Pantai lain di peringkat Kabupaten Gunungkidul yang mungkin kurang diminati wisatawan lokal, Pantai Seruni. Pantai ini sebenarnya tidak kalah indahnya. Justru karena perbukitan yang indah itulah suasana di pantai ini terlihat menawan. Tapi mungkin pantai ini kurang kompetitif dibandingkan pantai seperti Indrayanti atau Parangtritis karena medannya yang agak sulit. Atau karena pantai berada di tengah tebing yang tinggi, membuatnya seolah tersembunyi dari dunia.

Menurut maknanya, seruni adalah emas. Adapun asal usul nama Seruni, tidak jelas bagaimana membandingkannya. Karena itu, orang hanya dapat berpikir bahwa emas yang dimaksud adalah karena pantai ini telah menjadi sumber pendapatan utama beberapa penghuni, yaitu tempat mereka menjual. Selain itu, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Seruni.

Sebenarnya tidak ada salahnya untuk datang ke pantai ini. Apalagi jika Anda mengaku sebagai penggemar wisata pantai atau pecinta alam. Banyak pelancong mengunggah foto melalui media sosial sambil menikmati alam yang mempesona. Dengan pasir putihnya yang besar Anda dapat memainkan permainan yang menyenangkan dan sehat di pantai ini, seperti voli pantai.

Tidak hanya bermain olahraga rekreasi, di lokasi Pantai Seruni, Anda juga bisa berkemah untuk menikmati aktivitas malam dan aktivitas luar ruangan. Di sore hari Anda bisa menunggu matahari terbenam dengan cahaya keemasannya dan di pagi hari Anda bisa menunggu matahari terbit sambil berolahraga atau menyiapkan teh pagi. Menyadari bahwa Anda berteman dengan alam, Anda mungkin lebih bersemangat untuk menyambut pemandangan indah dan jangan lupa memotretnya melalui kamera ponsel.

Pantai Seruni, Pesona Alam Tersembunyi di Jogja! melalui @vitha_chu
Pantai Seruni, pesona alam tersembunyi Jogja! melalui @vitha_chu

Namun, Anda harus berhati-hati saat beradaptasi dengan alam. Seperti yang bisa Anda lihat di Pantai Seruni, itu adalah pasang surut air laut. Selain mendirikan tenda di lokasi yang tepat agar gelombang tidak terganggu, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan pedoman yang disampaikan oleh manajer dan tim SAR, seperti tidak ditentukan untuk berenang untuk menghindari air pasang untuk hanyut.

Yang unik dari pantai ini adalah air terjun dengan panorama yang menyegarkan. Terutama di musim hujan banyak air mengalir keluar dari jurang.

Lokasi pantai, bagaimana menuju ke Pantai Seruni

Anda bisa berkemah di pantai Seruni Jogja ini! via @kookoari
Anda bisa berkemah di pantai Seruni Jogja ini! via @kookoari

Pantai ini terletak di desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 70 km dari Jogja. Untuk sampai ke lokasi ini dari kota Jogja, Anda dapat melewati Wonosari ke arah Pantai Baron dan mengikuti arah yang Anda temui di sepanjang jalan. Kemudian kendarai kendaraan Anda ke Pantai Kukup dan kemudian melalui Pantai Krakal, Pantai Indrayanti, hingga Anda tiba di Pantai Seruni. Atau, Anda juga dapat menggunakan lokasi Pantai Seruni di Google Maps di sini.

Harga tiket masuk untuk Pantai Seruni

Matahari terbenam di Pantai Seruni Jogja Tidak kalah seksi dengan pantai lainnya! via @sanubarirahmani
Matahari terbenam di Pantai Seruni Jogja Tidak kalah seksi dengan pantai lainnya! via @sanubarirahmani

Sama seperti tiket ke objek wisata alam lainnya di Yogyakarta, tiket masuk ke pantai ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 3000 per orang. Dengan tiket ini Anda juga dapat menjelajahi pantai lain di sekitar pantai ini, di sekitar Gunungkidul. Tarif ini tentu saja tidak termasuk parkir kendaraan, yang jumlahnya mencapai Rp. 2.000 untuk sepeda motor, sementara Anda harus membayar Rp untuk mobil.

Tips perjalanan ke Pantai Seruni

Berikut adalah beberapa tips perjalanan ke Pantai Seruni yang dapat Anda gunakan untuk kunjungan Anda berikutnya.

Ciri khas keindahan Pantai Seruni adalah pasir putihnya yang lebar! via @jogjakartaid
Ciri khas keindahan Pantai Seruni adalah pasir putihnya yang lebar! via @jogjakartaid
  • Ramah dengan alam! Sebaiknya siapkan tempat sampah sementara, seperti kantong plastik, jika Anda belum menemukan tempat sampah.
  • Sebelum melakukan perjalanan berkemah bersama teman-teman, perhatikan cuaca agar acara yang Anda inisiasi tidak terhalang oleh hujan.
  • Lebih baik tidak menantang ombak untuk selfie jika Anda berpikir Anda tidak bisa berenang melawan arus.
  • Lihatlah pantai dengan karang di beberapa tempat dan gunakan sepatu yang nyaman di kaki, kuat dan tidak licin.
  • Dengan daya baterai penuh pada ponsel, kamera, dan bank daya, Anda tidak hanya dapat memperbarui media sosial dengan foto yang membuat teman-teman iri, tetapi juga melengkapi diri Anda ketika Anda perlu membuat panggilan karena keadaan darurat.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply