Tidak semua penerbangan membawa Anda langsung ke kota atau negara tujuan. Terkadang Anda harus beralih antara pesawat atau maskapai yang berbeda untuk mencapai tujuan tertentu. Ini tentu akan sedikit membingungkan, terutama jika Anda tidak mengerti tip dan cara untuk mengangkut pesawat.

Sebelum kita membahas tip dan cara untuk memperdalam satu atau lebih maskapai, kita terlebih dahulu memahami konsep penerbangan transit. Transit adalah perhentian sementara untuk mengganti pesawat (atau melanjutkan dengan pesawat yang sama, tetapi dengan mayoritas penumpang yang berbeda) untuk mencapai tujuan mereka. Oleh karena itu, penumpang harus berhenti di bandara di tengah penerbangan ke lokasi tujuan.

Transit penerbangan itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu penerbangan transit dari sebuah maskapai dan penerbangan transit yang berbeda dari suatu maskapai. Lihat penjelasan di bawah ini dengan tip dan cara untuk mengangkut satu atau lebih maskapai.

1. Satu penerbangan Transit maskapai

Transit untuk satu maskapai adalah kondisi ketika seorang penumpang menggunakan penerbangan transit tetapi masih dalam maskapai atau grup yang sama. Misalnya, A memesan penerbangan ke Singapura, tetapi pertama-tama harus bepergian melalui Kuala Lumpur. Meski harus transfer, maskapai yang digunakan oleh A adalah maskapai yang sama, Malindo Air. Lihat gambar di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Kiat dan cara terbang melalui satu maskapai penerbangan atau lebih

Bepergian melalui pesawat terbang

Satu penerbangan transit untuk maskapai penerbangan dibagi menjadi tiga prosedur atau cara:

1. Lewati tapi jangan turun dari pesawat. Penumpang diminta untuk tetap di pesawat sambil menunggu penumpang turun dan penumpang tambahan naik dari bandara sehingga Anda tidak harus turun dari pesawat
2. Penumpang diminta turun dari pesawat tetapi masih menggunakan pesawat yang sama dan tidak melapor ke petugas transit. Penumpang hanya diminta untuk turun dan segera dibawa ke ruang tunggu. Beberapa menit kemudian Anda akan diminta bangun lagi
3. Penumpang diminta untuk turun dari pesawat dan diminta untuk mengambil barang bawaan. Penumpang kemudian diminta melapor ke petugas transit boarding pass (tiket pesawat) baru karena penumpang akan terbang dengan pesawat lain (ganti pesawat)

Bagaimana Anda tahu jenis penerbangan transit yang harus kami ambil? Jangan khawatir, dengarkan saja instruksi awak kabin. Biasanya, pramugari akan mengumumkan melalui pengeras suara apakah penumpang transit harus keluar atau tetap di pesawat.

Bepergian melalui pesawat terbang

Kiat dan cara terbang melalui satu maskapai penerbangan atau lebih

Sumber: Unsplash

Bagaimana Anda terbang melalui satu maskapai penerbangan dapat membingungkan Anda. Ini adalah prosedur dan prosedur untuk bepergian melalui satu maskapai penerbangan yang harus Anda ketahui.

1. Pastikan Anda melapor ke petugas check in di bandara pertama tempat Anda mengambil penerbangan transit. Tujuannya adalah agar bagasi yang Anda bawa tidak turun di bandara keberangkatan, jadi Anda tidak perlu check in atur ulang.
2. Untuk mencapai bandara tujuan, penumpang akan menggunakan 2 buah tiket (misalnya, Jakarta-Kuala Lumpur-Singapura). Hanya menunjukkan 1 tiket (misalnya Jakarta-Kuala Lumpur) ke petugas check in, tentu saja, penerbangan Anda tidak "terhubung" oleh petugas. Jika sudah dibuat terhubung, kamu mendapatkan dua tiket boarding pass untuk naik ke pesawat.
3. Ketika Anda tiba di bandara transit, dengarkan pengumuman pramugari melalui pengeras suara. Ini sangat penting agar Anda tahu apakah Anda harus keluar dari pesawat dengan tas tangan dan kemudian melapor ke petugas transit atau tetap di pesawat.
4. Jika Anda diminta untuk turun dan membawa tas tangan karena Anda diminta untuk berganti pesawat, pastikan Anda menyiapkan tiket boarding pass bertukar dengan boarding pass baru untuk maskapai. Pertukaran ini berlangsung di penghitung transit, Tanyakan kepada petugas bandara jika Anda kesulitan menemukannya penghitung transit,
5. Setelah pertukaran boarding pass lama, bisa langsung ke ruang tunggu. Itu berarti Anda tidak harus keluar dari pintu bandara. Catat angkanya gerbang kamu harus masuk. Jumlahnya sudah dicetak boarding pass kamu tentu saja.
6. Tunggu sampai panggilan masuk pesawat dari pengeras suara.

Catatan: ketika mereka keluar, penumpang transit tidak harus berubah boarding pass transit di counter, tetapi langsung ke petugas jaga di bawah pesawat. Petugas akan sering memanggil "penumpang transit", sehingga penumpang dalam pesawat transit tidak harus memasuki gedung bandara dan hanya bertukar boarding pass untuknya. Ini dilakukan jika jadwal penerbangan berikut ini ketat.

2. Transit maskapai untuk pesawat yang berbeda

Penerbangan transit yang berbeda dari maskapai penerbangan adalah ketika seorang penumpang membeli tiket pesawat ke suatu lokasi dengan maskapai yang berbeda. Misalnya, B telah memesan penerbangan transit ke London. Pertama dia naik ke Garuda Indonesia untuk Singapura. Penerbangan transit kemudian dilanjutkan dengan penerbangan British Airways ke London.

Kiat dan cara terbang melalui satu maskapai penerbangan atau lebih

Cara mengangkut pesawat yang berbeda

Berbagai maskapai penerbangan cukup untuk membuang energi. Penumpang tidak hanya diminta untuk turun dari pesawat atau mengganti pesawat, tetapi juga harus membawa dan membawa barang bawaan check in atur ulang dari awal dengan memasukkan dari gerbang keberangkatan. Jangan kehilangan bagasi karena Anda tidak memindahkan bagasi ke penerbangan berikutnya.

Cara mengangkut pesawat yang berbeda

Kiat dan cara terbang melalui satu maskapai penerbangan atau lebih

Sumber: Unsplash

Penumpang yang memilih penerbangan transit berbeda dari maskapai penerbangan harus memperhatikan prosedur dan prosedur transit pesawat berikut ini.

1. Kiat untuk mentransfer antar maskapai yang berbeda, perhatikan informasi waktu yang dapat Anda masukkan pada tiket Anda. Ada penerbangan transit dengan waktu sangat terbatas (1-2 jam), tetapi ada juga penerbangan dengan waktu transit lebih dari 12 jam.
2. Jika waktu transit cukup singkat (misalnya, kurang dari 90 menit), mintalah kursi di dekat pintu keluar check in, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk turun dari pesawat ketika Anda tiba di bandara transit.
3. Dengarkan pengumuman tentang proses transit penerbangan yang berbeda dari maskapai awak kabin. Biasanya pengumuman hanya dilaporkan jika penumpang telah turun dan sedang dalam perjalanan gerbang selanjutnya. Bagaimana jika tidak ada pengumuman? Jangan malu untuk bertanya kepada petugas.
4. Siapkan semua dokumen untuk penerbangan berikutnya, seperti tiket pesawat, paspor, dan visa. Tempatkan di tempat yang aman dan mudah diakses.
5. Ketika pesawat telah mendarat di bandara transit dan Anda telah meninggalkan pesawat, langsung saja port entri, Jangan menyentuh terlalu banyak tergantung pada angka gerbang terdaftar pada boarding pass Anda karena itu berubah secara teratur. Cari informasi gerbang penerbangan dengan melihat monitor yang menampilkan informasi keberangkatan.
6. Saat keluar, jangan lupa untuk membawa tas jinjing bersama Anda dan mengambil bagasi terdaftar di tempat pengambilan bagasi. Lalu check in kembali untuk meletakkan bagasi di pesawat berikutnya. Baca juga biaya bagasi tambahan untuk referensi Anda.
7. Segera di kepala port entri pesawat berikutnya dalam kasus ini. Sering dibutuhkan waktu untuk pergi ke terminal lain.
8. Tunggu panggilan sampai Anda diminta untuk mengambil penerbangan berikutnya.

Bagaimana jika Anda ketinggalan pesawat transit?

Kiat dan cara terbang melalui satu maskapai penerbangan atau lebih

Sumber: Unsplash

Ini adalah mimpi buruk bagi setiap pelancong. Jangan panik jika Anda ketinggalan pesawat. Hubungi maskapai yang Anda gunakan segera. Jika Anda ingin lebih cepat, pergi ke kantor maskapai di bandara. Untuk kejelasan lebih lanjut, baca juga solusi terbaik untuk penerbangan yang terlewat dari Difa Wisata.

Ini adalah tip dan prosedur untuk beralih ke satu atau lebih maskapai yang perlu Anda ketahui. Ayo bagikan dan berlangganan untuk mendapatkan pembaruan tentang kiat dan pedoman bepergian, Jangan lupa pesan tiket pesawat Anda ke luar negeri di Difa Wisata. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply