Harga tiket untuk Coban Rondo – Malang sudah lama dikenal sebagai kota wisata. Karena berada di dataran tinggi membuat udara di kota Malang sangat sejuk dan sangat cocok untuk lokasi wisata keluarga. Ini membuat Malang menjadi kota dengan objek wisata yang tidak ada duanya. Nah, salah satu wisata di Malang yang wajib Anda kunjungi adalah Air Terjun Coban Rondo.

Coban Rondo adalah wisata alam yang menghadirkan keindahan air terjun, disertai dengan pemandangan alam yang menyegarkan. Selain itu, udara sejuk dijamin akan menambah kenyamanan Anda saat berkunjung ke Coban Rondo.

Bagaimana Anda ragu apakah tur ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan melepas kepenatan bersama keluarga? Penasaran dengan berbagai info wisata? Ayo, lihat saja ulasan selanjutnya!

Coban Rondo

Coban Rondo

Lokasi dan rute ke Coban Rondo

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata alam ini, ada baiknya Anda tahu di mana tepatnya lokasi wisata itu. Karena ini, Anda tidak dapat tersesat atau mendapatkan alamat yang salah.

Tur air terjun Coban Rondo ini terletak di Jalan Coban Rondo, tepatnya di Desa Pandesari, masih termasuk Kecamatan Pujon, Wilayah Kota Batu Malang.

Wisata alam ini dapat dicapai dari Kota Malang dengan jarak sekitar 20 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sementara jika datang dari kota Batu, jarak yang harus ditempuh untuk sampai di lokasi ini adalah 12 km dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Jadi bagaimana jika Anda ingin mengunjungi Air Terjun Coban Rondo, tetapi datang dari luar kota dan tidak tahu arahnya? Anda bingung, bagaimana cara Anda sampai di sana? Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengikuti rute berikut dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Jika Anda memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi dan berangkat dari Malang, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda langsung ke kota wisata Batu dan kemudian mengikuti petunjuk ke Pujon.

Biasanya rute ini juga digunakan oleh bus Malang – Kediri, jadi Anda bisa memastikan bahwa ada bus atau tidak selama perjalanan Anda. Di Pujon, ikuti petunjuk sampai Anda melihat pertigaan patung sapi. Dari sana Anda dapat memasuki lorong sapi secara langsung dan mengikuti rute sampai Anda mencapai gerbang wisata air terjun Coban Rondo.

Tetapi jika Anda berencana untuk menggunakan transportasi umum dan meninggalkan kota, Anda bisa turun di Malang dan datang langsung ke Terminal Ladungsari.

Kemudian naik bus di rute Malang – Kediri dan turun di pertigaan patung sapi Pujon untuk melanjutkan perjalanan dengan taksi motor sampai Anda mencapai gerbang wisata Coban Rondo. Mudah bukan?

Sejarah air terjun Coban Rondo

Ada sejarah perjalanan alam ini yang beredar di masyarakat sekitar dan sangat menarik untuk dilihat. Sejarah sebenarnya menjelaskan asal usul nama Coban Rondo, yang memiliki makna sebagai air terjun seorang janda. Nah, Anda harus penasaran mengapa tempat ini dinamai setelah itu?

Kisah sejarahnya dimulai dengan beberapa peminat bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Dewi Anjarwati adalah seorang gadis dari Gunung Kawi, sedangkan Raden Kusuma adalah seorang pemuda dari Gunung Anjasmoro.

Setelah keduanya resmi menikah, Dewi Anjarwati ingin mengunjungi rumah suaminya di Gunung Anjasmoro. Dia juga mengundang suaminya, Raden Kusuma, untuk pergi ke sana, tetapi keinginan ini digagalkan oleh orang tua Dewi Anjarwati. Karena pernikahan kedua belum genap 40 hari dan seperti kebiasaan di sana, bepergian ketika usia pernikahan belum mencapai 40 hari sampai undang-undang disahkan.

Dewi Anjarwati dan suaminya, bagaimanapun, mengambil sikap untuk tidak peduli dan masih pergi ke rumah orang tua Raden Baron Kusuma. Ketika mereka berada di tengah perjalanan, mereka dicegat oleh seorang pemuda tak dikenal bernama Joko Lelono. Pemuda ini kemudian terpikat oleh kecantikan Dewi Anjarwati dan jatuh cinta padanya. Dia juga berusaha mendapatkan Dewi Anjarwati dan pasti ingin mengambilnya dari suaminya.

Pada akhirnya, Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma bertengkar hebat. Sebelum berkelahi, Raden Baron Kusuma meminta istri dan pelayannya untuk melarikan diri ke koban atau apa arti air terjun dalam bahasa Indonesia.

Namun ternyata pria itu tidak pernah datang lagi setelah pertarungan. Hari demi hari, bulan demi bulan, Dewi Anjarwati terus mengkhawatirkan suaminya dan dengan setia menunggunya di air terjun dengan status seorang janda. Karena waktu Dewi Anjarwati tinggal di sana, koban ini kemudian disebut Coban Rondo atau bisa juga disebut air terjun seorang janda.

Nah, itu adalah sejarah singkat air terjun Coban Rondo, yang tersembunyi di balik kisah sedih. Tahukah Anda bahwa mitos yang beredar di masyarakat sekitar percaya bahwa jika sepasang kekasih datang ke air terjun, mereka akhirnya akan berpisah?

Mari kita juga melihat: Batu Paya Objek Wisata Taman Selecta Malang

Air terjun dan fasilitas Coban Rondo

Eits … tetapi Anda tidak perlu takut untuk pergi ke sana. Alasan di balik mitos menakutkan itu, Coban Rondo memiliki daya tarik yang menarik yang sayangnya tidak dapat dilewatkan. Tidak hanya menikmati air terjun, tetapi Anda juga bisa melakukan aktivitas yang mengasyikkan, seperti beberapa contoh di bawah ini:

1. Nikmati air terjun yang indah dan sungai Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo

Pengunjung mendapatkan pemandangan indah dari air terjun yang menjulang tinggi dengan sungai-sungai yang mengalir di bawahnya di kawasan wisata ini. Pengunjung dapat bermain air karena sungai sangat jernih dan suhunya menenangkan.

Anda juga bisa duduk dan menikmati suasana di berbagai tenda pesta di sekitar air terjun di sana. Cobalah menyatu dengan alam sambil mendengarkan suara air terjun, dijamin Anda akan merasa sangat tenang. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk mengambil foto untuk mengabadikan momen berharga ini bersama keluarga.

2. Bermain di Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo

Labyrinth Park adalah taman yang terbuat dari tanaman tinggi dan berbentuk seperti labirin. Labyrinth Park sendiri adalah salah satu fasilitas baru yang langsung populer sebagai salah satu hit spot foto di Malang, lho.

Selain bisa masuk dan menjelajahi taman Labirin untuk menemukan pusat, pengunjung juga dapat mengambil foto di sana. Apakah Anda ingin tempat yang lebih menarik? Anda dapat memotret labirin dari atas dengan pergi ke menara pengintai di atas gerbang tiket taman. Cukup dengan hanya membayar tiket 10 rupiah, Anda bisa bermain di Taman Labirin sana.

3. Bermain keluar di Coban Rondo

Coban Rondo yang keluar

Coban Rondo yang keluar

Selain bermain di taman Labirin, pengunjung juga bisa bermain outbond di tempat wisata ini. Ada beberapa fasilitas menyenangkan yang bisa dicoba, mulai dari Fun Tubing, Paint Ball, Flying Fox, Mountain Bikes hingga Camping Ground.

Tubing Menyenangkan Coban Rondo

Fun Tubing Coban Rondo via Sportourims.id

Untuk menikmati semua fasilitas ini, Anda membayar tarif yang berbeda antara fasilitas. Fun Tubing misalnya, Anda harus membayar harga 35 ribu rupee untuk kendaraan yang berbau air dan identik dengan basahan basah ini.

Fun Tubing sendiri dilakukan dengan berenang di atas sungai dengan kendaraan hias. Ketika mereka menikmati kendaraan ini, peserta menerima peralatan seperti ban dan jaket penyelamat.

Ada juga permainan paintball yang bisa dicoba pengunjung. Game ini adalah simulasi perang antara tim dengan 6 anggota per tim.

Pengunjung dijamin perasaan bahwa mereka berada dalam perang nyata ketika mereka mengambil tindakan untuk menembak lawan.

Alat yang digunakan berupa pistol mainan yang diisi bola karet. Dalam game ini, peserta dilengkapi dengan pakaian pelindung dan berbagai peralatan pelindung lainnya. Cukup dengan membayar 450 ribu rupee hanya dengan 150 peluru, Anda sudah bisa merasakan perasaan perang.

Jika Anda takut berkelahi, Anda bisa mencoba memindahkan kegembiraan dari ketinggian ke udara. Dalam permainan flying fox, Anda meluncur dengan kecepatan tinggi dari tiang tinggi ke tiang bawah.

Wahana permainan ini menetapkan angka 30.000 rupee. Selain itu, pengunjung dapat mencoba kesenangan tur dengan bantuan sepeda gunung yang dapat disewa dengan harga 5.000 rupee. Anda juga dapat berkemah di perkemahan Coban Rondo selama perjalanan berkemah. Menarik bukan?

4. Taman dan kebun binatang

Kebun binatang dan kebun

Kebun binatang dan kebun

Tidak hanya kendaraan buatan yang dapat dinikmati di Coban Rondo, tetapi ada kendaraan yang dapat mengundang pengunjung dari dekat dan mengenal alam, yaitu wahana hewan dan taman.

Kendaraan ini menawarkan tur berpemandu melalui flora dan fauna, di mana pengunjung dapat menikmati bagaimana karakteristik tanaman gaun dan bagaimana tanaman keluarga ini dapat tumbuh dengan baik. cukup hanya dengan Rp5.000, Anda bisa mempelajari semuanya.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi makan rusa. Kegiatan ini juga menelan biaya 5.000 rupee per orang. Di kendaraan ini juga tersedia outbound untuk anak-anak yang dijamin membuat anak Anda lebih nyaman di sana.

Ada juga penyewaan kuda yang bisa dinaiki anak-anak. Anda tidak perlu khawatir, karena ada petugas yang akan membimbing Anda, jadi keamanan dijamin mutlak. Tidak hanya itu, pengunjung dapat menikmati tur memetik apel, serta menikmati apel segar yang lezat dan lezat langsung dari kebun.

Bagaimana tempat ini sangat cocok untuk pariwisata anak dan keluarga, terutama untuk mengajarkan anak-anak untuk lebih peduli dan mencintai binatang, kan?

5. Dancok Cafe (Brown Leaf Cafe) Coban Rondo

Dancok Cafe

Dancok Cafe

Di kawasan wisata Coban Rondo ada satu tempat pertemuan dengan konsep yang dekat dengan alam. Kafe itu disebut Dancok Cafe Coban Rondo, juga disebut Chocolate Leaves. Hanya membayar Rp. 2500, Anda dapat memasuki area ini.

Tiket masuk tidak termasuk dalam harga makanan dan minuman yang dijual terpisah di sana. Selain wisata kuliner, sebagian besar pengunjung yang pergi ke sana juga ingin sekedar asik dan berfoto-foto karena warnetnya asik dan memiliki desain yang cukup menarik. Penasaran ya?

Oh ya, jangan lewatkan cafe dan beberapa tempat nongkrong di sana, Coban Rondo juga menawarkan tempat bagi banyak warung murah dengan nan lezat yang tentu saja populer di kalangan wisatawan. Banyak menu yang dijual, mulai dari makanan, minuman panas hingga jagung bakar.

Jangan lewatkan: 76 restoran enak di Malang

Selain beberapa wahana dan kegiatan menarik di atas, Coban Rondo juga menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung, seperti ruang sholat untuk ibadah, toilet dan tempat parkir untuk kendaraan. Selain itu, toko-toko suvenir juga tersedia di sekitar kawasan wisata ini.

Beberapa toko ini menjual berbagai suvenir khas Coban Rondo yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk relasi bisnis atau anggota keluarga. Semua promosi, bukan? Jadi jangan ragu lagi dan singgahlah di toko-toko di sekitar kawasan wisata Coban Rondo untuk berbagai suvenir khas, pernak-pernik, dan makanan ringan.

Nah, jika pengunjung merasa lelah dan ingin beristirahat dan menginap, maka pengunjung bisa datang ke penginapan atau villa di sekitar Coban Rondo. Untuk akomodasi yang paling dekat dengan lokasi wisata, Anda dapat menemukannya di daerah Songgoriti, sekitar 5-8 km.

Harga akomodasi yang terhubung ke area tersebut cukup terjangkau, mulai dari 150.000 rupee per malam. Selain itu, ada juga beberapa vila di sekitar wisata yang bisa Anda sewa bersama keluarga. Harga yang ditawarkan untuk menyewa vila sangat murah, mulai dari 1 juta per malam. Bagaimana Anda merasa lebih nyaman di hotel atau villa?

Artikel terkait: Obyek Wisata Pantai Batu Bengkung Malang

Harga tiket untuk Coban Rondo

Sebelum Anda mengunjungi tur terkenal ini, tentu saja Anda harus tahu sebelumnya berapa harga tiket masuk sebenarnya untuk biaya Coban Rondo. Baiklah, mari kita simak ulasan selanjutnya untuk itu!

Harga untuk memasuki wisata alam sangat terjangkau. Alasannya, sebagai turis lokal, Anda cukup membayar tarif 15.000 rupiah pada hari kerja dan 18.000 rupee untuk akhir pekan. Bagaimana

Dengan harga murah, Anda bisa menikmati keindahan alam yang indah dan sejuk, bukan? Selain harga tiket, pengelola pariwisata Coban Rondo juga menerapkan harga tiket yang dibagi menjadi 2, yaitu harga tiket untuk wisatawan lokal seperti yang telah disebutkan, serta harga tiket masuk untuk wisatawan asing.

Untuk orang asing, Anda akan dikenakan tarif 25.000 rupee untuk hari kerja dan 30.000 rupee pada akhir pekan. Masih cukup terjangkau, bukan? Sebagai pengingat, biaya masuk tentu saja hanya untuk memasuki kawasan wisata Coban Rondo dan menikmati air terjun.

Nah, tentu sangat menyenangkan untuk memilih wisata air terjun Coban Rondo sebagai tujuan wisata Anda. Selain menjadi pilihan yang tepat, tempat wisata ini dijamin memberi Anda kebahagiaan karena menghadirkan keindahan alam ciptaan Tuhan yang akan memikat mata semua orang yang melihatnya. Kawasan wisata ini juga didukung oleh udara yang sangat sejuk karena terletak di daerah pegunungan.

Berikut ini adalah daftar harga tiket masuk dan perjalanan yang tersedia:

Harga tiket untuk Coban Rondo

Harga tiket untuk Coban Rondo

Demikian pula informasi wisatawan dan biaya masuk Coban Rondo yang harus Anda lihat sebagai persiapan liburan Anda. Penilaian ini juga dilengkapi dengan informasi pendukung seperti sejarah, lokasi wisata, perjalanan, rute menuju lokasi dan juga fasilitas di sana. Semoga bisa membantu Anda merencanakan liburan!

Mari kita juga melihat: Informasi perjalanan & harga tiket untuk museum Angkut terbaru

Leave a Reply