Kebun raya Bogor – Liburan memang waktu yang tepat bagi Anda untuk mengundang keluarga atau orang yang Anda cintai untuk pergi ke berbagai tempat wisata di Indonesia.

Ada banyak tempat wisata di negara kita yang memiliki daya tarik dan dapat menjadi alat pendidikan untuk keluarga Anda. Salah satu atraksi ini adalah kebun raya Bogor.

Profil Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Kota Bogor adalah salah satu kota di Indonesia bagian barat. Kota Bogor adalah kota di selatan Jakarta. Jarak antara Bogor dan Jakarta adalah sekitar 59 kilometer. Total area kota Bogor mencapai 118,50 kilometer persegi dengan populasi sekitar 1.081.009 orang pada tahun 2017.

Kota Bogor memiliki jumlah hujan yang tinggi, oleh karena itu kota ini disebut "Kota Hujan". Menurut penelitian yang dilakukan oleh sejumlah pihak, jumlah hujan di kota Bogor adalah 3.500-4.000 milimeter dengan curah hujan tertinggi yang diketahui pada bulan Desember dan Setiap tahun pada bulan Januari.

Suhu terendah di kota Bogor mencapai 21,8 derajat Celcius, sedangkan suhu tertinggi sekitar 30,4 derajat Celcius.

Kota Bogor adalah kota dengan banyak tempat wisata. Mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata dalam bentuk wisata permainan. Contoh tempat wisata di Bogor antara lain paralayang Bukit Gantole Puncak, Taman Bunga Nusantara, Taman Wisata Gunung Pancar, Resor Highland Park, Curug Cibaliung dan sebagainya.

Areal kebun raya Bogor melalui Jakartavenue

Areal kebun raya Bogor melalui Jakartavenue

Jelajahi seluk beluk Kebun Raya

Objek wisata lain yang dapat Anda kunjungi ketika mengunjungi kota Bogor adalah kebun raya Bogor. Kebun raya dikelola oleh lembaga yang menangani konservasi tanaman ex situ,

Banyak sistem digunakan untuk melestarikan koleksi pabrik yang berbeda ex situNamun, sistemnya berbeda di kebun raya. Kebun raya menekankan proses mendokumentasikan semua tanaman yang dikumpulkan. Selain itu, pengelola kebun raya akan rajin melakukan penelitian ke dalam tanaman yang mereka kumpulkan.

Rusa di kebun raya Bogor

Rusa di kebun raya Bogor

Dokumentasi dan proses pengamatan yang dilakukan oleh pengelola kebun raya berfungsi untuk menyumbangkan pengetahuan tentang tanaman kepada masyarakat dan sebagai bentuk pelayanan kepada negara di bidang penelitian. Apalagi mereka melakukan pekerjaan ini untuk melestarikan taman wisata di kebun raya.

Semua tanaman yang ditanam di kebun raya bukanlah tanaman biasa yang biasa kita temukan di sepanjang jalan atau di sekitar rumah kita. Tanaman yang ditanam di kebun raya biasanya merupakan tanaman yang memiliki kriteria khusus dan telah menjalani proses pengamatan tentang kesesuaian tanaman yang ditanam di kebun raya.

Saat memasuki kebun raya, Anda tentu bisa melihat susunan tanaman yang tersusun sesuai aturan taksonomi atau tanaman. Ketika ditanam di kebun raya, tanaman biasanya sudah diidentifikasi oleh bentuk dan sifat ahli tanaman lalu ditempatkan di tempat yang sama sesuai dengan tanaman sejenis lainnya.

Kolam Teratai Rusa di Kebun Raya

Kolam Teratai Rusa di Kebun Raya

Kebun raya Bogor, salah satu tujuan wajib jika Anda pergi ke Bogor

Salah satu kebun raya di Jawa Barat adalah kebun raya Bogor. Hal paling istimewa tentang tempat ini, kebun raya Bogor, adalah kebun raya pertama di Asia Tenggara. Kebun raya ini meliputi area seluas 87 hektar dengan koleksi 15.000 spesies tanaman. Dan hampir setiap hari taman dipenuhi pengunjung yang ingin melihat koleksi tanaman di sana.

area: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122
Peta: Klik disini
HTM: Wisatawan lokal Rp.15.000, turis asing Rp.25.000
Waktu pembukaan: 8 pagi – 5 sore WIB
telepon: (0251) 8311362

Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor

  1. Tiket masuk adalah Rp. 15.000 per orang
  2. Sertifikat turis asing Rp.25.000 per orang
  3. Kendaraan roda empat Rp. 30.000
  4. Parkir di 2 roda Rp.5.000
  5. Tiket sepeda keliling Rp5.000

Kebun Raya Bogor memiliki empat pintu masuk di empat tempat berbeda. Beberapa pintu adalah pintu pertama, pintu kedua, pintu ketiga, pintu keempat.

Pintu pertama adalah pintu masuk utama ke kebun raya. Pintu ini ada di utara, tepat di ujung Jalan Juanda. Gerbang ini juga praktis di persimpangan di persimpangan jalan antara Jalan Suryakencana dan Jalan Otto Iskandardinata.

Pintu kedua dari kebun raya Bogor adalah di sebelah barat kebun raya. Pintu kedua ini masih termasuk dalam bagian Jalan Juanda dan terletak tepat di sebelah kantor pos Bogor, yang masih berisi warisan budaya.

Pintu ketiga berseberangan dengan Bogor Crossing Park. Pintu ini terletak tepat di pertemuan antara Jalan Jalak Harupat dan Jalan Pajajaran. Sedangkan untuk pintu keempat, pintu ini ada di Jalan Pajajaran. Pintu ini berseberangan dengan Kampus Baranangsiang IPB.

Objek wisata kebun raya Bogor

Selain terkenal sebagai kebun raya pertama di kawasan Asia Tenggara, Kebun Raya Bogor memiliki daya tarik lain yang selalu membuat pengunjung sibuk mengunjungi tempat ini.

Daya tarik lain dari kebun raya ini adalah keberadaan bunga bangkai (Rafflessia arnoldi) yang tingginya mencapai 2 meter. Seperti kita ketahui, bunga bangkai adalah bunga yang digolongkan sebagai bunga komposit berukuran terbesar di dunia.

Kebun raya Bogor juga berisi koleksi pohon palem tertua di wilayah Asia Tenggara, yang masih dirawat dengan baik dan masih hidup sampai sekarang.

Selain itu, ada banyak lagi tempat-tempat wisata di kebun raya Bogor. Salah satunya adalah tempat di kebun raya yang disebut Zoological Museum. Di sini pengunjung dapat melihat berbagai keanekaragaman hayati yang telah mengalami proses konservasi.

Zoology Musem adalah salah satu tempat wisata di kebun raya Bogor karena pengunjung dapat melihat langsung kerangka tulang paus biru yang diawetkan. Ada juga Monumen Lady Raffless yang mengabadikan kisah cinta para penjelajah dari Inggris.

Lady Raffless via Hariananalisa

Lady Raffless via Hariananalisa

Selain Museum Zoologi dan Monumen Lady Raffless, ada beberapa tempat lain seperti Pemutus Cinta, Gunting Danau, Laboratorium Treub dan Jembatan Taman Meksiko yang dapat Anda kunjungi di Kebun Raya Bogor.

Mampir: 40 tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib Anda coba

Objek wisata di kebun raya Bogor

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Kebun Raya Bogor:

1. Griya Anggrek

Griya Anggrek KRB melalui Lovelybogor

Griya Anggrek KRB melalui Lovelybogor

Griya Anggrek adalah tempat budidaya anggrek di kebun raya Bogor. Griya Anggrek dalam bentuk rumah kaca yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai jenis anggrek. Di bangunan sebelah kiri Griya Anggrek, tempat ini digunakan untuk mengolah spesies anggrek atau anggrek alami.

Sementara di gedung yang tepat Griya Anggrek, tempat ini digunakan untuk menanam anggrek hibrida. Bahkan di Griya Anggrek ini Anda melihat garis koleksi anggrek raksasa Grammatophyllum speciosum yang memiliki ketinggian sekitar 7,5 meter. Anggrek ini adalah anggrek tertinggi di dunia.

2. Astrid Street

Taman Astrid via Travellingyuk

Taman Astrid via Travellingyuk

Anda bisa berjalan di sepanjang Jalan Astrid di kebun raya Bogor. Di tepi jalan Astrid, Anda melihat koleksi bunga Astrid yang berwarna kuning dan merah darah.

Jika Anda kemudian berjalan menyusuri jalan menuju ujung, sekitar 200 meter, akan ada koleksi bunga atau manik-manik Canna hybrida (Kana Hias) yang sedang mekar, berkontribusi pada pemandangan jalan yang indah.

Kunjungi juga: Liburan ke Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat

3. Laboratorium Treub

Laboratorium Treub melalui lokasi budaya

Laboratorium Treub melalui lokasi budaya

Jika Anda mengunjungi kebun raya Bogor, Anda juga disarankan untuk mengunjungi laboratorium Treub. Bangunan ini adalah gedung penelitian yang merupakan peninggalan pemerintah Belanda di Indonesia.

Laboratorium ini adalah tempat bersejarah. Buktinya ada di tempat ini, praktik penelitian fitokimia pertama kali dilakukan.

4. Ecodome

Ecodome via Special

Ecodome via Special

Maka Anda juga harus melihat Ecodome berbentuk kubah dengan daun raksasa. Jangan lupa untuk mengambil foto untuk bangunan keren ini.

Artikel terkait: Perbarui harga tiket untuk Taman Safari Cisarua Bogor

4. Taman Sudjana

Taman Sudjana melalui Inet

Taman Sudjana melalui Inet

Anda juga dapat bersantai di Taman Sudjana. Ada berbagai jenis bunga di sini. Ada tanaman yang berbentuk elang.

Baca juga: Harga tiket masuk terakhir untuk Jungleland Bogor

Tempat wisata yang direkomendasikan di Bogor

Selanjutnya, kami akan menjelaskan detail tempat wisata di Bogor satu per satu:

1. Paralayang gunung Gantole Peak

Paragliding Bukit Gantole Puncak via Tripadvisor

Paragliding Bukit Gantole Puncak via Tripadvisor

Dari segi nama, jelas bahwa Paragliding Hill digunakan sebagai tempat untuk olahraga ekstrim seperti paralayang. Paragliding Bukit Gantole Puncak terletak di Jalan Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Puncak. Jika kami ingin menikmati penerbangan dengan paralayang selama waktu yang ditentukan, kami harus membayar Rp. 350.000.

Sedangkan untuk tiket masuk, administrator bukit Paralayang Gantole Puncak berlaku tarif Rp. 13.000 per orang. Aktivitas yang dapat Anda lakukan selain terbang dengan paralayang, Anda dapat menikmati keindahan kota Bogor dari ketinggian dan berburu selfie.

Tempat wisata top lainnya: 22 tempat wisata di Puncak, Bogor dan sekitarnya

2. Taman Bunga Nusantara

Taman air via taman bunganus antara

Taman air via taman bunganus antara

Taman bunga nusantara sebenarnya terletak di Cianjur. Tetapi banyak turis dan bahkan blogger perjalanan memasuki taman bunga nusantara sebagai tempat wisata di Bogor yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Lokasi tepatnya taman ini berada di kawasan Wisata Kota Kembang, Jlaan Mariwati, Desa Kilometer 7 Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur.

Taman Bunga Nusantara dikenal karena keindahannya dan juga bisa menjadi tempat foto yang sangat bagus dan unik instagrammable. Taman Bunga Nusantara didirikan di atas lahan seluas 23 hektar.

Taman Bunga Nusantara penuh dengan koleksi bunga yang tertata rapi. Daya tarik utama di tempat ini adalah taman dengan labirin berbentuk seperti kendaraan bagi pengunjung untuk bermain.

Anda dapat memasuki labirin dan bersaing untuk menemukan jalan keluar dari labirin. Labirin di Taman Bunga Nusantara Bogor terbuat dari serangkaian daun dan batang tanaman. Tumbuhan yang akan membentuk labirin dibentuk sehingga terbentuk sesuai dengan desain.

Selain bermain di labirin taman, Anda juga bisa bermain go-kart, kapal bemperdan juga ATV Race. Anda dapat menikmati pemandangan air mancur musikal yang mengalirkan air sesuai aturaninstitusi oleh manajer taman.

Untuk memasuki Taman Bunga Nusantara, Anda harus mengeluarkan Rp. 30.000 per orang.

3. Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Pine Pancar Sentul & Hutan Pinus

Taman Wisata Pine Pancar Sentul & Hutan Pinus

Taman Wisata Gunung Pancar terletak di lokasi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kabupaten Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung ini lebih dikenal dengan Sentul. Hal ini disebabkan Taman Wisata Gunung Pancar dekat Sentul Kota,

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di taman ini, termasuk berkemah (berkemah), pendidikan dan pelatihan (pendidikan dan pelatihan), keluar, pelatihan kepemimpinan dan berbagai kegiatan luar ruangan lainnya. Anda juga menggunakan taman ini sebagai objek wisata dan sebagai fasilitas pendidikan untuk anak-anak, keluarga, dan teman Anda.

Selain itu, pengelola taman wisata Gunung Pancar menawarkan fasilitas lain yang berkaitan dengan kegiatan wisata di lokasi ini, termasuk ruang parkir, tempat tidur gantung, sumber air panas, tempat makan dan tempat berolahraga.

Untuk menikmati semua fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola tempat wisata, Anda harus membayar Rp. 5.000, untuk Senin-Jumat dan Rp. 7,500. Sedangkan biaya parkir adalah Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000.

Mari kita juga melihat: Liburan yang menyenangkan ke Objek Wisata Air Terjun Leuwi Hejo Sentul Bogor

4. Resor Highland Park

Tempat Wisata Hits di Bogor yang Tak Pernah Usang!

Jika Anda mencari tempat wisata yang berbeda dan menampilkan kesan modern dan tenang, Anda bisa berkunjung Resor Highland Park.Konsep pariwisata yang ditawarkan oleh Highland Park Resort adalah konsep pariwisata yang cukup mewah dengan menginap di hotel bergaya bintang di Bogor.

Hotel di berlindung ini adalah hotel mewah dengan desain yang unik dan didominasi warna putih. Desainnya yang unik seperti rumah di Eropa membuat harga resor ini terbilang mahal.

Resor Highland Park berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort. Selain menawarkan hotel dalam bentuk hotel di Mongolia, resor ini juga menawarkan fasilitas lain seperti slide, karaoke, kolam renang, sepak bola dalam ruangan, pijat refleksi kaki, flying foxdan sebagainya.

Jika Anda ingin menginap di hotel ini, Anda harus menghabiskan banyak uang, yaitu sekitar Rp. 1.500.000 setiap malam. Namun, pengalaman yang Anda dapatkan sebanding dengan biaya yang telah Anda bayar.

5. Air terjun Cibaliung

Tempat Wisata Hits di Bogor yang Tak Pernah Usang!

Curug berarti air terjun. Salah satu air terjun di kota Bogor disebut Curug Cibaliung. Air terjun ini dapat dicapai ketika Anda telah melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk selama sekitar 30 menit. Air terjun Cibaliung memiliki air yang sangat jernih dan dingin karena daerah itu tidak tersentuh oleh tangan manusia.

Di sekitar air terjun Cibaliung terdapat batu-batu yang menjulang tinggi untuk menghiasi tepi air terjun dan terkesan "melindungi" isi air terjun. Batu dan tanaman alami berkontribusi pada kesan indah tempat wisata ini.

Jika Anda ingin mengunjungi air terjun Cibaliung, Anda disarankan untuk datang ketika musim hujan telah berakhir. Ini karena lokasi air terjun akan sangat berbahaya ketika musim hujan tiba. Untuk mengunjungi air terjun ini, Anda harus merogoh kocek 15.000 rupiah per orang.

Jangan lewatkan: Kebun Buah Mekarsari Obyek Wisata Keluarga Bogor

Jika ingin mengunjungi kebun raya, siapkan payung atau jas hujan sebagai pelindung dari teriknya matahari atau hujan yang mendadak, karena Bogor adalah kota yang sering dilanda hujan.

Leave a Reply