Taman Bunga Nusantara adalah area rekreasi dalam bentuk taman dengan bunga dari berbagai belahan dunia di dunia. Taman ini, misalnya, memiliki koleksi sekitar 2.000 spesies anggrek. Taman Bunga adalah ikon wisata dan kebanggaan Cianjur, Jawa Barat.

Mari kita juga melihat: Kebun Buah Mekarsari Obyek Wisata Keluarga Bogor

Keindahan dan keunikan berbagai bunga di sini, ditambah tidak semua daerah di Indonesia memilikinya, menjadikan taman ini tidak jauh dari Gunung Gede salah satu dari banyak tempat wisata keluarga favorit.

Taman Bunga Nusantara melalui nada ananda

Taman Bunga Nusantara melalui nada ananda

Asal usul Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara atau sering disebut Taman Bunga Nusantara Bogor, Taman Bunga Puncak dan Taman Bunga Cipanas, didirikan atas ide ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992 dan diresmikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1995.

Dia adalah ketua Yayasan Bunga Nusantara dan ingin mengembangkan daerah ini untuk agrowisata. Keuntungan dari taman ini adalah bahwa ini adalah area tampilan bunga pertama di Indonesia. Bahkan, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai koleksi bunga terkenal dan unik dari seluruh dunia. Sebagai pengelola taman ini, Yayasan Bunga Nusantara juga menjadi finalis parade dekoratif Tournament of Roses di Pasadena, California.

Jangan lewatkan: Obyek Wisata Istana Air Taman Sari Jogja

Merupakan bidang percobaan di bidang bunga

Taman Bunga Nusantara tidak hanya turis tetapi juga wahana untuk bereksperimen dengan berbagai jenis bunga dan tanaman tertentu dari daerah subtropis dan negara dingin seperti Eropa.

Keindahan Taman Bunga Nusantara

Keindahan Taman Bunga Nusantara

Karena relevansi yang besar untuk negara lain, manajer telah menyediakan brosur Flower Garden Archipel dalam 5 bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, Mandarin, Arab dan Jepang, untuk mendukung kelayakan taman.

Mari kita juga melihat: Batu Paya Objek Wisata Taman Selecta Malang

Luasnya mencapai belasan hektar

Jl Mariwati KM 7, yang terletak di desa Kawungluwuk, tepatnya di kabupaten Sukaresmi, Cipanas, salah satu daerah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, adalah alamat di mana taman bunga ini berada. Taman ini juga memiliki luas 35 ha. 23 di antaranya digunakan untuk konsep yang berbeda.

7 ha sisanya untuk imajinasi alam. Sementara 2 hektar masih digunakan untuk pusat penitipan anak dan tanah yang tersisa digunakan untuk membangun tempat berlindung, restoran, dan ruang pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mendukung pariwisata dan juga sebagai bentuk inspirasi bagi pecinta taman amatir dan profesional. Taman Bunga juga merupakan area favorit bagi sinematografer ketika membuat berbagai jenis karya mereka.

Rute untuk pergi ke Taman Bunga Nusantara

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda pergi ke Taman Bunga Nusantara dengan transportasi umum adalah untuk memastikan tujuan bus. Pilih bus yang menuju Bogor – Cianjur atau Bandung – Jakarta Bus yang rutenya melewati puncak.

Saat Anda mencapai pertigaan Hanjawar, pergilah ke sana. Katakan saja pada pengemudi atau kondektur karena mereka sudah mengerti arah ini. Lanjutkan dengan transportasi umum ke Cipanas – Loji. Setelah itu jatuh di pasar SAP. Naik angkot dari pasar GSP yang menuju ke Cipanas – Mariwati dan Anda bisa turun langsung di Taman Bunga Nusantara.

Peta Taman Bunga Nusantara

Tiket ramah kantong

Taman Bunga Nusantara relatif murah untuk wisata kelas internasional, lho. Tiket masuk hanya Rp 40.000. Tetapi Anda akan dikenai biaya lagi jika Anda ingin memasukkan fasilitas lain, seperti:

  • Dotto melatih Rp50.000
  • Trem kebun Rp. 50.000
  • Wira Wiri IDR 5.000
  • Kas Rp. 5.000
  • Labirin Taman Rp. 1.000
  • Parkir sepeda motor seharga Rp 10.000
  • Garasi parkir seharga Rp 15.000
  • Minibus parkir Rp 20.000
  • Parkir bus IDR25.000

Dotto Trains adalah kereta mini yang berjalan di sekitar area di sekitar taman. Sayangnya, kereta ini hanya beroperasi pada akhir pekan dan hari libur nasional. Sementara itu, Garden Tram hampir sama dengan Kereta Dotto kecuali berjalan setiap hari.

Mari kita juga melihat: Perjalanan romantis di Taman Pelangi Monjali

Tur yang berbeda telah tiba Taman Bunga Nusantara

Selain spot foto yang tersebar di mana-mana dan tentunya instagrammable, Taman bunga ini benar-benar memiliki taman yang sangat indah dan Anda mungkin tidak menemukannya di tempat lain. Ada berbagai jenis taman yang tersedia, yaitu:

  1. Taman air

Taman air via taman bunganus antara

Taman air via taman bunganus antara

Waterpark adalah taman dengan beragam tanaman air dari semua negara di dunia. Contohnya, papirus Cybera yang telah digunakan sebagai bahan pembuatan kertas di Mesir kuno sejak 2750 SM. Contoh lain adalah pabrik Amerika bernama Talia Delbata atau Kana Air. Ada juga tanaman air dalam bentuk bunga lotus raksasa atau yang memiliki nama Latin Victoria Amazonica dari Amerika Selatan. Yang unik adalah ada gambar dinosaurus di taman ini, wahana mengesankan seperti dalam film Jurassic Park.

  1. Taman Mawar

Taman Mawar melalui Tamanbunganusantara

Taman Mawar melalui Tamanbunganusantara

Awalnya, mawar adalah tanaman yang berasal dari bagian utara bumi. Bunga ini, juga disebut ratu bunga, juga merupakan simbol kecantikan dan cinta. Di dalam Taman Bunga Nusantara ada taman khusus untuk mawar yang disebut Taman Mawar. Taman ini berisi semua jenis mawar.

  1. Taman Perancis

Taman Perancis

Taman Perancis

Diberi nama, taman ini tentu saja taman yang sepertinya berasal dari Perancis. Tanah Napoleon Bonaparte memang terkenal dengan gaya Renaisans yang sangat tebal. Gaya Renaisans tidak memprioritaskan bunga sebagai hidangan utama, melainkan gaya penataan taman itu sendiri, biasanya dalam bentuk geometris.

  1. Taman Labirin

Taman labirin melalui Tamanbunganusantara

Taman labirin melalui Tamanbunganusantara

The Labyrinth Park tentu saja taman dalam bentuk labirin. Konsep ini dikenal sebagai desain Tembok Troy, Yah … yang berbeda, labirin di taman bunga tidak hanya dibuat sembarangan, tapi dibuat unik dan cukup besar.

Biaya pendaftarannya sangat murah, yaitu hanya Rp. Dan meskipun disebut Taman Labirin, Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda tidak tahu jalan keluar, karena manajer telah memberikan peta dengan arah.

  1. Taman bali

Taman Bali melalui Cendananews

Taman Bali melalui Cendananews

Taman Bali hampir sama dengan nama taman Prancis dan juga dibuat menyerupai suasana Bali itu sendiri. Bahkan, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai bangunan yang khas dari pulau para dewa, seperti gerbang, bale Kulkul dan bale kosong. Tumbuhan yang ada di sana juga sangat bernuansa di Bali, seperti kamboja, kembang sepatu dan heliconia.

  1. Taman Palem

Taman Palem melalui taman bunganus antara

Taman Palem melalui taman bunganus antara

Ada sekitar 100 spesies tanaman palem di taman ini. Spesies ini juga bervariasi, termasuk Palm Fan Meksiko dalam bentuk tanaman asli Meksiko, Palm Alexandra dari Australia yang sangat indah, Palm raksasa yang disebut Palm Royal Palm dari Kuba, dan ada juga Pinus sekrup itu adalah telapak tangan khas dari Madagaskar.

  1. Taman jepang

Taman Jepang melalui sudut tetesan

Taman Jepang melalui sudut tetesan

Tentu saja Taman Jepang juga merupakan taman dengan suasana Jepang yang unik. Tata ruangnya sederhana, rapi dan minimalis seperti desain khas Jepang. Ada berbagai elemen utama di sana, yaitu kayu, batu dan kolam.

  1. rumah kaca

Rumah kaca melalui taman bunganus antara

Rumah kaca melalui taman bunganus antara

Rumah kaca adalah salah satu cara di mana berbagai negara mengembangkan tanaman di mana iklim ekstrem menjadi gangguan. Rumah kaca digunakan untuk melindungi tanaman dari suhu yang terlalu tinggi.

Di dalam Taman Bunga Nusantara, pengunjung juga dapat menemukan berbagai jenis bunga di rumah kaca yang ada. Kategori bunga di rumah kaca ini tidak lain adalah bunga dari negara lain dan memang tidak bisa dikembangkan atau bertahan lama di iklim Indonesia. Itu sebabnya suhu di rumah kaca disesuaikan.

  1. Imajinasi Wahana Alam

Imajinasi Wahana Alam

Imajinasi Wahana Alam

Di kendaraan ini ada berbagai permainan dan opsi bermain untuk anak-anak, seperti ATV & lainnya. Anak-anak biasanya bersantai di Dunia Imajinasi setelah mereka mengunjungi taman bunga. Biaya permainan dalam kendaraan ini bervariasi dari IDR 10.000 hingga IDR 75.000.

Jangan lewatkan: Meja dengan taman bunga matahari di Indonesia

Ada beberapa landmark yang berbeda

Salah satu tempat wisata Taman Bunga adalah Menara Pandang. Menara 4 lantai ini dapat memanjakan mata pengunjung dengan berbagai sudut taman bunga yang sangat indah dilihat dari atas. Tempat-tempat lain seperti Taman Jam dan Patung Dewi Kunti juga sering menjadi objek untuk mengambil foto.

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara

Ada juga penginapan!

Jika Anda benar-benar ingin menghabiskan malam atau benar-benar terlambat, jangan khawatir … karena ada penginapan atau wisma di sekitar taman bunga tempat Anda bisa tidur. Tarif kamar berkisar dari IDR 325.000 hingga Rp 400.000 per malam. Ada juga tempat perkemahan dengan fasilitas yang memadai. Bahkan, hotel dan villa juga tersebar di daerah tersebut.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Untuk mendukung liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan, taman bunga nusantara dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, termasuk:

  • Teater Mini Reflesia – Fasilitas ini adalah audiovisual 15 menit, yang disediakan khusus oleh pengelola taman untuk memberikan wisatawan gambaran singkat tentang taman ini.
  • Kereta Dotto (Kereta Dotto) – Bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di sekitar taman, Anda bisa naik kereta terbuka tanpa lelah.
  • Trem Kebun – Ada juga trem taman yang agak tertutup. Anda juga dapat menjadikan trem ini pilihan untuk berkeliling taman tanpa menghabiskan energi dengan berjalan kaki.
  • Mobil Wira Wiri – Ada juga mobil mandiri untuk mengelilingi berbagai jenis taman di Taman Bunga Nusantara. Mobil ini juga dilengkapi dengan audio-visual sebagai pemandu wisata.
  • Menara Pengawal – Menara pengawal yang bisa Anda panjat untuk melihatnya lihatlebih umum.
  • klinik rawat jalan – Jangan khawatir jika Anda atau anak Anda tiba-tiba mengalami demam, karena klinik siap melayani Anda
  • Galleria Nany – Ada juga galeri untuk dibawa pulang oleh-oleh
  • Marigold Cafe – Jangan khawatir tentang kelaparan karena Anda dapat mencoba berbagai hidangan lezat di kafe Marigold
  • Pertukaran bunga dan tanaman – Bagi Anda yang ingin membawa koleksi bunga pulang, silakan datang ke sini.
  • Bangunan multifungsi Saung Aki – Ada juga fasilitas untuk pertemuan atau mengadakan resepsi pernikahan di taman bunga ini.
  • Saung Nini Wisma – Anda tidak ingin pulang, tenang, Anda dapat menambahkan hari lagi di sini, silakan tinggal di sini.

Dengan cara ini beberapa hal tentang Taman Bunga Nusantara dapat dibagikan dengan Anda. Bersenang-senanglah dengan itu! Jangan lewatkan: Nikmati destinasi favorit Keluarga Taman Bunga Cibubur

Leave a Reply