Taman Kota BSD – Bagi masyarakat perkotaan, kebutuhan akan udara segar dan dingin adalah prioritas mutlak. Karena kota ini identik dengan limbah industri dan polusi. Tingkat kemurnian oksigen juga sedikit lebih rendah daripada daerah pedesaan yang masih bebas dari polusi udara.

Yah … untuk mengecoh kebutuhan itu, taman kota diciptakan. Bagi Anda yang tinggal di daerah sekitar ibukota, Anda pasti pernah mendengar tentang BSD City Park.

Taman ini adalah salah satu kewajiban dewan kota ketika membangun kembali zona penyangga sebagai bagian dari ruang terbuka hijau yang kaya akan manfaat.

Mari kita juga melihat: Pantai Anyer Eksotis Banten

BSD City Park atau singkatan dari Taman Bumi Serpong Damai adalah salah satu taman di Serpong, di selatan Tangerang. Diketahui bahwa daerah ini memiliki wilayah yang baru dibandingkan dengan daerah lain di kota yang sama.

Tidak heran keteduhan pepohonan di sana dan kawasan indah Taman BSD menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata murah dan terdekat di kota ini. Penasaran dengan penilaian taman yang didirikan pada 2004? Lihat ulasan selanjutnya!

Objek wisata Taman Kota BSD

Objek wisata Taman Kota BSD

Sejarah taman kota BSD

Taman ini adalah satu bentuk Tanggung jawab sosial perusahaan sebuah kawasan perumahan di kawasan Serpong untuk menciptakan kota yang bersih dan nyaman.

Itulah sebabnya kawasan taman BSD dibangun dalam bentuk fungsi hutan kota. Dengan luas lebih dari 2,5 ha, taman dibuka dan dikelola di bawah pengawasan langsung Bumi Serpong Damai itu sendiri.

Kunjungi juga: Keindahan Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten nan Eksotis

Lokasi Taman Kota BSD

Taman ini terletak di kota Tangerang. Kota Seribu Industri memiliki 2 area dengan taman kota yang cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai dari rutinitas sehari-hari. Kedua taman tersebut adalah taman kota 1 di dekat Giriloka 3, dan salah satunya adalah taman kota 2 di Techno Park.

Biaya masuk untuk taman ini gratis dan hanya ada biaya parkir. Tetapi bagi mereka yang berkunjung untuk kegiatan komersial seperti penembakan dan pemotretan, maka pengunjung harus memberikan izin tertulis.

Lokasinya di daerah perkotaan menjadikan taman ini mudah diakses, baik dengan transportasi umum maupun dengan kendaraan pribadi. BSD City Park buka mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore dan dapat dicapai melalui gerbang di Jl Letnan Sutopo. Taman ini juga bisa diturunkan dari pusat tanaman hias di Jl Raya Victor.

Jika Anda berasal dari Cikokol, Anda dapat menggunakan transportasi B07 yang beroperasi melalui area Serpong, Muncul dan Kalideres. Lalu Anda bisa turun di Techno Park atau di pintu masuk utama, semuanya sama. Jika Anda datang dari Jakarta dengan komuter, pertama turun di Stasiun Serpong dan naik transportasi B07. Selanjutnya, instruksinya sama dengan yang disebutkan.

Artikel terkait: Pantai Sambolo Pantai Banten Pesona alam yang mempesona

Objek wisata Taman Kota BSD

BSD City Park harus dipuji karena telah menawarkan kenyamanan antara kesibukan dan kepadatan aktivitas perkotaan. Tidak heran taman ini banyak dikunjungi selama akhir pekan dan pada hari libur nasional.

Setelah di taman Anda akan disambut oleh jembatan yang terlihat seperti jembatan di kebun raya Bogor. Jembatan Merah menghubungkan dua daerah yang tampaknya dipisahkan karena arus sungai di antaranya. Jangan terburu-buru melewati jembatan ini.

Jembatan merah di Hutan BSD via Kabartangsel

Jembatan merah di Hutan BSD via Kabartangsel

Cobalah untuk melihat daerah aliran sungai di sana yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Barisan panjang DAS yang dihiasi dengan pohon dan rumput di kanan dan kiri ini tidak membosankan untuk dilihat.

Apalagi dengan sekitar 60 jenis tanaman dan 3000 pohon, taman ini sangat terawat. Baik pohon Meranti, pohon Bintaro, pohon Banyan dan pohon Nyamplung ada di sana. Di belakang ada banyak penjual yang menjual berbagai tanaman hias yang sangat menarik.

Tanaman seperti mawar, anggrek dan bonsai juga diperdagangkan. Ini tentu akan membangkitkan minat para pecinta tanaman hias, terutama ibu rumah tangga.

Taman BSD tidak hanya untuk orang dewasa karena juga memiliki taman bermain untuk anak-anak. Bahkan ada pelajaran pertanian untuk bayi Anda. Jadi Anda bisa piknik sambil bersantai sambil menikmati nyanyian burung dan tidak terhindar saat menonton anak-anak bermain. Lengkap, ya?

Bagi mereka yang suka olahraga, BSD City Park juga sering digunakan sebagai area jogging karena memang demikian jalur jogging itu cukup panjang, yaitu 1 km jauhnya.

Anda dapat menggunakan fasilitas ini, apakah itu di pagi, siang atau malam hari. Sangat mengejutkan bahwa ada juga indikator jarak yang sangat membantu pelari untuk mengukur seberapa jauh rute telah diambil dan juga seberapa cepat kemampuan untuk berlari. Sebuah tiang juga telah dipasang yang berguna untuk latihan beban tubuh bagi para penggemar latihan jalanan,

Untuk lansia yang mungkin ingin melakukan refleksiologi, area refleksi juga telah dipasang di taman. Anda hanya berjalan tanpa alas kaki dan mulai berjalan melalui kerikil yang diatur sehingga aliran darah dipercepat. Selain itu, tidak jarang selama liburan, ada juga latihan Tai Chi yang gratis.

Bagi kaum muda yang suka berkemah, itu juga bisa digunakan di kawasan Taman Kota BSD. Anda juga bisa hanya berjalan-jalan dan jika Anda lelah, cukup beristirahat di beberapa kursi.

Selain fasilitas yang disebutkan di atas, ada juga Gazebo, Rumah Pohon dan jalur sepeda di taman BSD. Ada juga danau buatan seluas hampir 2 hektar.

BSD City Park melalui pemandu wisata

Gazebo di BSD City Park melalui Travel Guide

Selain itu, ada danau buatan, di taman ini juga ada air terjun buatan. Keduanya dapat memberikan perasaan alami dan penampilan serta panorama yang eksotis.

Wisatawan yang datang dapat menghabiskan waktu bersantai di kursi taman untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Tidak heran mengapa banyak wisatawan mengunjungi taman ini untuk menikmati pemandangan dan panorama di hutan yang indah ini.

Sementara tenda pesta tersedia, Anda juga dapat membuat tempat untuk piknik, makan, atau sekadar berkumpul dengan kelompok. Apalagi ada juga rumah pohon unik yang tak kalah menarik.

Oh ya teman, Anda dapat menggunakan semua fasilitas yang tersedia di sini secara gratis atau tidak gratis. Treehouse dapat menjadi taman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.

Apakah kamu lapar? Jika Anda tidak punya waktu untuk menyiapkan makan siang di rumah, jangan khawatir, karena ada kios di taman. Dan buka dari pagi hingga sore. Jadi Anda tidak perlu khawatir menjadi emosional karena Anda lapar.

Fungsi utama taman ini sebagai paru-paru kota tampaknya teralihkan oleh perlunya tempat untuk dirujuk oleh warga yang sudah bekerja mingguan

Tempat ini memang sangat cocok untuk dijadikan agen penyegar. Tidak hanya itu, taman ini juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dan kehidupan yang bertindak sebagai laboratorium untuk tanaman dan pohon di sekitar hutan ini.

Oh ya sobat, ada juga banyak tempat wisata lain di dekat kawasan Taman Kota BSD, lho, mulai dari Scientia Park, AEON Mall hingga Ocean Park, yang bisa memanjakan wisatawan lokal dan mancanegara.

Fungsi Taman Kota BSD

Selain berfungsi sebagai area bermain dan wisata, taman ini juga dapat digunakan sebagai laboratorium botani. Fungsi lainnya adalah melindungi tanah agar tetap subur dan juga melindungi daerah aliran sungai dari kontaminasi.

Nasihat dan kiat selama liburan di BSD City Park

Ada beberapa saran dan tips bagi Anda yang ingin mengunjungi taman BSD ini, yaitu:

  1. Jangan datang ke taman setelah hujan karena akan sangat licin dan cukup becek. Ini karena kawasan yang ada biasanya berupa tanah yang konsisten dengan fungsi tata ruang taman, yaitu sebagai daerah resapan air.
  2. Buang sampah di tempat yang disiapkan oleh manajer atau Anda dapat mengambil kantong plastik kecil untuk mengumpulkan sampah
  3. Anda dapat mengambil persediaan dari rumah jika Anda ingin piknik atau jika Anda tidak menyukainya, beli saja makanan di warung-warung di depan taman yang diatur seperti itu. Jangan berharap pedagang ditemukan di taman karena mereka tidak diizinkan masuk untuk menjaga kebersihan.

****

Demikian sekilas tentang taman kota Bumi Serpong Damai di Tangerang. Anda dapat bepergian ke sana dengan mengundang pasangan, teman atau keluarga. Datang sesuai waktu pembukaan dan biarkan kelelahan Anda hilang di sana.

Nikmati deretan pepohonan rindang dan sejuk di sana di tengah panasnya udara kota. Semoga bermanfaat dan bersenang-senang.

Jangan lewatkan: Objek wisata Taman Hutan Raya Banten

Leave a Reply