DifaWisata.com – Objek wisata Gunung Bromo termasuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang terletak di provinsi Jawa Timur. Objek wisata ini tidak asing bagi wisatawan domestik dan asing. Bahkan, sebagian besar meyakini bahwa ketika Anda berkunjung ke Jawa Timur, Anda harus mengunjungi tempat wisata ini agar wisata Anda sempurna. Ya, Anda akan merasakan sensasi liburan yang luar biasa dengan mengunjungi objek wisata alam yang terletak persis di lingkungan Pasuruan ini. Di sekitar lokasi objek wisata Gunung Bromo Anda dapat mengunjungi lima tempat wisata berikut.

Obyek Wisata di Bromo

  • Laut Pasir dan Kawah Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki pasir laut seluas sekitar 10 km persegi. Pada kuartal pertama perjalanan Anda dapat menyewa jip untuk menghemat energi Anda dan dalam tiga kuartal sisanya Anda bisa berjalan atau menyewa kuda dari komunitas suku Tengger. Selama berjalan Anda harus menyeberang melalui lautan pasir, karena jip hanya membawa Anda ke monumen radius bahaya di sekitar Gunung Bromo. Untuk memastikan daya tahan tubuh Anda bugar, Anda dapat meluangkan waktu untuk tidur cukup sebelum perjalanan, memulai perjalanan pagi-pagi sekali untuk tidak meninggalkan matahari terbit yang indah dengan pakaian hangat dari kaki ke kepala. Jika Anda terbiasa berjalan kaki di pagi hari, perjalanan ke Gunung Bromo akan terasa ringan dan menyenangkan. Tetapi jika Anda tidak terbiasa dengan itu, pasir tebal akan membuat Anda terkesiap dan membuat Anda lelah. Ketika Anda mencapai puncak Bromo, Anda melihat kawah Bromo yang indah dengan warna putih lembut dengan kandungan sulfur di dalamnya.

Para wisatawan yang datang ke Gunung Bromo biasanya menginap dan kemudian pergi ke Gunung Bromo untuk menikmati indahnya matahari terbit. Wisatawan biasanya berkumpul di daerah puncak Gunung Pananjakan, tepatnya di sebelah barat Gunung Bromo. Ini adalah gunung tertinggi di lokasi ini di mana Anda dapat melihat gunung-gunung di sekitar Bromo, seperti deretan Gunung Batok, yang memiliki latar belakang di Gunung Semeru.

Dari kejauhan lihat Gunung Bromo seolah diperlakukan hanya dengan sepotong pasir dan kawah tanpa penghijauan. Pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Di daerah Gunung Bromo sepotong sabana yang disebut bukit Teletubbies tampaknya ditemukan di sebelah timur daerah pegunungan ini. Anda dapat mengunjunginya dengan paket tur jip,

Apakah Anda ingat judul sinetron yang dibintangi Dian Sastro pada tahun 2002? Ya, judul sabun itu adalah Pasir Berbisik. Rupanya tempat yang diambil adalah lautan pasir di salah satu tempat di Bromo. Jika Anda mendengarkan dengan seksama di lokasi ini, Anda akan mendengar angin di permukaan pasir, sehingga terdengar repot. Bagi Anda yang akan menikah, Prewedding di lokasi Pasir Berbisik memberikan pengaturan yang sempurna untuk foto Anda.

Mayoritas suku Tengger adalah Hindu. Di daerah pegunungan ini, tepat di kaki Gunung Bromo, adalah candi Poten yang sering digunakan untuk sholat dan juga untuk kegiatan tradisional atau keagamaan oleh masyarakat setempat.

Pastikan perjalanan Anda ke Jawa Timur akan sangat berkesan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Bromo. Selamat berkunjung!

lihat Peta wisata di Bromo di Google Map.

Leave a Reply