Banyak cara menikmati liburan ke pantai. Dan salah satu dari mereka mengunjungi hutan bakau di Pantai Baros. Ketika Anda mengunjungi cagar alam ini, Anda juga dapat melakukan banyak hal, tidak hanya melihat-lihat. Bahkan jika itu, Anda juga dapat mengundang anggota keluarga atau keponakan yang masih berusia sekolah untuk memiliki pengalaman yang menarik.

Kawasan wisata lingkungan dengan hutan bakau ini dibangun oleh Baros Youth Youth Group atas prakarsa masyarakat di tepi mulut Sungai Opak dan Pantai Baros. Rupanya pohon bakau di atas rawa payau berguna untuk mencegah keausan yang dapat merusak area pertanian dan perikanan. Ternyata hutan bakau berperan dalam reformasi tanah, menyebabkan pulau menyusut dan melindunginya.

Selain itu, pohon bakau di pantai dapat mengurangi gelombang tsunami hingga 50-60 persen, juga menetralkan bahan kimia yang buruk dan menurunkan kadar CO2. Ini tentu sangat mendukung tumbuhnya berbagai hewan seperti udang, kerang, ikan dan kepiting. Termasuk untuk sawah di utara wilayah ini.

Pantai Baros, kenali hutan bakau dengan banyak manfaat! via @berandajogja
Pantai Baros, kenali hutan bakau dengan banyak manfaat! via @berandajogja

Ekowisata Hutan Bakau Pantai Baros

Liburan ke wilayah ini tidak hanya akan bersantai tetapi juga menginspirasi pengunjung dengan beberapa kegiatan yang menyenangkan. Seperti berjalan di sepanjang hutan bakau melalui jalan setapak, melintasi sawah dan menyeberangi sungai kecil, yang tentu saja banjir saat air pasang. Di kawasan hutan bakau ternyata Anda menemukan sepotong rumput yang menjadi pakan ternak dari petani setempat.

Ekowisata Hutan Bakau Pantai Baros via @blackdannett
Ekowisata Hutan Bakau Pantai Baros via @blackdannett

Kawasan hutan bakau sangat luas di sini. Anda dapat berjalan kaki melintasi hutan bakau yang teduh dan nyaman dengan berlayar dengan kapal berkapasitas 14 orang dewasa, atau rakit di sepanjang mulut Sungai Opak. Panjangnya sekitar 1,5 km. Dengan menjelajahi kawasan hutan ini, Anda akan mengetahui bahwa sifat hutan bakau ini juga diam-diam dihuni oleh berbagai binatang lain seperti burung dan juga jenis tanaman lainnya.

Tidak hanya menikmati suasana hutan dengan perahu, ada juga instruktur di sini yang tertarik mempelajari cara menanam bakau. Di pantai ini, sebidang tanah hijau juga tersedia bagi siapa saja yang ingin menghabiskan malam yang menyenangkan dengan berkemah bersama teman-teman. Anda juga bisa memancing dan memasak di malam hari di api unggun di daerah ini.

Bagaimana menuju ke Pantai Baros

Rute Bagaimana Anda pergi ke Pantai Baros! via @ triadewanti12
Rute Bagaimana menuju ke Pantai Baros! via @ triadewanti12

Alamat Hutan Bakau Pantai Baros terletak di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Bantul. Terletak di sebelah timur Pantai Samas. Untuk sampai ke daerah ini dari kota Jogja Anda harus melewati Jl dengan kendaraan pribadi. Parangtritis hingga kilometer 27. Di persimpangan kantor polisi Kretek, belok kanan menuju Pantai Samas dan Pntai Baros. Anda akan menemukan plang ke Hutan Mangrove dan Pantai Baros.

Jika Anda datang dari Bantul, Anda jauh-jauh ke selatan, sampai bertemu Pantai Samas. Pantai ini tidak jauh dari Samas. Apakah Anda menggunakan transportasi umum? Tentu saja bisa. Naik bus ke Pantai Samas dari segala arah. Dari pantai ini Anda cukup berjalan kaki atau naik ojek ke lokasi objek wisata hutan bakau. Atau Anda dapat menggunakan petunjuk lokasi Pantai Baros di Google Maps di sini.

Harga tiket masuk ke Pantai Baros

Harga tiket masuk ke Pantai Baros! via @rifai_zebi
Harga tiket masuk ke Pantai Baros! via @rifai_zebi

Harga tiket untuk area Pantai Baros adalah Rp5.000, termasuk parkir kendaraan, yaitu Rp2.000 atau Rp5.000.

Tips Perjalanan Pantai Baros

  • Tentu saja, untuk berkemah di sini bersama teman-teman Anda, Anda perlu membawa peralatan, seperti tenda, dan peralatan pribadi Anda sendiri. Termasuk jaket untuk melawan udara malam.
  • Jangan lupa gunakan sepatu dalam bentuk sepatu yang tidak licin. Sepatu Anda pasti akan kotor dari air atau lumpur dengan melakukan kegiatan di sini.
  • Bagi yang suka selfie, jangan lupa mengisi penuh baterai ponsel, kamera, dan bank daya.
  • Bawa cukup makanan dan minuman untuk menghindari kelaparan dan dehidrasi.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply