DifaWisata.com – Pasuruan adalah nama sebuah kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini terkenal akan pariwisata, industri dan pertanian. Jika Anda memiliki waktu luang dan ingin berlibur bersama keluarga tercinta di kota ini, Anda dapat mengunjungi 5 destinasi wisata alam Pasuruan berikut yang tentunya memiliki daya pikat yang hebat. Perjalanan ini tidak hanya menarik wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan asing. Berikut ulasannya:

Pariwisata di Pasuruan

  1. Pantai Lekok

    Keunggulan pantai ini adalah pemandangannya yang eksotis. Di sini Anda dapat melihat pertunjukan rakyat yang diadakan setiap berlian. Nama acaranya adalah tempat ski atau celot di mana para nelayan akan berselancar di lumpur. Yang menarik, mereka berlomba menangkap ikan lele, kepiting, dan belut di bekas kolam yang penuh lumpur. Acara ini disebabkan oleh gemuruh acara yang paling dinanti dari masyarakat setempat. Selain itu ada juga kompetisi untuk mendekorasi perahu dan kompetisi untuk mendekorasi payung yang dihadiri oleh penduduk desa setempat.

    lihat Peta Pantai Lekok di Google Map.

  1. Pemandian alami Banyu Biru

    Pemandian Alam Banyu Biru telah dikenal luas sejak zaman Belanda. Ini terlihat dari dokumentasi Museum Nederlands Tropen. Sebelumnya tempat ini memiliki nama Telaga Wilis, yang dihuni oleh banyak monyet. Tapi sekarang kera sudah punah. Di pemandian biru beringin Anda bisa berenang dan merasakan air segar sambil melihat ikan suci bernama Sengkaring. Ikan ini memiliki panjang sekitar satu meter. Karena kesuciannya, tidak ada penduduk yang menyentuhnya.
    Pemandian alami Banyu Biru terletak persis di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Selain melihat ikan Sengkaring, Anda juga dapat melihat gambar yang pernah ditempatkan oleh Belanda di lokasi ini. Gambar ini adalah salah satunya yang disebut Betara Kala. Konon, pemandian ini adalah lokasi pemandian Raja Hayam Wuruk ketika ia ingin bersantai dan lelah,
    lihat Peta Pemandian Alam Banyu Biru di Google Map.

  1. Candi Jawi

    Raja Singasari terakhir bernama Kertanegara membangun sebuah kuil yang disebut Candi Jawi. Candi ini terletak di desa Candi Wates, Tretes, Pandaan, Prigen. Kuil Jawi adalah candi Budha Hindu, dengan kaki Siwa dan bahu Buddha. Candi Jawi adalah area penyimpanan abu Kertanegara, di mana dinding candi terbuat dari batu bata dengan parit di sekitarnya dan bunga lotus tersebar di sekitarnya. Untuk melestarikannya, kegiatan budaya dilakukan dengan menggelar Full Moon Art yang menceritakan tentang asal usul candi ini. Diwakili dalam sebuah tarian, ada cerita tentang seorang putri Bali yang melarikan diri ke Jawa. Sang putri sangat cantik dan banyak raja ingin menikahinya.
    lihat Peta candi Jawi di Google Map.

  1. Air terjun Coban Baung

    Air terjun ini terletak di Desa Cowek, Kabupaten Purwodadi Pasuruan. Tingginya mencapai 100 meter dan merupakan pertemuan antara dua sungai, Sungai Beji dan Sungai Welang. Aliran sungai ini tidak pernah mati sepanjang tahun. Di sekitar Coban Baung kami menemukan empat air terjun lainnya di sungai Beji. Rafting ekologis saat ini terbuka dengan 2,5-3 jam waktu bermain, yang tentu saja merupakan tantangan.
    lihat Peta Air Terjun Coban Baung di Google Map.

Tur di Gunung Bromo

  1. Gunung Bromo

    Ini adalah tempat wisata paling populer di Pasuruan. Tidak hanya wisatawan domestik, juga banyak turis asing yang mengunjungi tempat wisata ini. Di lokasi pendakian kita dapat menikmati pemandangan matahari terbit dengan udara segar. Suhu di sini sangat dingin, 5-8 derajat Celcius. Ketika Anda mencapai puncak, Anda dapat melihat kawah indah Gunung Bromo. Anda juga dapat menyewa kuda dan berkomunikasi dengan orang Tengger yang masih memiliki tradisi kuat. Dikatakan bahwa suku Tengger berasal dari para pejuang Majapahit yang diungsikan oleh Islam yang sedang tumbuh.

    lihat Peta Gunung Bromo di Google Map

    Tempat kelima Wisata alam Pasuruan itu akan menjadi tujuan yang menyenangkan untuk liburan keluarga Anda. Selamat berkunjung!

Leave a Reply