Pantai Derawan – Tampaknya Pantai Derawan menjadi salah satu tempat wisata paling indah di Kalimantan Timur. Bagaimana tidak, pantai Derawan mampu menghadirkan keindahan kehidupan bawah laut, yang luar biasa, sehingga tidak mengherankan jika pantai ini dijuluki sebagai pantai favorit untuk menyaksikan keindahan surga bawah laut di Nusa Tenggara Timur. Kalimantan.

Tentang Pulau Derawan

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menuju ke Pantai Derawan di Kalimantan Timur:

  • Pertama-tamaPulau ini termasuk dalam 15 lokasi di Indonesia, yang pengembangannya dilakukan dalam pola DMO atau Organisasi Manajemen Destinasi, khususnya sebagai kelompok wisata bahari.
  • kedua, Pulau Derawan, sebuah desa yang khusus diciptakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai desa wisata. Sehingga masyarakat di Pulau Derawan juga berpartisipasi dalam pengembangan Pulau Derawan sebagai tujuan wisata lokal atau bahkan internasional.
  • ketigaPulau Derawan adalah salah satu situs menyelam paling favorit di Indonesia dan karena keindahan ekosistem lautnya.
Wisata Pantai Derawan via Sportourism

Wisata Pantai Derawan via Sportourism

Lokasi Pulau Derawan, Kalimantan Timur

  • Alamat: RT III, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, 77381.
  • Jam operasi: 24 jam setiap hari
  • Nomor telepon: +62 821 8926 2599
  • HTM: sekitar 5 ribu atau bahkan gratis

Lokasi pantai Derawan sendiri terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau. Ternyata pulau-pulau itu sendiri terbagi menjadi 3 kabupaten yaitu Kabupaten Pulau Derawan, Kabupaten Maratua, Kabupaten Biduk Biduk dan Kabupaten Berau.

Selain Pantai Derawan, ada berbagai destinasi liburan eksotis yang bisa Anda buat sebagai tujuan wisata bahari. Setidaknya ada 4 pulau utama yang eksotis untuk dikunjungi, yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan di mana Pantai Derawan berada, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban tempat penyu hijau dan penyu sisik bertelur bertelur.

Artikel terkait: 24 Objek Wisata di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Bagaimana Anda mencapai Pantai Derawan?

Bagi mereka yang datang dari luar wilayah Kalimantan Timur, ada beberapa opsi untuk sampai ke sini, yaitu:

Saluran udara

Untuk udara Anda dapat mengambil:

Pilihan pertama yang bisa Anda buat dari daerah Anda ke Balikpapan. Setelah di Balikpapan, Anda dapat memilih dua opsi rute.

  • Pertama-tama Misalnya, Anda telah tiba di Balikpapan, untuk mencapai Kepulauan Derawan Anda dapat melanjutkan penerbangan melalui Tarakan, ada beberapa penerbangan dan penerbangan melalui Tarakan, setelah tiba di Tarakan, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa speedboat. Jika Anda datang berkelompok, itu menguntungkan karena menyewa speedboat lebih murah.
  • kedua, Ketika Anda berada di Balikpapan, Anda dapat memilih rute berikut melalui Berau. Setelah tiba di Berau, perjalanan dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Tanjung Batu. Di Tanjung Batu perjalanan terus menggunakan speedboat, yang dapat disewa untuk 5 penumpang, jika Anda pergi sekali, Anda perlu Rp. Bayar 300 ribu. Jika Anda dari pelabuhan Tanjung Batu, dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Derawan. Jika Anda ingin cepat, Anda dapat memilih untuk pergi dari Tarakan, di mana ada kapal cepat yang dapat membawa wisatawan langsung ke Pulau Derawan.

Jangan lewatkan: 32 tempat wisata wajib dikunjungi di Balikpapan

Saluran tetap

Perjalanan darat juga dimulai dari Balikpapan, jadi bagi Anda dari daerah lain, pilihlah penerbangan ke Balikpapan.

Setelah tiba di Balikpapan, perjalanan dilanjutkan dengan bus atau perjalanan ke Samarinda. Untuk biaya perjalanan dari Samarinda ke Tanjung, Redeb mengharuskan Anda membayar sekitar Rp. Menghabiskan 300 ribu.

Setelah tiba di Tanjung Redeb, lanjutkan perjalanan Anda ke Tanjung Batu, bepergian juga merupakan pilihan terbaik dengan jumlah sekitar Rp 150 ribu. Sementara itu, untuk sampai ke Pulau Derawan dari Tanjung Batu, Anda harus menyewa speedboat dengan harga sewa sekitar Rp.

Keindahan objek wisata Pantai Derawan Kalimantan Timur

Pantai Derawan memiliki pasir putih yang cukup bersih dan air lautnya biru dan terlihat sangat jernih.

Keindahan Pulau Derawan Kalimantan Timur

Keindahan Pulau Derawan Kalimantan Timur

Ombak di pantai di Derawan cukup tenang, jadi akan bagus untuk snorkeling atau menyelam. Snorkeling di pantai Derawan di Kalimantan Timur, Anda dapat melihat biota laut yang sangat beragam, terumbu karang yang indah, ubur-ubur, penyu hijau, penyu sisik dan makhluk laut lainnya.

Anda tidak hanya melihat keindahan surga bawah laut Pantai Derawan di Kalimantan Timur, Anda juga akan mendapatkan pengalaman liburan yang pasti tidak akan Anda dapatkan di resor pantai lainnya.

Faktanya, tidak hanya itu jika Anda terus mengamati pantai Derawan, mata Anda akan disajikan dengan sepotong air laut kebiruan yang terlihat sangat jernih, yang secara alami akan menenangkan jiwa Anda dengan luar biasa. Jika Anda beruntung, Anda juga akan menemukan kura-kura mencari makanan.

Perairan di objek wisata pantai Derawan di Kalimantan Timur ini sudah cukup populer sebagai surga bagi penggemar snorkeling dan menyelam. Sebenarnya ada taman laut yang masih sangat alami dan indah. Menariknya, kehadiran terumbu karang yang sangat beragam warnanya, bersama dengan berbagai jenis ikan, memberi Anda perasaan bahwa Anda menonton film Nemo dalam versi nyata.

Jika Anda benar-benar ingin melakukan perjalanan ke pantai Derawan ini, Anda juga disarankan untuk mengunjungi pulau-pulau sekitarnya yang juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai Derawan, seperti Pulau Sangkali yang merupakan tempat untuk konservasi penyu, Pulau Maratua yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dan pulau Kakaban dengan danau ubur-ubur – sangat imut.

Pantai di pulau-pulau ini juga sangat jernih dan memiliki keindahan bawah laut yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Aktivitas menyenangkan di Pantai Derawan dan sekitarnya

Meskipun mencapai pantai ini membutuhkan perjuangan yang cukup panjang, di mana perjalanan yang harus kita lakukan tidak dekat, tetapi karena keindahan surga tersembunyi ini membuatnya pantas bagi kita untuk dimasukkan dalam daftar tempat liburan berikutnya.

Berikut adalah beberapa aktivitas menarik di pantai Derawan yang bisa kita nikmati:

1. Snorkeling dan menyelam

Aktivitas menarik berikutnya di Pulau Darmawan adalah kegiatan menyelam dan snorkeling. Aktivitas ini adalah kegiatan utama saat Anda berlibur ke Pulau Darmawan.

Snorkeling di Pantai Derawan via Wisata Wisata

Snorkeling di Pantai Derawan via Wisata Wisata

Di sini Anda dapat menyaksikan keindahan surga bawah laut yang tak tertandingi. Jika Anda tidak memiliki peralatan menyelam, Anda dapat menyewanya di sini dengan harga berbeda, yang termurah di antaranya Rp. 50 ribu. Ada juga berbagai peralatan paling lengkap yang dapat Anda temukan di pusat penyelaman, jadi sewalah dan rasakan pengalaman menarik di bawah air dan bawah air.

Di sini Anda bisa melihat keindahan ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang begitu indah. Untuk menyaksikan keindahan dunia bawah laut, Anda harus datang ketika cuaca cerah sehingga visibilitas Anda lebih luas.

Anda dapat & # 39; di pagi hari, & # 39; siang atau menyelam, tergantung pada panduan dan kondisi cuaca. Khususnya di Pantai Derawan selam terbatas karena hanya akan berada di sekitar dermaganya.

Kepulauan Derawan melalui Biota Telusurindonesia

Kepulauan Derawan melalui Biota Telusurindonesia

2. Touring Menjelajahi Pulau Derawan

Aktivitas menarik pertama yang dapat Anda lakukan di sini adalah menjelajahi pulau dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Selain menjelajahi pulau Derawan, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau sekitarnya dengan speedboat.

Untuk menyewa speedboat, Anda harus membayar sekitar 1,5 hingga 2 juta untuk speedboat yang dapat mengangkut 3-4 orang selama sehari, tetapi jika Anda menginginkan speedboat yang dapat mengangkut 6-12 orang, kantong-kantong itu pasti banyak. lebih mahal.

3. Ambil perahu pisang

Aktivitas menarik berikutnya di pantai Derawan adalah perjalanan perahu. Anda dan keluarga Anda dapat mencoba perasaan mengendarai perahu pisang yang menantang adrenalin.

Memang, tidak semua orang berani naik perahu pisang, karena dengan kecepatan tinggi Anda ditarik oleh kapal cepat. Anda merasakan angin kencang ditambah ombak kecil yang diciptakan oleh speed boat atau banan boat.

Anda dapat mengundang 4 orang lainnya sekaligus untuk berlayar menggunakan banana boat, dengan kapasitas 5 orang plus 1 instruktur di belakangnya. Instruktur berguna untuk melihat pengunjung di atas kapal sehingga tidak ada yang tak terduga terjadi.

Anda tidak perlu khawatir karena objek wisata ini aman. Anda ditemani oleh pelampung dalam bentuk amal kecil yang melekat pada semua orang.

4. Perburuan matahari terbenam

Aktivitas menarik berikutnya di pantai Derawan adalah berburu matahari terbenam. Berburu matahari terbenam adalah suatu keharusan di pantai yang indah ini.

Anda bisa duduk di tepi jembatan sambil menunggu matahari terbenam, saat matahari terbenam di lautan, mata Anda akan terpesona oleh keindahannya. Dengan cahaya oranye, matahari terbenam akan membuat hati orang yang melihatnya damai.

Di pantai Derawan sendiri ada jembatan yang terbuat dari struktur kayu yang merupakan tempat untuk menikmati matahari terbenam bagi wisatawan, sementara Anda sesekali menatap dasar laut yang jernih di mana ikan-ikan imut dan indah mengambang di dalamnya.

5. Saksikan matahari terbit

Aktivitas menarik lainnya di tempat wisata di Kalimantan Timur ini adalah melihat matahari terbit atau terbit. Matahari pagi di Pantai Derawan berwarna kemerahan dan terlihat sangat eksotis, ini pasti akan membuat Anda merasakan semangat baru dalam hidup Anda.

Matahari terbit di Pantai Derawan via Wijayaryputu

Matahari terbit di Pantai Derawan via Wijayaryputu

6. Berburu penyu hijau

Penyu hijau, yang sekarang langka, dapat ditemukan di pantai Derawan ini. Anda dapat menggunakan & # 39; malam di penyu hijau & # 39; berburu & # 39; di pantai Derawan.

Anda bisa menyaksikan penyu hijau bertelur. Tapi tentu saja Anda tidak bisa menangkapnya, kami hanya bisa menontonnya.

Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan pelepasan penyu hijau atau bayi penyu di laut. Proses pelepasan ini biasanya terjadi setelah 50 hari, telur ditanam di pasir oleh induknya.

7. Belanja oleh-oleh

Jangan lupa bawa pulang oleh-oleh atau oleh-oleh selama liburan Anda. Di Pulau Derawan sendiri ada beberapa vendor suvenir yang bisa Anda bawa pulang.

Anda bisa membeli oleh-oleh dari penduduk pulau ini, suku Bajou, salah satu persiapan masyarakat setempat yang cukup menarik di sini adalah pakaian. Jika Anda ingin membeli suvenir dari tempat wisata, Anda harus dapat bernegosiasi dengan baik dan bernegosiasi dengan penjual. Itu karena turis sering dihadapkan dengan harga barang yang melebihi harga normal.

Objek Wisata Di Sekitar Pantai Derawan

Karena jarak antara pantai Derawan dan pulau-pulau sekitarnya tidak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 40 menit yang bisa ditempuh dengan speedboat. Anda membutuhkan sekitar Rp. Bayar 700 ribu untuk masing-masing perahu untuk disewakan.

Jadi sayang untuk dilewatkan, karena ternyata Anda tidak hanya dapat menikmati pantai di Derawan, tetapi juga pantai-pantai indah lainnya di pulau-pulau di sekitar pantai Derawan. Di antara mereka:

1. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban juga harus dimasukkan dalam daftar objek wisata di Pulau Darawan yang akan Anda kunjungi. Alasannya, pnatai cantik ini masih terekam di suatu daerah di Kepulauan Derawan.

Di sini wisatawan dapat mengunjungi Danau Kakaban yang fenomenal. Danau ini cukup unik karena air di danau ini adalah air campuran, yaitu air tawar dan air laut.

2. Pulau Sangalaki

Anda juga dapat mengunjungi Pulau Sangalaki, salah satu tempat paling fantastis untuk snorkeling. Ada banyak biota indah yang bisa Anda temukan di sini. Anda melihat ikan badut yang lucu dan cantik di balik terumbu karang.

Kehidupan laut yang berbeda yang ingin Anda tangkap dengan kamera ada di sini. Sinar manta akan merusak penglihatan Anda, karena mereka biasanya hidup berkelompok di perairan ini dan satu kelompok dapat terdiri dari 20 ekor, terutama ketika cahaya bulan.

Selain tempat snorkeling yang bagus, Anda juga dapat mengunjungi pusat penangkaran penyu hijau, karena hewan ini langka. Ada sejumlah situs menyelam yang menjadi favorit para penyelam dari seluruh dunia, seperti di bawah ini:

  • The Rockies
  • Belut Punggung
  • Hutan Sherwood
  • Sandy Ridge
  • Kota penyu
  • Taman karang
  • Manta Avenue
  • Parade Manta
  • mercusuar
  • Manta lari
  • Input saluran

3. Pulau Maratua

Anda juga bisa mengunjungi Pulau Maratua. Pulau eksotis ini masih sangat jarang disentuh, meskipun pulau ini sangat indah, rapi, bersih dan menawan. Ini juga cocok untuk Anda yang sedang berbulan madu.

Anda hanya perlu sekitar 1 jam untuk sampai ke Pulau Maratua. Tempat ini seperti surga bagi penyelam, jadi jangan heran jika turis asing mengagumi dan menyukai tempat ini, meskipun diakui bahwa harga yang ditawarkan cukup tinggi bersama dengan tempat-tempat menyelam banyak.

Fasilitas dan akomodasi Pantai Derawan

Untuk mendukung liburan di Pantai Derawan ada berbagai fasilitas, perjalanan ke akomodasi. Selain itu, pulau-pulau ini memiliki potensi yang sangat besar, mulai dari terumbu karang langka, ikan karang, padang lamun, hutan bakau, daerah penangkapan ikan dan kawasan lindung.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, pulau-pulau ini adalah ekosistem laut terkaya kedua di Indonesia setelah Raja Ampat di Papua. Karena keindahan dunia bawah lautnya, banyak pengunjung memotret keindahan terumbu karang.

Fasilitas olahraga air juga dilengkapi, ada juga banyak peralatan pendukung wisata bahari mulai dari peralatan menyelam, banana boat, perahu, jet ski dan peralatan olahraga air lainnya.

Tempat makan di Kepulauan Derawan

Anda tidak perlu khawatir tentang tempat makan, karena sudah ada banyak tempat makan, mulai dari yang murah hingga hidangan internasional yang tersedia di sini. Salah satunya adalah Lapauta Restaurant, yang menyajikan berbagai hidangan tradisional Kalimantan yang disiapkan dengan makanan laut.

Menginap di Kepulauan Derawan

Tampaknya jika liburan hanya 1 hari, itu agak tidak memuaskan. Tenang, karena di sini Anda dapat menyewa akomodasi dari hotel, resor, villa, homestay dan wisma dengan kamar unik yang dapat disewa.

Akomodasi di Pulau Derawan melalui Kaltimprov

Akomodasi di Pulau Derawan melalui Kaltimprov

Mengenai harga juga cukup beragam, di mana akomodasi tersedia akomodasi kelas satu untuk yang mana akomodasi pantai dengan anggaran rendah Meskipun ada di sekitar pantai Derawan, ada juga berbagai jenis kamar dalam bentuk cottage atau bungalow, sehingga menawarkan pemandangan yang indah selama menginap.

Beberapa akomodasi seperti Nabucco Island Resort, Maratua Paradise Resort, Derawan Dive Lodge, dll. Mungkin menjadi tempat tinggal Anda. Bahkan ada penginapan di tengah laut di mana Anda dapat membuat tempat eksklusif untuk tinggal, dan Anda dapat melakukan kegiatan segera menyelam di laut untuk berenang atau menyelam.

Anda juga dapat tinggal di Pulau Derawan, Anda memiliki banyak tempat untuk tinggal di sini, bahkan itu mungkin tinggal di rumah dengan membayar sewa mulai Rp 125 ribu per hari. Nabucco Island Resort terletak di Maratua rumah apung yang bisa dipilih.

Tips untuk liburan yang nyaman di Pulau Derawan

Agar liburan Anda ke Kepulauan Derawan lebih menyenangkan, ada beberapa tips yang harus diwaspadai. seperti:

Bawa perlengkapan

Pastikan Anda membawa peralatan yang diperlukan, jangan terlalu banyak, jangan membawa peralatan apa pun. Juga jangan lupa membawa uang, karena begitu kita memasuki Kepulauan Derawan, kita tidak akan menemukan ATM di sini.

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga, ambil kamera yang bisa dibawa di bawah laut atau yang disebut-sebut kamera bawah air,

Anda dapat mengabadikan momen dengan ikan lucu dan terumbu karang yang indah. Jika Anda mengunjungi Danau Kakaban, Anda juga dapat menemukan ubur-ubur yang lucu.

Memahami etika wisata alam

Oh ya, teman, jangan lupa menjunjung tinggi etika selama liburan, hei, namanya juga sifatnya. Pastikan Anda terus melestarikan kehidupan laut, baik itu ikan, ubur-ubur atau karang.

Buang sampah

Peduli alam. Jangan buang sampah sembarangan, karena ini dapat merusak ekosistem biota laut di bagian depan. Kami merawat anak-anak dan cucu-cucu kami.

****

Ini adalah sekilas informasi pertama yang dapat kami bagikan tentang keindahan surga bawah laut Pantai Derawan yang dapat kami bagikan dengan Anda. Semoga ini bermanfaat.

Anda tentu tidak sabar untuk langsung menuju Pantai Derawan untuk berlibur, bukan? Tunggu apa lagi, mari segera buat rencana.

Artikel terkait: Wisata Pantai Asmara di Kalimantan Selatan, Pantai Indah Masih Perawan

Leave a Reply