Pantai Bugle di Kabupaten Kulon Progo sejajar dengan Pantai Trisik dan Pantai Glagah. Pantai ini relatif baru karena hanya dibuka pada tahun 2017. Meski masih sepi, bukan berarti pantai ini tidak menawarkan keindahan.

Pantai ini menawarkan keindahan alam pantai yang alami. Dengan pasir pantai yang lembut, suasananya tenang, kecuali ombak yang sering tinggi dan pecah menabrak bebatuan yang mendominasi atmosfer.

Pasir pantai ini mengandung zat besi. Dan pantai ini dulunya merupakan penambangan besi. Tapi tentu saja sekarang sudah ditutup. Di sisi lain, Anda melihat rumput hijau tumbuh di ladang.

Ketika Anda mengunjunginya, Anda akan menemukan nelayan dengan perahu dan jalanya di sekitar pantai, dan beberapa penjual makanan. Tetapi sementara itu mungkin tampak seperti pergi ke laut, nelayan di sepanjang pantai kadang-kadang memutuskan untuk menunda rencana mereka. Bahkan, mereka juga menunda pengusiran jala, karena mereka melihat ombak yang terlalu terang. Jadi sangat wajar, semua pengunjung tidak diperbolehkan bermain air di pantai. Terutama berenang.

Pantai Bugle Pesona Wisata Kulon Progo Beach. via @pratama_dhita
Pantai Bugle Pesona Wisata Kulon Progo Beach. via @pratama_dhita

Pantai Bugle Cocok untuk penggemar

Ya, gelombang tinggi yang bergulir benar-benar dapat menyeret siapa saja dan membuat korban. Sementara itu, tidak ada SAR (Search And Rescue) dan tenaga medis di sekitar pantai ini. Memang lebih baik untuk mencegah kecelakaan dan tidak disarankan terhadap alam.

Pilihan bijak ketika para nelayan memilih untuk membantu membersihkan pantai yang terabaikan. Sebelum diresmikan, Pantai Bugel, yang dulunya merupakan lokasi penambangan, memang telah menjadi daerah terlantar yang meninggalkan puing-puing kehidupan laut.

Pantai Bugle Cocok untuk penggemar! via @adisaputr
Pantai Bugle Cocok untuk penggemar! via @adisaputr

Tapi Anda juga harus tahu, di area memancing ini Anda akan menemukan situs lelang ikan, lho! Apakah Anda tertarik membeli ikan segar dengan harga lebih murah daripada di pasaran?

Banyaknya kapal nelayan yang berlabuh di pantai merupakan pemandangan bagi pengunjung pantai. Pantai di Jogja ini memang cocok untuk mereka yang menginginkan suasana berbeda. Datang dengan beberapa teman Anda akan menikmati suasana yang sudah mulai menetap meskipun masih ada fasilitas minimal. Berkemah yang tenang atau piknik sangat memungkinkan.

Toh, lokasi pantai ini juga memiliki semak pohon cemara, yang membuat suasananya cukup teduh. Mirip dengan beberapa pantai lain, ditanami pohon udang hijau, misalnya, Pantai Kuwaru di Kabupaten Bantul.

Bagaimana menuju ke Pantai Bugel

Bagaimana menuju ke Bugel Beach Kulonprogo Jogja. via @jogja
Bagaimana menuju ke Bugel Beach Kulonprogo Jogja. via @jogja

Pantai ini terletak di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Jogja dibutuhkan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke sini. Jalan melewati Jl. Srambat, terus lurus ke Jembatan Progo. Di lampu merah Brosot, belok kiri ke Pantai Glagah. Anda dapat mengambil pantai di sebelah Glagah selama 30 menit, sesuai petunjuk.

Jalan ini cukup sempit dan ada juga kerusakan, jadi disarankan untuk berhati-hati. Tidak ada angkutan umum ke area ini, jadi selain kendaraan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan persewaan. Atau, Anda dapat menggunakan petunjuk lokasi Pantai Bugel di Google Maps, yang dapat Anda temukan di sini.

Harga tiket masuk ke Pantai Bugel

Mengenai pembalasan karena memasuki wilayah pantai, tampaknya tidak ada ketentuan untuk harga tiket masuk. Jadi pengunjung hanya perlu membayar parkir di area ini, yaitu Rp. 2500 per kendaraan. Sementara itu, untuk menggunakan fasilitas MCK, tempat ini menarik tarif Rp. 2000 pada.

Tips perjalanan ke Pantai Bugel

Tips perjalanan ke Pantai Bugle! via @johan_potography
Tips perjalanan ke Pantai Bugle! via @johan_potography

Berikut adalah beberapa tips perjalanan ke Pantai Bugel yang mungkin berguna untuk liburan Anda berikutnya.

  • Pantai Bugel sangat indah, tetapi masih sepi pengunjung. Anda harus datang dengan beberapa teman.
  • Jangan lupa mengisi baterai ponsel dan kamera saya sebelum Anda pergi, ya! Keindahan pantai, pohon udang yang selalu hijau dan tentu saja ombaknya yang bergelombang, jangan lewatkan.
  • Anda masih harus membawa makanan dan minuman, sambil menunggu penutupan kandang.
  • Jangan lupa menyimpan makanan dan minuman di tas sebelum membuangnya ke tempat sampah, ya! Dengan begitu Anda membantu para nelayan yang telah membersihkan pantai, menjadikannya lebih bersih dan lebih menarik bagi pengunjung.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply