Difa Wisata.Com – Ada banyak tebing karang dengan dinding yang bisa dipanjat. Itulah salah satu faktor yang membuat Pantai Siung terkenal di kalangan pendaki. Pantai ini melengkapi pantai yang menawan di bagian selatan Yogyakarta. Bahkan pergi ke Pantai Siung, yang terletak di daerah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, membutuhkan waktu yang cukup lama. Jaraknya sendiri adalah sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui keberadaan Pantai Siung. Tapi Pantai Siung adalah salah satu objek wisata pantai di Gunung Kidul, terletak di Kabupaten Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikan Pantai Siung adalah lokasi wisata petualangan dalam bentuk panjat tebing dengan 250 rute pendakian berstandar internasional.

Lansekap Pantai Siung dari ketinggian.
Lansekap Pantai Siung dari ketinggian.

Memang, ada banyak terumbu karang yang merupakan salah satu daya tarik utama Pantai Siung. Di sini, berbagai jenis batu raksasa menyebar di pantai barat dan timur. Keberadaannya memainkan peran penting bagi Pantai Siung. Ini bukan hanya penambah kecantikan atau hanya penghalang ke pantai lain. Namun, dinyatakan bahwa keberadaan karang juga menjadi alasan untuk menyebut Pantai Siung.

Dari bentuk unik batu itu menurut penduduk setempat, nama Pantai Siung diambil. Konon ada karang yang mirip dengan gigi monyet atau Siung Wanara. Dan sampai sekarang, keberadaan karang otu masih bisa dilihat. Karang Bati yang menyerupai gigi monyet atau Siung Wanara masih ada di sana memegang ombak besar yang sering menghantamnya.

Lereng, belokan tajam yang terkadang menyertai turunan tajam selalu menemani perjalanan ke Pantai Siung. Tidak ada lagi pilihan untuk Menuku pantai ini. Rute Yogyakarta – Wonosari yang berlanjut di sepanjang rute Wonosari – Baron dan Baron – Tepus adalah rute termudah untuk menuju Pantai Siung. Karena sebagian besar jalan mulus dan beraspal sempurna.

Pantai Siung penuh dengan karang, tetapi indah.
Pantai Siung penuh dengan karang, tetapi indah.

Rute lain sendiri melalui rute Yogyakarta – Imogiri – Gunung Kidul ke Pantai Siung. Namun, rute ini memiliki rute yang lebih sulit, karena banyak jalan sering berlubang, di samping itu, jalur Wonogiri – Gunung Kidul terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Seperti Suroloyo Peak, beberapa tujuan di Yogyakarta perlu upaya untuk mencapainya.

Nama Pantai Siung dalam adegan pemanjat tebing tidak dalam arti instan. Semuanya dimulai dari tahun 90-an dan saat itulah ia pergi Kompetisi pendakian Asia yang menggunakan tebing di Pantai Siung. Tebing digunakan sebagai arena balap. Nah, sejak itulah popularitas Pantai Siung mulai pulih dan bahkan naik menjadi terkenal.

Selain panjat tebing, fasilitas lain yang mendukung kegiatan menarik di Pantai Siung adalah tempat perkemahan di sebelah timur pantai. Tenda dapat didirikan dan api unggun dapat didirikan di perkemahan darat ini. Hanya ada satu persyaratan untuk menggunakan tempat berkemah, tidak boleh merusak lingkungan dan mengganggu lingkungan hidup penduduk yang ada di sekitar Pantai Siung. Namun, tidak disebutkan berapa biayanya untuk digunakan berkemah.

Teman-teman wisatawan juga dapat berkemah di Pantai Siung.
Teman-teman wisatawan juga dapat berkemah di Pantai Siung.

Menghabiskan malam saat berkemah di Pantai Siung memang merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang direkomendasikan untuk teman-teman wisatawan. Sekelompok monyet ekor panjang biasanya akan turun ke pantai di pantai ini. Ini menarik untuk dilihat, karena kera ekor panjang semakin langka dan sulit ditemukan. Namun ternyata, masih banyak hal yang dapat ditemukan di Pantai Siung. Jadi, tunggu apa lagi, liburan dan berkemah ke Pantai Siung!

Catatan: Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Dari wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata alam seperti Pantai Siung di Yogyakarta. Sementara itu, kereta api ke Yogyakarta dapat dicapai dengan kereta api dari beberapa kota besar di Jawa. Atau mungkin juga dengan penerbangan murah ke Yogyakarta, baik dari luar negeri maupun dari negara seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply