DifaWisata.com – Taman Nasional Meru Betiri adalah salah satu taman nasional Indonesia di Jember, Jawa Timur, yang juga masih dalam rangkaian dengan pantai selatan. Tur ini cukup populer karena keindahan flora dan fauna yang ditawarkannya.

Taman Nasional Meru Betiri di Jember

Taman ini memiliki luas cukup luas 580 kilometer persegi. Dari segi lokasi, dalam hal administrasi pariwisata, sebenarnya terletak di dua kabupaten, yaitu Jember dan Banyuwangi.

Flora di Taman Nasional Meru Betiri

Tur ini dipenuhi dengan berbagai jenis flora yang cukup langka, termasuk bunga Nyamplung, Raflesia, Api, Zollingeriona, Rengas, Balanphora Fungosa dan tanaman bakau. Bahkan di daerah ini, tanaman juga tumbuh dengan tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan obat.

Flora di Meru Betiri

Keberadaan jenis tanaman ini memastikan bahwa pengunjung merasa nyaman. Bagaimana tidak, seperti pepatah "minum air sambil menyelam", saat bepergian melihat flora langka.

Terlepas dari wajah yang bisa dilihat pengunjung, tanaman di lokasi wisata tidak jarang dijadikan objek penelitian.

Namun, untuk dapat melakukan penelitian di taman ini, harus ada izin khusus untuk pihak-pihak yang terlibat.

Fauna di Taman Nasional Meru Betiri

Tidak hanya flora, TN ini juga dilengkapi dengan berbagai binatang. Satwa dilindungi yang menghuni kawasan Taman Nasional Meru Betiri; Kura-kura, kumbang hitam, Lekang, monyet ekor panjang, rusa, banteng, Ajag dan lainnya.

Fauna di Meru Betiri Jember

Jika Anda ingin melihat hewan-hewan ini, Anda harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh manajer TN. Ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan Anda selama kunjungan Anda.

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi wisata ini berada di dekat pantai selatan Jawa Timur, tepat di desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Jika Anda berangkat dari pusat Jember, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan menuju lokasi Anda disertai dengan pemandangan sawah dan pepohonan yang sangat menawan.

lihat Peta Taman Nasional Meru Betiri di Google Map.

Leave a Reply