Selain menikmati suasana dan wisata kuliner di sepanjang pantai, sebenarnya pantai juga bisa digunakan untuk berkemah & malam, seperti yang sering dilakukan oleh masyarakat seperti Pramuka. Tapi tentu saja tidak di semua pantai. Untuk Gunungkidul, Yogyakarta, Anda dapat berkemah di Pantai Watu Kodok.

Pantai di sebelah pantai Drini memiliki pemandangan yang indah dan sangat cocok dengan selera pecinta alam. Bagi kaum muda yang menyukai petualangan, berkemah di perkemahan tidak perlu dikhawatirkan, karena pantai ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi yang cukup dan tempat parkir yang luas. Mengenai keselamatan, penghuni tampaknya selalu berpatroli di sekitarnya. Karena itu sangat berguna bagi mereka yang melakukan api unggun dan istirahat di malam hari.

Sebenarnya, pantai di Jogja tidak hanya cocok untuk berkemah. Pada hari kerja, di mana kebanyakan orang bekerja di tempat kerja atau sekolah, pantai ini sangat sepi karena tidak ada pengunjung. Bagi Anda yang mencari tempat untuk tetap tenang sambil mencari inspirasi, pantai ini sangat cocok, tentunya! Di mana Anda bisa menggunakan punjung, atau gerai makanan sebagai tempat duduk dan menikmati makanan laut.

Pantai Watu Kodok Gunungkidul, rekreasi dan berkemah! via @ pantai.jogja
Pantai Watu Kodok Gunungkidul, rekreasi dan berkemah! via @ pantai.jogja

Bagaimana menuju ke Pantai Gunungkidul Watu

Anda mungkin sudah menduga bahwa nama pantai ini adalah batu berbentuk katak. Di daerah pesisir memang ada karang yang cukup curam dan bongkahan karang dengan bentuk seperti katak. Terumbu karang yang kasar di daerah ini menjadi daya tarik khusus yang meningkatkan kesan alami lanskap di sini.

Bagaimana cara pergi ke Pantai Gunungkidul Watu! melalui @ressastra
Bagaimana kabarmu ke Pantai Gunungkidul Watu! melalui @ressastra

Pantai ini terletak persis di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari Kota Jogja dibutuhkan sekitar 1,5 jam per kendaraan pribadi. Untuk mencapai ini, Anda bisa melalui Jl. Wonosari menuju Piyungan, lalu menuju Jl. Baron oleh Patuk dan Wonosari. Dan dari Jl. Baron berangkat ke Tepus. Dari sana Anda pergi ke pantai melalui pintu masuk timur.

Kemudian Anda pergi melalui Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Drini hingga Anda akhirnya tiba di Pantai Watu Kodok. Anda juga dapat menggunakan petunjuk lokasi untuk Pantai Watu Kodok Gunungkidul di Google Maps di sini. Jadi jangan takut tersesat lagi ketika Anda pergi berlibur ke salah satu pantai indah di Jogja.

Biaya masuk ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Harga tiket masuk ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul! via @ desiambar.sari
Harga tiket masuk ke Pantai Watu Kodok Gunungkidul! via @ desiambar.sari

Untuk memasuki area pantai ini, setiap pengunjung harus membayar tiket mulai dari Rp. 3.000 dan biaya parkir Rp. 3.000 (motor) atau Rp. 5.000 – 10.000 Rp (mobil). Ini tentu saja di luar biaya tambahan jika Anda ingin menghabiskan malam, yaitu IDR 5.000 – Rp 10.000 per orang.

Harga tiket tentu sangat wajar, karena fasilitas manajemen pantai cukup lengkap, dan setiap malam pantai ini menyediakan penghuni yang diperlukan untuk memantau perkemahan.

Tips perjalanan ke Pantai Gunungkidul Watu

Di Pantai Watu, Katak Gunungkidul, Anda dapat berburu banyak foto bagus! via @ jogja.istecial
Di Pantai Watu, Katak Gunungkidul, Anda dapat berburu banyak foto bagus! via @ jogja.istecial
  • Untuk berkemah, Anda harus membawa semua barang pribadi Anda selain peralatan tenda. Dimulai dengan obat-obatan, sabun, pakaian hangat untuk malam dan cukup uang. Jangan lupa membawa cukup makanan dan minuman.
  • Isi penuh baterai ponsel, kamera, dan power bank untuk mendukung kegiatan di luar ruangan.
  • Ikuti aturan di sepanjang perkemahan dan garis pantai. Ikuti aturan yang ditetapkan oleh tim SAR setempat untuk keselamatan. Yang terbaik adalah mendirikan tenda di tempat yang cukup jauh dari tepi pantai.
  • Memperhatikan cuaca juga sangat penting, karena jika ini adalah musim hujan, aktivitas berkumpul dengan api unggun tentu saja akan diganti dengan tidur semalaman, yang bisa lebih baik di rumah.
  • Selain bersosialisasi dengan masyarakat, berkemah juga harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencintai dan melindungi alam dari bahaya. Tentu Anda harus mengungkapkan ini, salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah di mana pun.



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply