DifaWisata.com – Daftar objek wisata Jogja sangat beragam, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata. Dari sekian banyak tempat wisata di Yogyakarta, wisata alam memang hebat. Karena ada banyak lokasi yang berpotensi menjadi objek wisata, bahkan situs wisata baru terus bermunculan, sehingga dapat dikatakan bahwa daftar objek wisata Jogja, terutama yang berkaitan dengan alam, tidak pernah bisa mati. Mulai dari wisata gunung, wisata air terjun, wisata gua, perjalanan hutan, wisata pantai dan kini bahkan desa wisata bermunculan.

Objek wisata di Jogja

Gunung dan bukit

Wisata gunung dan bukit bisa dikatakan daftar atraksi jogja itu cukup favorit wisatawan. Sebut saja Gunung Merapi, yang tidak kehilangan pamornya, atau Bukit Menoreh dengan pemandangannya.

  • Gunung Merapi, Gunung di Sleman menawarkan berbagai kegiatan bagi wisatawan. Dimulai dengan pendakian, menjelajahi lereng gunung dengan jip, menikmati matahari terbit dan terbenam dan kunjungan ke Museum Waktu Hartaku, sisa penduduk yang terkena lava.
  • Bukit Menoreh, Bukit di Kulon Progo memiliki tiga tempat pengamatan yang selalu sibuk dengan wisatawan, yaitu Puncak Suroloyo, Puncak Sariloyo dan Puncak Kaendran. Dari titik pengamatan, wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Wates dan gunung-gunung besar di Jawa Tengah seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Tidak hanya itu, tempat pengamatan ini juga cocok sebagai lokasi untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Tur Gua di Jogja

Gua

Ikuti tur lain dengan mengunjungi gua-gua di Jogja, seperti gua Pindul, gua Cerme, dan gua Jomblang. Selain tiga gua yang sudah dikenal wisatawan, ada beberapa gua yang tidak diketahui, tetapi mereka patut dicoba, sebut saja gua Kiskendo di Kulon Progo dan beberapa gua lainnya.

  • Gua Pindul, Gua di Gunung Kidul dikatakan sebagai satu-satunya lokasi tubing gua yang masih asli di Indonesia. Cave tubing sendiri adalah cara untuk menjelajahi gua melalui aliran sungai bawah tanah menggunakan penyelamat.
  • Gua Cerme, Gua yang terletak di Bantul, tidak hanya menawarkan keindahan panorama sungai bawah tanah, stalaktit dan stalagmit, tetapi juga menawarkan kekuatan mistik yang masih digunakan untuk melakukan ritual.
  • Gua JomblangGua vertikal di Gunung Kidul memang membutuhkan banyak upaya untuk mencapainya. Karena wisatawan harus menggunakan tali untuk menyebar ke dinding gua dan perlahan-lahan turun untuk menyaksikan cahaya vertikal yang memasuki gua atau yang biasa disebut cahaya dari surga.

Pantai

Memang, ada banyak wisata pantai di Yogyakarta, diperkirakan ada lebih dari 30 pantai. Dari jumlah tersebut ada beberapa pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan sisanya jarang oleh wisatawan, bahkan ada pantai tanpa nama.

Beberapa pantai menjadi favorit para wisatawan, termasuk Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Siung, Pantai Indyaranti, Pantai Krakal dan Pantai Sundak Kuwaru. Mereka semua memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih dan bahkan keindahannya akan meningkat ketika wisatawan meluangkan waktu untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari pantai.

Bagi wisatawan yang ingin mencari sensasi lain dari pantai, cobalah datang ke Pantai Timang. Di sini wisatawan akan menyeberang Pulau Timang dari bukit pantai dengan kereta gantung dan bersiaplah untuk mendengar suara ombak selama perjalanan ke pulau itu. Jika Anda berani memasukkan lokasi ini sebagai daftar atraksi jogja,

Leave a Reply