Tujuan pantai lain yang menarik untuk dijelajahi di Gunungkidul adalah Pantai Jungwok. Pantai ini indah dengan pasir putih dan air laut biru. Tapi itu tidak semua yang menarik tentang pantai ini. Selain indah, pantai ini juga cukup luas. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan melihat habitat indah dari berbagai jenis ikan hias, bintang laut dan berbagai jenis rumput laut.

Pantai ini agak berongga. Dan ombaknya, seperti pantai selatan pada umumnya, cukup besar dan terkadang pecah tiba-tiba ketika menabrak batu. Letaknya menjorok di tengah laut, di pantai ini ada batu besar yang disebut topi watu, oleh penduduk setempat yang berarti topi berbentuk batu. Ada juga topi watu berkuda, seperti tempat memancing. Anda bisa melihat tanaman pandan di pantai.

Pantai Jungwok sepertinya cukup tenang, sehingga terasa seperti pantai pribadi di Jogja. Tidak seperti Pantai Parangtritis. Jadi ketika Anda datang ke pantai ini untuk berlibur, Anda merasa seperti pantai pribadi yang nyaman, jauh dari keramaian. Anda dapat tidur di tempat tidur gantung, bermain voli pantai dengan teman atau berkemah dengan peralatan lengkap, mulai dari membawa tenda hingga kompor untuk memasak.

Sangat disarankan agar acara berkemah yang akan Anda selenggarakan bukan hanya untuk Anda sendiri atau hanya berdua saja. Selain menjadi mendebarkan untuk mengklik, pantai ini dikatakan terkenal dengan cerita-cerita mistisnya yang memberi orang berkemah rasa ngeri, sekaligus ingin tahu.

Pantai Jungwok, pilihan bagi pecinta alam dan kegiatan luar ruangan! via @bennysurendra
Pantai Jungwok, pilihan bagi pecinta alam dan kegiatan luar ruangan! via @bennysurendra

Bagaimana menuju ke Pantai Jungwok

Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk mencapai pantai ini dari kota Jogja.

Anda ingin datang ke pantai ini? Anda bisa datang dengan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, melalui Wonosari dan kemudian menuju Kabupaten Semanu. Dari pertigaan, belok kanan menuju Pantai Wediombo. Pantai Wediombo berada di sebelah Jungwok. Jadi sebelum Anda tiba di Wediombo, Anda akan menemukan plang menuju Jungwok, yang berjarak sekitar 1 km.

Bagaimana kabarmu ke Pantai Jungwok! via @octrys_chandra
Bagaimana kabarmu ke Pantai Jungwok! via @octrys_chandra

Rute lain yang bisa Anda coba adalah melalui Jl. Wonosari menuju Patuk, lalu ke Pasar Wonosari. Sesampainya di pasar Wonosari, belok kanan ke persimpangan Mulo T. Belok kiri di persimpangan Mulo T, lalu terus lurus di persimpangan Siung T hingga Anda melihat persimpangan Wediombo T, lalu belok kanan.

Biasanya angkutan umum hanya tiba di Jepitu, dan kemudian tidak ada lagi angkutan umum, Anda harus berjalan kaki ke pantai yang bersangkutan. Atau, Anda bisa pergi ke sini dengan lokasi Pantai Jungwok di Google Maps di sini.

Ketika air pantai berkurang, Anda juga dapat memarkir kendaraan Anda di Pantai Wediombo dan kemudian menuju ke timur di sepanjang Pantai Wediombo. Lain halnya ketika air laut sedang pasang karena dapat berbahaya.

Harga tiket masuk ke Pantai Jungwok

Biaya masuk ke Pantai Jungwok! @ pantai.jogja
Biaya masuk ke Pantai Jungwok! @ pantai.jogja

Pantai Wediombo dan Jungwok telah menjadi paket retribusi. Artinya, Anda tidak perlu membayar lebih dari satu kali untuk mengunjungi kedua pantai sekaligus. Harga tiket juga cukup murah, yaitu hanya Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk kendaraan, Anda harus membayar tempat parkir mulai dari Rp. 2.000 per sepeda motor atau Rp. 3.000 per mobil. Jika Anda menginap, biaya parkir adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tips perjalanan ke Pantai Jungwok

Tips perjalanan ke Pantai Jungwok melalui @atika_muth
Tips perjalanan ke Pantai Jungwok melalui @atika_muth

Berikut adalah tips untuk bepergian ke Pantai Jungwok, untuk membuat liburan Anda ke pantai ini lebih menyenangkan.

  • Alih-alih mengandalkan warung pantai, bawalah cukup makanan dan minuman di dalam tas. Ini penting karena toko-toko yang terkadang tutup akan menjadi masalah jika Anda tidak memiliki persediaan.
  • Persiapkan semua yang Anda butuhkan sebelum Anda pergi, seperti ponsel penuh dan baterai kamera, baju hangat untuk berkemah malam, dan sebagainya. Bekerja dengan teman perjalanan Anda untuk saling membantu. Selain meningkatkan rasa solidaritas sebagai esensi dari aktivitas luar ruangan ini, perkemahan di pantai Jungwok jauh dari daerah pemukiman. Anda tidak dapat mengandalkan orang lain selain teman perjalanan Anda.
  • Setelah berkemah dan bepergian, biasakan membersihkan semua sampah, jangan tinggalkan itu sendirian.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply