Reporter: Yusuf Arifai (MG-369) | Editor: Faizal R Arief

DifaWisata, PACITAN – Masih dalam suasana Hari Santri Nasional. Kali ini SDN 1 Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dimeriahkan dengan menikmati keindahan destinasi wisata lokal yaitu Bendungan Tukul.

Kepala SDN 1 Karanggede Nanik Sugiati mengatakan, puncak perayaan Hari Santri Nasional ini mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar sejak 18 Oktober 2022, dimulai dengan pembacaan Alquran, hafalan juz amma dan al barzanji.

“Pada puncak hajatan, kami sengaja jalan sehat ke Bendungan Tukul,” ujarnya, Minggu (23/10/2022).

SDN-1-Karanggede-3.jpgMenyerap suasana kawasan Bendungan Tukul Pacitan. (FOTO: Endah untuk DifaWisata Indonesia)

Menurut Sugiati, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan siswa akan keberadaan destinasi wisata baru yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari sekolah.

“Selain mengetahui, mahasiswa juga dapat mengetahui manfaat Bendungan Tukul,” jelasnya.

Sugiati menilai, berobat sambil menikmati suasana alam adalah jalan yang harus ditempuh, karena sebagian mahasiswa belum memahami manfaat dan fungsi Bendungan Tukul yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2021.

“Bendungan Tukul akan berfungsi sebagai sumber air baku, irigasi dan pengelolaan banjir karena kapasitasnya memiliki kapasitas 8,68 juta meter kubik dan luas banjir 44,81 hektar,” jelasnya.

SDN-1-Karanggede-2.jpgBendungan Tukul di Desa Karanggede, Arjosari diapit oleh perbukitan yang indah. (FOTO: Endah untuk DifaWisata Indonesia)

Perlu diketahui bahwa Bendungan Tukul merupakan satu-satunya bendungan di Pacitan yang menampung aliran air dari tiga sungai telu atau sungai Desa Karanggede.

Tak hanya itu, ke depan bendungan ini diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru bagi para pelancong.

Keunikan dari waduk air raksasa ini adalah letaknya yang berada di tengah kawah, diapit oleh beberapa bukit sehingga membuat pemandangan yang disuguhkan sangat indah.

Keunggulan lain dari tempat ini adalah tidak jauh dari destinasi wisata alam lainnya, Pemandian Air Panas Tirto Husodo dan Monumen Jenderal Sudirman.

Hingga saat ini, Bendungan Tukul belum dibuka untuk umum karena beberapa infrastruktur masih dalam tahap pembangunan.

“Anda tidak boleh masuk ke area dalam. Jika ingin melakukan pekerjaan di area bendungan, terlebih dahulu harus mendapat izin dari pengelola karena ada beberapa proses pekerjaan infrastruktur yang belum selesai,” kata satpam Parman.

Meski tidak bisa masuk ke pedalaman, semangat para mahasiswa untuk diajak sembuh sangat luar biasa. Mereka mengaku tertarik untuk mengenal satu-satunya bendungan di kota yang memiliki 1001 gua tersebut.

“Senang bisa jalan-jalan bersama teman dan belajar manfaat bendungan,” kata siswa kelas V SDN 1 Karanggede, Fika usai menikmati keindahan alam di sekitar Bendungan Tukul saat mendaki puncak peringatan Hari Santri Nasional di Pacitan.

**)


Dapatkan update informasi pilihan dari DifaWisata Indonesia setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


Bendungan Tukul sdn 1 Karanggede santri dag dam di pariwisata Pacitan Pacitan penyembuhan Kabupaten Pacitan Pacitan Penerbit

: Rizal Danic

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply