Paspor sama pentingnya dengan tiket pesawat yang Anda beli untuk bepergian ke luar negeri. Tanpa paspor Anda akan ditolak akses ke negara lain. Membuat paspor sekarang lebih mudah dengan sistem antrian online. Proses pencetakan paspor juga tidak lama, tetapi membutuhkan minimal tiga hari. Bagaimana jika ada kesalahan data saat membuat paspor? Bagaimana cara mengubah data pribadi di paspor?

Identitas yang salah dalam paspor biasanya nama, tanggal lahir atau tempat tinggal. Untuk memperbaiki kesalahan data dalam paspor, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah membuat perjanjian dengan Permenkumham Nomor 8 tahun 2014 tentang paspor biasa dan surat perjalanan seperti paspor.

Pasal 24 mengatur prosedur untuk mengubah data dalam paspor biasa. Menurut aturan ini, perubahan pada rincian pemegang paspor biasa, termasuk perubahan nama atau perubahan alamat, dapat disampaikan kepada kepala layanan imigrasi atau layanan imigrasi. Lihat penjelasan di bawah ini untuk prosedur dan cara mengubah informasi pribadi dalam paspor lengkap.

Dokumen untuk mengubah data dalam paspor reguler

1. E-KTP dan fotokopi asli
2. Kartu keluarga asli dan fotokopi
3. Akte kelahiran / ijazah, asli dan fotokopi
4. Paspor asli dan fotokopi
5. Formulir imigrasi (biasanya disediakan oleh koperasi kantor imigrasi)

Prosedur untuk mengubah data pribadi dalam paspor normal

Menurut Permenkumham Nomor 8 tahun 2014, ini adalah prosedur untuk mengubah data dalam paspor biasa.

1. Kirim aplikasi
2. Persetujuan kepala layanan imigrasi atau layanan imigrasi
3. Mencetak perubahan data pada halaman otorisasi

2 cara untuk mengubah data yang salah di paspor

Ada dua cara untuk mengganti informasi identitas yang salah di paspor, yaitu ratifikasi dan penggantian paspor.

1. Tingkatkan data dengan sistem persetujuan

Prosedur, ketentuan, dan perubahan detail pribadi di paspor

Sumber: Instagram handyman84

Bagaimana cara mengubah data melalui sistem ratifikasi yaitu menambahkan nama di halaman 4 paspor. Poin lemah dari sistem ratifikasi Ini adalah beberapa negara yang tidak menerima catatan khusus ini.

Prosedur untuk mendapatkannya ratifikasi cukup sederhana. Anda bisa melakukannya dengan cara tertentu online melalui situs web Direktorat Jenderal Imigrasi. Proses pendaftaran ratifikasi dapat juga dilakukan di kantor imigrasi manapun. Jika Anda tidak ingin meneruskan file onlineitu mungkin walk-in atau datang langsung ke kantor imigrasi tempat paspor dikeluarkan.

Mengikuti prosedur aplikasi ratifikasi ubah data dalam paspor:

1. Datang ke kantor imigrasi.
2. Lengkapi formulir 6000 yang dicap, yang biasanya diberikan pada fotokopi Kantor Imigrasi.
3. Pergi ke meja informasi. Transfer niat Anda untuk bertanya ratifikasi karena ada kesalahan data pada paspor.
4. Kirim semua dokumen plus paspor asli ke petugas. Tunggu sampai nama Anda disebutkan.
5. Rekam kurang dari sehari ratifikasi ada di halaman 4 paspor Anda dengan koreksi yang diberikan oleh imigrasi.

2. Koreksi data dengan mencetak lagi paspor

Prosedur, ketentuan, dan perubahan detail pribadi di paspor

Sumber: Instagram panduwil

Cara kedua untuk mengubah kesalahan nama atau alamat pada paspor adalah dengan mengganti paspor dan mencetaknya kembali. Metode kedua ini lebih rumit dan membutuhkan lebih banyak waktu karena harus melalui proses yang lebih lama.

1. Datang ke kantor imigrasi dan nyatakan niat Anda untuk mengubah paspor Anda karena kesalahan data.
2. Anda akan diminta menjalani pemeriksaan tentang alasan mengganti paspor Anda untuk mendapatkan laporan penyelidikan resmi (BAP).
3. Dalam proses BAP Anda akan diwawancarai oleh peneliti tentang kesalahan dalam paspor.
4. Wawancara, foto & data biometrik untuk membuat paspor baru.
5. Ketika BAP selesai, Anda akan menerima berita acara (Bapen) dari peneliti.
6. Bapen biasanya dikeluarkan dengan persetujuan kepala layanan imigrasi. Jika ada perubahan data dalam nama (seperti mengganti, menambahkan, menghapus atau memperbaiki ejaan), pernyataan biasanya diminta dari pemerintah kota tempat KTP dikeluarkan.
7. Setelah persetujuan dari kepala kantor imigrasi, dokumen perubahan data pada paspor Anda akan diserahkan kepada kepala kantor regional untuk disetujui.
8. Setelah wawancara dan proses foto, Anda akan menerima deposit untuk membuat paspor baru.
9. Akhirnya, setelah pembayaran sejumlah uang, paspor Anda akan diverifikasi oleh wasit pusat untuk menerbitkan paspor baru nanti.
10. Setelah menyelesaikan seluruh proses, paspor Anda hanya dapat diambil atau diwakili oleh anggota keluarga di Kartu Keluarga (KK). Koleksi paspor juga dapat diwakili oleh orang lain. Pemegang paspor hanya perlu membawa bukti pembayaran, surat kuasa dan kartu identitas asli dari pemegang paspor.

Kelemahan paspor Reprint

Bagaimana Anda dapat mengubah data dalam paspor dengan cara kedua ini membutuhkan waktu lebih dari 15 hari untuk mencapai fase Central Adjudicator. Setelah disetujui oleh wasit pusat, paspor baru dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari kerja. Bahkan menurut informasi, membuat paspor baru bisa memakan waktu lebih dari sebulan. Baca juga bagaimana Anda dapat mendaftarkan antrian paspor Anda secara online.

Kiat agar tidak ada kesalahan data

Untuk mencegah kesalahan data di paspor Anda, Anda harus memastikan bahwa identitas dalam dokumen Anda tidak berbeda. Periksa juga paspor baru Anda sehingga tidak ada kesalahan ketik dari petugas imigrasi. Jangan bolak-balik karena Anda tidak memeriksa paspor tercetak Anda. Ketahui langkah-langkah untuk membuat paspor elektronik di sini.

Temukan informasi yang mengubah data pada paspor berguna? Ayo berlangganan blog Difa Wisata untuk informasi terbaru tentang cara membuat paspor dan berita bepergian yang lainnya. Pesan juga tiket pesawat hanya di Difa Wisata. Cari, pesan, perjalanan!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply