DifaWisata.com – Taman Nasional Baluran adalah padang rumput yang luas dengan berbagai binatang yang dilindungi seperti macan tutul, coyote, rusa, rusa, merak, sapi, kerbau, berbagai jenis burung dan hewan unik lainnya. Keberadaan hewan yang berkeliaran di padang rumput Savana membuat atmosfernya sebanding dengan Afrika. Taman Nasional Baluran atau dikenal juga dengan Savana Bekol adalah salah satu Savana yang dimiliki oleh Indonesia. Dan daerah lain yang juga memiliki Savana adalah Nusa Tenggara Timur.

Meski lokasi Taman Nasional Baluran berada di daerah terpencil, wisatawan yang berkunjung tidak pernah sepi. Rata-rata 100 wisatawan datang setiap hari. Jumlah ini biasanya meningkat selama liburan. Wisatawan diperbolehkan menyeberang di tengah sabana ini untuk melihat berbagai binatang di luar sana dan menikmati pemandangan indah dari berbagai arah. Jalan akses yang melintasi di tengah sabana ini berakhir di sebuah pantai bernama Pantai Bama.

Savana Bekol Baluran

Beberapa tanaman yang tumbuh di kawasan Taman Nasional Baluran cukup unik, tahan terhadap kehijauan, meskipun tanahnya sangat kering. Jenis tanaman yang dapat ditemukan di Taman Baluran adalah Widoro buko, Mimba dan Pilang. Jenis tanaman ini bahkan bisa tumbuh di tempat kering.

Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo

Taman Nasional Baluran memiliki iklim normal yang bervariasi dari 27 ° C – 30 ° C. Sedangkan kelembabannya mencapai 77%. Jumlah kelembaban dipengaruhi oleh hembusan angin di tenggara.

Di lokasi pusat wisata, Taman Nasional Baluran juga merupakan tempat khusus bagi mereka yang ingin Berkemah. Di lingkungan sekitar berkemah ada fasilitas sanitasi dan meskipun tempatnya kering, air bersih tidak sulit.

Aktivitas menyenangkan di Savana Bekol

Selain hanya menikmati pemandangan, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan yang menarik dan menantang seperti Berjalan, hiking, menangkap burung, pengamatan satwa liar.

berjalan

Hiking adalah kegiatan mendaki gunung di Taman Nasional Baluran. Dalam proses berjalan ini, pengunjung ditemani oleh petugas yang berurusan khusus dengan kegiatan tersebut. Dalam perjalanan ke area pendakian, pengunjung akan menemukan pemandangan Sungai Kacip, sungai dengan air yang sangat jernih.

trecking

Mendaki gunung adalah kegiatan untuk menjelajahi hutan Baluran dan menjelajah melalui jalan setapak. Melalui kegiatan ini, pengunjung dapat menikmati Taman Nasional Baluran yang penuh warna dengan berbagai flora dan fauna. Untuk melakukan aktivitas ini, memang ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan, yaitu sepatu kets dan peralatan lainnya.

mengamati burung

Ada sekitar 180 spesies burung yang ditemukan di Taman Nasional Baluran. Ada menara yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat burung di alam liar. Dan Baluran adalah tempat terbaik untuk melihat burung di Indonesia.

Hutan evergreen Baluran

Baluran Ever Green Forest

Hutan yang selalu hijau

Hutan Hijau abadi adalah sepotong hutan hijau yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Hutan ini sangat unik, di mana wilayah ini dibudidayakan dengan tanaman hijau yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Selain itu, ada juga berbagai jenis kupu-kupu dan partridge yang indah di daerah ini.

Pantai Bama Baluran

Setelah melintasi sabana yang cukup panjang, wisatawan menemukan pantai bernama Pantai Bama yang berjarak sekitar 4 km dari padang Baluran. Di pantai wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan melihat wahana menarik di Pantai Bama matahari terbit berlayar ke laut menggunakan perahu, dan juga snorkeling.

Pantai Bama Baluran

Selain dipenuhi wisatawan yang berlibur, pantai ini juga dipenuhi monyet yang berjalan-jalan. Monyet-monyet itu sangat ramah, banyak bahan dari para pengunjung yang sengaja bermain dengan monyet lucu ini.

Benarkah Hutan Baluran Benar?

Sejauh ini, Hutan Baluran dikenal karena arwahnya, terutama di daerah yang disebut "Massal Menangis". Namun kebenaran masalah ini masih belum diketahui dengan pasti dan hanya didasarkan pada pendapat orang-orang yang telah mencapai tempat itu.

Brainstorming tentang Baluran Berhantu

Curah pendapat tentang Situbondo

Brainstorming terjadi di jalur tengkorak, sebuah area yang memasuki hutan Baluran. Dikatakan bahwa kota ini sering memiliki peristiwa aneh di daerah yang menyebabkan pengemudi jalan jatuh.

Menginap di Taman Nasional Baluran

Bagi pengunjung yang berencana menginap di lokasi, mereka dapat memanfaatkan beberapa homestay itu disediakan. Namun, perlu diingat bahwa memang ada 2 tujuan di Taman Nasional Baluran, yaitu Padang Savana (Savana Bekol) dan pantai Bama. Kegiatan yang dapat dilakukan di dua tempat ini tentu saja berbeda untuk tempat tinggal, mereka berbeda.

Tempat menginap di Savana Bekol

Akomodasi sabana Baluran

Akomodasi di Savana Bekol

Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan padang rumput, margasatwa, berjalan, hiking dapat tinggal di Wisnu Savana Bekol.

* Rumah yang tersedia: 3
* Kapasitas: 25 orang
* Harga per malam: IDR 35.000 / orang

Tempat menginap di Pantai Bama

Menginap di Pantai Bama

Menginap di Pantai Bama

Jika pengunjung ingin menikmati keindahan pantai, Berlayar, snorkeling, pengunjung dapat menginap di Pantai Wisnu Bama.

* Rumah yang tersedia: 5
* Harga per malam: Rp. 75.000 / orang
* Kapasitas: 14 orang

Harga tiket untuk Taman Nasional Baluran

Harga tiket adalah Senin – Sabtu

subjek harga
Wisatawan domestik Rp. 5000
Turis asing Rp. 150.000
Kendaraan roda dua Rp. 5000
Kendaraan dengan 4 roda Rp. 10.000

Harga tiket pada hari Minggu

subjek harga
Wisatawan domestik Rp. 7500
Turis asing Rp. 225.000
Kendaraan roda dua Rp. 7500
Kendaraan dengan 4 roda Rp. 15.000

Catatan: Semua harga di atas dapat berubah kapan saja

Rute ke Taman Nasional Baluran

Akses ke Taman Nasional Baluran sangat mudah, baik untuk pengguna kendaraan bermotor dan roda empat. Taman Nasional Baluran dapat dicapai melalui barat dan timur. Mulai dari barat atau dari timur Anda akan melewati garis pantai utara (north coast). Jika Anda berangkat dari arah Surabaya, rute tersebut adalah

Surabaya => Pasuruan => Probolinggo => Situbondo => Baluran


Jika Anda berangkat dari Denpasar, Bali, rute yang harus diikuti adalah

Denpasar => Banyuwangi => Baluran

Jarak dari Taman Nasional Baluran ke Surabaya sekitar 255 km dan jarak dari Baluran dari pusat kota Situbondo adalah 60 km. Dan ketika dia pergi dari barat, dia melintasi hutan yang cukup panjang. Namun pemandangan di sepanjang hutan sangat indah, sehingga terasa menyenangkan, meski perjalanannya cukup panjang.

Lokasi dan peta Taman Nasional Baluran Situbondo

Jarak dari Denpasar ke Taman Nasional Baluran adalah sekitar 159 km. Sedangkan jarak dari Banyuwangi ke Baluran adalah 60 km. Ketika tiba di pintu masuk, pengunjung dapat membeli tiket dan melanjutkan perjalanan hingga 12 km untuk menuju pusat situs wisata.

Taman Nasional Baluran terletak di Situbondo, tepatnya di desa Wongsorejo, di kabupaten Banyuputih. Lokasi Baluran cukup terisolasi dari tengah keramaian, karena tempatnya sangat terpencil. Jarak dari jalan raya ke lokasi adalah 12 km.

Lihat lokasi Taman Nasional Baluran di Google Map

Leave a Reply