Reporter: A Riyadi | Editor: Deasy Mayasari

DifaWisata, YOGYAKARTA – Pemda DIY sangat serius menawarkan potensi investasi di luar negeri. Setelah menggali potensi makanan, industri pariwisata di Yogyakarta menjadi andalan untuk menarik wisatawan asing.

Potensi investasi di DIY telah disampaikan kepada investor asing di Indonesia Festival Frankfurt (IFF) pada 16-18 September 2022. Obyek investasi yang menjadi fokus adalah pengembangan potensi wisata di Bokoharjo, pengembangan TPA Piyungan hingga Cargo Desa di wilayah YIA.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan keikutsertaan DIY dalam IFF merupakan momentum untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang turun drastis di masa pandemi. Sekaligus dengan update terbaru potensi wisata di DIY.

Forum pariwisata juga membahas tantangan menjadikan DIY sebagai tujuan wisata, termasuk biaya perjalanan yang tinggi antara Jerman dan Indonesia.

“Selain forum dan pameran pariwisata, Dinas Pariwisata juga melakukan diskusi informal dengan diaspora yang bisa menjadi agen promosi pariwisata DIY,” katanya, Sabtu (22/10/2022).

Malioboro-a.jpg

Dari sisi budaya, DIY juga mendapat apresiasi dengan memeriahkan pagelaran seni budaya di Colloseum Main Hall Indonesia Festival Frankfurt. Beberapa tarian dengan gaya khas Jogja, baik tradisional maupun kontemporer, dibawakan oleh penari berpengalaman yang diusung oleh Dinas Kebudayaan DIY.

Sebagai penutup, Yogyakarta menampilkan tarian Laksmita Alep Ngayogyakarta yang dikoreografikan khusus untuk kegiatan IFF ini. Dinas Kebudayaan DIY berkesempatan menjadi tuan rumah Workshop Gamelan selama pameran yang berlangsung dua jam setiap harinya, jelasnya.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan DIY Agus Priono menambahkan, acara tersebut juga memamerkan potensi perdagangan beberapa produk unggulan kualitas ekspor yang dimiliki DIY.

“Ini disambut baik, dihadiri sebanyak 40 peserta dari berbagai negara. Sebagai tindak lanjut pemaparan tentang potensi investasi dan perdagangan DIY, juga diadakan one-on-one business meeting di IFF,” jelas Agus. ,

Pada pameran produk IFF, DIY mencatatkan transaksi langsung senilai 4.380 euro atau Rp. 65 juta. Kemudian potensi perdagangan dan investasi tercatat sebesar 800.000 euro atau setara dengan Rp12 miliar yang berasal dari wood pellet (serbuk kayu) sebagai bahan alternatif untuk mengatasi krisis energi yang dihadapi pengusaha Jerman saat ini.

“Potensi pariwisata DIY juga mendapat perhatian di IFF 2022 melalui forum dan pameran pariwisata. Forum pariwisata yang diikuti oleh sekitar 30 peserta, terdiri dari biro perjalanan, penyelenggara tur, untuk masyarakat umum di Jerman, menjadi topik utama yang diekspos dan ditawarkan dalam forum pariwisata ini,” jelasnya.

Selain Bali, Yogyakarta juga merupakan salah satu tujuan liburan paling populer di dunia di Indonesia. Keindahan alam dan budaya yang akrab menjadi alasan mengapa kota ini tidak pernah sepi pengunjung.

Tak hanya turis lokal, Yogyakarta selalu dipenuhi turis asing yang juga dikenal sebagai orang kulit putih. Mereka terkesima dengan suasana kota yang penuh budaya ini. Padahal, para turis asing ini memiliki destinasi wisata favorit tersendiri.

Malioboro-b.jpg

Yogyakarta adalah salah satu kota paling menawan di Indonesia di mana wisatawan pergi untuk menikmati budaya lokal. Memiliki lorong-lorong sempit yang tak berujung untuk tersesat saat mencari seni jalanan, warung makan, pembuat wayang, batik dan perajin perak.Jogja tidak diragukan lagi merupakan pusat budaya dan sejarah penting di Jawa. Ini adalah pintu gerbang ke candi terindah di negeri ini, yaitu Prambanan dan Borobudur.

Namun, masih banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang sangat diminati wisatawan terutama dari mancanegara, antara lain:

1. Keindahan Pantai Parangtritis sangat memesona, terutama saat matahari terbenam. Bepergian di sepanjang garis pantai dengan kereta adalah favorit para wisatawan.

2.Taman Sari adalah taman kerajaan yang dibangun pada abad ke-18. Meski terkesan kuno, Anda bisa menemukan beragam spot foto yang unik dan estetis di sini.

3. Pohon beringin ganda di Alun-alun Selatan juga menarik wisatawan mancanegara. Mitosnya, orang yang bisa berjalan di antara dua pohon dengan mata tertutup akan melihat keinginannya menjadi kenyataan.

4. Jalan-jalan di Malioboro saja sudah membuat hati orang kulit putih senang. Mereka selalu berbaur dengan penduduk setempat saat berbelanja oleh-oleh.

5. Sungai Progo adalah tempat terbaik untuk arung jeram dan kayak. Saat mereka mengalir di sepanjang sungai, wisatawan dapat menikmati flora dan fauna yang subur.

6. Selanjutnya adalah Keraton Yogyakarta yang juga digandrungi oleh orang kulit putih. Kompleks keraton tempat tinggal Sultan Yogyakarta dipenuhi dengan jendela kaca patri yang didekorasi dengan indah

7. Tidak heran jika bule suka pergi ke Candi Borobudur. Melihat deretan stupa dengan alam yang hijau tentu menenangkan hati sejenak.

8. Museum Ullen Sentalu adalah tempat paling cocok bagi bule untuk belajar budaya Jawa. Ada batik tua, lukisan, artefak dan surat-surat lama.

9. Gunung Merapi yang gagah dan indah tak luput dari perhatian wisatawan mancanegara. Kebanyakan pendaki mulai mendaki pada pukul 1 dini hari, untuk mengejar matahari terbit.

10. Para bule juga menyukai trek-trek ekstrim di Yogyakarta, seperti di Goa Jomblang. Pintu masuk gua berada di lantai dasar, jadi aksesnya hanya dengan tali.

Itulah beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yang selalu menjadi destinasi favorit para turis asing atau orang kulit putih.

**)


Dapatkan update informasi pilihan dari DifaWisata Indonesia setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan gabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.


Pariwisata pemerintah daerah DIY di yogyakarta, pariwisata yogyakarta, pariwisata jogja, yogyakarta Penerbit

: Sholihin Nuro

Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2022 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

About Difa Wisata

Difa Wisata adalah Tour Operator yang berbasis di Depok, Indonesia dan memiliki tim operator hampir di seluruh Indonesia. Kami sudah terdaftar resmi sebagai CV. Difacom Solusindo. Developed by Jasa Pembuatan Website www.difacomsolusindo.com

Leave a Reply