Bukit Klangon terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Bagi wisatawan yang dekat Jogja, ada baiknya mengunjungi tempat wisata populer ini. Selain lokasinya di lereng Merapi yang sangat indah dan terkenal, Kaliurang, tempat ini menawarkan keindahan yang tidak biasa.

Nama Bukit Klangon adalah nama yang diciptakan oleh pengguna media sosial. Sebenarnya bukit ini telah diberi nama sendiri oleh pejabat yaitu wisata alam bukit Glagaharjo.

Bukit Klangon diresmikan pada tahun 2011, tetapi baru-baru ini dikenal oleh para wisatawan. Sekarang wisata alam bukit Klangon telah dikunjungi oleh banyak wisatawan yang datang dari tempat-tempat yang jauh.

Sekarang Bukit Klangon menjadi lebih baik dan lebih berkembang melalui sumbangan pengembangan pariwisata minat khusus oleh Rotary International.

Wisata Bukit Klangon Sleman via Gmap / Wildan Mb

Wisata Bukit Klangon Sleman via Gmap / Wildan Mb

Bukit Klangon sekarang tidak pernah ditinggalkan untuk kunjungan wisatawan, karena lokasinya memang telah mengalami pengaturan serius untuk menghasilkan tujuan wisata yang menawan dan masih sedang dikembangkan.

Beberapa fasilitas pendukung juga turut memeriahkan tujuan wisata alam Bukit Klangon ini demi kenyamanan pengunjung yang datang. Selain mengunjungi bukit ini, Anda juga bisa mengunjungi kawasan wisata lain yang tak kalah keren di sekitar lereng Gunung Merapi.

Bahkan dari puncak bukit Anda dapat dengan jelas melihat badai Gunung Merapi, gunung paling aktif di Indonesia, yang biasanya meletus dan menyebabkan awan panas. Tunggu apa lagi? Nikmati perjalanan ke bukit Klangon bersama keluarga dan nikmati pesona alam yang disajikan.

Lokasi Wisata Alam Bukit Klangon Jogja

Lokasi bukit Klangon sangat mudah ditemukan karena terletak di desa wisata Kaliurang, dekat lembah Gunung Merapi, yang selalu sibuk dengan wisatawan.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, hanya beberapa puluh kilometer jauhnya dengan waktu perjalanan yang juga tidak terlalu lama.

Penasaran dengan lokasi tepatnya Anda bisa datang langsung ke daerah Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Lokasi Wisata Bukit Klangon

Setelah dengan jelas melihat informasi di atas tentang lokasi bukit Klangon, kita sekarang akan melanjutkan diskusi tentang rute ke lokasi atau jalan yang bisa kita ambil untuk mencapai kawasan wisata bukit Klangon.

Jarak yang kita tempuh dari pusat kota adalah sekitar 30 kilometer dan memakan waktu sekitar 1 jam, tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan yang akan kita lalui, karena sangat berguna karena sudah diaspal.

Rute yang akan kita mulai dari pusat kota Jogja atau kilometer 0 dari kota Jogja, kemudian ambil arah ke barat menuju KH Ahmad Dahlan Street dan terus sampai kamu menemukan pertigaan lalu belok kiri ke utara. melalui jalan Bhayangkara.

Kemudian terus lurus ke arah Joyonegaran. Ketika Anda tiba di daerah ini, lanjutkan perjalanan Anda sampai Anda menemukan persimpangan, lalu ke barat ke arah Jalan Kidul dan terus lurus sampai Anda mencapai persimpangan lagi.

Ambil arah utara menuju jalan Lt. Jenderal Suprapto, kemudian terus lurus dan ketika Anda menemukan tikungan, belok kanan ke arah jalan manusia Jalan Mataram dan kemudian terus lurus ke jalan Magelang.

Terus lurus ke bundaran dan ke timur menuju Jalan Padjajaran hingga Anda menemukan persimpangan tidak jauh dari jalan dan kemudian belok kiri ke arah Kaliurang, Alan paling terkenal dari para pelancong.

Kemudian lanjutkan perjalanan Anda kembali ke jalan utama, terus lurus sampai Anda menemukan persimpangan, belok utara ke jalan pasar, lalu ikuti jalan utama sampai Anda menemukan tanda dengan Bukit Klangon.

Harga tiket untuk kawasan wisata Bukit Klangon

Meskipun wisata alam Bukit Klangon menawarkan keindahan yang tak tertandingi, harganya sangat murah. Karena wisata alam ada di daerah Jogja dan sekitarnya, ia dikenal sebagai wisata murah.

Bahkan jika Anda mengalami ketidaknyamanan keuangan, ini tidak berarti banyak untuk mengunjungi kawasan wisata Bukit Klangon. Berita bagus untuk Anda, kawasan wisata ini tidak hanya menawarkan tiket masuk yang terjangkau, tetapi Anda tidak perlu membayar atau gratis.

Di beberapa lokasi Anda akan menemukan tempat foto yang tidak jelas, jadi Anda harus membayar uang yang tulus untuk merawat lokasi ini.

Biaya lain yang harus Anda persiapkan adalah biaya tiket parkir yang juga dikaitkan dengan harga yang tidak kalah murah dan tentunya ramah di kantong.

Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan roda dua atau motor, Anda membayar tiket parkir 2.000 rupee, sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar tiket parkir hanya 5.000 rupee .

Nikmati pemandangan alam melalui IG @ gate_adventure

Nikmati pemandangan alam melalui IG @ gate_adventure

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini cukup lengkap, di samping pengembangan, rasa aman masih disediakan bagi pengunjung yang akan datang. Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung yang tersedia, termasuk:

  • Tempat parkir yang dapat digunakan untuk mempercayakan kendaraan yang teman baiknya seorang musafir bersamanya agar mereka tetap aman
  • Sampah bisa dilihat di berbagai lokasi yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin mengeluarkan sampah
  • Toilet umum juga secara khusus disediakan untuk pengunjung dan petugas di sekitar lokasi dengn kondisi toilet yang cukup baik
  • mushola dibangun khusus untuk pengunjung musiman yang datang dan ingin melakukan sholat
  • Warung menu tradisional menawarkan sejumlah hidangan lokal yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau, selain itu ada juga beberapa makanan ringan yang tersedia, seperti wedang bundar, wedang jahe dan banyak lagi, selain itu, warung juga menawarkan minuman panas seperti kopi dan teh
  • Portal sepeda
  • Jalur menurun
  • Tempat istirahat
  • Kursi panjang
  • Bintik foto instagene
  • gudang kebun

Mari kita juga melihat: Museum Ullen Sentalu, Sleman

Pesona wisata alam Bukit Klangon

Penasaran dengan kegembiraan apa yang bisa Anda dapatkan saat? Ambil foto dengan latar belakang Gunung Merapi dan coba untuk melintasi sirkuit ke bawah.

Sekarang kita akan melanjutkan diskusi tentang pesona alam yang dilayani oleh kawasan wisata ini. Bukit Klangon sendiri memiliki nama asli Bukit Glagaharjo, yang diberikan oleh petugas pada pembukaan atau pembukaan daerah ini, tetapi beberapa teman media sosial menyebutnya Bukit Klangon dan sejauh ini lebih dikenal dengan nama itu.

Pengembangan khusus pariwisata pariwisata oleh Rotary International adalah memberikan sumbangan atau bantuan kepada Bukit Klangon untuk merenovasi tempat ini agar terlihat lebih bagus.

Konservasi memang membuahkan hasil, sekarang banyak pengunjung yang bekerja sendiri di daerah ini. Daerah ini sebenarnya sudah ada sejak 2011, tetapi keberadaannya belum diketahui. Namun kini ketenarannya sudah mulai menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Setelah meletusnya Gunung Merapi beberapa waktu lalu, tepatnya pada erupsi tahun 2010 dan sekarang daerah ini baru saja mulai diresmikan. Pemerintah mendukung penuh pengelolaan Bukit Klangon, yang dibantu oleh berbagai penghuni kreatif.

Dengan ide-ide yang muncul, sejumlah tempat foto yang indah dibangun yang dianggap menarik lebih banyak pengunjung.

Dan semua upaya ini berhasil, dengan menawarkan tempat foto yang hadir, ada banyak anak muda yang ingin merasa seperti mereka sedang membuat foto narsis dengan latar belakang Gunung Merapi.

Beberapa fasilitas pendukung juga turut meramaikan tempat ini. Beberapa fasilitas, seperti keturunan, tempat parkir, ruang sholat, toilet dan banyak lagi, sengaja dibangun untuk kenyamanan pengunjung.

Nikmati puncak Merapi tanpa harus mendaki

Nikmati Puncak Merapi

Nikmati Puncak Merapi

Wisata alam bukit Klangon juga terletak di daerah yang sangat strategis dekat desa wisata Kaliurang, Gunung Merapi. Dengan begitu Anda bisa dengan jelas menikmati posisi Merapi yang bergejolak.

Anda bisa melihat puncak Merapi yang indah dari bukit ini. Oleh karena itu tidak perlu mendaki gunung untuk melihat betapa indahnya puncak Merapi, karena dari atas bukit Klangon terlihat jelas kondisi puncak Merapi.

Jarak dari Gunung Merapi dan Bukit Klangon hanya 4-5 kilometer. Gunung paling aktif yang selalu memancing kekaguman terlihat jelas di depan mata kita, hadiah yang sangat berharga.

Ada juga yang mencari pengunjung yang ingin beristirahat sambil menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan, kita tidak bisa meragukan kebesaran Tuhan, salah satunya dengan melihat ciptaannya.

Coba Track Downhill Track

Coba jalur Downhill cycle melalui Gmap / bayu_sna

Coba jalur Downhill cycle melalui Gmap / bayu_sna

Fasilitas lain yang tidak kalah andal dalam bidang ini adalah keturunan. Dan sekarang kursus ini semakin dikembangkan sebagai kursus untuk penggemar sepeda gunung. Bahkan, ada banyak acara untuk pembalap sepeda gunung.

Acara balap sepeda ini dibuat untuk pembalap regional dan nasional. Bahkan akan menjadi satu-satunya keturunan terbaik di kota yang hangat ini.

Bukit Klangon memiliki jalur menurun 20 km, dengan medan yang didorong adrenalin dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam di sekitar bukit Klangon dan lihat betapa indahnya kondisi di sekitar lokasi wisata.

Tempat yang menyenangkan untuk itu berkemah

Wisata Bukit Klangon melalui Tribunnews

Wisata Bukit Klangon melalui Tribunnews

Bagi pecinta alam, kegiatan berkemah mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk Anda dan grup Anda. Bukit ini sangat menarik untuk dijadikan tempat menghabiskan malam dengan tenda dan api unggun.

Anda bisa menikmati malam dari puncak bukit, menyaksikan langit malam yang indah tanpa hambatan, ditemani miliaran bintang di langit.

Bukit ini memiliki area yang cocok untuk berkemah. Nah, bagi Anda yang tertarik tinggal di sini, Anda bisa melapor ke manajer. Nantinya Anda akan dimintai kompensasi sekitar Rp 10.000 untuk berkemah.

Tempat Matahari Terbit

Nikmati matahari terbit

Nikmati Sunrise melalui Niagatour

Kawasan wisata alam bukit Klangon sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anda bisa lelah dan bosan dengan hari-hari yang cukup melelahkan.

Keindahan puncak Merapi dan pesona lereng gunung yang dipenuhi kabut putih akan menyembuhkan kelelahan yang kita rasakan. Terutama ketika Anda datang di pagi hari, Anda melihat matahari terbit yang sangat mempesona di balik gunung Merapi yang memancarkan sinarnya yang begitu indah dan tidak dapat digambarkan dengan kata-kata.

Selain itu, Anda dapat menikmati keindahan bukit Klangon dan berkendara di trek sambil bersepeda santai. Itu adalah momen yang sangat langka, terutama di daerah perkotaan dengan banyak polusi udara.

Udara di sini sangat sehat, karena masih banyak pohon yang menghasilkan oksigen alami dan tidak tercemar sama sekali. Bersepeda menjadi kegiatan yang sehat, selain berolahraga di pagi hari Anda juga bisa menghirup udara yang tentu menyehatkan paru-paru.

Tips Liburan

Sekarang saatnya untuk menyampaikan beberapa tips liburan untuk sahabat, jadi liburan di kawasan Bukit Klangon berakhir dengan kesenangan dan kepuasan dari setiap pengunjung yang datang, sebagai berikut:

  • Saat Anda berlibur, kami melewati jalan berbukit dan kami pasti akan menghabiskan energi kami, jadi pastikan Anda membawa air mineral dan memakai sepatu yang nyaman.
  • Sebelum memulai perjalanan, pastikan bahwa kondisi cuaca baik sehingga liburan Anda tidak terhambat, kecuali bahwa, dalam cuaca cerah, keindahan gunung Merapi sangat terlihat dan dapat digunakan sebagai latar belakang untuk mengambil gambar & # 39 dan membuat foto yang bagus.
  • Pastikan Anda tidak mengambil tindakan tidak menyenangkan di lokasi dan selalu bersikap sopan agar tidak mengganggu populasi di sekitarnya dan pengunjung lainnya

Anda bisa melihat pesona bukit dari dekat, karena keindahannya memang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Selamat datang untuk mengunjungi dan menikmati liburan Anda di Bukit Klangon. Itu saja dan terima kasih.

Kunjungi juga: Museum Merapi Sleman

Leave a Reply