Wartawan: Syarifah Latowa (MG-246) | Editor: Faizal R Arief

DifaWisata, POSO – Air Terjun Saluopa adalah salah satu tujuan wisata utama di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Pusulemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Pemandangannya luar biasa indah. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Batuan alam yang tertata rapi dan pemandangan indah air jernih yang mengalir dari puncak gunung sekitar 25 meter.

Uniknya, air terjun Saluopa memiliki 12 tingkat dan membentuk kolam kecil di setiap tingkatnya yang juga bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam.

Dany, seorang turis lokal asal Kota Palu, mengaku takjub dengan keindahan alam Air Terjun Saluopa. Ia mengaku merasa nyaman mengunjungi tempat ini.

“Saya datang ke sini untuk menyaksikan pembukaan Festival Danau Poso. Namun, saya mendengar ada air terjun yang indah di tempat ini. Makanya saya menyempatkan diri untuk datang ke sini. air terjun. Pemandangan di sini luar biasa, sangat indah,” katanya.

Air Terjun-Saluopa-2.jpg

Tidak hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke objek wisata ini, juga Dhasi, seorang turis asal Swiss, sudah sebulan berada di Sulawesi Tengah untuk berwisata keliling. Sebelumnya, Dhasi sempat mengunjungi Ampana dan Poso.

“Wow! Sangat cantik dan cantik,” katanya.

Saat ini, Dhasi berada di Tentena untuk menikmati keindahan air terjun Saluopa. Apalagi destinasi wisata Air Terjun Saluopa menjadi daya tarik wisata utama dalam festival Danau Poso tahun ini.

Untuk memasuki lokasi wisata, setiap pengunjung terlebih dahulu membeli tiket dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya dengan lima ribu rupiah per orang.

Pengunjung kemudian berjalan setengah kilometer melewati hutan kecil yang dikelilingi pepohonan besar dan rindang. Udaranya cukup segar dan udaranya sejuk.

Manajer pariwisata, Syahrul yang juga petugas keamanan objek wisata, mengatakan hampir setiap hari libur, terutama setelah hari libur dan akhir pekan, lokasi wisata ini dipadati wisatawan. Tidak hanya dari Kabupaten Poso tetapi juga dari luar Sulawesi Tengah bahkan dari luar negeri.

“Pada hari libur bisa mencapai ribuan pengunjung. Pada hari libur akhir pekan rata-rata seratus hingga dua ratus pengunjung,” katanya.

“Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini cukup merogoh kocek 5000 rupiah saja sudah bisa menikmati keindahan air terjun Saluopa,” ujarnya.

Air Terjun-Saluopa-3.jpg

Untuk sampai ke Air Terjun Saluopa, Anda harus menempuh perjalanan darat selama satu setengah jam dari pusat Kota Poso atau 264 kilometer dari Kota Palu. Dari Tentena, Kecamatan Pamona Utara, hingga Air Terjun Saluopa hanya berjarak 12 kilometer.

Objek wisata air terjun dari Saluopa ini menjadi salah satu daya tarik festival Danau Poso tahun ini.

**)


Dapatkan update informasi DifaWisata Indonesia pilihan setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


festival air terjun saluopa danau poso saluopa desa tonusu kabupaten poso poso Penerbit

: Beruntung Setyo Hendrawan

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2023 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply