Apakah Anda ingin mengunjungi tempat wisata favorit Anda di Jogja? Datanglah ke area Pantai Baron! Kawasan wisata ini akan menghadirkan fenomena alam yang sangat langka dan suasana yang tepat untuk melengkapi liburan Anda. Siapa tahu, Anda mungkin ingin mengunjungi salah satu pantai di Jogja untuk liburan Anda berikutnya.

Melihat sejarah, nama pantai ini berasal dari nama bangsawan Belanda, Baron Skeber yang singgah di pantai ini. Pantai itu sendiri sebenarnya adalah sebuah teluk yang diapit oleh bukit karang hijau. Ombak di pantai ini umumnya berbeda dari ombak di pantai selatan Jawa, jadi Anda masih bisa bermain air selama Anda tidak melewati garis aman.

Fenomena alam yang menakjubkan juga ada di pantai ini. Alam di pantai ini sangat indah, dengan air lautnya yang pirus dan bukit-bukit yang mengelilingi pantai. Perahu yang disangga di pantai juga membuat suasana pantai terlihat semarak dan menarik.

Tapi tidak hanya itu, ternyata di daerah ini ada muara yang menyatukan air laut dan air sungai. Sungai bawah tanah ini unik karena airnya masih segar, meskipun dekat dengan laut yang asin. Tentu saja, Anda tahu bahwa air di daerah pantai umumnya asin, sehingga bisnis yang berjalan di daerah dekat pantai masih membutuhkan air segar dari sumber lain.

Pantai Baron, Wisata Pantai Favorit Yogyakarta !! via @jogja
Pantai Baron, Wisata Pantai Favorit Yogyakarta !! via @jogja

Wisata budaya dan wisata kuliner di sekitar pantai Baron

Selain wisata alam yang menakjubkan, yang menarik dari pantai ini adalah upacara Sedekah Laut yang masih dilakukan oleh warga sekitar pantai ini, setiap Syuro. Jadi, jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda dapat menyaksikan salah satu pertunjukan budaya yang berlangsung di Pantai Baron.

Wisata budaya dan wisata kuliner di sekitar pantai Baron! via @nurulmuhsin
Wisata budaya dan wisata kuliner di sekitar pantai Baron! via @nurulmuhsin

Awalnya, upacara ini dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Yang Mahakuasa atas kelimpahan pertanian. Namun kemudian para nelayan yang menangkap ikan di wilayah pantai ini melakukan hal yang sama, untuk banyaknya ikan yang ditangkap, yang merupakan sumber ekonomi masyarakat di sekitar pantai ini.

Tentu saja, dengan bepergian ke daerah yang kurang usang jika Anda tidak menikmati daerah kuliner yang khas, kan? Sama seperti banyak pengunjung pantai. Nah di sini Anda tidak hanya dapat menikmati tempat untuk bersantai dan atau menikmati air pantai, tetapi dengan restoran dan warung pantai yang khas di pantai, Anda juga dapat mencoba wisata kuliner, makanan laut spesial dan minuman pantai spesial, yaitu air kelapa segar.

Bagaimana mencapai Pantai Baron

Adanya fenomena alam dan budaya yang unik tentu saja menjadikan Pantai Baron menarik bagi Anda untuk menjadikan lokasi wisata edukatif bagi anak-anak sekolah. Tapi Anda harus masuk akal, karena di daerah ini ada mercusuar yang sangat tinggi, yang sangat berbahaya bagi anak-anak untuk berkendara.

Bagaimana kabarmu ke Pantai Baron! via @ adityaaa84
Bagaimana kabarmu ke Pantai Baron! via @ adityaaa84

Jika Anda benar-benar ingin mengunjungi lokasi pantai ini, pantai ini terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunungkidul. Dari Kota Jogja, Anda membutuhkan sekitar 1,5 hingga 2 jam waktu perjalanan.

Jalannya dari Jogja kamu melewati Ketandan Ringroad ke Playen District. Dari sana, arahkan kendaraan Anda ke Puslatpur TNI, lalu ke Pasar Trunowo dan kemudian ke arah Giring. Dari area ini Anda akan menemukan plang menuju Pantai Baron.

Atau, Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta digital untuk pergi ke pantai ini. Misalnya, Anda dapat menggunakan petunjuk lokasi Pantai Baron di Google Maps di sini.

Harga tiket masuk ke Pantai Baron

Biaya masuk ke area Pantai Baron cukup murah hanya dengan Rp5.000. Sementara itu, biaya parkir kendaraan di pantai ini adalah Rp 2.000 per sepeda motor atau Rp 5.000 per mobil.

Tips Perjalanan Pantai Baron

Foto mercusuar di Pantai Jogja Baron. via @ johanis249
Foto mercusuar di Pantai Jogja Baron. via @ johanis249

Berikut adalah beberapa tips penting yang mungkin bermanfaat untuk kunjungan Anda berikutnya ke pantai ini.

  • Di pantai Baron ini Anda akan menemukan mercusuar yang memalukan jika Anda melewatkannya. Untuk naik, pengunjung membayar tiket Rp4.000. Belum lagi melihat beberapa dewa seperti wisata kuliner segar dari laut, barang-barang suvenir unik dan sebagainya. Jadi bawa cukup uang dan coba bawa koin untuk membuatnya lebih mudah.
  • Selalu bawa kudapan dan air untuk menggantikan cairan dan energi yang keluar. Pariwisata di daerah seperti ini tentu mendorong pengunjung untuk bergerak aktif dan antusias.
  • Apakah Anda ingin membawa anak-anak usia sekolah berlibur sementara Anda mendapatkan pengetahuan? Tentu saja, Anda harus memikirkan segalanya, termasuk risiko kenyamanan yang berkurang. Di lokasi yang berisiko, Anda juga harus mengawasi anak-anak setiap saat.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply