DifaWisata.com – Pulau Gili Ketapang adalah pulau kecil yang terletak antara pulau Jawa dan Madura. Pulau ini berjarak 5 mil di tengah laut dari pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Sayangnya, saat ini tidak ada jembatan penghubung yang menghubungkan kedua pulau. Selain itu, belum ada kapal penumpang yang aktif di daerah tersebut. Namun, jika wisatawan ingin mengunjungi pulau itu, wisatawan dapat menggunakan perahu motor kecil untuk sampai ke sana. Jumlah perahu motor masih sangat terbatas.

Suasana di Pulau Gili Ketapang

Karena lokasinya agak sulit dijangkau, pulau yang indah ini sangat sepi, juga dikenal karena tidak banyak pengunjung yang lewat. Mayoritas penduduk yang tinggal di pulau ini sebagian besar adalah keturunan orang Madura yang berprofesi sebagai nelayan. Ombak pantai di pulau ini cukup tenang, lengkap dengan strip pasir putih yang membentang, warna air laut yang terlihat biru, dan penduduk yang ramah membuat suasana Wisata Pulau Gili Ketapang sangat damai dan menyenangkan.

Ada satu hal yang agak disesalkan, yaitu jumlah sampah di pantai. Kehadiran tempat sampah ini tidak hanya bisa mengganggu pemandangan, tetapi juga merusak kelestarian pulau ini. Selain binatang peliharaan kambing yang dimiliki oleh penghuni di pantai, terkadang membuat pengunjung sedikit tidak nyaman. Menurut beberapa warga setempat, hal ini disebabkan kurangnya kesadaran publik akan pentingnya keramahan lingkungan.

Asal usul Pulau Gili Ketapang

Asal usul pulau itu terkait erat dengan mitos orang-orang yang mengatakan bahwa pulau itu bisa bergerak di tengah laut. Pulau ini awalnya berada di tanah yang sama dengan daratan di Desa Ketapang. Kemudian, setelah meletusnya Gunung Semeru, tanah di Desa Ketapang akhirnya berpisah. Salah satu daratan yang terpisah ini membentuk sebuah pulau kecil dan salah satunya adalah Pulau Gili Ketapang. Pulau itu bergerak ke tengah laut sejauh 5 mil.

Lokasi Pulau Gili Ketapang

Secara administratif, pulau ini masih termasuk dalam Kabupaten Probolinggo. Untuk lokasi tepatnya tur ini adalah di desa Ketapang, Kabupaten Sumberasih, Probolinggo, provinsi Jawa Timur. Sedangkan rute penyeberangan dimulai dari pelabuhan Tanjung Tembaga. Panjang persimpangan memakan waktu sekitar 1 jam.

lihat Peta Pulau Gili Ketapang di Google Map.

Leave a Reply