Berkemah di pantai sudah mulai marak terutama dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda ingin berkemah di pantai dengan pemandangan Samudra Hindia, Pantai Ngrumput adalah salah satu pilihan menarik bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata pantai di Yogyakarta.

Selain fakta bahwa Anda melihat ke laut terbuka yang luas, pemandangan pantai itu sendiri cukup unik dan bagus. Terlepas dari nama Ngrumput, ternyata hamparan pasir putih dengan karang yang tersebar, serta deretan tebing, gua, dan karang berlubang yang melengkapi keindahan alam pantai yang alami. Wisatawan yang menghabiskan malam mendirikan tenda di tebing yang luas.

Di kawasan pantai ini juga ada bukit dengan ketinggian hingga 50 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit bernama Kosakora Anda dapat melihat pemandangan yang luas dan indah, termasuk pemandangan pantai Ngrumput, yang lokasinya tersembunyi di balik bukit dan tebing. Selain dari tebing di atas, Bukit Kosakora juga digunakan oleh pengunjung untuk memasang tenda mereka.

Apa lagi yang bisa Anda coba, yang menarik bagi penggemar aktivitas luar ruangan? Selain berkemah di tempat yang cukup tinggi, selain menghindari ombak yang muncul atau mendapatkan sudut pandang yang baik untuk melihat-lihat dan mengambil foto. Yang jelas, dengan berkemah Anda memiliki waktu luang untuk menikmati langit saat matahari terbit dan terbenam, dari sisi timur dan barat.

Pantai Ngrumput, pantai wajib dicoba bagi yang suka berkemah! via @ suga7098
Pantai Ngrumput, pantai wajib dicoba bagi yang suka berkemah! via @ suga7098

Jadi, bagi Anda yang sedang berkemah bersama beberapa teman, mengapa tidak mencobanya saja? Tentang ketersediaan tenda, Anda dapat membawanya sendiri atau menyewa dengan harga yang terjangkau. Dengan beberapa teman Anda dapat membuat api unggun. Selain itu, ada beberapa kios yang menjual makanan dan minuman. Penghuni yang mengelola area ini juga menyediakan fasilitas seperti toilet dan peralatan penting lainnya seperti lentera.

Bagaimana menuju ke pantai Ngrumput, biaya masuk ke pantai Ngrumput

Pantai ini terletak di Desa Ngetisrejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi yang berdekatan dengan Pantai Drini akan membantu Anda menemukan lokasi karena pantai ini tidak jauh, hanya sekitar 800 meter sebelah timur Pantai Drini.

Berenang adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Ngrumput. via @ gawulwekwek25
Berenang adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Ngrumput. via @ gawulwekwek25

Berangkat dari stasiun Yogyakarta, kirim kendaraan ke Pantai Drini atau Pantai Baron, pantai pertama di wisata pantai Gunungkidul ini. Sekitar 2 jam perjalanan, Anda akan tiba di Retribution Post pada saat kedatangan di Pantai Baron dan membayar tiket 10.000 IDR per orang. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Pantai Drini ke taman dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Alternatif berjalan bisa via pantai dengan waktu sekitar 15-20 menit, atau melewati bukit yang sedikit dialihkan, sekitar 45 menit. Sekalipun lebih panjang, tetapi Anda tidak harus menanggung risiko terkena air tinggi melalui bukit.

Jika Anda bosan dengan suasana kota, Anda dapat berkemah di Pantai Ngrumput, Gunungkidul, Jogja. via @jogjakartaid
Jika Anda bosan dengan suasana kota, Anda dapat berkemah di Pantai Ngrumput, Gunungkidul, Jogja. via @jogjakartaid

Sangat disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan sepatu non-licin karena jalur yang Anda lewati berbatu dan akan licin saat hujan.

Tips perjalanan ke pantai Ngrumput

Berikut ini beberapa tips perjalanan ke Pantai Ngrumput yang mungkin berguna untuk kunjungan Anda berikutnya ke pantai ini.

Senja di Pantai Ngrumput luar biasa. via @anisarwosih
Senja di Pantai Ngrumput luar biasa. via @anisarwosih
  • Sebenarnya membawa tenda sendiri tidak ada salahnya untuk menghindari kelelahan. Selain itu, keadaan tenda pribadi tentu lebih terjamin. Bawa semua aksesori, seperti sabun wajah, tisu dan perlengkapan mandi, serta obat-obatan dan pakaian hangat untuk malam itu.
  • Jika Anda tiba di daerah ketika masih terang, Anda jelas membutuhkan peralatan seperti kacamata hitam dan topi. Untuk mengantisipasi keadaan hujan, Anda harus selalu memiliki payung.
  • Tidak ada yang salah jika Anda bertanya banyak tentang apa yang harus dipertimbangkan selama Anda tinggal di area Pantai Ngrumput kepada manajer atau penduduk setempat.
  • Berkemah bersama keluarga dan anak usia sekolah juga melatih keterampilan sosial anak untuk menjadi lebih berani dan lebih bijaksana. Baik juga untuk mempertajam kepekaan mereka terhadap orang lain dan alam.
  • Telepon seluler penting tidak hanya untuk foto di lokasi keren, tetapi juga untuk keadaan darurat. Isi penuh daya baterai ponsel dan bank daya sebelum Anda pergi!



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply