tren bepergian menyapu seluruh dunia. Bepergian ke luar negeri bukan lagi impian yang berlebihan, banyak tiket promosi diberikan oleh maskapai penerbangan untuk bepergian ke luar negeri. Untuk dapat pergi ke luar negeri, seseorang harus memiliki paspor. Proses membuat paspor pada tahun 2020 bahkan lebih mudah, karena Anda dapat mendaftarkan antrian paspor melalui aplikasi, situs webdan WhatsApp.

Terkadang kami mengajak anak-anak pergi berlibur bersama. Aturan dan cara membuat paspor anak sebenarnya tidak berbeda jauh dari membuat paspor dewasa. Namun, masih ada orang tua yang merasa bingung dan kesulitan mengurus paspor anak-anak mereka karena mereka tidak tahu metode dan kondisinya. Harap dicatat bahwa anak-anak berusia 0 hingga 18 tahun termasuk dalam kategori anak-anak (tidak memiliki KTP).

Agar tidak bingung saat mengurus paspor anak, Difa Wisata telah merangkum kondisi, biaya, prosedur, tip dan prosedur pembuatan paspor anak yang perlu Anda ketahui. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, melanjutkan!

1. Siapkan dokumen dan ketentuan untuk membuat paspor 2020 anak

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram imngurahrai

Proses dan metode pembuatan paspor anak untuk 2020 sebenarnya sangat sederhana, selama semua persyaratan dokumen lengkap. Berikut adalah dokumen dan ketentuan untuk membuat paspor anak yang harus Anda persiapkan:

1. Anak atau akta kelahiran (asli & fotokopi A4)
2. E-KTP untuk kedua orang tua (asli & fotokopi A4)
3. Kartu keluarga dengan nama anak (asli dan fotokopi A4)
4. Surat nikah / catatan nikah kedua orang tua
5. Paspor orang tua jika tersedia (salinan berwarna)
6. Stempel Rp 6.000 untuk menandatangani pernyataan orang tua
7. Jika orang tua bercerai, mereka harus melampirkan sertifikat perceraian dan bukti retensi ke pengadilan
8. Jika Anda telah mengubah nama Anda, Anda harus melampirkan surat dengan perubahan nama
9. Proksi dicap jika satu orangtua tidak dapat hadir

Persyaratan untuk membuat paspor antara dua kewarganegaraan:

1. Paspor kedua orang tua
2. E-KTP Orang tua dari warga negara Indonesia
3. KITAS warga negara asing yang lebih tua
4. Kartu keluarga
5. Buku nikah / akta orang tua
6. Akta kelahiran anak
7. Sertifikat kewarganegaraan ganda Dukcapil
8. Bukti pendaftaran anak-anak berkewarganegaraan ganda oleh imigrasi oleh tempat tinggal

Ketentuan untuk membuat paspor untuk anak yang bepergian sendiri ke luar negeri:

1. E-KTP dari orang tua atau sertifikat relokasi di luar negeri
2. Orang-orang E-KTP yang membawa anak-anak ke luar negeri
3. Paspor orang yang membawa anak-anak mereka ke luar negeri
4. Surat nikah / catatan nikah kedua orang tua
5. Pernyataan tertera dari kedua orang tua yang memberikan izin kepada anak untuk mendapatkan paspor dan bepergian ke luar negeri dengan orang lain
6. Pernyataan bermeterai dari orang yang akan memberi anak pernyataan tanggung jawab untuk tempat tinggal dan paspor anak, keberangkatannya dan kembali ke Indonesia

Harap dicatat bahwa semua persyaratan untuk mengurus paspor anak harus disalin (tanpa memotong) ke kertas A4. Fotokopi KTP harus bolak-balik dan formatnya adalah 1/2 dari kertas A4. Untuk pernyataan, ini biasanya disediakan di kantor imigrasi. Jangan lupa membawa dokumen asli dari semua persyaratan di atas, ya.

2. Pertanyaan tentang persyaratan dokumen untuk paspor anak

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: delfinatiara Instagram

Ketika menyusun dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor anak, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan karena masalah keluarga. Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan saat membuat paspor dan jawaban anak.

Apa syarat untuk membuat paspor anak jika orang tua bercerai?

Ada dua persyaratan dan cara untuk membuat paspor anak ketika orang tua bercerai. Pertama, Anda harus melampirkan dokumen perceraian (bukan buku nikah kedua orang tua). Kondisi kedua, lampirkan bukti penahanan yang telah ditetapkan oleh pengadilan. Jika perwalian jatuh atas ibu, e-KTP dan paspor ibu adalah syarat untuk melampirkan paspor anak.

Bagaimana Anda membuat paspor anak dari pernikahan Siri (bukan buku nikah)?

Anak-anak dari orang tua yang menikah tanpa terdaftar atau terdaftar dalam dokumen negara masih dapat membuat paspor. Namun, cara orang tua pertama-tama harus mengurus akta kelahiran anak di Kantor Urusan Agama untuk menerima rekomendasi di kantor pendaftaran.

Bisakah saya membuat paspor jika anak tidak memiliki ayah?

Anak-anak yang dibesarkan oleh ibu mereka (tanpa ayah) masih bisa membuat paspor. Syaratnya adalah ibu harus mengurus akta kelahiran terlebih dahulu. Minta rekomendasi dari KUA dengan melampirkan syarat-syarat pernyataan tidak menikah dari ibu anak.

3. Cara mendaftarkan antrian paspor online untuk anak-anak

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram cellacea

Ketika semua persyaratan untuk mengurus paspor anak telah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan antrian paspor online. Ada tiga cara untuk mendaftarkan antrian untuk anak-anak, yaitu melalui situs web imigrasi resmi, aplikasi Layanan Paspor Online (hanya Android) dan WhatsApp. Pendaftaran paspor melalui online biasanya buka pada hari Jumat jam 2 malam dan pada hari Minggu jam 5 malam

Cara mendaftarkan antrian paspor online untuk anak-anak dapat menggunakan akun orang tua. Misalnya, mendaftar dengan aplikasi Layanan Paspor Online di Android. Tetapi jangan lupa untuk mendaftarkan nama anak sesuai dengan dokumen yang Anda miliki. Anda dapat menggunakan akun orang tua dengan cara yang sama seperti Anda mendaftar melalui WhatsApp atau situs imigrasi.

Saat mengisi biodata anak ada beberapa kolom yang tidak sama dengan ketika mendaftarkan paspor dewasa. Untuk kejelasan, pertimbangkan penjelasan berikut.

Nama lengkap: masukkan nama anak sesuai dengan akta kelahiran
Jenis kelamin: pilih sesuai jenis kelamin anak
tinggi: isi dengan tinggi anak
Tanggal dan tempat lahir: masukkan tempat dan tanggal lahir anak sesuai dengan akta
Status pernikahan: pilih Belum menikah
pekerjaan: Pilih Lainnya
Alamat email: isi dengan alamat email ayah atau ibumu
identitas: karena anak-anak di bawah 18 tahun tidak memiliki kartu ID, masukkan NIK anak pada kartu keluarga
Di mana ID dikeluarkan: masukkan lokasi Kontrak Karya yang dikeluarkan
ID berlaku hingga: masukkan tanggal penerbitan KK dan tambahkan 5 tahun
Alamat rumah: masukkan alamat tempat tinggal ayah dan ibu sesuai dengan kartu identitas atau paspor
Nomor telepon / ponsel: masukkan nomor telepon ayah atau ibu (satu)
Alamat Kantor: jelas
Alamat induk: masukkan alamat sesuai KTP / paspor ayah dan ibu

Saat mengisi data biologis seorang anak, pilih berdasarkan data biologis ayah atau ibu. Kemudian masukkan biodata ayah dan ibu sesuai kolom yang telah disebutkan dan jangan lupa untuk menuliskan nama ayah dan ibu berdasarkan paspor masing-masing. Anda dapat melihat prosedur dan langkah-langkah lengkap di halaman pendaftaran paspor online tahun 2020.

penting: Paspor pendaftaran antrian online hanya berlaku untuk paspor baru dan yang diperpanjang. Tidak berlaku untuk perubahan paspor / identitas yang hilang / rusak.

4. Undang anak-anak untuk datang ke kantor imigrasi bersama orang tua

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram witanialo

Simpan atau cetak barcode nomor tunggu dan tunjukkan resepsionis kantor imigrasi (1 kode batang untuk 1 orang). Kedua orang tua harus datang jika mereka memberikan paspor anak. Tujuannya adalah menandatangani aplikasi untuk membuat paspor anak dan menemani anak selama wawancara. Jika orang tua tidak dapat hadir, ia harus menandatangani proxy yang dicap.

Ambil semua persyaratan untuk membuat paspor anak (asli dan fotokopi). Datanglah satu jam lebih awal untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Kenakan kerah selain putih (pakaian harus diwarnai karena latar belakang foto putih). Jangan lupa membawa pena hitam untuk memudahkan mengisi formulir.

Mengenai antrian paspor anak, kantor imigrasi biasanya menawarkan antrian prioritas untuk anak-anak. Ini untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatan paspor anak. Jadi Anda tidak perlu terlalu lama antri di kantor imigrasi.

5. Prosedur: mengirim file, memasukkan data, dan melaporkan

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram nona.coach

Serahkan semua dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor anak kepada petugas. Anda kemudian akan diminta untuk mengisi formulir dengan data untuk anak-anak dan pernyataan orang tua bermeterai Rp6.000. Jika dokumen sepenuhnya dijelaskan, Anda dan anak Anda akan diminta untuk menunggu wawancara dan paspor.

6. Tantangan nyata: wawancara dan foto untuk paspor anak-anak

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram Oliviamliwang

Selain file, selama wawancara paspor, bantuan orang tua membedakan antara membuat paspor anak dan orang dewasa. Bayi atau anak-anak harus ditemani oleh orang tua ketika mereka diwawancarai oleh petugas. Tenang saja, petugas imigrasi sangat ramah, sehingga anak-anak tidak takut. Pertanyaan yang diajukan juga tidak sulit. Sebagian besar hanya bertanya tentang tujuan anak untuk membuat paspor, dengan siapa harus pergi, dll.

Setelah wawancara selesai, anak difoto untuk paspor. Nah inilah tantangan sebenarnya. Untuk anak-anak yang lebih tua tentu bukan masalah, tetapi untuk bayi biasanya akan sedikit sulit. Apalagi jika bayi merasa gelisah dan menangis. Ini adalah minat orang tua yang membimbing anak-anak dalam membuat paspor.

Jika anak Anda ingin membuat paspor elektronik, data biometrik dikumpulkan oleh petugas imigrasi. Setelah selesai, orang tua menerima lembar koleksi paspor.

7. Waktu untuk membayar biaya pembuatan paspor anak

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram raizarmi

Setelah semua langkah untuk mengurus paspor anak telah selesai, sekarang saatnya untuk membayar biaya pembuatan paspor. Pembayaran biaya paspor dapat dilakukan melalui bank yang ditunjuk oleh otoritas imigrasi. Anda dapat bertanya kepada penjual tentang metode pembayaran yang diinginkan, Anda dapat menggunakan ATM atau transfer bank.

Jangan lupa untuk meminta bukti permohonan paspor anak dari petugas jika Anda memilih untuk membayar melalui transfer bank. Jika Anda memilih untuk membayar melalui ATM, Anda hanya perlu memasukkan kode pembayaran yang Anda terima saat mengajukan paspor anak.

8. Ini adalah tarif dan biaya untuk membuat paspor anak 2020

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Twitter @ ditjen_imigration-min

Berapa biayanya untuk membuat paspor anak 2020? Biaya untuk membuat paspor anak sebenarnya sama dengan biaya untuk membuat paspor dewasa.

1. Biaya paspor biasa untuk 24 halaman untuk anak-anak berjumlah IDR 155.000
2. 48 halaman biaya paspor normal untuk anak-anak Rp 355.000
3. Biaya paspor elektronik untuk 24 halaman (paspor elektronik) untuk anak-anak Rp. 405.000
4. Biaya 48 halaman paspor elektronik (e-paspor) untuk anak-anak Rp.655.000

Setelah membayar harga paspor untuk anak-anak, jangan lupa untuk menyimpan tanda terima untuk mengambil paspor bersama Anda. Biasanya proses pembuatan paspor anak adalah 3-5 hari kerja (hari libur dan tanggal merah tidak dihitung) setelah pembayaran dilakukan.

9. Bagaimana cara mengambil paspor anak di kantor imigrasi

Kiat, ketentuan, biaya, dan pembuatan paspor anak

Sumber: Instagram noxisa

Dokumen orang tua untuk mengambil paspor anak

1. Bukti pembayaran
2. Kartu identitas
3. Lembar pengumpulan paspor untuk anak-anak (bukti wawancara dan foto-foto)

Dokumen yang diperlukan untuk mengambil paspor anak oleh anggota keluarga lainnya

1. Bukti pembayaran
2. Lembar pengumpulan paspor anak
3. Fotokopi kartu keluarga
4. Identitas pelanggan yang sah

Dokumen yang diperlukan untuk mengambil paspor anak oleh anggota non-keluarga

1. Bukti pembayaran
2. Lembar pengumpulan paspor anak
3. Surat kuasa
4. Identitas pelanggan yang sah

10. Kiat untuk mengundang bayi / anak-anak untuk memasukkan paspor ke antrian

1. Pilih jadwal sore agar jalan tidak macet. Pelamar untuk paspor pagi biasanya lebih / penuh daripada sore hari
2. Siapkan makan siang, camilan, dan air minum agar anak-anak tidak lapar dan pilih-pilih
3. Kenakan pakaian anak-anak yang sopan, dengan kerah dan tidak putih
4. Bawalah mainan favorit anak Anda sehingga tidak pilih-pilih
5. Beri tahu anak itu bahwa itu akan sejalan dengan pelamar lain nanti di kantor imigrasi (suasana sibuk)
6. Pastikan anak-anak memahami tujuan pergi ke luar negeri dan alasan mengapa Anda harus membuat paspor. Mentransfer dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak
7. Jika memungkinkan, beri tahu anak di rumah untuk tersenyum ketika difoto
8. Apakah Anda tidak memiliki fotokopi? Di kantor imigrasi biasanya ada tempat fotokopi dan prangko, dengan harga yang sedikit lebih mahal tentunya
9. Buat paspor 1 atau 2 bulan sebelum Anda bepergian ke luar negeri

Hanya itu yang perlu Anda ketahui jika Anda membuat paspor anak untuk tahun 2020. Ayo bagikan dan berlangganan untuk mendapatkan pembaruan tentang kiat dan pedoman bepergian, Tinggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan, pengalaman atau pendapat tentang artikel ini. Jangan lupa untuk memesan tiket penerbangan Anda ke luar negeri di Difa Wisata. Ayo pergi!

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply