Wartawan: Abdul Jalil (MG-382) | Editor: Muhammad Iqbal

DifaWisata, PROBOLINGGO Pembangunan Jembatan Kaca Bromo Titik Seruni di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, rupanya belum bisa selesai pada September 2023. Tidak tercapainya target penyelesaian konstruksi disebabkan masalah material kaca yang cacat dan keterlambatan produksi dari pabrik.

Demikian disampaikan Achmad Riza Chairullah, PPK untuk pembangunan Jembatan Kaca Seruni Point Bromo di Pusat Geoteknik, Terowongan dan Struktur Ditjen Bina Marga, saat dikonfirmasi Selasa (10/11/2023).

Ia mengatakan pembangunan yang dilakukan sejak September 2021 itu belum bisa selesai sesuai target yang direncanakan, yakni pada akhir September 2023. Sejauh ini progres Jembatan Kaca Seruni Point Bromo sudah mencapai 98 persen.

Tidak mencapai target disebabkan produk kaca yang dikirim dalam kondisi cacat. Oleh karena itu, panel kaca setebal 12,5 ml harus dikembalikan ke pabrik.

Setidaknya ada 17 panel kaca yang saat ini sedang diperbaiki atau diproduksi ulang oleh pabrik.

Jembatan-Kaca-Seroni-Titik-Bromo-2.jpgJembatan Kaca Seruni Point Bromo yang saat ini sudah 98 persen pengerjaannya. (Foto: Bima Setiawan untuk DifaWisata Indonesia)

“Produksinya terlambat. Kaca yang dikirim retak sehingga harus diperbaiki (diperbaiki, red.). Butuh waktu lebih lama di sana. Jadi tidak bisa selesai sesuai target,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, ada juga pekerjaan tambahan yaitu pembangunan Dinding Penahanan (DPT) di dua titik di sekitar jembatan.

Sisi pertama di bawah jembatan berbatasan dengan rumah warga, panjangnya sekitar 35 meter dan tinggi 2,5 meter.

Sisi kedua, DPT, dibangun di sekitar area terminal jembatan, berukuran panjang 62 meter dan tinggi 2,5 meter.

DPT dibangun untuk menahan kontur tanah yang dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Serta sebagai pembatas aliran air abrasif di sekitar lokasi.

“Karena kontur tanah di atas (pegunungan, red.) memang berbeda dengan yang di bawah (dataran, red.). Cuacanya lembap dan kami takut terjadi hal buruk,” jelasnya.

Jadi, kata dia, pengerjaan ulang ditargetkan selesai pada akhir Oktober 2023. Sehingga dia berharap jembatan ini bisa digunakan dan dibuka akhir tahun depan.

“Kalau sudah siap nanti kita serahkan ke pihak yang berwenang. Untuk saat ini masih proses pengerjaan. Nanti serah terima itu ada tahapan dan waktunya sendiri-sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Jembatan Kaca Seruni Point Bromo dibangun Kementerian PUPR bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nilai investasi Rp. 15 miliar dengan anggaran tahun jamak. Yakni tahun anggaran 2021 dan 2023.

Kepala Pusat Geoteknik, Terowongan, dan Struktur Kementerian PUPR, Fahmi Aldiaman mengatakan, Jembatan Kaca Seruni Point Bromo merupakan satu-satunya di Tanah Air.

“Satu-satunya di Indonesia ada di Bromo,” kata Fahmi.

Jembatan kaca di Seruni Point dirancang sebagai jembatan gantung cable-stayed dengan bentang 120 meter dan kedalaman jurang kurang lebih 80 meter. Ukuran lantai kaca memiliki lebar 1,8 meter dan 3 meter.

Material yang digunakan adalah kaca dengan pengaman berlapis SGP. Struktur kaca pengaman laminasi terdiri dari dua atau lebih pelat kaca, yang diikat bersama dengan satu atau lebih lapisan perantara.

Jembatan yang telah dibangun selama 11 bulan ini akan menggunakan pondasi tiang bor dan sumur yang lebih tahan terhadap longsor dan gempa.

Jembatan Kaca Seruni Point Bromo diharapkan dapat membawa manfaat bagi warga Kabupaten Probolinggo dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas secara luas. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Bromo Tengger Semeru.

**)


Dapatkan update informasi pilihan dari DifaWisata Indonesia setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


jembatan kaca ceruni point bromo, kabupaten probolinggo, probolinggo Penerbit

: Beruntung Setyo Hendrawan

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2023 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply