Pasar Baru Bandung – Bandung terkenal dengan kota-kota bersejarahnya dengan banyak tujuan wisata menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya wisata alam dan budaya yang menarik minat orang dalam berlibur ke kota Bandung, tetapi kondisi kota yang semakin indah dan lebih rapi juga memastikan bahwa banyak orang ingin mengunjungi kota yang dulunya merupakan danau api.

Nah, jika Anda merencanakan liburan di Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi tur yang satu ini. Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, wisata ini tidak memerlukan biaya, tetapi Anda harus membawa banyak uang, yaitu wisata Pasar Baru Bandung.

lokasi

Terletak di pusat kota Bandung, tepatnya Jalan Pasar Barat nomor 18, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat, Pasar Baru Bandung dianggap sebagai salah satu objek wisata di Bandung.

Alasannya adalah bahwa pasar ini adalah pasar terbesar dan tertua di Bandung. Pasar ini juga merupakan pasar termurah. Jadi jangan heran jika pasar delapan lantai tidak pernah tanpa pengunjung. Selalu sibuk dari lantai dasar ke lantai delapan.

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung

Sejarah Pusat Perdagangan Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung memang bukan pasar biasa. Memiliki banyak sejarah tersembunyi, pasar ini adalah hasil renovasi pasar Baroeweg.

Sebagai hasil dari kerusuhan di Munada pada tahun 1842, area pasar lama Ciguriang, sekarang di sekitar Jalan Kepatihan, dibangun kembali dan Pasar Baru Bandung menjadi pusat perbelanjaan di Bandung. Pasar Baru juga telah menjadi pasar terbesar, termurah dan terlengkap.

Ada cerita yang disebut-sebut sebagai pembukaan sejarah pembangunan Pasar Baru Bandung. Itu Munada, seorang keturunan Cina yang adalah seorang Muslim keturunan Kudu, yang pada saat itu bekerja untuk seorang asisten bernama Nagel.

Munada ini memiliki suasana hati yang buruk. Selama bekerja, Munada mencoba mengkhianati Nagel dengan mencuri sejumlah uang. Tidak lama kemudian Nagel menemukan perilakunya, dan kemudian Munada dipenjara.

Tetapi karena hatinya sudah buruk, tidak menyesal, Munada ini malah merasa terhina. Dia kemudian mengundang rekannya Raden Naranata untuk membalas dendam pada Nagel.

Rekannya Raden Naranata secara tak terduga juga memiliki kebencian yang sama, jadi mereka bermaksud untuk membunuh Nagel dengan menikamnya dan kemudian membakar pasar Ciguriang.

Karena peristiwa hebat ini, semua pedagang tersebar dan saling membenci. Persaingan menjadi tidak sehat dan pertempuran terkadang tidak dapat diatasi.

Untuk mengakomodasi para pedagang yang sudah tidak aman dan tidak nyaman di lokasi itu, sebuah lokasi dibuat pada tahun 1844 untuk mengakomodasi para pedagang ini di sisi barat area Chinatown. Tempat penampungan akhirnya akan menjadi Pasar Baru Bandung.

Pasar Baru Bandung mengalami beberapa perubahan dari tahun 1906. Pada tahun 1906, sebuah bangunan semi permanen didirikan di Pasar Baru Bandung yang dibagi menjadi beberapa toko di bagian depan sedangkan bagian belakang diisi oleh pedagang kaki lima.

Itu dibangun kembali dan dikembangkan pada tahun 1926. Kompleks perbelanjaan akan dibuat lebih luas dan lebih jelas. Dua pos telah dibangun di kanan dan kiri pintu masuk ke kompleks Pasar Baru Bandung.

Bangunan pos yang dibangun memiliki atap unik di mana atapnya dipasang secara diagonal dari bahan karet yang mirip dengan ebonite. Tetapi karakter unik bangunan ini dihilangkan karena berada di tahun tujuh puluhan.

Pada tahun 1935 Pasar Baru Bandung telah memenangkan gelar pasar terbersih di seluruh Hindia Belanda. Ini adalah alasan yang membanggakan karena Pasar Baru Bandung cukup besar.

Kemudian Pasar Baru Bandung direorganisasi dan dibangun dengan konsep yang lebih modern, tetapi tanpa kehilangan kesan tradisional pada tahun 1970.

Dan akhirnya, pada tahun 2001, konsep tradisional dihilangkan dan diganti dengan membangun gedung yang indah yang akan digunakan sebagai Pusat Perdagangan,

Pasar Baru Bandung dibuka untuk umum pada tahun 2003 dengan pelantikan walikota Bandung. Tidak berhenti sampai disitu, Pasar Baru Bandung diperluas lagi pada tahun 2013, di mana pengembangan kedua dilakukan, yaitu Pasar Baru Square.

Bangunan ini terdiri dari pusat perbelanjaan dan hotel Dafam yang berhadapan langsung dengan Pasar Baru Trade Center Bandung atau Pasar Baru Bandung. Tepatnya di Chinatown Road yang lama. Bangunan ini dibuka untuk umum pada tahun 2015.

Pusat Perdagangan Pasar Baru Bandung

Pusat Perdagangan Pasar Baru Bandung

Kunjungi juga: Warisan Bandung

Kehebatan Gedung Pusat Perdagangan Pasar Baru Bandung

Sebagai tujuan wisata yang tersebar di Bandung, Pasar Baru Bandung atau Pasar Baru Trade Center Bandung tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan pada hari kerja aktif.

Pasar ini memiliki total delapan lantai. Oleh karena itu disarankan bagi Anda, jika Anda ingin bepergian atau berbelanja di Pasar Baru Bandung, Anda tidak boleh terlambat karena Anda mendapatkan tempat parkir teratas, yaitu lantai delapan.

Sebenarnya, tidak masalah, karena lantai delapan memiliki kesenangan tersendiri, di mana Anda dapat menikmati pemandangan kota Bandung dari segala arah di lantai itu. Di lantai paling atas ada juga masjid untuk Anda yang ingin sholat atau hanya ingin beristirahat setelah berkeliling pasar yang indah ini.

Pasar Baru Bandung sangat luas, sehingga Anda tentu tidak akan puas jika hanya berkeliling selama satu hari. Di satu lantai dibagi menjadi blok yang berbeda.

Dari blok A1, A2, hingga D1, D2. Sistem penjualan dilakukan secara grosir, sangat cocok untuk berbelanja dalam porsi besar. Pasar ini telah menjadi tempat bagi para distributor, agen, distributor dan pengecer, serta wisatawan yang selalu berbelanja untuk suvenir dalam jumlah besar.

Tetapi sebelum Anda ingin membeli ritel itu, Anda tidak perlu khawatir, karena area grosir hanya dalam blok B1, blok D1 dan D2. Sementara jika Anda membeli eceran, Anda bisa pergi ke lantai 1 ke lantai 6. Meskipun bangunannya modern, sistem penjualan di sini masih tradisional.

Anda dapat menawar harga yang disarankan oleh pedagang. Jadi jangan ragu untuk menawarkan harga termurah, karena di Pasar Baru Bandung ini memang pasar termurah.

Selain grosir, di blok B1, D1 dan D2, Anda juga akan menemukan suvenir khas Bandung dari hidangan tradisional seperti dodol, berlian, tempe renyah, oncom, peuyeum, hingga benda atau suvenir khas Bandung.

Di blok B1 dan B2 Anda akan menemukan berbagai kebutuhan dasar untuk memasak rempah-rempah, sayuran, ikan dan daging, buah-buahan, dan sebagainya. Untuk produk fesyen, mulai dari aksesori hingga pakaian, Anda dapat mencarinya dari lantai 1 hingga lantai 5.

Ada area permainan dan hiburan di lantai 6 dan 7. Ada juga tempat food court dan Bandung pusat permainan, Semua makanan dapat Anda temukan di sana, dari gaya barat hingga Bandung tradisional, makanan Cina hingga makanan India.

Jika Anda tidak ingin membawa anak saat berbelanja, Anda dapat meninggalkan anak-anak di sini. Namun tetap dengan pengawasan orang dewasa karena lokasi ini sangat sibuk, terutama ketika sedang musim liburan.

Beberapa fasilitas pasar yang indah ini adalah toilet di setiap lantai dan sejumlah besar staf kebersihan tersebar di seluruh lantai, siaga untuk membersihkan lantai yang kotor.

Mesin ATM di lantai 4. Pengisi uang di lantai 3 ada juga layanan untuk mengirim barang atau paket. Dan kantor pos berada di lantai 5 bersama dengan berbagai cabang bank dari Bank BJB, Bank Nagari, Bak India atau Swadeshi, Bank Danamon dan Bank Mandiri.

Selain Pasar Baru yang indah ini, Bandung juga dilengkapi dengan AC sentral, eskalator, dan lift. Untuk menyederhanakan informasi dan mencari saat berbelanja atau bepergian di Pasar Baru Trad Center Bandung, Anda dapat menemukan penjelasan rinci di bawah ini:

  • Ruang bawah tanah A1-D2 : Grosir tempat penjualan, pusat oleh-oleh di Bandung dan kebutuhan pokok.
  • Lantai 1 : Karpet, selimut, mukena termasuk kerudung, kain termasuk tirai yang dijual eceran atau grosir.
  • Lantai 2 : Pusat tekstil, kain meter atau kilo, beberapa toko pakaian dan toko emas.
  • Lantai 3 : Pusat Mode, pakaian wanita dan pria. Lantai ini tersedia pengisi uang dan pusat layanan untuk mengirim barang atau paket.
  • Lantai 4 : Pusat atm dan pusat pakaian dan perlengkapan Islami, serta suvenir untuk Umrah dan Haji.
  • Lantai 5 : Pusat untuk aksesori, tas, sepatu, pakaian muslim, kantor pos dan cabang dari berbagai bank di Indonesia.
  • Lantai 6 dan 7 : Area hiburan, food court, dan berbagai toko sepatu dan tas.
  • Lantai 8 : Parkir teratas dan masjid.

Karena tempat selalu penuh untuk setiap lantai, parkir tersedia, tetapi lantai 8 itu sendiri secara khusus ditujukan untuk parkir darurat ketika pengunjung penuh.

Pasar yang indah ini memang merupakan pusat perbelanjaan dan perputaran ekonomi masyarakat Bandung dan sekitarnya, tetapi dengan bangunan-bangunan besar dan berbagai barang murah dan lengkap, Pusat Perdagangan Pasar Baru Badung adalah tujuan wisata Bandung yang tidak boleh dilewatkan menjadi.

Para pengunjung sendiri tidak hanya datang dari orang-orang Bandung atau Indonesia, tetapi juga ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Lokasi ini juga dapat diakses secara strategis, yaitu di pusat kota yang dapat dikunjungi oleh siapa saja yang berkunjung.

Artikel terkait: Cicipi Kuliner Lezat di Makanan Jalanan Bandung

Tips untuk berbelanja di Pusat Perdagangan Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung dikenal sebagai pasar yang menjual barang dengan harga murah. Pasar tradisional dengan fasilitas pasar modern, Pasar Baru Bandung adalah pusat perbelanjaan dan tujuan wisata di Bandung.

Pantas saja tempat ini tidak kosong dari pengunjung. Meski terkenal dengan harganya yang murah, berbelanja di Pasar Baru Bandung membutuhkan kiat-kiat khusus untuk tidak ditipu oleh penjual.

Dalam kombinasi dengan kondisi pasar yang sangat sibuk, Anda juga memerlukan beberapa tips untuk mengurangi risiko kehilangan barang saat berbelanja. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Kiat untuk mendapatkan harga murah

  1. Ayo hari kerja yang aktif, Ketika Anda pergi berlibur, penjual biasanya menggunakan strategi penjualan dengan menaikkan harga barang. Semakin banyak pengunjung, semakin tinggi harga yang ditawarkan, karena mereka memperkirakan bahwa pembeli tidak akan merasa nyaman lama untuk bernegosiasi dengan kondisi pasar yang sibuk. Karena itu, kunjungan ke Pasar Baru Bandung pada hari kerja aktif adalah pilihan yang tepat.
  2. Menawarkan harga dari setengah hargaKedengarannya sadis, tetapi umum bagi penjual karena mereka sering mengambil untung. Barang memang dibeli di sana dengan harga murah. Jadi meskipun tampaknya penjual sudah menawarkan harga murah, harga ini masih menawarkan banyak keuntungan bagi penjual. Tarifnya setengah karena penjual dapat memperkirakan harga yang tepat untuk keduanya.
  3. Coba gunakan bahasa Sunda saat menawar, Sebagai pasar besar, Pasar Baru Bandung tidak hanya dikunjungi oleh warga Bandung, tetapi juga di luar negeri. Biasanya, meskipun mereka tidak dikenal, penjual ini masih menawarkan harga yang wajar bagi pembeli yang datang dari Bandung sendiri, mereka menganggapnya baik kepada anggota keluarga mereka. Berbeda dengan turis yang ditawari dengan harga fantastis saat membeli. Itu sebabnya Anda harus belajar dan menggunakan bahasa Sunda saat berbelanja di sana.
  4. Berbelanja semua kebutuhan dalam satu toko, Biasanya saat Anda membeli barang, mereka tidak akan enggan juga memberikan diskon besar.
  5. Beli barang di blok area grosir jika jumlah besar dibeli. Membeli barang grosir tentu akan lebih murah daripada eceran.
  6. Beli barang yang ada di pasaran, Barang yang dijual lebih mahal karena tidak dikenai pajak. Meskipun demikian, Anda tidak dapat merasakan kenyamanan berbelanja di ruangan yang lebih jernih, bersih, dan sejuk.

Kunjungi juga: Wisata kuliner di Pasar Makanan Paskal Bandung

Kiat untuk berbelanja dengan aman di pasar

Dilengkapi dengan pos keamanan, penjahat pasar masih bisa dihindarkan. Maka solusinya adalah berhati-hati dan menjaga barang-barang pribadi masing-masing.

Terutama dalam situasi pasar yang sibuk, penjahat akan meningkat dengan jumlah pencopet, pencuri dan penipu yang menjadi satu dengan penjual dan pembeli.

Karena keamanan sangat penting untuk diterapkan, untuk mengurangi kemungkinan kejahatan, Anda dapat memperhatikan tips berikut:

  1. Jangan berbicara terlalu lama dengan orang asing, terutama jika Anda tiba-tiba menawarkan sesuatu dengan gaya yang agak lengket. Bisa jadi dia sedang sibuk menghipnotis. Tetap fokus dan jangan terjebak pada orang yang tidak ada hubungannya dengan Anda.
  2. Jangan membawa dompet di tangan Anda. Untuk gaya yang sederhana, para ibu biasanya lebih nyaman untuk membawa dompet mereka dengan tangan langsung. Meskipun kebiasaan inilah yang mendorong penjahat untuk melakukan kejahatan. Dompet yang dipegang di tangan Anda lebih mudah dipilih daripada tas yang dapat Anda pegang dengan kuat dengan kedua tangan. Apalagi jika Anda adalah orang yang tidak fokus, dompet yang dibawa dengan tangan sangat mudah untuk diambil.
  3. Letakkan tas Anda di depan. Meskipun Anda menggunakan tas jinjing, letakkan tas di bagian dada sehingga dapat segera diikuti. Dalam situasi yang sibuk Anda tidak tahu apa yang akan terjadi pada tas Anda ketika Anda meletakkannya di belakang.
  4. Sama seperti dengan tas, Anda tidak memasukkan dompet atau ponsel Anda ke saku. Tempat itu sering menjadi sasaran pencopet untuk mengambil barang-barang berharga Anda. Atau jika Anda ingin lebih aman, Anda bisa mengenakan kalung di dompet yang dikaitkan dengan kemeja atau celana.
  5. Isi perut Anda sebelum mulai berbelanja. Karena Pasar Baru Bandung sangat luas dan sibuk, Anda bisa sangat lelah jika pertama kali mengisi perut Anda. Apalagi mengingat food court ada di lantai paling atas. Selain mengisi perut Anda, itu juga meningkatkan konsentrasi Anda.

Demikian gambaran singkat tentang Pasar Baru Bandung bahwa kami dapat hadir untuk Anda. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berbelanja di sini. Kunjungi juga: Cihampelas Walk Bandung Pusat perbelanjaan mewah untuk pariwisata

Leave a Reply