Kebun buah Mekarsari ini memang akan selalu menjadi tempat favorit untuk pariwisata bersama keluarga tercinta di Bogor. Bagaimana tidak, kebun buah mekarsari yang diprakarsai oleh Ibu Tien Suharto, yang dibangun pada tahun 1990, pada awalnya merupakan taman yang dikonseptualisasikan sebagai tempat konservasi tanaman, tetapi konsep tersebut kemudian ditambahkan sebagai kawasan konservasi, pendidikan, reboisasi dan juga rekreasi. bahwa selama ini ini merupakan tempat wisata penting di Bogor bagi mereka yang berkunjung bersama anak-anak dan keluarga tercinta.

Lokasi Taman Buah Mekarsari

Taman rindang ini terletak di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Lokasi yang strategis membuat objek wisata alam kecil ini sangat mudah dijangkau. Anda dapat mengunjungi kebun buah Mekarsari ini dengan transportasi umum atau dengan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan transportasi umum melalui:

  1. Dari Kampung Rambutan
    Pertama Anda dapat mengambil transportasi kota Kowanbisata ke Bogor – Jonggol dan turun tepat di depan Gerbang Wisata Taman Mekarsari.
  2. Dari Kota Bekasi
    Dari kota Bekasi Anda dapat naik bus Kowanbisata ke Bekasi – Jonggol, setelah itu Anda bisa turun di tempat wisata Taman Wisata Mekarsari.

Jika Anda datang bersama sebagai keluarga atau bersama grup, Anda harus tiba dengan kendaraan pribadi. Ikuti rute dengan mengikuti jalan tol Jagorawi yang berakhir di gerbang tol Cibubur dan kemudian menuju ke jalur Cileungsi. Anda akan tiba di Taman Wisata Mekarsari dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit setelah meninggalkan jalan tol.

Hal-hal menarik di Taman Buah Mekarsari Bogor

Kebun buah mekarsari di Bogor berisi sekitar 1470 spesies tanaman buah dan juga sekitar 100.000 pohon, termasuk rempah-rempah, makanan, biofarmasi, sayuran, tanaman hias, tanaman pelindung dan juga tanaman industri.

Ada juga laboratorium di sini untuk melintasi berbagai spesies tanaman. Bahkan, tidak hanya itu, di kebun buah Mekarsari, tanaman langka seperti sawo, bangkai, kesemek dan tanaman tropis seperti jeruk, zalacca, nangka, nangka, melon, belimbing dan lainnya dapat ditemukan.

Objek wisata kebun buah Mekarsari di Bogor tidak hanya digunakan sebagai lokasi pelestarian, tetapi juga digunakan sebagai tempat pengembangbiakan benih unggul, budidaya dan pembibitan, yang nantinya akan didistribusikan kepada petani dan masyarakat umum.

Salah satu daya tarik utama taman buah ini di marsarsari adalah memancing, perahu pisang, perahu pedal, angsa air, sepeda air, kano dan juga perahu naga. Bahkan, taman buah mekarsari juga menawarkan fasilitas yang kaya air dengan luas sekitar 5,2 hektar yang dapat menampung sekitar 15 ribu pengunjung dan merupakan salah satu taman air terbesar di Asia Tenggara.

Inilah sungai malas, kolam renang dengan arus terpanjang di Indonesia dengan panjang sekitar 600 meter. Bahkan ada luncuran bumerang dengan ketinggian menara sekitar 16 meter dan skateboard 118 meter.

Wisata air yang ada di tempat-tempat wisata di Bogor tidak hanya di lahan basah, karena taman ini juga memiliki danau Cipicung dengan pemandangan yang sangat indah, dibangun di atas jembatan besi merah di atas danau.

Bahkan tempat ini juga menawarkan kegiatan outbond untuk perorangan atau perusahaan seperti flying foz, rumah pohon, jaring laba-laba, paintball, dan lainnya.

Aktivitas wisata yang bisa Anda nikmati

Wisatawan yang datang ke sini dapat menikmati tempat wisata dalam 2 kategori, yaitu:

  1. Objek wisata

    • Objek wisata air: Mini Aqua Boat, Sepeda Air, Donat Apung, Banana Boat, Giant Bubble.
    • Atraksi sepeda: sepeda tandem, sepeda Tuk-tuk (sepeda khas Thailand) dan ATV.
    • Objek wisata taman dan budidaya: di daerah ini kami menerima panduan dan latihan praktis tentang menanam tanaman yang baik dan benar.
    • Outbond: obstruksi, flying fox, dayung rakit dalam kelompok dan panjat tebing.
    • Area bermain: Monorel, Pesawat, Mini Go Kart, dan Fancy Train.
    • Olahraga: jalan sehat, senam, bersepeda.
    • Pertunjukan: ada dua jenis pertunjukan yang dapat dinikmati: yang pertama adalah Pertunjukan Pongo, pertunjukan komedi interaktif dengan teknologi canggih yang muncul dua kali sehari pada hari Senin – Jumat, sementara pertunjukan diberikan empat kali pada hari Sabtu dan Minggu. Kedua, versi operet dengan tema yang berbeda, kelucuan dan kelincahan badut buah yang menari riang, deretan kostum bertema yang berbeda dikemas dalam karnaval.
  2. Paket wisata

    • Kembali ke Dunia Hijau
    • Keluar dan mainkan
    • Pertemuan perusahaan & keluarga
    • Hari yang menyenangkan
    • Pertanian anak-anak
    • Tur dari sejak
    • Kamp tropis
    • Legenda Padi

Di sini kita akan melihat beberapa wahana aktivitas wisata yang menarik:

Kerajaan Air Mecarsari

Kerajaan Air Mecarsari

Kerajaan Air Mecarsari

Wah, wahana yang satu ini adalah yang paling digemari wisatawan, terutama anak-anak dan remaja. Waterkingdom menawarkan kegembiraan untuk berbagai atraksi, misalnya slide Boomerang dalam bentuk skateboard dengan panjang 118 meter, ada juga kolam renang sepanjang 600 meter yang disebut Lazy River.

Mekarsari yang kaya air memiliki luas sekitar 5,2 hektar dan terhubung langsung ke danau, sehingga pengunjung dapat bermain di air sebanyak mungkin.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba arena bermain air, harus membayar tiket di sini mulai dari Rp. 50 ribu.

Pertunjukan Pongo

Pertunjukan Pongo adalah marsarsari

Pertunjukan Pongo adalah marsarsari

Selain lahan basah, Pongo Show juga merupakan kendaraan favorit bagi wisatawan yang datang. Jika tidak, Anda akan disajikan pertunjukan internasional 4 Dimensi pertama di Asia.

Bagaimana wowo sebenarnya. Anda akan merasakan kinerja dengan teknologi super canggih menggunakan teknologi "Augmented Reality Show".

"Pongo adalah sosok orangutan di mana pengunjung dapat melihat sosok Pongo di layar dan berinteraksi langsung dengan penonton dalam pertunjukan ini," para pakar dari kalangan internasional peduli.

Kids Fun Valley

Kids Fun Valley Mekarsari

Kids Fun Valley Mekarsari

Kendaraan menyenangkan yang tidak kalah menarik adalah lembah untuk anak-anak yang menawarkan wisata edukatif untuk anak Anda. Di sini anak-anak Anda akan dihibur dengan berbagai permainan menarik mulai dari bom mobil, monorel, pesawat terbang, Mini GoKart dan Fancy Train

Beragam rekreasi lebih banyak

Liburan kurang mengasyikkan jika Anda tidak bermain air. Anda bisa merasakan perasaan liburan di tepi danau dengan luas sekitar 25 ha di Taman Mekarsari.

Zona air adalah pilihan bagi pengunjung yang tidak boleh Anda lewatkan, di sini Anda dapat mencoba berbagai wahana, mulai dari kano, perahu naga atau untuk anak-anak, Anda dapat mencoba perahu mini aqua, perahu pedal, donat terapung, perahu pisang, gelembung raksasa,

Wisatawan diundang untuk menjelajahi danau dengan Dragon Boat. Wow, benar-benar pengalaman liburan yang sangat menyenangkan.

Perahu Naga atau Taman Mekarsari

Perahu Naga atau Taman Mekarsari

Bagi Anda yang suka romantis-romantis, cobalah bersepeda bersama-sama di atas kapal pedal. Bagi Anda yang ingin bersenang-senang dengan keluarga lain, Anda bisa naik Fruity Bike.

Zona Air Taman Mekarsari

Zona Air Taman Mekarsari

Di sini wisatawan juga dapat mencoba memenangkan berbagai wahana, yaitu New Banana Boat, Rolling Donut, Flying Fish sambil menikmati panorama indah Danau Mekarsari.

Zona Air Taman Buah Mekarsari

Zona Air Taman Buah Mekarsari

Jangan lewatkan: 15 kolam renang yang menarik di Bogor untuk permainan air

Harga tiket untuk Taman Buah Mekarsari

Untuk mengakses tempat-tempat wisata taman buah Mekarsai ini, Anda akan dikenakan tarif Rp. 25.000 rupee per orang akan dikenakan biaya, yaitu Rp. 10.000 untuk tiket masuk, Rp. 10.000 untuk gelang RFID. Gelang ini nantinya bisa digunakan untuk menambah saldo Anda. Saat Anda pulang, Anda bisa membawa gelang itu pulang atau menukarnya, Anda akan mendapatkan sisa saldo pada gelang itu.

Sementara itu, biayanya adalah Rp5.000 untuk kendaraan roda dua, Rp15.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp35.000 untuk bus. Wahana di tempat wisata taman buah mekarsari dikenakan tarif yang berbeda, dengan kisaran harga dari sekitar Rp 10.000 hingga Rp 55.000.

Ide tempat liburan lainnya: Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

Fasilitas di Wisata Taman Mekarsari

Agar liburan wisata yang menjadi lebih menyenangkan, berbagai fasilitas di sekitar taman ini juga mulai tampak sangat lengkap. Biasanya liburan tentu tidak lepas dari hotel dan penginapan serta tempat makan. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Hotel dan akomodasi

    Fasilitas pertama adalah hotal dan tempat tinggal. Wisatawan yang datang ke sini tidak perlu khawatir tentang malam atau ingin liburan yang lebih lama, karena Anda bisa tinggal di pondok atau tempat menginap di Taman Mekarsari. Anda bisa bermalam di sini rumah pohon yang dapat diisi hingga 4 orang dengan kecepatan Rp 770.000 (hari kerja), Rp 990.000 (akhir pekan) dan Kabin, yaitu bermalam di kendaraan trailer yang dapat diisi hingga 4 orang dengan kecepatan Rp.660.000, – (hari kerja), Rp.880.000 (akhir pekan). Selain tempat menginap, wisatawan juga dapat menemukan Hotel Genggong, Mekarsari Indah, Hotel Ciputra Cibubur dan banyak lainnya.

  2. restoran

    Jika Anda lapar, jangan emosional. Hehehe, Anda bisa berhenti di CFC dekat taman ini, atau berkendara sekitar 6 km untuk menemukan tempat makan yang lebih bervariasi, seperti restoran Pondok Kemangi yang menyajikan makanan gurami goreng dengan sayuran lezat dan saus sambal yang siap untuk Anda lidah gemetar. Tempat yang sejuk tentunya akan memberikan kontribusi pada suasana membuat makanan Anda lebih lezat. Artikel terkait: 36 tempat wisata kuliner Bogor yang patut Anda coba

  3. Parkir kendaraan

    • Sepeda motor: Rp.5.000
    • Mobil: Rp15.000
    • Bus: Rp. 35.000
  4. Toilet umum

    Jika Anda tidak perlu khawatir, ada banyak toilet umum di sini. Anda harus pergi ke toilet sebelum naik kereta, karena jika Anda berkeliling dengan kereta api untuk melihat perkebunan buah dan sayuran, akan sulit untuk menemukan toilet.

  5. Toko suvenir

    Suvenir juga dapat ditemukan di taman ini. Silakan datang ke area Garden Paradiso. Tempat ini menjual berbagai koleksi tanaman bonsai dan dijual dengan harga terjangkau. Ada juga berbagai pemasok makanan dan minuman, serta kios-kios suvenir (T-shirt, kerajinan, topi, gantungan kunci, dll.).

Rumah Pohon Taman Mekarsari

Rumah Pohon Taman Mekarsari

Kiat untuk bepergian di Taman Rekreasi Mekarsari

Oh ya teman, agar liburan Anda lebih menyenangkan, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Coba dulu liburan Anda ke taman ini dalam kondisi prima.
  • Untuk ledies, Anda harus terlebih dahulu menghindari penggunaan sepatu hak tinggi, karena kita akan berjalan lebih sering, meskipun kita mengelilingi setiap kebun buah dengan kereta api.
  • Jangan lupa mengenakan tabir surya atau topi, juga bawalah kacamata untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan.

Demikian informasi tentang Kebun buah Mekarsari, objek wisata keluarga favorit di Bogor. Semoga Anda menginspirasi liburan Anda. Jangan lewatkan: 22 tempat wisata di Puncak, Bogor dan sekitarnya

Leave a Reply