kacang hijau dan agar-agar. Kemudian beri santan dan gula merah meleleh dan bongkahan es di atasnya.

Nah, untuk mendapatkan kesegaran Es Lontrong, Anda hanya perlu membayar 4000 rupiah. Lokasi berada di Jalan Meyjend Sutoyo, Slawi.

Baca juga -> Makanan Khusus Pekalongan Terbaru

16. Topi ayam tegal

Ayam Tegal Pap
foto: https://www.instagram.com/tegal.fnb/

Pagi-pagi ingin makan makanan yang tidak berat tetapi mengisi.

Pada saat yang sama, perut bisa dicerna dengan baik bukan? Nah, di Tegal Anda bisa memilih Bubur Ayam Tegal sebagai menu pagi Anda.

Makanan khusus Tegal Jawa Tengah hanya buka & di pagi hari. Bubur lunak dan ayam parut yang melimpah selalu populer di kalangan banyak orang.

Isi bubur ayam terdiri dari ayam parut, kaldu ayam kuning, kacang kedelai panggang dan kerupuk. Harganya murah, porsinya hanya 8 ribu rupiah.

17. Latopia

Latopia
foto: https://travel.tribunnews.com/

Jika ada Bakpia di Jogja yang menjadi makanan khasnya. Di Tegal ada Latopia. Camilan ini hampir sama dengan Bakpia, tetapi bentuknya sedikit lebih persegi.

Seperti kue pia, Latopia biasanya juga ada selama Tahun Baru Cina. Tapi sekarang kamu bisa mendapatkannya kapan saja.

Makanan ringan yang terbuat dari tepung dan kemudian diisi dengan kacang hijau, coklat dan stroberi dapat diperoleh di pusat cinderamata Tegal.

18. Es Sagwan

Es Sagwan
foto: https://www.instagram.com/dwiarifwicaksono/

Apakah Anda masih menginginkan minuman lain di Tegal yang juga menyegarkan? Mungkin Es Sagwan adalah alternatif. Es krim ini hampir sebanding dengan es krim Dawet, perbedaannya adalah butiran hijau panjang di Dawet, warnanya putih. Biji-bijian juga sering lebih sulit.

Es krim ini sangat sederhana, yaitu es krim yang menerima santan dan kemudian dikombinasikan dengan sirup merah. Jika tidak cukup manis, Anda bisa menambahkannya dengan gula jawa cair.

Nama Es Sagwan sendiri berasal dari nama pembuatnya, Sagwan. Nah, es krim ini bisa didapat di Desa Pandean, Kecamatan Dukuhturi, Tegal.

19. Permen kapas

permen kapas
foto: https://www.instagram.com/cuansol/

Siapa yang tidak kenal Gulali? Makanan manis yang disukai anak-anak sangat populer. Kebanyakan permen kapas di Tegal terbuat dari gula aren. Tapi di sini kita menggunakan lebih banyak tebu.

Makanan khas terkenal dari Tegal ini jarang ditemukan. Biasanya penjual sudah tua karena ini adalah penjual lama. Nah, Anda bisa mencarinya di Tegal Square atau di sekitar sekolah, ada banyak simbah selimbah.

Harganya cukup murah, hanya 2 ribu rupiah. Nah, jika Anda ingin mengingat kenangan usia sekolah dasar, Anda bisa mencoba permen kapas ini.

20. Kupat Bangkok

Kupat bangkok
foto: https://www.instagram.com/jatengeksis/

Ada lagi makanan khas Tegal yang terkenal, Kupat Bangkok. Makanan ini terkadang hanya muncul selama periode Ramadhan, tetapi jika Anda mengunjungi kota Tegal Anda pasti akan menemukannya kuliner.

Kupat Bangkok adalah makanan ringan yang diolah dari tempe busuk atau tempe semangit untuk membuat kaldu. Kupat Bangkok ini berisi tauge, sambal goreng, udang goreng dan kerupuk tepung.

Makanan sederhana ini dapat dibeli di sekitar Jalan Proklamasi. Ada banyak PKL yang menjual Kupat Bangkok ini.

Baca juga -> Makanan Spesial Magelang terbaru

21. Rujak Kerupuk Mie

Kerupuk Mie Rujak
foto: https://jatenglive.com/

Rujak Kerupuk Mie hampir sama dengan Pecel, diisi sayuran dengan saus kacang.

Namun bedanya, Rujak Kerupuk Mie ini mengandung sayuran daun singkong, kangkung, violet, daun pepaya, tauge dan daun pisang. Kemudian disiram dengan saus kacang.

Lagi istimewa, ada mie kuning yang sebelumnya termasuk dalam isian. Kemudian ditambah dengan kerupuk singkong di atasnya.

Lalu diincuk dengan daun pisang. Harganya juga murah, sekitar 7.000 rupiah, Anda bisa mendapatkan semua sayuran hijau. Murah dan memberi semangat bukan?

22. Tahu Tahu

Tahu Upil
foto: https://www.instagram.com/ariefzf/

Namanya mungkin menjijikkan, Tahu Upil. Namun, yang pasti tidak menjijikkan, banyak orang yang menyukai camilan ini.

Nah, jika Aci Tahu dan Tahu Pletok disebutkan di atas. Ini tentu saja berbeda dengan Tahu Upil, karena komposisi tahu ini lebih sedikit dari pada adonan bahannya. Terkadang hanya kulit yang mengelilingi pintu masuk.

Harganya sangat murah, hanya 500 rupiah setahun. Makanan khas murah dari Tegal ini dapat ditemukan di sekitar Tegal Square, atau banyak pedagang menjualnya selama perayaan Pasar Malam.

23. Kupat sayu

Kupat Glabed
foto: https://www.instagram.com/pawon_mbak_iwed/

Nah, ada kuliner Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Yaitu Kupat Glabed.

Makanan ini hanya ada di Tegal, di daerah lain tidak ada. Camilan ini, yang terdiri dari irisan kupat, dengan kaldu kuning kental dan lauk seperti tempe, sangat populer di kalangan warga.

Saus kental khas untuk dimakan ini. Karena sup ini terbuat dari santan yang mendapat sedikit tepung jagung dan kunyit. Anda juga bisa menikmatinya dengan kerupuk kepiting dan sate Blengong.

Anda bisa mendapatkan rasa yang enak dari Kupat Glabed di sekitar Stasiun Tegal atau Tegal Square.

24. Lontong Cap Go Meh

Lontong Cap Go Meh
foto: https://www.instagram.com/catering.majumapan/

Terakhir, ada makanan khas Tegal yang tidak boleh Anda lewatkan. Yaitu Lontong Cap Go Meh, yang selalu menjadi santapan selama Tahun Baru Imlek.

Lontong Cap Go Meh berisi kue beras, saus kentang, keripik tempe, telur balado dan lainnya. Saus ini sebagian besar berwarna kuning, tetapi karena dicampur dengan lauk pedas, warnanya berubah menjadi oranye.

Rekor Lontong Cap Go Meh hanya berharga 15 ribu rupiah. Anda bisa mendapatkannya di Warung Bu Wing di Jalan Jendral Sudirman.

Ulasan sebelumnya -> Makanan Khas Jepara Terbaru

Makanan khas tegal banyak kan? Namanya juga aneh, tetapi kemuliaannya tidak diragukan. Nah, bagi Anda yang mengunjungi Tegal, jangan hanya pergi ke wrategi, cobalah kuliner yang nikmat di sana lagi.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply