Difa Wisata.com – Pantai Wediombo memang agak aneh, namanya tidak menggambarkan keadaan asli Wedi sendiri, yang artinya pasir, sedangkan ombo lebar. Namun, pantai di Wediombo ini tidak memiliki hamparan pasir yang luas. Bagian barat dan timur Pantai Wediombo bahkan diapit oleh tebing, membuat bentangan pantai berpasir ini tidak sebesar Pantai Parangtritis dan Pantai Glagah.

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sangat mudah dijangkau jika Anda telah datang ke Pantai Siung sebelumnya. Cukup belok ke pertigaan di Tepus sebelum Anda pergi ke Siung, lalu belok kanan dan ikuti jalan sampai Anda melihat tanda belok kanan untuk sampai ke Pantai Wediombo. Lokasi pantai itu sendiri masih jauh di bawah dibandingkan dengan daratan di sekitarnya. Puluhan anak tangga harus turun sebelum Anda mencapai pantai dan menikmati suasana Pantai Wediombo.

Suasana di Pantai Wediombo.
Suasana di Pantai Wediombo.

Saya tidak tahu siapa yang menamai pantai ini, tetapi pantai ini sebenarnya lebih baik disebut Ombo Bay, karena Pantai Wediombo memang lebih lebar daripada pantai. Karakteristiknya jelas seperti teluk dengan batu-batu yang mengapit, air laut yang menjorok ke daratan. Namun yang membuat Pantai Wediombo sedikit berbeda adalah bahwa pantai ini memiliki area yang lebih luas daripada teluk biasa. Yang juga menarik dari pantai ini, teman-teman lebih cenderung memancing dari tebing untuk memancing.

Selain itu, Pantai Wediombo menawarkan pemandangan pantai yang indah yang luar biasa setiap hari. Air lautnya bening kebiruan di hari yang cerah. Pasir putih jernih masih sangat terjaga, dihiasi dengan fragmen cangkang yang ditinggalkan oleh cangkang. Suasana Pantai Wediombo juga sangat sepi, karena jauh dari keramaian kota akibat kendaraan yang melintas. Ya, destinasi di Pantai Wediombo ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai teman-teman Anda.

Pantai ini terletak di sisi timur wilayah khusus Yogyakarta, masih dalam deretan pantai di Gunung Kidul. Jarak dari pantai ke kota Yogyakarta adalah sekitar 80 kilometer. Pantai Wedi Omo dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan transportasi umum. Kendaraan umum yang ada biasanya dalam bentuk minibus di rute Yogyakarta – Wonosari. Jika Anda bepergian dengan transportasi umum dari kota Wonosari, teman-teman wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan minibus ke Baron. Sekarang pergi dari Pantai Baron ke Pantai Wediombo. Minibus umum hanya beroperasi pada hari libur nasional.

Memancing di Pantai Wediombo.
Memancing di Pantai Wediombo.

Seperti yang telah disebutkan, Pantai Wediombo tidak hanya memiliki keindahan yang menakjubkan. Tempat ini juga menawarkan pengalaman memancing bukit karang. Saya tidak ingat sejak memancing menjadi populer di sini. Tapi sekarang memancing menjadi terkenal karena kebiasaan memancing penduduk setempat. Mungkin secara tidak langsung juga menarik minat pengunjung lain untuk mencobanya. Sekarang memancing di Pantai Wediombo di Yogyakarta adalah favorit dengan penggemar memancing dari kota Yogyakarta dan Wonogiri.

Sebenarnya tidak mudah menangkap ikan dari bukit karang di Pantai Wediombo. Karena lokasinya cukup jauh dari pantai. Untuk sampai ke terumbu karang, teman-teman pelancong harus berjalan ke timur di sepanjang pantai. Berperanglah naik dan turun di terumbu di tepi pantai yang curam ke puncak bukit karang yang langsung menghadap ke laut terbuka yang dalam. Secara umum, perjalanan ke terumbu tempat memancing di Pantai Wediombo memakan waktu sekitar satu jam.

Lansekap pantai Wediombo.
Lansekap pantai Wediombo.

Perjuangan yang setia tentu memberikan sesuatu yang luar biasa. Nelayan di Pantai Wediombo sering mendapatkan ikan besar. Nelayan menerima setidaknya kerucut atau panjovis besar. Di Pantai Wediombo, ikan yang panjangnya bisa setara dengan lengan manusia saat ini memiliki 2 spesies. Pertama, bentuk Gilig (silinder), biasanya ditemukan di musim kemarau. Sedangkan flat (flat) sering dijumpai pada musim hujan.

Untuk memancing di Pantai Wediombo itu cukup mudah. Modal hanyalah kail dengan umpan berupa ikan teri yang bahkan dapat ditemukan di pantai. Cukup gunakan tali pancing dengan benar atau tarik jaring kecil, maka umpan dapat diperoleh. Jadi Anda tidak perlu bingung, misalnya dengan mengambil umpan dari rumah. Pantas saja pantai ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang menjadi favorit para nelayan.

Tips untuk mengunjungi Pantai Wediombo di Yogyakarta

Parkir di depan Pantai Wediombo.
Parkir di depan Pantai Wediombo.
  1. Untuk teman-teman pelancong yang menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke Pantai Wediombo Anda dapat menggunakan 2 jalur ini. Pertama di sepanjang pantai Gunungkidul, yaitu Pantai Tepus, Pantai Girisubo hingga Pantai Wediombo. Keduanya melewati rute Wonosari – Semanu – Jepitu – Wediombo.
  2. Biaya masuk ke Pantai Wediombo adalah IDR 5.000 per orang
  3. Di pantai ini sudah ada banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman. Masjid dan kamar mandi juga dapat ditemukan di sini. Fasilitasnya cukup lengkap, meski lokasinya jauh dari pusat kota.
  4. Peta lokasi pantai Wediombo, klik di sini

Catatan: Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Dari wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata alam seperti pantai Wediombo di Yogyakarta. Sementara itu, kereta api ke Yogyakarta dapat dicapai dengan kereta api dari beberapa kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dari negara seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply