Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu nama Pulau Pramuka atau bahkan pernah ke pulau itu. Pulau ini adalah salah satu pulau di wilayah Kepulauan Seribu, yang juga merupakan pusat administrasi dan administrasi Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka terletak persis di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, ibukota khusus Jakarta. Ketika Anda pergi ke pulau ini, Anda akan melihat bahwa lokasi pulau ini berada di tengah-tengah gugusan Kepulauan Seribu, yang terkenal dengan berbagai pesona dan tempat wisata.

Meskipun tidak begitu besar sehingga hanya mencakup 9 hektar dengan populasi sekitar 1.004 orang, pulau ini adalah salah satu pulau penting di Kecamatan Kepulauan Seribu. Selain digunakan sebagai tujuan wisata, fasilitas dan fasilitas juga telah dibangun di Pulau Pramuka yang lebih lengkap dibandingkan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Fasilitas yang dibangun meliputi rumah sakit, sekolah pendidikan dasar dan menengah, kantor polisi, masjid, dermaga, gedung pemerintah, toko, tempat makan, tempat tinggal dan banyak lagi lainnya.

Sejarah singkat Pulau Pramuka

Pesona Keindahan dan Sejarah Pulau Pramuka

Pulau Pramuka sering disebut Pulau Elang oleh penduduk setempat. Nama itu adalah nama pulau Scout di era orde lama dan mengapa disebut Pulau Elang / Lang, menurut tetua pulau, alasannya dikatakan karena ada banyak elang Bondol di pulau ini hingga sekitar tahun 1980-an. Banyak penduduk setempat percaya bahwa elang Bondol sampai sekarang telah digunakan sebagai simbol wilayah metropolitan khusus Jakarta. Namun sayangnya, keberadaan elang semakin hilang, seiring dengan pembersihan pulau untuk dijadikan desa.

Menurut berbagai sumber, Scout sendiri pernah berasal dari kegiatan kepanduan yang ada di pulau ini. Sebelumnya sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an sebelum ada perkemahan Cibubur di Jakarta, pesta kepanduan dilaporkan mengirim anggotanya untuk kepanduan di pulau ini. Itulah sebabnya pulau ini telah lama dikenal sebagai Pulau Pramuka.

Secara umum, sebagian besar penduduk Pulau Pramuka berasal dari etnis Betawi, etnis Banten, etnis Bugis, dan etnis Madura, yang kemudian memeluk Islam dan agama Katolik minoritas lainnya. Mata pencaharian penduduk di Pulau Pramuka sekarang juga mulai berubah dan bervariasi. Di masa lalu, banyak penduduk pulau menjadi nelayan, tetapi seiring berjalannya waktu, fasilitas dan infrastruktur yang lebih lengkap di pulau itu, serta alih fungsi pulau, yang sebagian merupakan tempat untuk tujuan pariwisata, membuat mata pencaharian penduduk pulau beragam. . Tidak hanya sebagai nelayan, ada juga warga yang beralih ke pengusaha akomodasi, pengusaha toko atau warung makan, dan banyak lainnya.

Obyek Wisata Pulau Pramuka

Tidak hanya digunakan sebagai tempat sentral untuk manajemen dan administrasi Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang indah dan menarik karena berbagai atraksi yang ditawarkan di pulau ini. Objek wisata ini meliputi:

Pembibitan hiu

Pesona Keindahan dan Sejarah Pulau Pramuka

Sebagian besar wisatawan yang melakukan perjalanan ke Pulau Pramuka untuk pertama kalinya akan tertarik karena budidaya hiu di pulau ini. Ini karena hiu adalah hewan langka dan dilindungi. Itu sebabnya tidak ada lagi di dunia. Dengan situs penangkaran, wisatawan dapat melihat binatang liar tetapi menakjubkan dari dekat. Selain itu, tidak hanya terlihat, tetapi Anda juga bisa berenang bersama ikan sambil mengambil foto.

Meski bagus, tetapi Anda tetap harus berhati-hati dengan hiu. Ini karena hiu pada dasarnya adalah hewan liar, karena masih perlu berhati-hati untuk keselamatan Anda. Sebelum berenang di penangkaran dengan hiu, Anda harus terlebih dahulu memeriksa luka berdarah atau luka terbuka di tubuh Anda. Ini penting karena hiu peka terhadap sedikit bau darah. Mereka dapat menjadi liar dan tidak terkendali jika Anda mencium bau darah, dan mereka benar-benar dapat menyerang Anda. Itu sebabnya kamu harus hati-hati. Juga, cobalah untuk tidak berenang terlalu dekat dengan mereka dan jangan tiba-tiba melakukan gerakan cepat.

Penangkaran Penyu Sisik

Pesona Keindahan dan Sejarah Pulau Pramuka

Selain membiakkan hiu, ada juga pengembangbiakan penyu sisik di Pulau Pramuka. Kura-kura dibiakkan sejak menetas hingga siap dilepas di pantai sampai akhirnya mencapai lautan. Bayi-bayi penyu ini terlihat lucu dan menggemaskan, jadi jika Anda akan melihat tawanan dengan anak-anak kecil, mereka pasti akan menyenangkan dan tertarik. Selain itu, mereka juga dapat bermain sambil belajar tentang perlindungan hewan dan juga tentang melindungi lingkungan.

Snorkeling, menyelam, dan memancing

Pesona Keindahan dan Sejarah Pulau Pramuka

Anda yang menikmati petualangan bawah laut dapat mengikuti paket snorkeling dan menyelam yang ditawarkan di Pulau Pramuka dan Anda dapat memilih tempat yang Anda inginkan. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, Pulau Pramuka terkenal dengan terumbu karang yang indah dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Itulah mengapa ada pusat penyelaman di pulau ini yang disebut Ekowisata Eagle Dive Center. Selain itu, ada perairan yang sangat bagus di sekitar pulau ini untuk snorkeling dan menyelam, yang sangat terkenal di kalangan penyelam, yaitu Poso Wreck, yang terletak di karang Congkak dan mengelilingi pulau Panggang.

Kemudian bagi Anda yang gemar memancing, Anda bisa pergi ke Dermaga Pulau Pramuka, yang terletak di depan pulau. Atau jika Anda mau, kapal nelayan juga ditawarkan di pulau ini yang akan membawa Anda ke tempat memancing di mana ada banyak ikan besar. Jika tertarik, Anda harus berani membayar cukup mahal, sekitar Rp450 ribu untuk sekali perjalanan

Perahu pisang

Pesona Keindahan dan Sejarah Pulau Pramuka

Dengan pengembangan objek wisata, fasilitas dan fasilitas yang ada juga akan berkembang. Begitu pula dengan infrastruktur yang ada di Pulau Pramuka. Permainan air di pulau ini secara bertahap ditambahkan dan diselesaikan. Bahkan sekarang tersedia permainan perahu pisang yang sangat populer di kalangan wisatawan.

Jika Anda tertarik mengendarai game ini, Anda bisa menyewanya dengan harga mulai dari 30 hingga 50 ribu selama 20 menit. Mengendarai perahu pisang sambil dibawa berkeliling Pulau Scout akan menyenangkan dan menarik, bukan? Itu sebabnya game ini sering disewakan oleh wisatawan yang datang ke pulau itu.

Untuk bisa pergi ke lokasi Pulau Pramuka ini, Anda bisa menyewa kapal penumpang yang biasanya berlayar dua kali sehari. Perahu bisa disewa jika Anda pergi ke pelabuhan Muara Angke. Bagi yang ingin mencoba sensasi baru, Anda bisa menyewa speedboat di pelabuhan Marina Ancol dengan harga sewa yang lebih tinggi.

Leave a Reply