Difa Wisata.com – Pantai nelayan, Pantai Ngrenehan menghidupkan pantai-pantai indah Yogyakarta. Pantai ini terletak secara geografis di desa Kanigoro, di distrik Saptosari, yang berjarak sekitar 30 km selatan kota Wonosari. Bahkan lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, kunjungan ke pantai sangat dianjurkan jika Anda ingin melihat pantai dan kehidupan sehari-hari para nelayan.

Lanskap pantai Ngrenehan sendiri adalah pantai dalam bentuk teluk dan dikelilingi oleh hamparan bukit kapur. Karena itu, Pantai Ngrenehan memiliki pemandangan yang menakjubkan bagi semua orang karena deburan ombak liar yang menghantam pasir putih. Tidak hanya itu, teman-teman pelancong bisa menyaksikan aktivitas dan aktivitas nelayan yang masih aktif. Atau, teman pelancong bisa menikmati ikan siap pakai atau membawa ikan segar sebagai suvenir ketika mereka pulang.

Kapal penangkap ikan tersusun rapi di pantai Ngrenehan.
Kapal penangkap ikan tersusun rapi di pantai Ngrenehan.

Selain objek wisata alam dan budaya, ada sejarah unik tentang Pantai Ngrenehan. Konon asal mula nama Pantai Ngrenehan berasal dari pemberian Raja Demak bernama Raden Fatah, putra Prabu Brawijaya V, raja Majapahit yang memerintah pada 1464 – 1478 M. Kisah ini datang dari Raden Fatah yang datang ke pantai ini untuk mencari ayah dan dua istrinya (Dewi Lowati dan Bandang Surati) yang melarikan diri karena mereka enggan masuk Islam.

Raden Fatah, yang melakukan yang terbaik, masih belum bisa menemukan ayahnya. Karena itu, ia kemudian mengundang para pejabat kerajaan Demak untuk membahas bagaimana menemukan ayahnya sebelumnya. Dari kejadian itu muncul judul "pangrena" yang berarti undangan, dan berasal dari kata reneh yang berarti di sini. Kemudian penduduk setempat mengubah nama menjadi ngrenehan yang berarti Anda harus datang ke sini. Kata reneh yang ditambahkan oleh awalan "ng" dan akhiran "an" berarti merujuk ke tempat yang adalah Pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan di Yogyakarta dapat mengejutkan semua orang.
Pantai Ngrenehan di Yogyakarta dapat mengejutkan semua orang.

Untuk ukuran pantai, Pantai Ngrenehan adalah pantai yang luasnya tidak terlalu lebar. Total luas Pantai Ngrenehan adalah sekitar 100 m2. Lokasi pantai ini terjepit oleh dua tebing yang cukup besar dan menjorok ke laut. Itulah sebabnya ombak laut tidak langsung mengenai Pantai Ngrenehan karena terhalang oleh dua bukit. Jadi bermain di pantai ini cukup aman dibandingkan dengan pantai-pantai di Jawa Selatan.

Pantai Ngrenehan mulai menjadi pelabuhan nelayan pada tahun 1980. Jika Anda ingin melihat kehidupan sehari-hari para nelayan Pantai Ngrenehan, bangunlah sebelum fajar. Biasanya, para nelayan berdesak-desakan di pantai untuk menyiapkan perahu dan peralatan yang akan digunakan selama memancing. Maka suasananya akan lebih sibuk pada pukul 10 pagi hingga 11 pagi ketika para nelayan telah kembali dari memancing. Nelayan Pantai Ngrenehan menjual ikan mereka di TPI.

Mayoritas penduduk yang tinggal di dekat pantai ini adalah nelayan.
Mayoritas penduduk yang tinggal di dekat pantai ini adalah nelayan.

Selain itu, beberapa kegiatan memancing yang dapat dilihat di pantai ini termasuk perbaikan kapal, merajut atau mengangkut hasil tangkapan. Jangan lupa juga mengamati mereka saat menimbang tangkapan di TPI lokal. Bagi mereka yang suka memancing, teman-teman pelancong juga bisa memancing dengan nelayan di bebatuan di Pantai Ngrenehan.

Sementara itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan adalah dari September hingga Desember. Dikatakan sebagai musim di bulan-bulan itu. Jadi para nelayan di pantai ini mendapatkan lebih banyak ikan di laut pada saat itu. Pecinta makanan laut pasti bisa mendapatkan ikan laut dengan harga yang cukup murah.

Untuk pantai yang menyenangkan, biaya masuk ke Pantai Ngrenehan tidak terlalu mahal. Biaya masuk ke wilayah pesisir Ngrenehan adalah ID 3.000. Harga tiket ini sudah termasuk biaya masuk ke area wisata Pantai Ngobaran karena masih di jalur yang sama dengan Pantai Ngrenehan. Terjadi dengan hanya membayar IDR 3.000 teman traveler dapat menikmati dua wilayah pesisir sekaligus. Itu keren bukan?

Akses ke Panai Ngrenehan tidaklah sulit.
Akses ke Panai Ngrenehan tidaklah sulit.

Dari Yogyakarta, akses ke pantai Ngrenehan dapat melalui dua jalur. Jalur pertama adalah Rute: Yogyakarta – Gading – Playen – Trowono – Pantai Ngrenehan. Sedangkan jalur kedua adalah jalur: Yogyakarta – Wonosari – Paliyan – Trowono – Pantai Ngrenehan. Dianjurkan untuk pergi ke pantai ini dengan kendaraan pribadi untuk liburan yang lebih efisien.

Catatan: Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Dari wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata alam seperti pantai Ngrenehan di Yogyakarta. Sementara itu, kereta api ke Yogyakarta dapat dicapai dengan kereta api dari beberapa kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dari negara seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply