Reporter: Muhammad Miftakul Falakh (MG-425) | Editor: Deasy Mayasari

DifaWisata, NGAWI – Gunung Lawu memiliki sejuta keindahan. Sebagian kecil ‘surga’ itu turun ke kawasan hutan dan masuk ke Dusun Sanan, Desa Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi. Di tempat yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota, terdapat keindahan alam dengan berbagai kemungkinan.

Tidak salah jika dikatakan ada ‘surga tersembunyi’. Tepat di belakang kawasan pemukiman terdapat panorama alam yang begitu memesona. Setidaknya ada tiga spot yang berpotensi unggul jika dikelola dengan bijak.

“Ada bukit Ondo Wesi, tempatnya batu memanjatdan Air Terjun Teleng,” kata kepala dusun setempat Nur Kholis kepada DifaWisata Indonesia, Rabu (19 Oktober 2023).

Warga-show-spot-rock-climbing.jpgWarga menunjukkan spot panjat tebing. (FOTO: Miftakul/DifaWisata Indonesia)

Nur Kholis bersama warga sekitar memimpin DifaWisata Indonesia menelusuri situs-situs yang diprediksi cocok untuk olahraga ekstrim. Penduduk setempat percaya bahwa tempat-tempat ini dapat digunakan untuk kegiatan di luar ruangan seperti lintas alam, memanjatatau untuk berkemah.

Bukit Ondo Wesi Bukit

Tempat menarik pertama di bukit Ondo Wesi. Setidaknya begitulah penduduk setempat menyebutnya. Meski disebut Ondo Wesi, atau tangga besi dalam bahasa Indonesia, tidak ada unsur besi di bukit yang menjulang puluhan meter itu. Hanya bebatuan yang berserakan, asap dari dasar bukit hingga puncak.

Bukit Ondo Wesi disebut Nur Kholis sebagai tempatnya berkemah atau berkemah. Di beberapa bagian bukit, tersebar petak-petak tanah yang cukup landai. Ideal untuk mendirikan tenda.

Air Terjun-Teleng.jpgAir terjun Teleng, tersembunyi di balik semak tanaman. (FOTO: Miftakul/DifaWisata Indonesia)

Soal view, Nur Kholis berani menjamin pengunjung akan puas. Di atas bukit, jika Anda melihat ke selatan, pemandangan Gunung Lawu dan tutupan hutan cukup terlihat. Jika Anda melihat ke utara, Anda akan melihat area perumahan. Kemudian di sore hari, pemandangannya matahari terbenam disajikan. Saat matahari kembali ke korek api, ia muncul di balik tepi barat Gunung Lawu. Pemandangan indah akan terlihat asalkan cuaca cerah dan bersahabat.

“Udara sejuk khas pegunungan, serta pemandangan indah yang banyak dicari, ada di bukit Ondo Wesi,” kata Nur Kholis.

Saat Anda berkemah di kawasan lereng bukit Ondo Wesi, Anda tidak perlu khawatir dengan airnya. Fasilitas sumur dan jamban (MCK) yang melimpah disediakan meski berupa bangunan sederhana.

Di bukit Ondo Wesi, para pecinta alam sudah sering berkemah di lokasi tersebut. Sejumlah acara dengan konsep alam tadabur digelar beberapa kali. Bukit ini juga menjadi favorit warga sekitar untuk bersantai dan nongkrong di waktu senggang.

Tebing andesit, potensi situs panjat tebing pertama di Ngawi

Panjat tebing atau dalam istilah asing disebut panjat tebing, merupakan salah satu kegiatan satwa liar yang terus eksis. Kendaraan untuk menyalurkan hobi ini masih cukup langka. Karena, panjat tebing tidak bisa dilakukan sembarangan, bebas di semua tebing. Ada spesifikasi khusus mengenai bebatuan yang membentuk tebing, sehingga aman untuk aktivitas tersebut.

Tepat di bawah Bukit Ondo Wesi adalah ngarai sepanjang satu mil. Ngarai adalah garis pemisah antara dua dusun. Jurang tersebut juga memiliki kedalaman puluhan meter, dari atas hingga bawah.

Nur Kholis mengatakan, batu ini tersusun dari batuan andesit di salah satu sisi tebing. Sedangkan sisi lainnya terdiri dari batuan padat. Ia menyebut tebing Andesit ini sebagai tempat yang berpotensi dijadikan tempat olahraga panjat tebing.

“Ada seorang praktisi panjat tebing yang melihat langsung struktur batuan di tebing ini. Menurut dia, terbuat dari batuan andesit yang mendukung aktivitasnya panjat tebing,” dia berkata.

Kriwul, salah satu warga yang ikut dalam eksplorasi tersebut mengatakan, ada banyak titik yang bisa digunakan untuk panjat tebing. Lokasinya tersebar dari ujung hingga ke lokasi air terjun Teleng. Juga dengan tingkat kesulitan yang berbeda masing-masing.

“Ada banyak pilihan sesuai dengan karakteristik tebing. Seperti kemiringan, ketinggian dan lain-lain. Tentu saja, kami masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang kelayakan tebing untuk kegiatan panjat tebing,” dia berkata.

Kriwul melanjutkan, tebing dengan ciri batuan andesit di Kabupaten Ngawi hanya ada di dusun setempat. Hal ini berdasarkan informasi dari para praktisi panjat tebing yang pernah mengamati langsung tebing tersebut.

“Tebing andesit sangat dicari oleh para peminat panjat tebing. Kalau informasinya dari praktisi, di Ngawi hanya di sini,” katanya.

Untuk mencapai lokasi di tebing yang berpotensi menjadi lokasi panjat tebing, bukan hal yang mudah. Jalur yang dilalui cukup ekstrim. Berhadapan dengan jurang. Di salah satu bagian Anda juga harus melewati jembatan penyeberangan yang hampir 90 derajat tegak lurus.

Namun, rasa takut tersebut cukup terbalas dengan panorama alam yang begitu menakjubkan. Bisa dikatakan hutan lokal hampir masih ‘perawan’. Warga sekitar hanya memanfaatkan lahan tersebut untuk mencari pakan ternak. Tidak ada eksplorasi berlebihan.

Air terjun Teleng, mengalir dari lubang tebing

Spot terakhir yang ditawarkan adalah Air Terjun Teleng. Air terjun ini memang belum begitu dikenal seperti kebanyakan wisata alam di Kabupaten Ngawi. Namun menjadi menarik karena pintu masuk ke lokasi masih berupa kawasan hutan alam. Hanya ada jalan setapak selebar setengah meter yang menjadi satu-satunya akses menuju lokasi Air Terjun Teleng.

Selain jalan masuk ke lokasi, jalur rumput liar juga digunakan warga untuk mencari rumput hijauan. Warga juga menggunakan jalan setapak untuk memantau saluran air, yang berasal dari air terjun.

Nur Kholis mengatakan, tempat terakhir ini cocok untuk kegiatan hiking. Jalur untuk menuju air terjun ini cukup nyaman untuk dilalui. Cenderung lembut dan cukup aman bagi pecinta alam.

‘Anda bisa membayangkannya sebagai set film’Taman jurassic‘. Kawasan hutan masih sangat asri, melewati ilalang, masih banyak pohon buah-buahan. Dan satu lagi: mata airnya banyak, segar dan bisa langsung diminum,” ujarnya.

Selain itu, di beberapa titik juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Biasanya, di akhir pekan, para pecinta alam sering berkemah di sepanjang sungai, menuju air terjun teng.

Saat sampai di lokasi, ternyata air terjunnya tidak hanya satu. Tujuh air terjun telah ditemukan. Uniknya, airnya tidak mengalir dari atas tebing. Tapi dari tengah tebing. Tidak seperti kebanyakan air terjun. Hanya beberapa air terjun yang sepertinya tidak mengalir. Beberapa ditutupi dengan kebun dan tanaman hutan.

“Jadi air terjunnya mengalir dari lubang tebing. Bukan dari atas tebing atau dari sungai,” kata Kriwul, warga setempat.

Saya berharap pemerintah kabupaten campur tangan

Nur Kholis dan warga setempat berharap pemerintah Kabupaten Ngawi turun tangan untuk mengembangkan daerah tersebut. Warga berharap situs tersebut dapat dijadikan sebagai tempat wisata alam, olahraga ekstrim dan pendidikan.

“Kami melihat potensi yang ada dan berharap Pemkab Ngawi bisa mulai memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat wisata,” harapnya.

Hingga saat ini, lokasi tersebut masih dikelola secara sederhana oleh warga sekitar. Juga tidak ada tiket masuk bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama indah, surga tersembunyi di salah satu sisi Gunung Lawu memasuki Dusun Sanan, Desa Ngrayudan, Jogorogo, Ngawi.

**)


Dapatkan update informasi DifaWisata Indonesia pilihan setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


gunung lawu gunung lawu ngawi gunung lawu hutan gunung lawu wisata gunung lawu panjat tebing bjogorogo ngawi Penerbit

: Sofian Saqi Futaki

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2023 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply