Difa Wisata.Com – Tujuan wisata di Bandung tidak pernah berakhir. Seperti di Bandung Timur, ada tujuan wisata yang unik dan agak misterius. Lokasi berada di perbukitan Gunung Manglayang. Nama itu sendiri adalah situs Kuda Batu, tempat wisata yang indah dan segar. Situs Batu Kuda juga merupakan aset Perum Perhutani di daerah Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang Situs Kuda Batu Manglayang, mari kita melihat lebih dekat latar belakang tujuan wisata ini. Dikatakan bahwa kata "Manglayang" sebenarnya berasal dari kata "terbang". Jelas, "terbang" terbang.

Jadi ceritanya dahulu kala, menurut mitosnya, ada seekor kuda yang bisa terbang cepat. Kuda itu berasal dari Gunung Kidul, yang dikenal sebagai kuda Semprani / kuda Sembrani. Nah, ketika kuda melintasi gunung Manglayang saat dalam perjalanan dari Cirebon ke Banten.

Batu besar ini di situs Batu Kuda diyakini menjadi tempat kuda Semprani macet.
Batu besar ini di situs Batu Kuda diyakini menjadi tempat kuda Semprani macet.

Tiba-tiba kuda itu jatuh dan kemudian kuda itu jatuh di tempat yang tidak jauh dari titik Sanghiyang (yang berarti kaki gunung). Kuda itu macet cukup lama, sehingga jatuh ke genangan air. Seperti yang diceritakan dalam mitos, kuda secara bertahap berubah menjadi batu.

Percaya atau tidak tentang mitos itu, kini kuda yang dimaksud itu lebih merupakan bentuk batu besar di Situs Kuda Batu Manglayang. Memang, dari bentuk batunya, ini mirip dengan ketika kuda mencoba melarikan diri dari kubanga. Tetapi energi kuda sudah habis karena kelelahan.

Sampai penunggang Ibrani menyerah dan duduk di kursi tidak jauh dari genangan kuda. Kemudian tempat duduk pengendara sekarang dikenal sebagai Kursi Batu. Sedangkan genangan tempat kuda Semprani jatuh sekarang dikenal sebagai kuda batu.

Sementara ini adalah Kursi Batu, tempat pengendara duduk.
Sementara ini adalah Kursi Batu, tempat pengendara duduk.

Situs Kuda Batu dapat dicapai melalui berbagai jalur. Rute termudah ke situs Batu Kuda adalah melalui jalur Cibiru. Pertama, dari Bandung, kota teman-teman pengembara mengambil arah ke Cibiru dan melewati bundaran timur kota Bandung menuju Cileunyi. Kira-kira – setelah sekitar 3 km dari bundaran Cibiru, jalan akan sedikit berbelok ke kiri, cukup ikuti jalan sebelumnya.

Perjalanan jauh-jauh ke atas sampai Rock Horse sekitar 7 kilometer. Jalan mungkin agak sempit di sepanjang jalan, tetapi diimbangi oleh pemandangan indah dan cuaca dingin Bandung yang membuat semua orang menyukainya. Jika Anda merasa bingung, jangan malu-malu bertanya pada penduduk sekitar.

Pemandangan hutan pinus juga merupakan daya tarik lain dari situs Batulay Manglayang, Bandung.
Pemandangan hutan pinus juga merupakan daya tarik lain dari situs Batulay Manglayang, Bandung.

Situs Batu Kuda ini memang agak mistis, bahkan ada aturan yang berlaku, setiap Senin dan Kamis adalah pendaki atau siapa saja yang diizinkan masuk ke kawasan Gunung Manglayang. Karena, menurut kepercayaan setempat, itu adalah hari berkumpulnya leluhur dan arwah. Juga pada hari-hari lain ketika mendaki dalam jumlah ganjil tidak diperbolehkan. Teman-teman wisatawan yang mengunjungi situs Batu Kuda juga harus mengetahui peraturan setempat seperti ini.

Daya tarik situs Batu Kuda itu sendiri sudah terlihat setelah masuk, di luar gerbang Batu Kuda. Saat masuk, Anda akan melihat hamparan hutan pinus yang lebat untuk menyambut teman-teman pelancong. Setelah sampai di hutan pinus, cobalah beristirahat sejenak di tengah-tengah hutan pinus yang indah ini. Nikmati keheningan sambil bersyukur atas keindahan alam yang ada di sini.

Berhentilah sejenak dan nikmati suasana hutan pinus yang segar dan santai.
Berhentilah sejenak dan nikmati suasana hutan pinus yang segar dan santai.

Di lokasi wisata Situs Kuda Batu, ada juga banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Memvariasikan mulai dari berkemah, hiking hingga bersepeda. Jangan lupa untuk bersantai di sini di antara banyak pohon pinus yang indah. Udara benar-benar segar! Asiknya lagi, teman traveler bisa mengunjungi situs Batu Kuda hanya dengan membayar tiket Rp3.000 per / orang dan tambahan Rp5.000 jika ingin berkemah di sini.

Meskipun tempat ini adalah wisata alam, sebagian besar fasilitas pendukungnya cukup lengkap. Di lokasi wisata situs Batu Kuda, sudah ada pendukung umum tempat-tempat wisata seperti warung makan, warung makan, tempat parkir, toilet, ruang sholat dan lain-lain. Jadi jangan takut kelaparan atau bingung ketika Anda membutuhkan sesuatu di Situs Kuda Rock.

Tempat wisata di situs Batu Kuda cukup lengkap.
Tempat wisata di situs Batu Kuda cukup lengkap.

Catatan: Bandung adalah kota utama di Jawa Barat dan sudah memiliki bandara internasional. Untuk mengunjungi Bandung, Anda dapat terbang langsung ke Bandung dengan pesawat, atau terbang pertama ke Jakarta dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan darat atau kereta api.

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com –
Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply