Pernahkah Anda mendengar tentang salah satu pulau tersembunyi yang indah? Pernahkah Anda mendengar nama Pulau Putri? Memang ada dua Pulau Putri di Indonesia. Mungkin bagi Anda yang bekerja atau tinggal di Indonesia, Anda tahu bahwa Pulau Putri ada di Kepulauan Seribu. Namun sebenarnya ada Pulau Putri lain yang masih tersembunyi. Pulau Putri di perbatasan, Anda tahu perbatasan mana?

Pulau Putri, pulau perbatasan

Pulau Putri, Si Putri Cantik penuh Misteri di Perbatasan

Pulau Putri adalah salah satu dari sekitar 92 pulau terluar Indonesia. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pulau-pulau terluar? Pulau terluar adalah pulau yang membentuk perbatasan langsung antara Indonesia dan negara-negara tetangga. Lokasi Pulau Putri sendiri berada di perairan Nongsa, Batam. Jaraknya hanya 1 kilometer dari pantai wisata Nongsa. Bisa dikatakan posisi Pulau Putri sangat strategis. Bagaimana tidak, pulau ini berada tepat di tepi Selat Singapura. Jalan ini dikenal sebagai jalan tersibuk di dunia dan juga berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Akses ke Pulau Putri

Bagi Anda yang ingin pergi ke Pulau Putri, Anda harus pergi dari Batam Centre ke pantai wisata Nongsa dulum, Anda dapat mengendarai sepeda motor atau mobil sekitar 15 kilometer jauhnya. Dari pantai Nongsa Anda harus naik perahu yang disebut pompong. Pompong adalah jenis perahu motor. Untuk mengarungi kapal jenis ini, Anda hanya perlu membayar 10.000 untuk PP dari Pantai Nongsa ke Pulau Putri dan sebaliknya. Jika sudah ada setidaknya 3 orang, pengemudi pompong segera berangkat ke Pulau Putri. Kiatnya di sini adalah Anda harus mendapatkan nomor HP dari driver pompong sehingga Anda dapat menghubunginya saat kembali ke Batam.

Pulau Putri memiliki tiga pulau

Deskripsi pulau ini sangat indah. Pulau ini terdiri dari 3 bagian dan 3 bagian ini bersatu ketika Lait menarik dan mereka dipisahkan ketika air pasang tinggi. Sehingga ketiganya menyerupai 3 pulau yang terpisah. Melihat pulau utama, tempat di mana pengunjung atau wisatawan mendarat, ukurannya hanya kecil. Kelilingnya hanya sekitar 300 meter. Pasirnya putih dan pantainya menghadap ke pantai Nongsa. Tidak ada pantai di sisi pulau yang menghadap Singapura. Di sisi itu hanya ada tebing berbatu yang dimiringkan untuk mencegah keausan. Gelombang saat air pasang sangat kuat, jadi Anda harus sangat berhati-hati.

Dibandingkan dengan pulau pertama tempat pengunjung terdegradasi, pulau kedua ini bisa dibilang cukup mengkhawatirkan. Pulau itu, yang terletak di sebelah timur pulau utama, telah mengalami hampir separuh tubuhnya yang aus. Hanya ada tebing setinggi 10 meter dan dalam kondisi sangat buruk. Tips di sini adalah yang paling aman untuk tidak pergi ke sana, karena dapat terjadi tanah longsor secara tiba-tiba.

Namun bagaimana Pulau Puteri tetap indah. Kami hanya perlu menyeberangi 13 km untuk sampai ke Singapura, yaitu ke Pantai Changi. Dan dari sini Anda hanya perlu menyeberangi lautan sejauh 16 kilometer untuk sampai ke Pantai Pangerang, Johor, Malaysia.

Kegiatan yang bisa dilakukan pada Pulau Putri

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Putri ini. Sebagai yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh banyak orang, menjelajahi pulau ini. Anda juga bisa berenang di pantai. Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada kendaraan sewaan untuk mengemudi dengan tarif sangat murah hanya Rp. 5000. Yang perlu diingat adalah bahwa airnya tidak jernih di sini, jadi Anda tidak bisa snorkeling di sini, jadi Anda tidak perlu membawa snorkeling. Anda sebenarnya dapat bermain jet ski, banana boat atau ikan terbang, tetapi fasilitas tersebut bergabung dengan fasilitas resor di daerah Nongsa, seperti Nongsa Point Marina, Batam View, dan Pantai Turi.

Pesona pulau Putri lainnya

Di Pulau Putri kita menemukan sebuah monumen sebagai tanda keberadaan pulau tersebut. Monumen ini berisi patung negara bagian Garuda Pancasila dan juga Republik Indonesia, lengkap dengan koordinat Bujur Utara dan Timur. Tidak hanya itu, ada juga menara suar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Tanjung Pinang. Mercusuar menyala dan berfungsi sebagai panduan bagi kapal-kapal yang lewat agar tidak menabrak karang. Mercusuar menggunakan energi matahari sehingga dapat dinyalakan secara otomatis.

Saat akhir pekan, Pulau Putri selalu sibuk dan penuh pengunjung. Mereka biasanya ingin berenang atau sekadar menikmati pantai yang indah. Dan ini tentu saja membawa kekayaan tersendiri bagi para pedagang di luar sana, mengingat bahwa mereka membuka warung yang menjual berbagai makanan. Ada mie rebus, es krim kelapa muda, minuman ringan, dll, jadi ada juga orang yang menjual jagung bakar. Anda bisa menyewa tikar untuk duduk di bawah pohon, cukup dengan menerbitkan Rp. 10.000,00. Ada ikon yang biasanya digunakan oleh banyak orang untuk selfie atau foto-foto menyenangkan, yaitu kapal Malaysia yang karam, kapal yang berbentuk seperti rumah lengkap dengan jendela. Dan di pantai ada perahu nelayan yang siap melaut.

Legenda di Pulau Putri

Ada satu kisah unik yang beredar di Pulau Putri. Kisah ini adalah tentang asal mula Pulau Putri itu sendiri. cerita ini bisa dipercaya atau tidak, tetapi cerita ini menyebutkan bahwa ada naga yang tidur begitu cepat sehingga sudah terlambat dan tidak bisa menyeberang ke Malaysia. Jadi dia tertidur untuk waktu yang lama dan akhirnya berubah menjadi pulau. Karena itu, ketika mundur, pulau ini menyerupai bentuk naga.

Kisah terkenal lainnya adalah kisah tentang seorang putri yang sangat, sangat cantik yang selalu meminta pengorbanan. Dan pengorbanan itu adalah seorang pria yang masih perawan. Jadi ada berita bahwa banyak anak muda meninggal di sana karena tersapu oleh ombak atau tenggelam. Tetapi apakah cerita itu benar atau tidak, kita memang harus berhati-hati dan waspada ketika berenang di laut lepas. Apalagi pantai di Pulau Putri sudah terkenal karena ombaknya yang sangat kuat.

Itu sedikit tentang Pulau Putri dengan pesona dan misterinya. Entah itu legenda atau mitos yang berkembang di sana, Pulau Princess tentu saja masih menjadi salah satu tujuan wisata donna yang bagus bagi wisatawan asing dan lokal. Selain akses mudah, biaya menjamu di sana selama satu atau dua hari juga tidak mahal. Apakah Anda tertarik untuk pergi ke Pulau Princess?

Leave a Reply