Sebelum kita pergi ke luar negeri, kita harus membuat paspor terlebih dahulu. Cara membuat paspor sekarang lebih mudah karena bisa dilakukan dengan cara tertentu online, Anda dapat mendaftarkan antrian paspor Anda melalui aplikasi "Layanan Paspor Online" di Play Store. Tetapi bagaimana jika NIK salah atau salah ketika memasukkan data dalam aplikasi antrian paspor? Apa solusinya?

Tenang saja, ada cara agar NIK atau Population Number pada KTP yang Anda masukkan saat memasukkan informasi antrian antrian bukan kesalahan. Ini diskusi lengkapnya!

Mengapa NIK tidak benar saat mendaftarkan antrian paspor?

Pelamar sekarang harus mengajukan paspor online mengajukan paspor. Anda dapat mengirimkan antrian melalui aplikasi "Layanan Paspor Online", melalui situs web imigrasi, serta melalui pesan WhatsApp. Saat ini, cara paling disukai untuk mendaftarkan antrian adalah melalui aplikasi "Layanan Paspor Online".

Pelamar paspor sering mengalami masalah memasukkan detail antrian di paspor karena NIK salah atau salah. Akibatnya, pendaftaran paspor terhambat dan tidak dapat dilanjutkan. Lalu apa penyebab laporan & # 39; NIK Tidak Sesuai & # 39; di aplikasi & # 39; Layanan Paspor Online & # 39;?

NIK harus sesuai dengan tanggal lahir, inilah rumusnya

Dua perincian wajib harus dimasukkan selama tahap pendaftaran dalam aplikasi Layanan Paspor Online, yaitu nomor registrasi penduduk (NIK) dan tanggal lahir. Aplikasi "Layanan Paspor Online" akan cocok dengan seri NIK dengan tanggal lahir, Nah, jika ada perbedaan antara NIK dan tanggal lahir, aplikasi menolak untuk menampilkan pendaftaran dengan pesan "NIK tidak cocok" atau pesan kesalahan.

Perbedaan yang dipertanyakan adalah bahwa peringkat angka dalam NIK tidak mengandung nomor identitas tanggal lahir. Sesuai dengan Pasal 36 Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007, NIK terdiri dari 16 (enam belas) digit yang terdiri dari 6 (enam) digit pertama provinsi, kabupaten / kota, dan kecamatan; 6 (enam) digit kedua adalah tanggal, bulan dan tahun kelahiran; dan 4 (empat) digit terakhir adalah jumlah berturut-turut dari masalah NIK yang diproses secara otomatis.

Solusi atau kesalahan NIK yang tidak pantas dalam aplikasi Antrian Paspor Online

Solusi NIK tidak cocok dalam aplikasi antrian untuk paspor online – Sumber: Twitter DG Immigration

Lihat contoh berikut untuk informasi lebih lanjut.

NIK: 123456-160392-1002 (PPKKCC – DDMMYY – NNNN)
lalu:
PPKKCC: 123456 adalah kode wilayah, kode negara bagian / kota, dan kode kecamatan
b. DDMMYY: 160392 (16 Maret 1992) adalah tanggal lahir
c. NNNN: 1002 adalah kapsul kode unik

* CATATAN: untuk tanggal lahir (DD) seorang wanita di NIK, tanggal lahir ditambahkan oleh 40. Misalnya 160392 pria dan 560392 wanita sebelum lahir pada 16 Maret 1992.

Butir b menjelaskan bahwa NIK memuat tanggal lahir. Jika tanggal lahir di NIK berbeda dari tanggal lahir yang tercantum pada KTP atau berbeda dengan tanggal lahir yang dimasukkan pada halaman pendaftaran antrian paspor online, aplikasi akan menolak dan menampilkan pesan "NIK Tidak Cocok".

Apakah solusi NIK tidak cocok untuk aplikasi Antrian Paspor?

Solusi untuk kesalahan NIK atau kesalahan saat mendaftarkan antrian paspor saat ini adalah menyesuaikan tanggal lahir yang dimasukkan dalam aplikasi "Layanan Paspor Online". Karena itu Anda harus membandingkan tanggal lahir dengan yang ada di NIK.

Misalnya, NIK Anda di KTP adalah 123456-160392-1002, sedangkan tanggal lahir Anda adalah 15 Maret 1992. Karena itu Anda harus memasukkan tanggal lahir dalam aplikasi sesuai dengan NIK, yaitu 16 Maret 1992.

Karena penyesuaian ini, tanggal lahir Anda dalam aplikasi tentu akan berbeda dari tanggal lahir yang sebenarnya. Namun, ini sangat ditoleransi. Ketika Anda datang ke kantor imigrasi untuk membuat paspor, yang harus Anda lakukan adalah memberi tahu petugas bahwa NIK Anda memiliki tanggal lahir yang berbeda. Petugas memahami dan Anda masih dapat menyelesaikan proses pembuatan paspor atau e-paspor.

Itulah solusinya jika Anda mengalami kasus "NIK yang tidak kompatibel" atau kesalahan saat mendaftarkan antrian paspor onlineSemoga Anda tidak lagi mengalami masalah saat membuat paspor. Jika Anda menemukan artikel ini bermanfaat, jangan lupakan itu bagikan atau berbagi dengan teman Anda, ya. berlangganan juga blog Difa Wisata untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat paspor baru!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply